31 Manfaat Kulit Pisang

5Siapa yang tak mengenal buah pisang? Buah yang berwarna kuning jika telah matang ini memiliki rasa yang manis dan mengandung karbohidrat yang sehat mampu mengganjal perut lebih lama. Bukan hanya buah pisang saja yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini, namun mereka juga mengambil banyak manfaat kulit pisang untuk mengatasi masalah tubuh manusia. Jadi, ulasan kali ini kita akan membahas kandungan dan manfaat kulit pisang secara lengkap.

Kandungan Kulit Pisang

kulit pisangUmumnya, kulit pisang mengandung senyawa alami yang menyehatkan tubuh. Adapun kandungan di dalam kulit pisang yang harus Anda ketahui yaitu karbohidrat, vitamin B kompleks, vitamin B6, air, vitamin C, minyak nabati, dan serat serotonin. Berbagai senyawa tersebut memiliki beragam khasiat untuk menyehatkan tubuh Anda terutama untuk kesehatan kulit. Namun, sudah tahukah bahwa kulit pisang ini bermanfaat pula untuk diolah sebagai energi alternatif? Kini, simak ulasan lengkapnya dalam ulasan manfaat kulit pisang secara lengkap.

Kumpulan Manfaat Kulit Pisang

1. Meningkatkan Mood

Kulit pisang mengandung za serotonin yang cukup tinggi. Zat serotonin ini bermanfaat untuk meningkatkan mood seseorang. Jadi, tak salah jika untuk mengembalikan mood bahagia Anda dalam melakukan aktivitas melelahkan, mengkonsumsi smoothies pisang bercampur dengan kulitnya menyegarkan dan bermanfaat bagi perasaan bahagia Anda.

2. Meredakan Rasa Nyeri

Kulit pisang bermanfaat untuk meredakan nyeri. Hal ini diperangaruhi oleh adanya minyak nabati yang berfungsi baik sebagai obat pereda rasa nyeri. Untuk meredakan rasa perih dan nyeri akibat sengatan sinar matahari misalnya, Anda dapat menempelkan kulit pisang bersih dan segar ke bagian kulit yang terbakar maupun kulit yang tergores benda tajam.

3. Mengatasi rasa gatal

Senyawa alami yang mampu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga seperti semut ataupun nyamuk hanya dapat Anda dapatkan di kandungan kulit pisang alami ini. Hanya dengan menempelkan kulit  pisang di kulit yang terasa gatal,rasa rasa tersebut akan segera hilang.

4. Menghilangkan kutil di kulit yang mengganggu

Jika Anda ingin menghilangkan kutil secara alami, tempelkan kulit pisang dibagian kutil tersebut dalam waktu yang cukup lama. Untuk menjaga aktivitas Anda dapat berjalan, Anda dapat menggunakan plester sehingga kulit pisang dapat merekat lebih lama. Untuk mempercepat penyembuhan luka, Anda juga dapat menggunakan kulit pisang sebagai media obat alami penyembuh luka tanpa meninggalkan bekas.

5. Menghilangkan sakit kepala

Adapun manfaat kulit pisang lainnya yaitu melenyapkan sakit kepala. Anda cukup menghaluskan kulit pisang dan mengompreskannya pada kepala Anda sehingga bau harum kulit pisang tersebut menyegarkan kepala Anda.

6. Memutihkan Gigi

Bagi perokok dan orang yang minum kopi secara teratur, gigi bisa menjadi rusak. Dalam contoh ini, Anda mungkin ingin mencoba teknik yang digunakan untuk memutihkan gigi. Tepat sebelum membeli whiteners gigi serta menghabiskan banyak uang, pertimbangkan untuk menggunakan obat di rumah yang memiliki kulit pisang. Bersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi serta pasta gigi biasa. Gosokkan ke kulit pisang dalam gerakan melingkar di gigi Anda selama sekitar dua menit. Lakukan ini lagi dua kali sehari untuk hasil yang jauh lebih baik.

7. Menghilangkan Kutil

Diketahui bahwa untuk menghilangkan jenis tanda tidak menyenangkan ini pada kulit, dengan menggunakan kulit pisang bisa membantu menghilangkan kutil dalam waktu sekitar 10 hari. Kutil itu khas dan bisa agak tidak menyenangkan. Mereka bisa menjadi sinyal kekurangan kalium. Meski banyak perawatan dijual dalam arti komersial untuk menghentikan kutil, kulit pisang, yang sarat dengan potassium, dapat digunakan untuk membantu meringankan selain memperbaiki kutil. Kupas pisang dan juga potong sedikit kulitnya dengan menggunakan pisau. Bersihkan daerah yang terkena dampak bersama air dan sabun sebelum Anda mengoleskan kulit pisang. Gosokkan kulit pisang dari kutil. Anda juga bisa meninggalkan potongan kulit pisang kecil di sekeliling kutil dan menerapkan perban perekat di kutil. Tinggalkan balutan pada semalam dan perhatikan hasilnya. Perlu beberapa hari untuk mengetahui perbaikannya.

8. Menyembuhkan Jerawat

Pijat saja kulit pisang di wajah dan tubuh Anda selama lima menit setiap hari untuk menghindari jerawat. Hasilnya perlu terlihat hanya dalam seminggu. Terus gunakan kulit sampai jerawat hilang.

9. Mengurangi Keriput

Kulit pisang mempertahankan kulit terhidrasi. Tambahkan kuning telur ke dalam kulit pisang tumbuk. Oleskan campuran ini di wajah Anda dan biarkan selama lima menit. Cuci bersih setelah 5 menit.

10. Luka

Jika anak-anak Anda terjatuh dan lututnya harus dilukai,  yang harus Anda lakukan adalah menggosok kulit pisang di daerah tersebut. Kelebihan kulit pisang membantu luka agar kering lebih cepat dengan semua formasi keropeng. Selanjutnya, ini membantu mencegah luka agar tidak menimbulkan indikasi.

11. Menghilangkan Bekas Nyamuk

Ada banyak individu yang setiap kali digigit nyamuk menerima luka kecil di sekitar daerah tersebut. Hal ini sering ditemukan pada bayi yang baru lahir karena mereka memiliki kecenderungan untuk menggaruk sejak gatal. Keuntungan paling efektif dari kulit pisang adalah mengaplikasikannya di sekitar gigitan dan Anda akan melihat dalam waktu singkat tidak gatal lagi.

12. Merawat Sepatu, Kulit, Perak Polandia

Gosokkan kulit pisang ke sepatu, kulit, dan juga barang perak untuk memastikannya segera bersinar.

13. Perawatan Kulit

Kulit pisang bagus untuk merawat kulit jika Anda alergi terhadap jenis makanan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggosok kulit pada bagian tubuh yang terkena dan membasuh kembali saat agak kering. Memanfaatkannya di malam hari jauh lebih cocok. Kelebihan kulit kulit pisang juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Banyak orang menggunakan krim wajah untuk memperbaiki kulit mereka, apakah mereka mencoba menghilangkan kulit berminyak dan juga memiliki kulit kering. Alih-alih menghabiskan uang untuk krim wajah dan penutup yang mahal, Anda bisa menggunakan campuran yang dibuat dari kulit pisang seperti krim wajah. Mash kira-kira 1/4 dari kulit pisang di pasta. Kocok putih telur di dalam campuran, selain 1 sdm. kanji dr tepung jagung. Kocok bahannya seluruhnya. Gunakan lapisan tipis melalui krim wajah di wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Memanfaatkan kain bersih dan hangat untuk menghangatkan air untuk menghilangkan krim wajah. Simpan sisa campuran yang tidak terpakai di kulkas selama kurang lebih 3 hari.

14. Perlindungan UV

Kulit pisang bekerja dengan baik untuk melindungi mata melalui sinar UV yang berbahaya. Pastikan Anda meninggalkan kulitnya di bawah sinar matahari sebelum menggosok kulit pisang di mata Anda. Hal ini juga ditunjukkan untuk mencegah katarak.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Kulit pisang termasuk lutein, karotenoid tambahan beserta sifat antiokidium. Ini dikenali untuk mengurangi stres oksidatif sekaligus menetralkan radikal bebas ke banyak organ, bersamaan dengan kulit Anda, namun juga memberi nutrisi nutrisi di mata Anda. Lutein mengurangi kemungkinan degenerasi makula dan juga katarak, menyaring sinar UV yang berbahaya, dan melindungi mata Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

16. Mengobati Anemia

Karena daging pisang bisa sangat manis dan lembut, pori-pori dan kulit kulitnya bisa sangat tebal, nyaris tidak pahit dan berserat. Ini termasuk serat dan besi dalam jumlah besar. Mengkonsumsi kulitnya hanya dengan mencampur, memanggang, atau merebusnya sekitar seperempat jam.

17. menurunkan kolesterol

Kolesterol Anda bisa dikurangi dengan meningkatkan konsumsi serat, yang mengurangi kemungkinan serangan jantung atau stroke, dan juga merupakan pilihan penelitian yang terbukti untuk memperkuat diet apapun. Kulit pisang terdiri dari serat yang lebih mudah larut dan tidak larut dibandingkan dengan buah yang dimakan secara tradisional di dalamnya.

18. Salep

Anak-anak, terutama selama bulan-bulan hangat begitu mereka menghabiskan banyak waktu di luar rumah, seringkali bisa mengalami goresan di lutut dan juga siku. Luka bakar karpet yang terletak di tanah terlalu lama juga bisa terjadi. Alih-alih memanfaatkan salep yang dijual secara komersial dari apotek, gunakan kulit pisang untuk menghilangkan rasa sakit di dalam gesekan dan meningkatkan penyembuhan. Potong hanya sedikit bagian dari kulit pisang dan gosokkan pada kulitnya ke dalam goresan atau bakar karpet. Di dalam kulit pisang berfungsi sebagai obat penyembur penyembuhan luka.

19. Bagus untuk Depresi

Tahukah Anda bahwa Banana Peels yang matang sangat ideal untuk depresi? Banana Peels dipenuhi dengan serotonin yang meningkatkan mood Anda yang membantu Anda merasa bahagia, seperti prozac dan banyak obat peningkat mood lainnya … sesuai dengan laporan di University of Taiwan. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda mengkonsumsi dua Banana Peels per hari selama 3 hari, Anda mengalami peningkatan bersih sebesar 15% di dalam tingkat serotonin Anda.

20. Sebagai Obat Tidur

Berbicara tentang triptofan, kulit pisang juga dilengkapi dengan senyawa ini. Tryptophan adalah asam amino penting yang sering direkomendasikan dalam bentuk suplemen untuk mengatasi masalah tidur. Mengkonsumsi kulit pisang bisa membantu Anda tidur nyenyak.

21. Ini menyediakan banyak elektrolit

Siapa saja yang bermain olahraga seperti anak kecil menyadari bahwa jika otot kram maka pisang adalah apa yang Anda makan sebelum permainan besar. Kalium (dan elektrolit) di dalam buah berperan dalam pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan juga regulasi keseimbangan asam basa melalui seluruh tubuh. Kulit pisang juga efektif dalam melengkapi potassium.

22. Kesehatan Kardiovaskular

Kulit pisang bisa membantu menghilangkan aterosklerosis dari tubuh dengan menghindari kolesterol menempel ke dinding arteri.

23. Berat Badan dan Obesitas

Karena kulit pisnag dipenuhi serat mereka juga mengisi Anda dan karena itu dapat mengatasi penurunan berat badan dan juga obesitas.

24. Buat Probiotik dan Detoks

Dan karena memiliki banyak serat, Anda menciptakan tempat yang sangat baik untuk bakteri probiotik atau bakteri baik untuk tumbuh dalam usus besar Anda dan oleh karena itu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu membantu menghilangkan sembelit dan karena itu juga membantu detoksifikasi tubuh dan membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

25. Antikanker

Banana Peels termasuk zat anticarcinogenic yang efektif yang membantu mencegah kanker. Dan selain itu mereka terdiri dari agen sitoprotektif serta agen antimutagenik yang menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker. Pada saat yang sama memiliki banyak karotenoid dan polifenol seperti yang ditemukan pada teh hijau yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat.

26. Pelindung Hati

Kulit pisang sebenarnya lebih kaya serat larut dan tidak larut daripada pisang itu sendiri – alasan lain mengapa mengonsumsi kulit pisang adalah ide bagus. Serat telah dikonfirmasi dalam penelitian yang tak terhitung jumlahnya untuk membantu mengurangi kolesterol. Kapan pun kadar kolesterol Anda tetap rendah, Anda membantu menangkal komplikasi dari penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke. Jenis nutrisi kulit pisang ini sangat bermanfaat.

27. Pelindung Darah Merah

Penelitian juga menemukan bahwa Banana Peels juga melindungi sel darah merah agar tidak mogok. Dan di samping itu mereka menemukan bahwa Peeling Pisang hijau bahkan lebih efisien dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.

28. Menjaga Berat Badan

Kulit pisang dikemas dengan serat dan nutrisi dan tidak banyak lagi! Mereka tidak sarat dengan kalori dan bisa menjadi makanan penting dalam membantu menjaga berat badan tetap dari pengumpulan di lingkar pinggang – sambil tetap membiarkan Anda menuai nutrisi kulit pisang.

29. Meningkatkan Tingkat Kalium Anda

Salah satu dari banyak nutrisi kulit pisang adalah potassium. Kalium dibutuhkan untuk membangun otot, memecah karbohidrat, mengatur aktivitas listrik jantung, dan juga untuk mengendalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh Anda.

30. Combat Puffy Eyes

Sementara mentimun jelas merupakan metode populer untuk melawan mata yang lelah dan bengkak, kulit pisang juga bisa melakukan triknya – hanya menggunakannya dengan cara yang sama, di atas mata, untuk memberi Anda tampilan yang cerah dan menyegarkan.

31. Mengobati lingkaran hitam

Anda juga bisa menempatkan potongan kecil kulit pisang di bawah mata Anda setelah hari yang melelahkan untuk mengatasi lingkaran hitam.

Kulit Pisang Sebagai Sumber Energi Alternatif

Kulit pisang bukan hanya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kecantikan kulit tubuh. Bahan ini ternyata terbukti ampuh sebagai sumber tenaga alternatif. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kulit pisang mampu menghasilkan energi listrik yang cukup besar hingga sekarang diolah menjadi sebuah tenaga batu batre.

Nah, itulah kumpulan ulasan kandungan kulit pisang yang mengandung vitamin hingga mineral yang tinggi bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh. Kandungan kulit pisang yang dapat menyembuhkan luka bakar, meredakan sakit kepala, hingga menghilangkan bekas luka ini berfungsi baik sebagai zat pengganti listrik atau sumber energi listrik alternatif yang handal. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda kembali memanfaatkan bahan bahan alam yang aman untuk mengobati berbagai penyakit dengan menggunakan manfaat kulit pisang ini.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan