8 Manfaat Rebusan Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang menjadi khas Indonesia. kayu manis memiliki aroma khas dan sedap alami yang membuat masakan menjadi lebih enak. Dahulu para penjajah dari belanda dan portugis juga datang ke Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah salah satunya adalah kayu manis. Selain bisa dimanfaatkan sebagao bumbu masakan yang membuat masakan menjadi enak ternyata khasiat lainnya yang ada di dalam kayu manis juga sangat baik untuk kesehatan. Kayu manis juga bisa dijadikan minuman dan obat herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Penyembuhan herbal yang dapat dilakukan oleh kayu manis ini diantaranya adalah untuk obat nyeri sendi, penyakit kulit, jantung, perut kembung, dan berbagai jenis penyakit lainnya. sebenarnya keberadaan kayu manis sebagai obat herbal ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat karena memang lebih banyak diketahui sebagai bahan masakan saja.

artikel terkait manfaat rebusan:

Mengapa kayu manis saat ini banyak digunakan sebagai obat herbal? Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam kayu manis yang sangat baik untuk tubuh. kayu manis mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan dipercaya mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. selain itu di dalam kayu manis juga mengandung anti infeksi natura alami yang mampu mengusir bakteri dan virus yang hinggap dalam tubuh. jadi, kayu manis memang baik untuk kesehatan tubuh.

Cara Membuat Rebusan Kayu Manis

Menjadikan kayu manis sebagai bahan obat herbal sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun cara yang paling umum dan paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ramuan rebusan kayu manis. Rebusan kayu manis ini sangat mudah dibuat dan bisa anda buat kapan saja. saat cuaca dingin pun anda bisa meminum rebusan kayu manis ini karena bisa menghangatkan badan. Lalu bagiamana cara membuat ramuan rebusan kayu manis? Selengkapnya simak berikut ini.

  • Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kayu manis secukupnya kurang lebih 1 ons sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Setelah itu cuci bersih kayu manis dengan menggunakan air bersih tentunya
  • Siapkan juga tiga gelas air putih
  • Rebus kayu manis dengan air yang telah disiapkan sampai mendidih
  • Setelah mendidih, diamkan sebentar hingga agak dingin namun masih tetap hangat
  • Kemudian saring airnya dan anda langsung bisa meminum rebusan kayu manis tersebut
  • Jika anda kurang suka dengan rasaya anda bisa menambahkan gula jawa atau madu serta daun sereh untuk mendapatkan aroma dan rasa yang lebih enak
  • Jika saat cuaca dingin anda bisa menambahkan jahe yang sudah ditumbuk ke dalam rebusan kayu manis untuk mendapatkan rasa hangat
  • Minumlah rebusan kayu manis tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehati untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Ramuan rebusan kayu manis ini bisa menjadi alternatif minuman herbal bagi anda sebagai pengganti teh atau kopi. Anda tentunya ingin mendapatkan sensasi berbeda dari minuman yang anda minum bukan? Nah, ini salah satu alternatifnya.

artikel terkait:

Setelah anda mengetahui bagaimana caranya membuat rebusan kayu manis dan meminumnya secara rutin mungkin anda jadi penasaran apa saja manfaat rebusan kayu manis ini untuk kesehatan? Simak selengkapnya berikut ini:

  1. Mengobati asam urat

Asam urat merupakan kondisi dimana terjadi penumpukan natrium di area sendi yang berbentuk Kristal tajam sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa pada penderitanya. Saat penyakit asam urat kambuh biasanya akan disertai dengan ruam kemerah-merahan pada daerah sendi terutama sendi jari kaki. Penyakit asam urat memang lebih sering menyerang orang laki-laki yang sudah lanjut usia namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang anda yang masih muda. Untuk mencegah asam urat anda bisa meminum ramuan rebusan kayu manis seperti yang sudah disebutkan di atas namun bisa ditambah dengan cengkeh, merica, garam, kapulaga dan rempah lainnya. jika asam urat anda sedang kambuh anda bisa mengonusmsinya saat masih hangat untuk hasil optimal.

artikel terkait: manfaat oatmeal untuk asam uratmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Mengobati tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan keadaan dimana adanya tekanan yang terlalu tinggi pada pembuluh darah arteri. Penyakit ini seringkali dianggap sebagai penyakit yang membunuh secara diam-diam. Hipertensi bisa berujung pada komplikasi penyakit lainnya yang lebih serius seperti jantung dna stroke. Anda bisa mengonsumsi ramuan rebusan kayu manis dengan ditambahkan rambut jagung serta asam jawa. Kombinasi dari tanama herbal tersebut mampu meredakan penyakit tekanan darah tinggi. untuk hasil optimal sebaiknya anda imbangi dengan olahraga dan jangan makan makanan penyebab tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita darah tinggimanfaat daun alpukat untuk hipertensi

  1. Mengatasi perut kembung

Perut kembung meskipun seringkali diabaikan namun bisa menganggu aktivtitas. Meskipun perut kembung termasuk dalam jenis penyakit ringan namun harus tetap diatasi supaya tidak menganggu kesehatan anda. Cara menggunakan kayu manis untuk mengatasi perut kembung ini sama seperti membuat ramuan rebusan kayu manis yang telah disebutkan di atas namun jangan lupa ditambahkan jahe. Minumlah selagi hangat, rasa hangat dari jahenya akan membuat perut kembung anda menjadi reda.

artikel terkait: manfaat minum air dingin

  1. Mengobati maag

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kayu manis untuk kesehatan adalah bisa mengobati penyakit maag. Maag biasanya menyerang orang yang suka telat makan dan bisa berbahaya bila dibiarkan dalam jangka panjang. anda bisa menggunakan ramuan rebusan kayu manis untuk mengobati maag namun dengan ditambahkan madu. Untuk mendapatkan hasil maksimal jangan lupa untuk meminumnya secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

artikel terkait: manfaat brokoli untuk penderita maagmanfaat buah naga bagi penderita maag

  1. Obat diare

Saat anda diare anda juga bisa menggunakan ramuan dari kayu manis ini untuk meredakannya. Diare pastinya akan sangat menganggu aktivitas karena cairan tubuh hilang dan anda akan menjadi sangat lemas. Cara membuat ramuan dari kayu manis ini sama dengan rebusan kayu manis namun ditambahkan dengan daun jambu biji yang masih muda. Minumlah sebanyak 2 kali sehari sampai diare anda sembuh. Jangan lupa untuk istirahat ketika anda diare supaya hasilnya lebih optimal.

artikel terkait: solusi diaremanfaat oralit

  1. Menghangatkan tubuh

Salah satu hal mengapa para penjajah datang dari eropa ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah adalah karena mereka membutuhkan kehangatan. Ya seperti yang diketahui bahwa benua eropa memiliki suhu dingin dan setengah tahunnya tertutup salju. Salah satu manfaat dari kayu manis ini adalah untuk menghangatkan tubuh, sehingga tidak heran banyak makanan eropa yang menggunakan kayu manis sebagai pelengkap masakannya. Kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai obat flu dan demam.

artikel terkait: manfaat buah cepokakmanfaat jahe saat flu

  1. Sumber mineral dan serat

Serat dan mineral seperti pangan dan magnesium sangatlah penting bagi tubuh untuk dapat melangsungkan hidupnya. Kayu manis juga bisa menjadi sumber mineral dan serat seimbang bagi anda. Zat besi yang ada di dalam kayu manis juga sangat baik untuk kekuatan tubuh.

artikel terkait: manfaat serat

  1. Sebagai anti bakteri

Bakteri hidup bersamaan dengan manusia setiap harinya dan ada dimana saja dan jumlahnya sangat banyak. Sebenarnya tubuh memiliki kemampuan untuk menolak bakteri masuk ke dalam tubuh secara alami. Namun ada beberapa orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah sehingga kerap kali terserang bakteri dan menjadi sakit. Dengan mengonsumsi ramuan rebusan kayu manis secara rutin akan membantu sistem pertahanan tubuh melawan bakteri secara lebih optimal. Selain itu kayu manis juga bisa mencegah bau mulut dan gigi berlubang karena bakteri di mulut.

artikel terkait: manfaat buah nanas untuk dietmanfaat obat asthin force

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 10:20 Oleh :
Kategori : Herbal