13 Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat sari kurma dipercaya dapat mengobati dan mencegah berbagai keluhan penyakit dalam tubuh antara lain adalah sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut, dan kondisi lainnya. Kurma merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daratan timur tengah. Buah kurma dengan rasa manis yang khas diolah menjadi bentuk sari kurma dalam kemasan. Ini memudahkan untuk menikmati kenikmatan dan sari kurma itu sendiri.

Kandungan Gizi Kurma

sari kurmaKurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral. Dengan sumber energi yang baik, gula dan serat.

Mineral

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Natrium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Seng

Vitamin

  • Thiamin
  • Riboflavin,
  • Niasin
  • Folat
  • Vitamin A
  • Vitamin K.

Kandungan yang paling menonjol dalam sari kurma adalah nutrisi yang baik bagi tubuh, sekitar 80% gula, beragam mineral seperti magnesium dan folat serta protein dan lemak, terkandung dalam buah kurma yang sudah masak. Setidaknya dalam lima butir kurma, terdapat 115 kalori dan hampir semuanya terdiri dari karbohidrat. Kalium sebagai serat dalam kandungan buah kurma, merupakan sumber yang baik untuk penyeimbang asupan serat pada tubuh.

Manfaat Sari Kurma Bagi Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Ibu Hamil

Kandungan kurma yang baik, membuat olahan nya yaitu sari kurma menjadi sangat penting bagi wanita yang tengah hamil. Sari kurma menghasilkan hormon sejenis oksitosin yang dapat merangsang kontraksi pada otot polos rahim pada saat menjelang kelahiran.

Pasca Melahirkan

Sari kurma sangat membantu kelancaran pada saat persalinan. Selain itu, manfaat sari kurma  dapat membantu menstabilkan kembali nutrisi dan darah bagi ibu setelah melahirkan.

Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan


1. Menurunkan LDL (Kolesterol Jahat)

Serat pada sari kurma mencegah penyerapan kolesterol LDL. Mengikat zat kimia yang menyebabkan timbulnya gejala kanker usus besar dan melindungi selaput lendir usus.


2. Mengatasi Sembelit

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar (makanan/obat untuk sembelit), inilah yang menyebabkan mengapa sari kurma ini sering dimakan oleh orang penderita sembelit.

Cara Penggunaan

Untuk mendapatkan efek pencahar yang diinginkan, kurma harus direndam dalam air selama malam. Kemudian, makan kurma yang direndam di pagi hari seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Kurma memiliki tingkat serat larut, yang penting dalam mempromosikan gerakan usus yang sehat dan sangat baik dijadikan makanan pembersih saluran pencernaan, yang dapat meringankan gejala sembelit.

Penting untuk sembelit


3. Menjaga Kesehatan & Memperkuat Tulang

Kandungan mineral yang cukup besar membuat sari kurma merupakan makanan super yang dapat memperkuat tulang serta melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Penting sekali bagi orang yang memiliki usia yang sudah mulai tua yang membuat tulang menjadi sedikit melemah.

Penting untuk tulang :

4. Mengatasi Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan ini sangat bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan salah satunya adalah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi membuat mereka merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk orang yang menderita anemia. Tingginya tingkat zat besi meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi perasaan kelelahan dan kelesuan yang disebabkan oleh anemia.

Herbal anemia :

5. Masalah usus

Kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi rutin sari kurma dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme seperti patologis. Dengan kemampuan ini sari kurma dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Kurma juga tinggi serat larut yang penting untuk usus, ia juga mengandung asam amino yang dapat membantu proses pencernaan agar lebih efisien, hal ini akan berdampak baik terhadap banyaknya nutrisi yang akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.

Penting untuk usus :

6. Keracunan/Intoksikasi

Sari kurma biasanya digunakan sebagai obat untuk keracunan alkohol. Kurma memberikan bantuan cepat bagi anda yang sudah mabuk alkohol. Mereka juga dapat digunakan keesokan harinya untuk mencegah mabuk berat yang masih berlanjut. Sekali lagi, mereka harus digosok dan direndam semalam untuk hasil terbaik.

