20 Manfaat Olahraga Aerobik untuk Kesehatan Tubuh dan Psikis

Tubuh tidak hanya membutuhkan asupan makanan yang sehat dan cukup namun juga memerlukan latihan atau olahraga agar selalu sehat dan bugar. Tanpa berolahraga dan rajin bergerak maka otot-otot tubuh anda akan kaku, tidak terlatih, serta mudah terserang penyakit. Ada begitu banyak manfaat olahraga baik bagi kesehatan fisik maupun manfaat olahraga untuk psikis. Anda juga dapat memilih jenis olahraga apa yang akan dilakukan karena ada begitu banyak pula jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan seperti manfaat berenang, manfaat lunge, manfaat olahraga skipping, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis olahraga tersebut dapat dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu olahraga aerobik dan anaerobik. Olahraga aerobik sering diidentikkan dengan kegiatan olahraga berupa senam yang dilakukan dengan sejumlah gerakan dan diiringi musik untuk menambah semangat. Namun sebenarnya olahraga aerobik tidak terbatas pada senam saja, ia meliputi semua kegiatan olahraga yang melibatkan banyak otot besar, membutuhkan banyak oksigen, memiliki intensitas rendah, serta dilakukan dalam waktu cukup lama. Selain senam aerobik ada beberapa contoh olahraga aerobik lainnya seperti berlari, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya.

Olahraga aerobik yang dilakukan secara rutin dapat membawa dampak positif bagi kesehatan. Ketika melakukan olahraga ini tubuh akan memproses glikogen dan cadangan lemak yang ada di tubuh dengan menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi sehingga sangat baik untuk menurunkan berat  badan. Olahraga aerobik juga dikenal sangat baik bagi kesehatan jantung karena meningkatkan denyut jantung secara bertahap sehingga aliran oksigen ke jantung semakin meningkat. Selain itu masih ada banyak lagi manfaat olahraga aerobik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa diantaranya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya olahraga aerobik memicu pembakaran gula darah dan cadangan lemak sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal dan menurunkan berat badan bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan. Selain dengan berolahraga berat badan ideal juga dapat diraih dengan mengonsumsi makanan seperti manfaat bayam untuk diet dan manfaat kacang polong untuk diet.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rutin melakukan olahraga aerobik dan dibarengi dengan pola hidup sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. Tentunya hal ini harus diikuti pula dengan konsumsi makanan sehat seperti manfaat ikan gindara dan manfaat buah cupuacu.

3. Menurunkan risiko diabetes

Seperti yang diketahui penderita diabetes memiliki masalah dengan kadar gula darah dan resistensi insulin. Untuk itu sangat dianjurkan berolahraga termasuk olahraga aerobik karena olahraga ini jika dilakukan secara teratur dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Selain itu juga dapat mengurangi resistensi insulin sehingga terhindar dari diabetes. Selain itu anda juga dapat menggunakan manfaat bengkoang untuk diabetes dan manfaat sirsak untuk diabetes.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Olahraga aerobik membantu melatih otot jantung sehingga menjadi lebih kuat dan sehat. Dengan otot jantung yang kuat akan membuat jantung lebih kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga mengurangi jeda denyut jantung. Jantung yang sehat juga dapat diperoleh dengan manfaat kacang tanah untuk jantung dan manfaat alpukat untuk jantung.

5. Pernapasan lebih lancar

Dengan rajin melakukan olahraga aerobik akan melatih tubuh untuk mampu bernapas lebih panjang dan dalam. Hal ini berdampak positif pada kadar oksigen dalam darah, jantung, dan otot tubuh yang semakin meningkat. Kemudian pembuluh darah akan semakin melebar sehingga berbagai jenis gas pembuangan seperti asam laktat dan karbondioksida akan lebih mudah dikeluarkan. selain itu olahraga ini juga membantu mengencangkan otot-otot pernapasan sehingga udara yang keluar masuk paru-paru menjadi lebih lancar.


6. Menimbulkan perasaan gembira dan memperbaiki mood

Seperti manfaat olahraga lainnya melakukan olahraga aerobik juga dapat menimbulkan perasaan gembira dan memperbaiki mood atau suasana hati. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon endorfin saat anda berolahraga.

7. Meminimalisir kecemasan dan depresi

Selain menimbulkan perasaan bahagia olahraga aerobik yang dilakukan secara rutin juga dapat meminimalisir timbulnya rasa cemas dan depresi yang dapat menurunkan kualitas hidup. Anda tentu tidak ingin hidup dengan dihantui rasa cemas berlebihan sehingga mengurangi kebahagiaan hidup.

8. Memelihara kemampuan kognitif pada lansia

Lansia atau orang lanjut usia rentan mengalami kemunduran fisik dan mental salah satunya penurunan kemampuan kognitif. Untuk mencegah hal ini atau meminimalisirnya anda dapat melakuan senam aerobik secara rutin. Cukup 3 kali semingga dengan durasi 30 menit terbukti dapat meminimalisir penurunan kemampuan kognitif lansia. Selain itu memelihara kemampuan kognitif juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan/minuman seperti manfaat susu almond dan manfaat kopi pahit tanpa gula.

