22 Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah Kering

Manfaat madu telah dikenal luas di masyarakat Indonesia dan dunia sebagai herbal yang dapat menangani berbagai masalah kesehatan. Madu yang dihasilkan oleh lebah sangat bermanfaat bagi kesehatan dan khasiatnya telah terbukti secara ilmiah. Selain dikonsumsi, madu juga dapat dipakai sebagai masker atau lotion wajah. Kandungan dalam madu, diantaranya adalah gula (80%), mineral, vitamin B, vitamin C, air, asam amino. Ayo kita berkenalan lebih dekat dengan madu! berikut adalah manfaat madu untuk kulit yang sangat ampuh serta telah digunakan sejak dahulu.

1. Pelembab alami kulit

Madu berkhasiat untuk mengikat uap air dan oksigen ke daerah kulit yang dioles madu. Karena itu madu efektif dipakai sebagai pelembab alami kulit, membuat kulit tidak kering dan elastisitas meningkat. Kebanyakan produk kecantikan yang berupa pelembab kulit pun memiliki kandungan madu.

2. Obat eksim

Kemampuan madu dalam memberi rangsangan ke kulit supaya cepat meregenerasi sel, membuat madu dipakai sebagai salah satu bahan dalam berbagai macam obat. Salah satunya adalah obat eksim.

3. Anti penuaan dini

Radikal bebas yang ada di sekeliling kita mempengaruhi sel-sel kulit sehingga menjadi keriput dan kering (penuaan dini). Madu mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas tersebut. Asupan makanan, baik itu buah atau sayur yang mengandung antioksidan belum cukup bagi tubuh kita. Sehingga perlu pasokan lain. Madu sangat cocok untuk ini. Jadi bila ingin tetap sehat dan cantik, rajin konsumsi madu murni, ya.

4. Nutrisi kulit

Madu dapat menutrisi kulit, salah satunya dengan menjadikan madu sebagai masker. Campuran madu sebanyak 1 sendok teh, minyak sayur 1 sendok teh, dan perasan lemon ¼. Oles pada kulit untuk menghindarkannya dari kekeringan dan menutrisinya supaya terlihat lebih segar.

5. Anti acne

Infeksi jaringan kulit dapat diatasi dengan menggunakan madu. Kulit berminyak dan berjerawat rentan dimasuki bakteri. Madu dapat menerobos jaringan kulit yang sudah terinfeksi itu serta membasmi bakteri P Acne yang merupakan penyebab munculnya jerawat di wajah. Madu pun akan menjaga kulit dari infeksi yang ditimbulkan oleh jerawat.

6. Mengatasi sel kulit mati

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, pakailah masker madu yang dicampur dengan oatmeal dan air lemon. Sifat madu aman untuk berbagai jenis kulit termasuk juga yang sensitif.

7. Pelembab bibir

Kadang kala kita merasa kulit bibir kita keriput dan tidak cantik lagi. Untuk mengatasi hal ini dapat mengoles madu pada bibir (seperti menggunakan lip balm), agar memperoleh bibir halus dan lembab.

8. Antiseptik

Enzim hydrogen peroxide yang terkandung dalam madu mempengaruhi sifat madu berupa antimikroba dan anti bakteri. Untuk membantu dalam proses penyembuhan luka akibat tergores dan mungkin luka karena terjatuh dapat memanfaatkan madu.

9. Mengatasi infeksi kulit

Infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur seperti kadas, kurap, panu, dapat diatasi dengan madu. Karena sifatnya yang tak hanya antimikroba dan anti bakteri saja, melainkan juga anti jamur.

10. Kondisioner alami

Caranya dengan menambahkan jus lemon ¼ sendok teh, minyak sayur sebanyak 1 sendok teh, dan madu juga 1 sendok teh. Mengaplikasikannya dengan dioles ke bagian yang diinginkan terutama daerah tubuh kering, diamkan selama lebih kurang sepuluh menit dan basuh memakai air dingin.

Membuat Variasi Masker Madu

1. Membuat kulit wajah lembut dan terjaga kelembabannya

Manfaat madu yang satu ini dapat kita peroleh dengan cara memakai masker madu. Masker madu tanpa tambahan apapun. Jadi madu langsung diaplikasikan ke wajah sebagai masker, biarkan selama kira-kira 30 menit dan dibilas pakai air dingin. Rutinlah melakukan perawatan (dalam satu minggu minimal 2 kali) sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membersihan kulit dan wajah

Sebagai pembersih kulit dan wajah, caranya yaitu dengan mencampur madu sebanyak 1 sendok dengan 1 sendok teh jus lemon/jeruk, 1 sendok serbuk biji almond, plus minyak aroma terapi. Dipakai tiap 2 hari sekali sebelum kita mandi dengan mengoles ke seluruh bagian tubuh.

3. Masker bagi kulit kering

Mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan membuat campuran masker antara madu dan pisang matang yang keduanya diblender hingga halus. Sapukan ke kulit wajah yang kering, biarkan selama setengah jam dan bilas pakai air dingin. Perawatan ini dilakukan minimal 2 kali dalam satu minggu.

4. Mengatasi jerawat dan menghilangkan noda hitam karena jerawat

Manfaat madu untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan noda hitam karena jerawat dapat dilakukan dengan membuat masker campuran satu sendok madu dan bubuk kayu manis secukupnya. Lakukanlah perawatan secara rutin/tiap hari hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

5. Mengatasi kulit kaki yang kering dan pecah-pecah

Cara mendapatkan kulit kaki yang cantik tanpa kering apalagi pecah-pecah adalah dengan membuat campuran susu hangat 2 gelas dan madu secukupnya yang dipakai untuk merendam kaki yang kering. Biarkan kurang lebih selama 15 menit sembari melakukan pijatan lembut. Lakukan perawatan yang sama ke sisi tubuh yang diinginkan (siku, tangan, lutut) agar kulit tidak kering dan lebih halus.

6. Menyegarkan kulit

Tambahkan cuka apel ke dalam madu dengan perbandingan cuka apel 1, madu 5. Oles ke kulit secara merata minimal satu kali dalam seminggu agar mendapatkan kulit yang segar.

7. Mengangkat sel kulit mati

Mengatasi sel kulit mati dapat dilakukan dengan membuat masker dari campuran sesendok madu dan oatmeal sebanyak 2 sendok yang dioles pada wajah. Perawatan ini dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

8. Membersihkan kulit (tubuh dan kulit kepala) juga rambut

Madu yang ditambahkan ke dalam air yang hendak dipakai untuk mandi pun bermanaat sebagai pembersih kulit baik itu kulit kepala, badan atau dapat pula membersihkan rambut kita dari kototran yang menempel.

9. Membuat lotion madu

Komposisi lotion madu antara lain : jus lemon/jeruk 1 sendok teh, minyak biji anggur sebanyak 1 sendok teh, madu sebanyak 1 sendok teh, dan minyak lavender secukupnya. Pakai lotion ini sehabis mandi pagi.

Madu Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

1. Kesehatan tubuh

Madu murni yang dikonsumsi secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa keuntungan konsumsi madu adalah dapat mengusir masalah yang terjadi di tenggorokan, berupa radang tenggorokan yang disertai bibir pecah juga sariawan.  Untuk masalah bibir pecah dan sariawan, penggunaan madu dilakukan dengan melumuri bibir dan sariwan pakai madu sebanyak dua kali dalam satu hari. Selain itu madu dapat membuat ketahanan tubuh naik.

Jika imunitas tubuh naik, kita pun tak mudah terserang beragam penyakit. Madu pun berkhasiat memperlancar metabolisme yang terjadi dalam tubuh kita. Nah, apakah manfaat madu hanya itu? Tentu tidak! Kita dapat juga mengolah atau menambahkan madu ke dalam makanan maupun minuman. Pemanis alami ini selain sehat juga tidak mengandung zat-zat kimia, jadi aman dikonsumsi. Madu dapat pula menambah energi dan mengembalikan stamina kita karena kandungan gula dalam madu mudah diserap oleh sistem cerna, dengan kata lain madu merupakan sumber energi yang instan. Para atlet banyak yang mengkonsumsi madu sebelum dan setelah pertandingan.

2. Ibu hamil

Ibu hamil pun disarankan untuk rajin konsumsi madu. Berbagai manfaat dapat diperoleh oleh sang ibu yang tengah mengandung, diantaranya adalah mampu membantu atasi berbagai gangguan pencernaan yang terjadi pada saat hamil, masalah kulit saat seseorang hamil hingga setelah melahirkan, memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Daya tahan ibu hamil yang lemah dapat ditingkatkan pula dengan rajin minum madu.

3. Kecantikan

Kecantikan dan kesehatan kulit dapat diperoleh dari minum madu secara teratur. Khasiat madu sudah terkenal sejak dahulu sebagai solusi bagi mereka yang ingin memiliki kulit sehat, cantik, dan bercahaya. Sebabnya adalah kandungan dalam madu berupa vitamin dan mineral sangat bemanfaat untuk kulit. Pelembab alami kulit kering bisa pakai madu. Mengidamkan kulit halus, bisa pakai madu. Dengan rajin melakukan perawatan menggunakan masker madu ditambah berbagai campuran lain yang menambah khasiat masker tersebut bagi kulit kita, maka dapatilah hasil berupa kulit cantik, segar, sehat, bersinar.

Manfaat madu untuk kulit memang cukup banyak, selain itu madu juga efektif dicampurkan dengan berbagai herbal lainnya untuk menjadikan  

,
Oleh :
Kategori : Herbal