7. Diare

Sari kurma yang sudah matang mengandung kalium, yang dikenal sebagai cara yang efektif untuk mengendalikan diare. Mereka juga sangat mudah dicerna dan memberikan efek untuk membantu meringankan diare kronis. Serat larut dalam kurma juga dapat membantu meringankan diare, dengan membantu melancarkan buang air besar secara normal serta membantu kesehatan sistem ekskresi.

Penting untuk diare :

8. Kesehatan Jantung & Mencegah Stroke

Kurma sangat membantu dalam menjaga jantung dan juga berfungsi untuk mencegah stroke. Konsumsi sari kurma telah terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber yang kaya akan kandungan kalium, kalium sendiri telah terbukti dari berbagai penelitian dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Poin pertama juga telah dijelaskan bahwa mereka terbukti mengurangi LDL (kolesterol jahat) yang artinya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baik untuk jantung :

9. Cara ampuh meningkatkan berat badan

Sari kurma kaya akan kandungan gula, protein dan banyak vitamin esensial. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, kalori yang terdapat dalam kurma sudah sangat cukup untuk kebutuhan tubuh manusia. Kandungan gula yang cukup tinggi dapat menjadi salah satu senjata untuk menambah berat badan anda.

Baik untuk menambah berat badan :

10. Menghilangkan Alergi

Salah satu aspek yang paling menarik dari sari kurma adalah adanya sulfur organik yang terdapat di dalamnya. Zat ini cuku jarang terdapat dalam makanan, namun ia sangat berharga dalam memberikan manfaat kesehatan, termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organik memiliki dampak positif bagi penderita SAR (Seasonal Rhinitis alergi). Sari kurma adalah cara yang paling ampuh untuk mengurangi alergi musiman melalui kandungan zat sulfur.

Baik untuk alergi :

11. Meningkatkan Energi

Apa kandungan yang dapat membuat energi anda bertambah dengan mengkonsumsi gula ? kurma memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula alami ini cukup ampuh untuk meningkatkan energi secara langsung. Bahkan beberapa masyarakat di dunia telah mengkonsumsi sari kurma dan merasakan manfaatnya saat merasa lelah dan lesu.

Baik untuk meningkatkan energi:

12. Kanker perut

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa sari kurma menjadi cara yang ampuh untuk mengurangi risiko dan bahaya kanker perut. Sari kurma akan bekerja sebagai tonik yang dapat digunakan semua kelompok umur. Dalam beberapa kasus untuk mencegah resiko kanker perut, kurma bekerja lebih baik daripada obat-obatan tradisional. Mereka merupakan buah alami sehingga tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh manusia.

13. Meningkatkan Stamina Seksual & Kesuburan

Kandungan estradiol dan komponen flavonoid dari sari kurma merupakan zat yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan motilitas.

Kontraindikasi

Kurma merupakan buah yang sangat lezat dan memiliki kandungan vitamin dan mineral, tentu buah ini memiliki beberapa efek samping yang tidak terlalu baik bagi anda penderita beberapa penyakit di bawah ini.

  • Sedang diet ketat untuk menurunkan berat badan, sari kurma tinggi akan kandungan gula.
  • Diabetes

Tips Konsumsi Sari Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan dan meningkatkan energi, manfaat buah kurma dapat anda peroleh secara maksimal dengan tips konsumsi di bawah ini.

  • Konsumsi di pagi hari untuk meningkatkan stamina aktivitas sepanjang hari.
  • Konsumsi sewajarnya, jangan terlalu banyak, tidak lebih dari 1 ons per hari.
  • Tidak konsumsi makanan tinggi gula, kurma sudah sangat tinggi kandungan gulanya.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan