50 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Wajah dan Pengobatan Ampuh

Siapa yang tidak kenal jahe? Kebanyakan orang terutama kaum ibu pasti sudah sangat mengenal dan sering menggunakan jahe. Umumnya jahe dijadikan sebagai bumbu masakan atau dijadikan bahan pembuatan minuman kesehatan. Rasa jahe yang agak pedas menimbulkan rasa hangat di badan sehingga disukai oleh kebanyakan orang. Selain sebagai bumbu masakan ternyata ada banyak manfaat tanaman jahe bagi kesehatan yang telah dibuktikan sejak zaman dahulu.

Tidak hanya itu berbagai kandungan nutrisi dan senyawa penting seperti manfaat vitamin C, B5, B6, manfaat antioksidan, manfaat potasium, gingerol, manfaat magnesium, serta sifat analgesik, anti peradangan, dan anti bakteri pada jahe menjadikan bahan makanan ini juga berpengaruh posifif pada kecantikan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Berikut selengkapnya manfaat jahe untuk kesehatan, kecantikan, dan pengobatan berbagai penyakit.

Jahe untuk Kesehatan

Konsumsi jahe yang kaya akan nutrisi dan senyawa penting diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan berbagai fungsi organ tubuh. Berikut manfaat jahe dalam menjaga kesehatan tubuh:

1. Merangsang fungsi pankreas

Konsumsi air jahe secara teratur dapat merangsang fungsi pankreas sehingga berbagai fungsi tubuh yang berkaitan dengan pankreas berjalan dengan lancar. Termasuk salah satunya menghasilkan hormon insulin yang berperan penting dalam menjaga kadar gula darah.

2. Mempercepat metabolisme dan melancarkan pencernaan

Konsumsi jahe secara teratur dapat membantu mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembentukan dan penguraian berbagai senyawa yang berguna untuk berbagai fungsi dalam tubuh bisa berjalan lancar. Selain itu jahe juga sangat baik untuk kesehatan dan kelancaran pencernaan sehingga makanan bisa dicerna dan diserap dengan baik. Makanan lain yang juga baik bagi pencernaan diantaranya manfaat pepaya mengkal dan manfaat pisang kepok rebus.

3. Menurunkan berat badan

Kemampuan jahe untuk meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan menjadikan jahe sebagai obat herbal yang tepat untuk menurunkan berat badan sehingga tubuh langsing ideal menjadi milik anda.

4. Sumber antioksidan

Jahe juga mengandung antioksidan yang berperan aktif dalam menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh. Seperti diketahui radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dan penuaan dini sehingga asupan antioksidan yang cukup diperlukan oleh tubuh. Makanan lain yang juga kaya akan antioksidan diantaranya manfaat jagung dan manfaat bunga rosella.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan gingerol pada jahe diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung yang merupakan organ vital dalam tubuh manusia.

6. Melancarkan aliran darah

Konsumsi jahe juga dapat merangsang pelebaran pembuluh darah (dalam artian positif) sehingga berpengaruh pada kelancaran aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh maka semua jaringan dan organ tubuh akan mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup. Anda juga dapat mengonsumsi manfaat buah cepokak dan manfaat jenitri untuk melancarkan aliran darah.

7. Mengontrol kadar kolesterol

Air jahe yang diminum secara teratur juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol yang bisa menyebabkan penyumbatan pada arteri.

8. Menghangatkan badan

Banyak orang yang telah membuktikan bahwa konsumsi air jahe apalagi pada saat cuaca dingin dapat membantu menghangatkan tubuh dari dalam. Manfaat rebusan kayu manis juga dapat menjadi pilihan untuk menghangatkan badan secara alami.

9. Meningkatkan kesuburan pria

Jahe juga berpengaruh positif untuk meningkatkan kesuburan pria sehingga vitalitas tubuh semakin meningkat dan mempermudah mendapatkan keturunan.

10. Meningkatkan libido pria

Herbal berupa wedang jahe yang dicampur dengan madu atau lemon diketahui dapat meningkatkan libido pria. Hal ini tentu sangat baik untuk mendukung kebahagiaan seksual suami istri dan mempermudah pasangan yang ingin segera memiliki anak. Meningkatkan libido secara alami juga dapat dilakukan dengan manfaat daun kemangi untuk kesuburan dan manfaat madu bagi pria.

11. Meningkatkan daya tahan, kualitas, dan kuantitas sperma

Jahe dikenal sebagai salah satu afrodisiak alami yang digunakan untuk mengatasi masalah penurunan gairah seksual. Kandungan senyawa arginine dan cineole pada jahe dapat membantu meningkatkan daya tahan sperma sehingga memperbesar kemungkinan tejadinya kehamilan. Anda juga dapat menggunakan manfaat daun viagra dan manfaat kapulaga untuk kesehatan sebagai afrodisiak alami.

12. Mencegah stres

Selain menghangatkan badan konsumsi air jahe atau wedang jahe juga dapat mencegah timbulnya stres karena rasa dan aroma jahe yang menenangkan. Wedang jahe juga dapat ditambahkan irisan lemon sehingga meningkatkan manfaatnya.

13. Memaksimalkan proses detoksifikasi pada paru-paru

Konsumsi jahe juga dapat membantu memaksimalkan proses detoksifikasi pada paru-paru sehingga berbagai racun pada paru-paru dapat dibuang dan saluran pernapasan pun terbebas dari berbagai zat-zat racun yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit.

14. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan sifat antioksidan yang dimilikinya menjadikan jahe sebagai herbal pilihan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh terhindar dari infeksi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan manfaat tauge dan manfaat kubis.

15. Menghambat perkembangan tumor dan kanker

Kandungan gingerol pada jahe juga dapat menghambat perkembangan sel-sel abnormal menjadi tumor ataupun mengganas menjadi kanker sehingga meminimalisir timbulnya penyakit berbahaya ini.

16. Mencegah kanker

Selain itu jahe juga bersifat antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat mencegah timbulnya kanker seperti kanker rahim. Pencegahan kanker juga bisa dilakukan dengan manfaat buah aprikot dan manfaat daun manggis.

17. Memperlambat penyebaran kanker

Kalaupun sudah terlanjur terkena kanker dengan rajin mengonsumsi jahe dapat memperlambat penyebaran sel-sel kanker sehingga tidak berkembang dan menyebar ke sel, jaringan, atau organ tubuh lainnya.

18. Baik untuk kesehatan otak

Kandungan antioksidan pada jahe dapat mengatasi dan menghambat peradangan pada otak sehingga kesehatan otak tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kinerja otak. Selain itu konsumsi jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak meliputi daya ingat dan waktu reaksi otak. Cara lain untuk meningkatkan kesehatan otak adalah dengan manfaat membaca buku sehingga otak menjadi terasah dan menambah wawasan.

19. Baik untuk sensitivitas dan produksi insulin

Berbagai kandungan nutrisi pada jahe diketahui berpengaruh positf untuk sensitivitas dan produksi hormon insulin sehingga produksinya lancar dan sensitivitasnya tetap baik. Hal ini penting sekali mengingat fungsi hormon insulin yang penting pula yaitu mengontrol kadar gula darah.

20. Menjaga kestabilan kadar gula darah

Dengan pengaruh positif jahe pada hormon insulin menjadikan jahe sebagai herbal yang tepat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

21. Melindungi dari risiko komplikasi diabetes

Diabetes menimbulkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya. Dengan mengonsumsi herbal dari jahe dapat membantu melindungi anda terutama penderita diabetes dari berbagai komplikasi seperti kerusakan ginjal, hati, dan mata.

22. Meminimalisir dan mencegah morning sickness pada ibu hamil

Jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah morning sickness seperti rasa mual dan muntah pada ibu hamil terutama pada awal masa kehamilan. Meskipun demikian harus tetap berhati-hati dan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah dengan kehamilan. Ibu hamil juga dapat menggunakan manfaat mangga harum manis dan manfaat es krim untuk mengatasi morning sickness yang dirasakan.

23. Meningkatkan nafsu makan

Konsumsi jahe juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan karena herbal satu ini dapat merangsang selaput lendir pada usus. Jadi jika anak atau anggota keluarga lain sedang tidak atau kurang nafsu makan maka wedang jahe dapat menjadi pilihan.

Jahe untuk Pengobatan

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, konsumsi jahe juga dapat dijadikan sebagai herbal untuk mengatasi berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan dan kenyamanan. Berikut beberapa manfaat jahe untuk pengobatan dari berbagai penyakit:

1. Mengatasi batuk dan flu

Jika anda terserang batu yang disertai flu maka jahe dapat menjadi obat alami pilihan sebelum mengonsumsi obat-obatan siap pakai seperti manfaat obat ambroxol. Selain lebih alami tentu saja lebih minim efek samping.

2. Mengatasi asma

Masalah pernapasan lain yang juga bisa diatasi dengan ramuan jahe adalah penyakit asma. Hal ini disebabkan jahe dapat meningkatkan detoksifikasi paru-paru sehingga saluran pernapasan bersih dan terbebas dari berbagai zat beracun.

3. Mengatasi flu yang disertai sakit kepala

Jahe yang dikonsumsi atau dijadikan obat luar dapat membantu mengatasi flu yang disertai oleh sakit kepala. Jahe sebagai obat luar dapat ditambahkan minyak zaitun sehingga menjadi pasta.

4. Mengatasi migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain yang menyerang secara tiba-tiba juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan jahe. Dibanding mengonsumsi berbagai obat migrain seperti manfaat obat neuralgin dan manfaat parasetamol yang memiliki efek samping lebih baik mengonsumsi jahe yang lebih aman dan minim efek samping.

5. Mengatasi pusing

Jika kepala anda terasa ringan dan beputar seperti umumnya gejala pusing maka konsumsi jahe merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasinya. Hal ini ditunjang oleh kemampuan jahe untuk melancarkan peredaran darah sehingga otak mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup.

6. Sebagai obat penenang pengurang rasa sakit

Konsumsi jahe juga bermanfaat untuk menenangkan sekaligus mengurangi rasa sakit secara alami sehingga ramuan herbal ini kerap digunakan untuk mengatasi nyeri atau sakit pada sendi, nyeri perut, dan lain sebagainya.

7. Mengatasi mual

Jahe merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi berbagai jenis mual. Mulai dari morning sickness pada ibu hamil, mual setelah operasi, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi air jahe atau manfaat susu jahe dapat membantu mengatasi rasa mual ini sehingga kondisi tubuh kembali membaik dan stabil.

8. Mengatasi mabuk saat berkendara

Sebagian orang akan merasa mabuk saat berkendara sehingga mengonsumsi berbagai obat anti mabuk. Dibandingkan melakukan hal tersebut lebih baik mengonsumsi jahe yang terbukti dapat mengatasi rasa mabuk saat berkendara tanpa efek samping.

9. Mengatasi mulas akibat kurang serat

Rasa mulas dan tidak nyaman pada perut dapat muncul karena kurang konsumsi serat. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengonsumsi ramuan jahe sehingga rasa mulas bisa berkurang dan teratasi.

10. Mengatasi masalah disfungsi ereksi pada pria

Disfungsi ereksi atau masalah ereksi lainnya merupakan masalah serius yang dapat mengancam kebahagiaan rumah tangga. Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi ramuan jahe sehingga perihal ereksi bisa normal kembali. Cara lain untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan manfaat ginseng jawa dan manfaat ginkgo biloba.

11. Mengatasi rasa nyeri atau sakit saat menstruasi

Konsumsi jahe juga sangat disarankan bagi wanita yang tengah mengalami menstruasi karena dipercaya bisa mengatasi nyeri yang umumnya dialami. Rasa nyeri saat awal menstruasi cukup beragam mulai dari yang ringan hingga yang berat sehingga sangat mengganggu kenyamanan beraktivitas.

12. Mengatasi gejala-gejala peradangan

Jahe dikenal sebagai anti inflamasi atau anti peradangan sehingga dapat mengatasi berbagai gejalanya seperti pembengkakan pada anggota tubuh serta gejala-gejala radang lainnya.

13. Meredakan nyeri otot dan sendi

Aktivitas fisik yang berat dan berlebihan dapat menimbulkan rasa nyeri pada otot dan sendi. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi ramuan jahe sehingga rasa nyeri bisa berangsur reda. Obat praktis lain yang bisa langsung digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi adalah manfaat obat mefinal dan manfaat viostin ds.

14. Mengatasi masuk angin

Sifat jahe yang menghangatkan dari dalam juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masuk angin. Jika anda terserang masuk angin maka wedang jahe merupakan salah satu pilihan herbal yang tepat untuk dikonsumsi.

15. Mengatasi sembelit

Selain baik bagi kesehatan pencernaan konsumsi ramuan jahe juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar. Hal ini didukung oleh kandungan serat pada jahe yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

16. Mengatasi perut kembung

Masalah organ pencernaan lainnya yang juga bisa diatasi dengan ramuan jahe adalah perut kembung atau begah. Cukup minum air rebusan jahe atau wedang jahe maka perut kembung akan berangsur pulih. Perut kembung juga bisa diatasi dengan manfaat temulawak untuk lambung dan manfaat jambu biji muda.

17. Mengatasi osteoarthritis

Bagi anda yang mengalami osteoarthritis sehingga kerap merasa nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian maka ramuan jahe merupakan obat alami yang tepat. Kandungan senyawa pada jahe dapat meminimalisir pemicu radang serta merangsang produksi asam salisilat sehingga rasa sakit dan tidak nyaman bisa teratasi.

18. Mengatasi nyeri dan memar pada tubuh

Jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai obat luar untuk mengatasi nyeri dan memar pada anggota tubuh yang mengalami benturan sehingga timbul radang berupa pembengkakan. Hal ini didukung oleh sifat anti inflamasi yang terdapat pada jahe.

19. Mengatasi alergi

Gejala alergi seperti gatal dan ruam pada kulit kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya dapat dimanfaatkan ramuan jahe yang juga memiliki sifat anti alergi. Cara praktis mengatasi alergi adalah dengan manfaat dexteem plus dan manfaat dermovate cream.

20. Mengatasi rematik

Jahe yang dibakar dan kemudian ditumbuk halus dapat diaplikasikan pada bagian tubuh yang terasa nyeri ketika rematik kambuh. Ini merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi rasa nyeri pada penderita rematik.

Jahe untuk Kecantikan

Manfaat jahe yang tidak kalah penting adalah dapat digunakan untuk memelihara kecantikan mulai dari kecantikan wajah, rambut, dan kulit. Berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan alami anda:

1. Menghilangkan ketombe

Ketombe yang merajalela di kulit kepala sungguh mengganggu kenyamanan dan penampilan. Untuk mengatasinya anda dapat mencoba cara yang alami yaitu dengan mengunakan air jahe yang dijadikan air pencuci rambut sehingga rambut bersih dan terbebas dari ketome. Cara alami lain untuk mengatasi ketombe adalah dengan manfaat lengkuas dan manfaat daun urang aring.

2. Melembabkan kulit

Manfaat jahe untuk kecantikan juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Campuran antioksidan pada jahe dari sari buah delima dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit sehingga terhindar dari kekeringan.

3. Mencegah kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhannya

Ramuan jahe juga bermanfaat untuk mencegah rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut sehingga rambut anda lebih cepat lebat dan panjang. Rambut rontok juga dapat dicegah dengan membuat dan menggunakan ramuan alami dari manfaat daun mangkokan dan manfaat daun jambu biji untuk rambut rontok.

4. Mencegah rambut kering

Tidak hanya melembabkan kulit ramuan jahe juga bisa digunakan untuk mencegah rambut menjai kering sehingga tidak enak dilihat dan dipegang.

5. Menghilangkan jerawat

Meskipun jerawat umumnya bukanlah masalah kesehatan serius namun cukup mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri. Jika anda telah mencoba berbagai cara namun belum berhasil juga maka ramuan jahe dapat menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat dengan cara mengaplikasikannya secara langsung pada wajah yang berjerawat. Anda juga dapat menggunakan manfaat sabun asepso dan manfaat sabun gove untuk menghilangkan jerawat yang bersarang di wajah.

6. Mengatasi kulit berminyak

Jahe parut bersama bahan-bahan lain seperti garam, bubuk pala, dan bubuk kayu manis bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berminyak. Dengan pemakaian teratur dapat mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga kulit wajah terasa lebih sehat dan nyaman.

7. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada jahe dapat menghambat perkembangan radikal bebas sehingga tubuh anda terhindar dari penuaan dini. Salah satu gejalanya yang cukup ditakuti adalah munculnya kerutan pada wajah yang terlalu cepat sehingga mengganggu kepercayaan diri terutama pada wanita. Penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat daun kenikir untuk kecantikan secara alami.

Itulah diantara beragam manfaat jahe yang luar biasa dan tentunya minim efek samping. Kini anda dapat memanfaatkan jahe untuk berbagai keperluan, tidak hanya sebagai bumbu masakan saja. Mengingat berbagai manfaatnya bagi kesehatan, kecantikan, dan pengobatan maka jahe bisa dikatakan sebagai cara yang murah, mudah, dan tanpa efek samping untuk sehat dan cantik.