9. Meningkatkan stamina

Stamina yang baik penting artinya bagi kesehatan dan kualitas hidup sehingga anda dapat menjalani hari dengan bersemangat dan tidak mudah lelah. Selain dengan manfaat olahraga skipping peningkatan stamina juga bisa didapatkan dengan rajin melakukan olahraga aerobik seperti senam, lari, atau berenang.

10. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme yang baik merupakan kunci agar berbagai proses di dalam tubuh termasuk pencernaan dan penyerapan sari makanan dapat berjalan dengan baik. Untuk itu sangat dianjurkan berolahraga salah satunya olahraga aerobik. Disamping itu harus dibarengi pula dengan konsumsi makanan sehat seperti manfaat sari agegard dan manfaat teh bangle.

11. Mengatasi insomnia

Jika anda memiliki masalah gangguan tidur seperti insomnia maka olahraga aerobik patut anda coba karena olahraga jenis ini dapat membantu mengatasi masalah insomnia atau sulit tidur. Selain itu disarankan pula mengonsumsi minuman herbal seperti manfaat teh daun pandan dan manfaat tanaman adas.

12. Memperkuat tulang dan sendi

Gerakan pada olahraga aerobik sangat beragam dan bervariasi mulai dari yang ringan sampai yang cukup berat. Semuanya ini melibatkan berbagai otot, tulang, dan persendian sehingga dengan latihan terus-menerus secara rutin dapat membuat tulang dan sendi menjadi sehat dan kuat.

13. Baik bagi ibu hamil

Olahraga aerobik juga sangat baik bagi ibu hamil karena dapat membuat otot-otot tubuhnya lebih elastis dan fleksibel sehingga memudahkan saat melakukan persalinan. Tentunya harus disesuaikan dengan usia kehamilan, kondisi si ibu, dan gerakan aerobik yang tepat. Salah satu olahraga aerobik yang baik bagi ibu hamil adalah renang. Ada banyak manfaat renang bagi wanita dan ibu hamil.

14. Membuat awet muda

Jika anda ingin terlihat awet muda maka berolahraga seperti olahraga aerobik adalah pilihat yang tepat dan sehat. Dengan rajin berolahraga maka otot dan kulit tubuh menjadi lebih sering bergerak sehingga lebih elastis dan kencang. Tubuh dan wajah yang awet muda juga dapat diperoleh dengan manfaat senam wajah yang dilakukan secara rutin.

15. Menurunkan kadar trigliserida dalam darah

Kadar trigliserida yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan sindrom metabolik sehngga harus dijaga agar tetap stabil. Caranya adalah dengan rajin melakukan olahraga seperti aerobik serta mengonsumsi makanan sehat dan membatasi makanan berkarbohidrat dan gula tinggi.

16. Baik untuk kesehatan otot

Seperti bagian tubuh lainnya otot juga membutuhkan oksigen dalam jumlah cukup agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Untuk itu olahraga aerboik sangat dianjurkan karena dapat mendorong pembuluh darah untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi otot.


17. Mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah

Dalam jangka panjang olahraga aerobik yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh dan meminimalisir kadar kolesterol jahat atau LDL sehingga arteri terbebas dari penumpukan kolesterol jahat yang bisa menghambat aliran darah. Hal ini tentu berdampak positif pada tekanan darah dan kadar gula darah yang terkontrol dengan baik. Anda juga dapat mengontrol tekanan darah dengan mengonsumsi makanan seperti manfaat buah okra dan manfaat pare bagi hipertensi.

18. Meminimalisir risiko penyakit berbahaya

Tidak hanya baik untuk memelihara kesehatan olahraga aerobik jika dilakukan secara rutin juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit serius seperti obesitas, sroke, dan beberapa jenis kanker. Tentu lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik mendisiplinkan diri untuk berolahraga daripada menanggung penyakit berbahaya nantinya.

19. Memininimalisir risiko osteoporosis

Meskipun osteoporosis identik dengan penyakit orang tua namun selagi muda kita tetap harus menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan tentunya berolahraga. Dengan rajin melakukan olahraga aerobik seperti senam dan lari dapat meminimalisir risiko osteoporosis sehingga masa tua bisa dilalui dengan sehat dan bahagia. Tidak cukup dengan olahraga saja osteoporosis bisa dicegah atau diminimalisir dengan konsumsi makanan/minuman seperti manfaat susu entrasol dan manfaat kolang kaling.

20. Meningkatkan kadar sel darah merah

Manfaat olahraga aerobik yang tidak kalah penting adalah dapat membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Seperti yang diketahui oksigen dan sari makanan dibawa oleh darah ke seluruh tubuh sehingga berbagai bagian tubuh mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup.

Luar biasa bukan manfaat olahraga aerobik bagi kesehatan? Meskipun demikian olahraga saja tentu tidak cukup. Harus dibarengi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup sehingga tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga