5 Manfaat Madu Untuk Tulang Yang Perlu Diketahui

Madu merupakan salah satu jenis cairan yang bentuknya hampir menyerupai sirup namun memiliki tekstur yang lebih kental dan manis. Berbeda dengan sirup, madu merupakan cairan yang dihasilkan dari serangga yaitu lebah yang memiliki kebiasaan menghisap sari atau nectar bunga dan menyimpannya di dalam sarang lebah. Jenis dari lebahnya pun tidak bisa dari sembarang lebah berbeda jika anda melihat manfaat Kunyit, harus lebah khusus penghasil madu yang bisa diambil madunya. Cara memperoleh madu bisa dibilang sedikit sulit karena memang membutuhkan ahlinya seperti petani madu. jika lebah madu sudah berada di dalam sarangnya, maka lebah ini akan mengeluarkan semua nectar yang ada di kantung madunya dengan cara mengunyahnya terlebih dahulu sehingga terjadilah proses fermentasi.

Biasanya untuk memanen madu berbeda jika anda melihat manfaat pepsodent, para petani madu terlebih dahulu membakar beberapa macam rempah untuk membuat lebah madu tenang dan tidak menyengat sehingga akan sangat mudah bagi para petani untuk memanennya. Adapun alat khusus yang digunakan dan berbentuk seperti roda. Untuk cirinya sendiri madu memiliki aroma yang khas berupa aroma manis yang sangat kuat dan rasanya pun juga sangat manis hingga manisnya terkadang melebihi manis gula. selain itu adapun kandungan nutrisi pada madu yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda khususnya untuk tulang anda.

Kandungan Nutrisi Madu

  • Kalori
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Glukosa
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin A, B6, B12, C, D
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada madu berbeda jika anda melihat manfaat lemon, adapun berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan mulai dari segi kecantikan hingga kesehatan. Secara umum madu sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi berbagai macam penyakit ringan hingga kronis, namun tahukah anda bahwa madu tidak hanya dimanfaatkan sebagai peningkat kekebalan tubuh saja. Kali ini kita akan membahas seputar manfaat dari madu yang sangat baik untuk tulang anda. Adapun penjelasan singkat mengenai manfaat madu untuk tulang.

Manfaat Madu Untuk Tulang

  1. Mengatasi Patah Tulang

Patah tulang ataupun tulang retak bisa anda alami jika anda mengalami sebuah kecelakaan kecil ataupun besar seperti jatuh hingga teledor saat berkendara. Untuk mengatasinya biasanya selain memberikan perawatan dan obat dan berbeda dengan manfaat kencur dan jahe, dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung kalsium. Seperti madu yang memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk membantu anda mempercepat penyembuhan patah tulang ataupun tulang retak. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda akan cepat sembuh dan dapat beraktivitas dengan baik lagi.

  1. Memperkuat Tulang

Selain mengatasi patah tulang berbeda jika anda melihat manfaat pete, kandungan kalsium pada madu juga dapat membuat tulang anda jadi lebih kuat. Banyak orang yang telah membuktikan dengan mengkonsumsi madu setiap hari mereka memiliki tulang yang lebih kuat. Tidak hanya tulang yang lebih kuat saja, tetapi sel darah merah anda pun juga akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya sel darah merah, anda tidak akan merasakan cepat lelah, lemas dan lesu. Sehingga anda dapat menjalankan aktivitas anda sehari- hari dengan baik.

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Memiliki tubuh yang tinggi dan proporsional merupakan dambaan tiap orang, dan bagi  anda yang ingin memiliki tubuh yang tinggi anda bisa mengkonsumsi madu setiap pagi dan malam sebelum tidur. Hal ini karena madu merupakan jenis minuman yang dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan tulang anda dengan lebih cepat. Bagi anda yang saat ini masih dalam usia pertumbuhan ini sangat cocok anda aplikasikan setiap harinya secara rutin. Tidak hanya itu, metode ini juga sangat baik untuk anak- anak yang saat ini sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan mengaplikasikan ini maka pertumbuhan tulang anda akan menjadi lebih baik.


  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang merupakan salah satu hal terpenting yang harus anda miliki jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Anda bisa menjaga kesehatan tulang anda dengan mengkonsumsi madu. Kandungan kalsium yang ada pada madu selain menutrisi tulang anda, ini juga akan menjaga tulang dan menghindarkannya dari berbagai penyakit ataupun gangguan tulang. Adapun penyakit ataupun gangguan tulang yang dapat anda cegah dan atasi dengan mengkonsumsi madu yaitu terhambatnya pertumbuhan tulang, nyeri pada sendi, rematik hingga flu tulang dan TBC tulang.

  1. Mencegah Osteoporosis Dini

Selain dapat mencegah penyakit seperti terhambatnya pertumbuhan tulang, nyeri pada sendi, rematik hingga flu tulang dan TBC tulang, dengan mengkonsumsi madu secara rutin anda bisa mencegah penyakit osteoporosis dini. Biasanya osteoporosis sering diderita oleh orang yang telah memasuki usia lanjut. Agar anda terhindar dari osteoporosis maka anda bisa mengkonsumsinya, dan adapun tips jika anda tidak suka dengan rasa madu yang terlalu manis yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok perasan jeruk lemon.

Itulah berbagai macam manfaat madu yang baik untuk tulang anda. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin agar tulang anda tetap sehat, semoga informasi yang dapat kami sajikan bermanfaat bagi anda dan dapat menambah pengetahuan anda seputar manfaat madu.

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.