Sponsors Link

13 Manfaat Daging Anjing Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat daging anjing banyak yang belum tahu. Daging anjing saat ini masih dijadikan pro dan kontra di kalangan masyarakat dikarenakan ada sebagian masyarakat yang tidak mau mengkonsumsinya. Di balik pro dan kontra tersebut, ternyata daging anjing memiliki berbagai macam manfaat. Sayangnya tidak semua masyarakat tahu akan manfaat daging anjing tersebut, ketidaktahuan masyarakat akan manfaat daging anjing membuat banyak masyarakat menjauhinya.

ads

Ciri-Ciri Daging Anjing

manfaat daging anjingJika anda tidak membeli daging anjing di tempat penyembelihannya langsung, tentu Anda membutuhkan trik khusus dalam membedakan mana daging anjing dan mana yang bukan. Berikut ini tips yang bisa anda gunakan untuk membedakan mana daging anjing dana mana yang bukan :

  1. Warna merah hati. Jika dilihat lebih jauh, daging anjing warnanya sama dengan daging sapi.
  2. Serat halus. Salah satu ciri daging anjing adalah memiki serat yang halus, tidak seperti serat daging sapi yang besar-besar.

Saat ini manfaat daging anjing masih dijadikan perdebatan. Tidak hanya itu saja, banyak masyarakat yang masih tabu untuk mengkonsumsinya. Namun di masyarakat Batak dan juga Tapanuli, daging anjing dan babi sudah dianggap sebagai makanan yang biasa dimakan sehari-hari dan mudah dijumpai. Begitu pula dengan masyarakat yang mayoritasnya non muslim. Bagi masyarakat yang mayoritas penduduknya adalah muslim, daging anjing dijadikan sebagai jamu juga dijadikan tongseng jamu. Berikut ini manfaat dari mengkonsumsi daging anjing :

  1. Meningkatkan Stamina Yang Loyo

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari memakan dan mengkonsumsi daging anjing adalah bisa meningkatkan stamina khususnya pria yang staminanya loyo. Hal itu dikarenakan kandungan protein di dalam daging anjing yang tinggi. Protein tinggi pada daging anjing bisa berguna untuk membangkitkan stamina kembali. Terutama pria yang memiliki pekerjaan berat. Tidak heran jika daging ini dijadikan sebagai jamu pembangkit stamina. Kandungan kalori yang tinggi juga dipercaya bisa meningkatkan stamina pria.

  1. Menghindarkan Dari Rasa Lemas Dan Lesu

Kandungan protein dan kandungan kalori di dalamnya bisa bermanfaat sebagai sumber tenaga, sehingga orang yang mudah lelah dan lesu bisa mengkonsumsi daging ini untuk tidak mudah lelah atau lemas dan lesu.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah, bisa menaikkan tekanan darah menggunakan daging ini. Meski tampilannya seperti daging sapi, daging anjing ini memiliki fungsi sama dengan daging kambing yaitu untuk meningkatkan tekanan darah.

  1. Tubuh Menjadi Hangat

Saat orang terkena demam, dia akan merasakan dingin di sekujur tubuhnya. Kandungan kalori di dalam daging anjing yang tinggi bisa bermanfaat utnuk membuat tubuh menjadi hangat. Hal itu dikarenakan daging anjing sifatnya adalah panas, sama seperti dengan daging kambing.

  1. Meningkatkan Libido

Sate anjing dan sate kuda dipercaya bisa digunakan untuk meningkatkan libido. Di dalam rumah tangga, ada kalanya libido naik dan juga turun. Bagi pria yang merasakan libidonya sedang turun, bisa mengkonsumsi sate jamu atau tongseng jamu tersebut.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang tidak lancar bisa membuat berbagai macam penyakit timbul di dalam tubuh. Oleh sebab itu perlu untuk menjaga peredaran darah menjad lancar bisa menggunakan atau mengkonsumsi sate jamu atau tongseng jamu.

  1. Memperbaiki Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang adalah bagian organ yang penting bagi tubuh, jika sumsum tulang belakang rusak bisa mengakibatkan tulang belakang terganggu. Misalnya saja adalah tulang punggung menjadi bengkok. Untuk memperbaiki sumsum tulang belakang bisa menggunakan daging anjing, hal itu dikarenakan kandungan protein tinggi di dalam daging anjing bisa membangun dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak.

  1. Sumber Energi

Kandungan kalori yang tinggi dalam daging anjing bermanfaat untuk sumber energi atau sebagai cadangan energi. Sehingga orang yang memakan daging anjing tidak akan mudah terasa lapar dan lesu.

  1. Memperbaiki Nutrisi

Daging anjing juga dipercaya bisa memperbaiki nutrisi di dalam tubuh, alasannya adalah diantara daging ayam atau daging sapi, kandungan protein dan kalorinya lebih tinggi ada pada daging anjing tersebut.

  1. Mengembangkan Jaringan Tubuh

Kandungan protein hewani yang tinggi pada daging anjing berpengaruh terhadap perkembangan jaringan tubuh. Sehingga memakan daging anjing bisa membuat perkembangan sel atau jaringan tubuh menjadi lebih berkembang.

  1. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam daging anjing terdapat kandungan asam amino esensial dimana kandungan tersebut merupakan sumber protein yang baik. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Terhindar Dari Berbagai Macam Infeksi

Asam amino esensial yang bermanfaat dalam pembentukan antibodi tersebut bisa menangkal berbagai macam penyakit contohnya saja infeksi.

  1. Meningkatkan Sel Darah Merah
ads

Saat anda mengkonsumsi daging anjing, sel darah merah Anda akan meningkat. Hal itu dikarenakan kandungan zat besi yang ada dalam daging anjing tersebut bermanfaat dalam memperbaiki sel darah merah sehingga menghindarkan dari anemia.

Tips Memilih Daging Anjing

Di Indonesia, perdagangan dan penyembelihan daging kambing masih dianggap ilegal. Hal itu dikarenakan daging anjing tidak dikonsumsi oleh banyak orang. Akibatnya adalah hanya sebagian tempat saja yang menjual daging anjing untuk dikonsumsi. Tempat pemotongan anjing kebanyakan bersifat ilegal, karena anjing merupakan hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh banyak orang.

Banyak orang yang merasa iba jika harus memakan daging hewan yang dianggap paling setia tersebut. Namun bagi anda yang pecinta daging anjing, anda harus lebih berhati-hati dalam memakan dan memilih daging anjing. Alasannya adalah anjing yang tidak dipelihara dengan baik rentan terkena rabies. Rabies bisa menular ke tubuh manusia. Berikut ini tips memilih daging anjing yang baik dan terpercaya :

  1. Tempat penyembelihan terpercaya. Jika anda ingin membeli daging anjing sebaiknya anda memilih da mendatangi langsung di tempat penyembelihan anjin terpercaya. Penyembelihan kambing terpercaya ini menjunjung tinggi kemanusiaan hewan, tempat yang hiegienis dan pengolahan daging yang baik dan benar. Kebanyakan tempat penyembelihan anjing tidak menjunjung peri kemanusiaan hewan. Misalnya saja anjing dipukul menggunakan kayu tumpul atau bahkan besi, dikuliti bahkan dibakar. Pengolahan dagingnya pun serampangan, selain itu tempat penyembelihannya kumuh dan juga kotor. Daging yang sampai di tangan pembeli pun akan dipertanyakan kualitasnya jika disembelih dan diolah atau di potong di tempat yang seperti itu.
  2. Memilih anjing dalam keadaan masih hidup. Anda sebaiknya memilih tempat pemotongan anjing yang menyediakan anjing yang masih hidup. Sebab anda akan bebas memilih anjing apa yang anda suka untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu saja, memilih anjing dalam keadaan masih hidup akan memberikan keuntungan bagi pembeli untuk melihat mana anjing yang kondisi kesehatannya baik dan mana yang tidak.
  3. Hindari memilih anjing yang rabies. Anjing rabies hanya bisa dilihat dan diketahui saat masih hidup. Anjing rabies adalah anjing gila. Jika didekati dia akan menggigit, mulutnya menganga dan berbusa.

Manfaat daging anjing memang cukup kontroversial mengingat beberapa kepercayaan melarang konsumsi daging ini. Jadi harap perhatikan bahwa ini hanya untuk referensi, tidak merekomendasikan anda harus konsumsi anjing jika ada keluhan penyakit di atas.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 10th, May 2015 / 16:10 Oleh :
Kategori : Daging