20 Manfaat Minum Madu Setiap Hari

Madu sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan sehingga kerap dikonsumsi baik secara langsung maupun dicampur dengan bahan alami lainnya. Selain itu madu juga kerap dijadikan bahan untuk merawat kecantikan seperti dalam pembuatan masker, lulur, dan lain sebagainya. Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan telah lama dibuktikan sehingga bahan alami ini selalu dicari dan dijual dengan harga cukup tinggi. Namun sayangnya semakin sulit mendapatkan madu asli karena ada saja oknum yang memanfaatkan tingginya permintaan dengan mengakali madu yang dijualnya untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Madu baik dikonsumsi setiap hari asalkan dalam kadar yang tidak berlebihan. Anda dapat mencampurnya dengan air hangat sehingga kadar madu yang dikonsumsi tidak berlebihan dan rasanya juga tidak terlalu manis. Atau anda bisa mengonsumsinya dengan cara lain asalkan tidak berlebihan. Dengan mengonsumsi madu ada banyak manfaat yang didapatkan diantaranya ada manfaat madu untuk tulang, manfaat madu untuk kulit, manfaat madu untuk jantung, manfaat madu untuk kesuburan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat minum madu bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rajin minum madu dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan sangat dianjurkan karena dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan kekebalan dan pertahanan tubuh yang baik maka tubuh anda akan sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Selain madu ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya manfaat remayung dan manfaat buah cupuacu.

2. Sumber nutrisi

Madu mengandung beragam nutrisi berupa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencukupkan kebutuhan energi tubuh. Diantara kandungan nutrisinya adalah niacin, asam pantotenat, tembaga, manfaat magnesium, manfaat fosfor, manfaat seng, riboflavin, kalsium, manfaat zat besi, manfaat mangan, dan manfaat kalium.

3. Mencegah penuaan dini

Madu juga memiliki kandungan antioksidan sehingga sangat baik untuk melindungi sel-sel tubuh termasuk sel-sel kulit dari radikal bebas. Dengan perlindungan ini sel-sel kulit lebih terpelihara dan terhindar dari penuaan dini yang banyak dikhawatirkan terutama oleh kaum wania. Selain itu penuaan dini juga dapat dicegah dengan rajin menggunakan beberapa bahan alami lainnya seperti manfaat teh barley, manfaat tanaman adas, dan manfaat teh daun gaharu.


4. Meningkatkan kesuburan

Manfaat minum madu juga dapat dirasakan oleh pasutri yang belum juga dikaruniai anak. Dengan rajin mengonsumsi madu dapat membantu meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak pasangan sehingga patut dicoba. Disamping itu anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami lainnya seperti manfaat kacang hijau untuk kesuburan dan manfaat toge untuk kesuburan.

5. Mengatasi radang pada tenggorokan

Jika anda mengalami radang atau sakit pada tenggorokan maka salah satu solusi alami yang disarankan adalah dengan mengonsumsi madu. Cara ini telah banyak dibuktikan disamping penggunaan bahan-bahan alami lainnya seperti manfaat lo han kuo, manfaat bunga wijaya kusuma, dan manfaat kembang turi.

6. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan pada madu juga dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung sehingga anda terhindar dari penyakit mematikan ini. Dengan rajin minum madu akan membantu memperlambat proses oksidasi kolesterol jahat yang dapat berpengaruh buruk pada kesehatan jantung. Selain madu ada beberapa pilihan bahan alami lainnya yang baik dikonsumsi diantaranya manfaat alpukat untuk jantung dan manfaat kacang tanah untuk jantung.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat minum madu juga dapat dirasakan oleh para pelaku diet yang berusaha menurunkan berat badan. Meskipun memiliki citarasa yang manis namun kandungan gula pada madu adalah jenis gula alami sehingga tidak menambah bobot badan. Selain memperhatikan konsumsi makanan penurunan berat badan juga harus diikuti dengan rajin berolahraga seperti manfaat olahraga aerobik dan manfaat lari di tempat.

8. Membersihkan racun dari dalam tubuh

Konsumsi madu juga dapat sangat baik untuk membersihkan tubuh dari tumpukan racun sehingga kesehatan tubuh terjaga dan terbebas dari racun-racun. Hal ini penting dilakukan karena apapun yang masuk ke tubuh kita tidak bisa dijamin bebas dari zat-zat racun sehingga penting dilakukan detoksifikasi dalam jangka waktu tertentu. Cara lain yang dapat dilakukan untuk detoksifikasi adalah dengan manfaat infused watermanfaat jus rumput gandum, atau manfaat daun serai.

9. Meningkatkan metabolisme

Minum madu secara teratur juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berbagai proses dalam tubuh dapat berjalan lancar. Metabolisme tubuh yang baik juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami lainnya seperti manfaat matcha green tea, manfaat sari agegard, dan manfaat jahe.

10. Mengatasi sembelit

Jika anda mengalami sembelit atau susah buang air besar maka sebaiknya konsumsi air madu yaitu air hangat yang dicampur madu. Minuman ini dapat membantu meningkatkan gerakan usus sehingga masalah sembelit bisa teratasi. Selain itu tentu saja harus dibarengi pula dengan konsumsi makanan kaya serat seperti manfaat buah buni, manfaat kol, serta beragam buah dan sayuran lainnya.

11. Mengatasi batuk dan pilek

Kombinasi air hangat dan madu juga baik diminum untuk mengatasi batuk dan pilek yang diderita. Meskipun telah tersedia berbagai obat siap minum seperti manfaat obat ambroxol namun penggunaan bahan-bahan alami lebih disukai untuk menghindari efek samping.

12. Mengatur kadar gula darah

Madu juga baik diminum karena bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah agar tetap stabil sehingga aman dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain madu ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang aman untuk kadar gula darah seperti manfaat kulit rambutan untuk diabetes dan manfaat buah naga untuk diabetes.


13. Mengatasi perut kembung

Perut kembung sungguh terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat. Minuman ini akan membantu menetralisir gas yang berkumpul di tubuh sehingga perut terasa nyaman kembali. Bahan alami lainnya yang juga memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat rebusan kayu manis dan manfaat teh daun mint.

14. Antibakteri

Madu juga memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Selain madu ada banyak bahan alami yang juga memiliki sifat serupa diantaranya manfaat buah ceplukan, manfaat air rebusan biji ketumbar, dan manfaat daun seledri.

15. Menambah energi

Air madu atau teh madu juga baik dikonsumsi saat anda merasa kelelahan karena dapat menambah pasokan energi dalam tubuh sehingga tubuh kembali berenergi dan terasa segar.

Selain beragam manfaat di atas masih ada beberapa manfaat minum madu lainnya yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya:


Manfaat Minum Madu Lainnya

16. Mengatasi insomnia

17. Mencegah risiko alzheimer

18. Baik untuk ibu hamil

19. Mencegah stres

20. Meningkatkan daya ingat.


Dengan beragam manfaat minum madu seperti yang telah dijelaskan tentu kini anda tidak perlu ragu lagi mengonsumsi madu sehari-hari. Asalkan tidak berlebihan dan menggunakan madu asli maka beragam manfaat di atas bisa anda dapatkan. Mari hidup sehat mulai dari sekarang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman