33 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

Blewah merupakan buah yang kerap muncul di bulan ramadhan. Selain menyegarkan, blewah memiliki keistimewaan tersendiri untuk kesehatan tubuh. Buah yang mirip dengan buah melon ini, merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Buah blewah biasanya dikonsumsi dengan cara dijadikan campuran minuman. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya dengan cara dibuat kolak seperti labu. Harganya yang murah, lezat namun berkualitas ini, membuatnya banyak diburu orang

Manfaat Kandungan di dalam Buah Blewah

Komposisi manfaat buah blewah sendiri begitu banyak mengandung gizi. Buah blewah diketahui memiliki mineral dan vitamin serta serat makanan yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dari The Journal of Food Science meneliti bahwa, 100 gram blewah rata-rata mengandung :

  • Manfaat buah blewahVitamin A – 3382IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A)
  • Vitamin C – 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C)
  • Vitamin – B6 0,1 mg
  • Mineral Kalium – 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium)
  • Folat – sebanyak 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat)
  • Protein– 0,8 g
  • Magnesium – 12,69 mg
  • Mangan – 0,03 mg
  • Natrium-16mg
  • Tembaga – 0,05 mg
  • Seng – 0,10 mg
  • Kobalt – 0,003 mg
  • Karbohidrat– 8g
  • Krom – 0,005 mg

Dari kandungan-kandungan yang bernilai gizi tersebut, munculah keistimewaan-keistimewaan buah blewah ini. Tentu khasiatnya begitu sangat dirasakan bagi yang rutin mengkonsumsinya. Adapun manfaat buah blewah antara lain :

1. Menurunkan Berat Badan

Blewah mampu menurunkan berat badan, sebab buah blewah memiliki kandungan yang rendah gula dan kalori. Oleh karena itu buah blewah baik jika dikonsumsi saat menjalani program diet, yang sekaligus mampu untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium, manfaat vitamin C dan potasium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Oleh karena itu, blewah ini sangat aman bagi penderita yang memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kolesterol

Tingginya vitamin C dalam manfaat buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah blewah yang memiliki vitamin C tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluhdarah. RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini, secara teratur sehingga jantung tetap sehat.

5. Mencegah Resiko Kanker

Jika kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti betakaroten, vitamin C dan asam folat, maka dapat beresiko terkenan kanker rahim. Namun jika mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan dapat dicegah sebab buah blewah memiliki 3 nutrisi penting tersebut.

6. Mengatasi Insomnia

Buah blewah memiliki sifat sedatif yang mana sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama halnya dengan obat tidur. Jadi bagi penderita insomnia, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi blewah agar mampu menangkal insomnianya tersebut. Selain itu, manfaat coklat juga memberikan efek ketenangan yang akan memudahkan tidur.

7. Mengatasi Maag

Mengkonsumsi buah blewah secara teratur dapat mengatasi kurang nafsu makan dan maag. Apalagi jika disajikan dalam wujud jus, maka maag akan lebih mudah teratasi karena menjadi lebih mudah dicerna.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah blewah mampu menjaga kesehatan mata yang merupakan indra penglihatan bagi tubuh, jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, manfaat vitamin A juga berguna untuk mencegah efek radikal bebas akibat udara yang tercemar.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Kombinasi vitamin A dan C yang yang terdapat pada buah blewah, maka buah ini memiliki kemampuan untuk memelihara kesehatan kulit bahkan mampu mencegah penuaan dini. Apalagi vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pemah berhenti menyerang kulit kita. Karenanya vitamin A, C, dan manfaat vitamin E ini, sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

10. Menyehatkan Janin

Manfaat buah blewah mengandung asam folat, yang dibutuhkan oleh janin sehat. Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah ini, membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

11. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi buah blewah dapat membantu pencernaan dan mampu menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Sebab, buah blewah memiliki kandungan vitamin A dan serat makanan dalam buah tersebut.

12. Mencegah Asma

Blewah adalah sumber kaya vitamin C dan beta-karoten. Nutrisi ini sangat membantu dalam menurunkan risiko asma.

13. Meningkatkan Imunitas

Blewah menyediakan vitamin C, vitamin A, beta-karoten, dan fitokimia yang bekerja melawan radikal bebas. Vitamin C mengais radikal bebas penyebab penyakit dan bertindak sebagai garis pertahanan penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini juga merangsang produksi sel darah putih, yang mencari dan menghancurkan bakteri berbahaya, virus, dan zat beracun lainnya atau benda asing yang mungkin telah menemukan jalan mereka ke dalam aliran darah kita.

14. Mengurangi Dehidrasi

Kandungan air dalam blewah membuatnya menjadi makanan ringan yang hebat di musim panas karena mencegah dehidrasi. Ini adalah alasan utama mengapa muskmelons disertakan sebagai makanan ringan di piknik musim panas.

15. Perawatan Kulit

Blewah mengandung diet beta-karoten yang memastikan tidak ada toksisitas overdosis atau vitamin A karena tubuh hanya mengubah sebanyak yang dibutuhkannya, tidak seperti suplemen; Sisanya tetap sebagai beta karoten untuk melawan penyakit sebagai antioksidan. Jumlah yang berubah menjadi vitamin A memasuki kulit dan merangsang selaput sel kulit dan meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan. Ini melindungi membran kulit dari racun berbahaya yang secara prematur menua kulit. Krim vitamin A juga digunakan sebagai salep untuk iritasi dan kemerahan pada kulit, karena sifatnya yang menenangkan secara alami.

16. Meredakan Setres dan Kecemasan

Kalium adalah salah satu nutrisi penting yang ditemukan di blewah, dan telah terhubung menjadi vasodilator, yang berarti melemaskan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Peningkatan kadar tekanan darah dapat bertindak sebagai stressor pada tubuh dan bahkan bisa memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol. Kalium juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, yang menginduksi sensasi menenangkan dan sikap yang lebih rileks. Plus, mengurangi adanya hormon stres dalam tubuh bisa mengurangi gejala kegelisahan.

17. Mengontrol Diabetes

Penelitian awal menunjukkan bahwa blewah berhubungan dengan peningkatan metabolisme insulin, yang berarti fluktuasi gula darah yang lebih stabil, mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang berbahaya yang semua penderita diabetes khawatirkan. Ini juga telah terbukti mengurangi tekanan oksidatif pada ginjal, yang selanjutnya dapat mencegah sejumlah penyakit terkait ginjal.

18. Mengobati Radang sendi

Fitokimia yang kami bicarakan sebelumnya juga memiliki kualitas anti-inflamasi. Ini berarti bahwa memiliki blewah dalam makanan Anda dapat membantu mencegah stres oksidatif pada sendi dan tulang Anda, sehingga mengurangi peradangan. Peradangan kronis pada area vital ini dapat menyebabkan kondisi seperti artritis, jadi pastikan untuk menambahkan banyak makanan enak ke diet Anda jika Anda merasa berderit di sekitar sendi!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan