Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

962vitamin ASumber gizi di bumi terlihat hanya terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral saja.Vitamin larut air terdiri dari dua jenis yaitu, B kompleks dan C. Vitamin larut lemak/minyak adalah vitamin A, D, E, dan juga K. Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai manfaat vitamin A. Belum banyak orang yang mengerti betul manfaat dari vitamin A. Vitamin A sebagai vitamin larut lemak/minyak identik terdapat dalam wortel dan bahan pangan yang berwarna merah.

Jangan Anda lupakan bahwa vitamin A juga dapat ditemukan dalam bahan pangan yang lainnya. Vitamin A juga termasuk sebagai vitamin yang memiliki sifat aktif. Ada bermacam-macam bentuk yang dimiliki oleh vitamin A yang semua juga aktif antara lain retinol, retinal, asam retinoat, dan ester retinil. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dari vitamin A maka Anda perlu tahu karakteristik dari vitamin larut lemak/minyak tersebut.

Karakteristik Vitamin A

Penting mengetahui vitamin larut lemak/minyak karena menjadi tepat dalam pengolahan dan konsumsi. Menjadi tidak akan berguna ketika vitamin A diolah dengan cara salah dan hilang seluruh gizinya. Sehingga lihat dengan seksama seperti apa karakteristik dari vitamin A itu.

  1. Vitamin A sebagai vitamin yang aktif juga memiliki sifat yang stabil dalam suhu tinggi, keadaan asam, dan keadaan basa.
  2. Vitamin A walaupun terbilang stabil namun juga tidak sempurna karena akan menjadi labil dalam suhu yang terlalu tinggi bercampur dengan udara, terkena sinar, serta bercampur dengan lemak berbau tengik.
  3. Vitamin A yang banyak ditemukan di alam adalah vitamin A dalam bentuk karoten yang meliputi Alfa-karoten, Beta-karoten, serta Gamma-karoten.

Sumber Vitamin A Di Bahan Pangan

  1. Sayur-sayuran bervitamin A meliputi wortel, labu, ubi jalar, tomat memiliki kandungan yang tinggi dibanding sayuran yang lain. Jangan salah dalam memahami sayuran bervitamin A harus berwarna merah. Sayuran yang memiliki warna hijau tua dan kuning tua maka akan memiliki kandungan vitamin A dalam bentuk karoten yang lebih tinggi.
  2. Buah-buahan bervitamin A meliputi pepaya, buah naga merah, dan buah-buahan berwarna merah memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.
  3. Pangan hewani bervitamin A meliputi keju, kuning telur, susu, hati, ikan.

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan

  1. Antioksidan Sebagai Pertahanan Kesehatan

Karoten dalam bentuk Beta-karoten berperan sebagai antioksidan alami dari vitamin A. Mengkonsumsi antioksidan dalam bentuk Beta-karoten akan menjadikan kesehatan selalu terjaga. Anda tidak akan mudah terserang penyakit karena antioksidan mampu menjadi penahan dari serangan antioksidan. Tubuh yang cukup memiliki antioksidan maka tidak akan mudah mengalami sakit. Walaupun aktivitas Anda sesibuk apapun ketika asupan antioksidan terpenuhi maka tidak perlu khawatir tubuh akan drop.

  1. Menambah Jumlah Antibodi

Tubuh memiliki sistem imun untuk mengoptimalkan sistem pertahanan kesehatan. Peran antibody akan meningkatkan pertahanan sistem imun. Semua itu juga akan diperoleh dengan Anda mengkonsumsi vitamin A.

  1. Mata Sehat Cemerlang

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa bentuk vitamin A ada dalam bentuk retinol. Peran retinol dalam bahan pangan akan mampu menyehatkan indra penglihat Anda. Bahkan membuat mata cantik menjadi terlihat lebih cemerlang.

Manfaat Vitamin A Mencegah Risiko Penyakit

Tidak akan pernah bosan untuk menyuruh setiap orang mengkonsumsi sumber gizi mikro termasuk vitamin A. Sebab manfaat yang luar biasa dari vitamin A akan mampu mencegah beberapa risiko penyakit yang terbilang berbahaya. Mengutamakan pola makan sehat akan membuat tubuh selalu sehat.

  1. Manfaat Vitamin A Mencegah Kolesterol

Jelas ketika keberadaan antioksidan terdapat dalam bahan pangan maka secara otomatis kolesterol akan mampu dicegah. Seseorang yang mengalami peningkatan kolesterol diakibatkn radikal bebas mampu menembus sistem pertahanan tubuh. Dengan keberadaan antioksidan maka radikal bebas akan mampu dihalangi. Tidak dapat dipungkiri lagi radikal bebas akan kesulitan masuk dan bertemu dengan kolesterol. Dijamin Anda tidak akan pernah mengalami penyakit bernama kolesterol.

  1. Manfaat Vitamin A Mencegah Sakit Darah Kotor

Banyak yang akan diakibatkan tubuh memiliki darah kotor. Seperti bisul di tempat tertentu dalam tubuh karena adanya darah kotor. Kemudian ada pula jerawat yang merupakan akibat dari keberadaan darah kotor. Walaupun jerawat bukan sebuah penyakit namun menjadi penyakit jika seseorang sering ditumbuhi oleh darah kotor dari jerawat. Mengkonsumsi vitamin A secara tertaur, terkhusus bagi kaum wanita tidak perlu khawatir wajah banyak muncul jerawat.

  1. Manfaat Vitamin A Mencegah Penyakit Kanker

Bentuk asam retinoat adalah bentuk dari vitamin A yang mampu mencegah pertumbuhan sel liar kanker. Sebelum penyakit kanker menyapa maka diharapkan untuk tertaur mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung vitamin A. Dengan begitu Anda tidak perlu takut dengan ancaman penyakit kanker.

Manfaat Kebutuhan Vitamin A Bagi Anak dan Wanita Menyusui

Kebutuhan vitamin A yang dianjurkan untuk anak balita 250 mikrogram retinol (vitamin A) atau 750 mikrogram beta-karotin sehari. Sedangkan kebutuhan wanita menyusui berumur 19 tahun keatas dianjurkan mengkonsumsi 1.300 mikrogram vitamin A per hari. Vitamin A atau aseroftol mempunyai fungsi-fungsi penting di dalam tubuh yaitu :
a. Pertumbuhan sel-sel epitel;
b. Proses oksidasi dalam tubuh;
c. Mengatur rangsang sinar pada saraf mata

Manfaat Vitamin A Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Pada ibu hamil dan menyusui, vitamin A berperan penting untuk memelihara kesehatan ibu selama masa kehamilan dan menyusui. Buta senja pada ibu menyusui, suatu kondisi yang kerap terjadi karena kurang vitamin A (KVA). Ibu hamil dan menyusui seperti halnya juga anak-anak, berisiko mengalami KVA karena pada masa tersebut ibu membutuhkan vitamin A yang tinggi untuk pertumbuhan janin dan produksi ASI

Keberadaan Vitamin A Di Dalam Tubuh

Ketika Anda mengkonsumsi vitamin A maka akan langsung dicerna. Jika tubuh merespon kelebihan akan jumlah vitamin A maka tidak perlu khawatir. Vitamin A berlebih akan tersimpan di organ hati. Di sel parenkim maka akan terjadi hidrolisis vitamin A yang diubah dalam bentuk retinol. Baru kemudian retinol akan dikeluarkan dari organ hati. Namun juga jangan berlebihan mengkonsumsi vitamin A karena walaupun kelebihan akan disimpan di organ hati, jika seringkali organ hati menerima jumlah vitamin A maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Fungsi Lain Dari Vitamin A

1. Diferensisasi Sel

Diferensiasi sel terjadi bila sel-sel tubuh mengalami perubahan dalam sifat atau fungsi semulanya. Perubahan sifat dan fungsi sel ini adalah salah satu karakteristik dari kekurangan vitamin A yang dapat terjadi pada tiap tahap perkembangan tubuh, seperti pada tahap pembentukan sperma dan sel telur, pembuahan, pembentukan struktur dan organ tubuh, pertumbuhan dan perkembangan janin, masa bayi, anak anak, dewasa dan masa tua. Diduga vitamin A, dalam bentuk asam retinoat memegang peranan aktif dalam kegiatan inti sel, dengan demikian dalam pengaturan faktor penentu keturunan/gen yang berpengaruh terhadap sintesis protein. Pada diferensiasi sel terjadi petubahan dalam bentuk dan fungsi sel yang dapat dikaitkan dengan petubahan perwujudan gen-gentertentu. Sel-sel yang paling nyata mengalami diferensiasi adalah sel-sel epitel khusus, terutama sel-sel goblet, yaitu sel kelenjar yang mensintesis dan mengeluarkan mukus atau lendir.
2. Fungsi Kekebalan
Vitamin A berpengaruh terhadap fungsi kekebalan tubuh pada manusia dan hewan. Mekanisme sebenarnya belum diketahui seeara pasti. Retinol tampaknya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan diferensiasi limfosit B (leukosit yang berperan dalam proses kekebalan humoral). Di samping itu kekurangan vitamin A menurunkan respon antibodi yang bergantung pada sel-T (limfosit yang berperanpada kekebalan selular). Sebaliknya infeksi dapat memperburuk kekurangan vitamin A.
Dalam kaitan vitamin A dan fungsi kekebalan ditemukan bahwa: (1) ada
hubungan kuat antara status vitamin A dan risiko terhadap penyakit infeksi pernapasan; (2) hubungan anrara kekurangan vitamin A dan diare belum begitu jelas; (3) kekurangan vitamin A pada campak cenderung menimbulkan komplikasi yang dapat berakibat kematian.
3. Pertumbuhan dan Perkembangan
Vitamin A berpengaruh terhadap sintesis protein, dengan demikian terhadap pertumbuhan sel. Vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan sel epitel yang membentuk email dalam pertumbuhan gigi. Pada kekurangan vitamin A, pertumbuhan tulang terhambat dan benruk tulang tidak normal. Bila hewan percobaan diberi makanan yang tidak mengandung vitamin A, maka pertumbuhan akan terganggu setelah simpanan vitamin A dalam tubuh habis. Pada anak-anak yang kekurangan vitamin A, terjadi kegagalan dalam pertumbuhan. Vitamin A dalam hal ini berperan sebagai asam retinoat.
4. Reproduksi
Vitamin A dalam benruk retinol dan retinal berperan dalam reproduksi pada tikus.
Pembentukan sperma pada hewan jantan serta pembenrukan sel telur dan perkembangan janin dalam kandungan membutuhkan vitamin A dalam bentuk retinol. Hewan betina dengan status vitamin A rendah mampu hamil akan tetapi mengalami keguguran atau kesukaran dalam melahirkan. Kebutuhan vitamin A selama hamil meningkat untuk kebutuhan janin dan persiapan induk untuk menyusui.

Kekurangan Vitamin A Di Dalam Tubuh

Berlebihan akan berisiko begitu juga dengan kekurangan mengkonsumsi vitamin A.Anda yang hampir tidak pernah mengkonsumsi vitamin A maka tidak heran akan mengalami risiko xeroftalmia. Keadaan Anda akan akan terjadi masalah pada organ mata. Organ mata di konjungtiva menjadi berisiko keratinisasi dan berimbas pada kornea mata. Jika Anda tidak segera menyadari dan periksa akan penyakit xeroftalmia maka jangan kaget jika kebutaan akan melanda. Bukan menakut-nakuti namun dengan memberikan contoh tersebut maka diharapkan akan banyak orang semakin peduli dengan konsumsi vitamin A.

Itulah sebabnya mengapa sangat penting mengkonsumsi vitamin A. Vitamin yang memiliki manfaat luar biasa. Dengan mengetahui manfaat dari mengkonsumsi vitamin A maka tidak heran benar-benar akan memberikan banyak kelebihan di dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi vitamin A dengan mengolahnya. Namun untuk buah lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi tanpa diolah atau jika ingin dijadikan jus maka tidak perlu ditambahkan dengan gula pasir. Siapa yang ingin sehat maka konsumsilah vitamin larut lemak/minyak dengan jumlah yang cukup.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi