19 Manfaat Lo Han Kuo Untuk Kesehatan

Lo Han Kuo  (Memordicae Grosvenori Swingla) merupakan tumbuhan merambat dari China yang dibudidayakan seperti tanaman Anggur. Buah Lo Han Kuo  juga memiliki nama lain, diantaranya Lo Han Guo, Luo Han Guo , Lor Hon Gor , Ge Si Wei Ruo Guo , Ra Kan Ka , buah biksu, buah arhat, buah Momordica , Momordicae Grosvenori Fructus, buah panjang umur dan buah ajaib.

artikel terkait:

Apa itu Lo Han Kuo?

Buah Lo Han Kuo  berbentuk seperti bola dengan diameter 4-6 cm. Pada saat mentah, buah Lo Han Kuo  berwarna hijau. Namun pada saat buah Lo Han Kuo  sudah dinyatakan kering dan siap untuk dikonsumsi, buah ini lebih dominan memiliki warna coklat ketuaan. Tekstur daging Lo Han Kuo  hampir mirip dengan buah asam Bangkok, namun dalam buah Lo Han Kuo  terdapat biji yang menempel pada dagingnya.

Kulit luar buah Lo Han Kuo  bersifat ringan dan kering, bahkan bisa hancur ketika ditekan. Terdapat semacam gumpalan busa berwarna kuning kecoklatan di dalam kulit buah Lo Han Kuo . Buah Lo Han Kuo  yang sempurna ditandai dengan kulit luar buah yang basah. Buah yang sudah sempurna juga harus disimpan di lemari es untuk mencegah timbulnya jamur pada buah. Buah ini pun tidak dapat disimpan terlalu lama setelah di petik. Selain itu, khasiat buah ini juga hanya keluar ketika telah diolah.

Buah ini memiliki rasa manis dan dipercaya memiliki banyak khasiat sejak dahulu kala. Namun buah Lo Han Kuo  yang mentah tidak memiliki rasa manis sehingga tidak digunakan sebagai obat. Menurut C. Jeffrey dalam buku berjudul Siratia Groseenorrii, buah Lo Han Kuo  memiliki sifat dingin dan rasa manis serta tidak beracun. Sedangkan menurut Dai dan Liu dalam buku berjudul Fruit as Medicine, buah Lo Han Kuo  memiliki daging buah, ciri kulit dan biji yang dingin dengan rasa manis serta tidak beracun.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk kesuburan

Kandungan lu han kuo

Beberapa tahun bekalangan peneliti jepang meneliti mengenai kandungan buah Lo Han Kuo  ini. Buah Lo Han Kuo  memiliki kandungan berbagai macam gizi seperti vitamin A, B, C, D, E, betakaroten, serta zat besi, fosfor, natrium, kalsium, magnesium, kalium serta zinc. Adalah Triterpenoid Glycosides yang merupakan komponen utama buah Lo Han Kuo  yang menyebabkan rasa manis alami pada buah ini serta kandungan asam amino sebagai sumber utama protein dan vitamin C.

Terdapat pula kandungan S. grosvenori extract, the cucurbitane glycosides mogroside IV, mogroside V, 11-oxo-mogroside V, dan siamenoside dalam buah Lo Han Kuo  yang berfungsi sebagai antioksidan atau penawar racun dalam tubuh. Selain itu, dalam studi in-vitro juga disebutkan bahwa buah Lo Han Kuo  memiliki unsur 11-oxo-mogroside V and mogroside V yang dapat mereduksi pertumbuhan sel-sel kanker.

artikel terkait: manfaat kulit buah naga

Manfaat luo han kuo

Sejak zaman dahulu kala, buah Lo Han Kuo  telah dipercaya memiliki banyak khasiat. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah Lo Han Kuo .

  • Buah Panjang Umur

Di China, konsumsi buah Lo Han Kuo  dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Buah ini juga kemudian dikenal sebagai buah panjang umur (longevity fruit).

  • Pereda Panas

Buah Lo Han Kuo  juga diercaya dapat menyeimbangkankan panas tubuh yang disebabkan oleh kondisi panas internal maupun eksternal. Buah Lo Han Kuo  ternyata juga bisa menghilangkan rasa dingin pada tangan dan kaki

  • Sebagai Antitussive dan Eskpektoran

Buah Lo Han Kuo  dapat dijadikan sebagai antitussive dan eskpektoran yang dapat mencegah paru-paru sesak, kerongkongan nyeri, batuk dan penyakit lain yang berhubungan dengan pernafasan.

  • Anti Radang

Buah luo han kuo bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, tenggorokan kering, batuk dan bisa mencegah suara yang serak. Salah satu manfaat buah Lo Han Kuo  ini sangat cocok bagi penyanyi yang ingin menjaga kualitas suaranya agar performanya maksimal.

  • Mengobati Paru-paru

Buah Lo Han Kuo  juga dapat mengatasi penyakit paru-paru yang disertai dengan adanya gejala batuk dan demam. Buah Lo Han Kuo  juga dapat mengobati penyakit asma.

  • Menjaga Saluran Pencernaan

Konsumsi buah Lo Han Kuo  juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengatasi gangguan lambung, memperlancar buang air besar dan mengatasi diare.

  • Menjaga Pankreas

Selain manfaat-manfaat di atas, buah Lo Han Kuo  ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan oragan pankreas dan hati

  • Mengatasi Diabetes Mellitus

Dari segi pengobatan tradisonal, buah Lo Han Kuo  dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memerangi diabetes. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwasanya konsumsi buah Lo Han Kuo  juga dapat membantu mengatasi kencing manis.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Dari segi kecantikan, buah Lo Han Kuo  ini juga dimanfaarkan untuk membuat kulit menjadi mengkilat, licin serta tidak kering. Selain itu, buah ini juga dapat mengatasi radang kulit, mencegah keriput, flek dan jerawat.

  • Penghilang Gatal

Rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga ternyata dapat dihilangkan dengan buah Lo Han Kuo. Selain itu, buah ini juga dapat mengatasi alergi yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh faktor lain.

  • Memperjelas Penglihatan

Apabila penglihatan Anda kurang jelas, konsumsi buah Lo Han Kuo  juga bisa membantu daya penglihatan supaya lebih jelas

  • Sebagai Bumbu Masak

Kabar baik bagi ibu-ibu, ternyata buah Lo Han Kuo  juga bisa menghilangkan bau amis pada masakan, melunakkan tulang atau daging yang keras serta membuat masakan menjadi lebih lezat.

  • Pemanis Alami

Buah Lo Han Kuo  juga kerap dijadikan sebagai pemanis alami pada bahan makanan maupun minuman.

  • Sebagai Antioksidan

Buah Lo Han Kuo  juga dapat berfungsi sebagai antioksidan ataupu  penawar racun dalam tubuh, serta dapat mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam proses diet, buah Lo Han Kuo  juga dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Buah Lo Han Kuo  juga tidak membuat tubuh menjadi gemuk.

  • Mengatasi Hipertensi

Pada penelitian sebelumnya disebutkan bahwasanya buah Lo Han Kuo  juga memiliki khasiat untuk mengatasi hipertensi dan menormalkan tekanan darah.

  • Mereduksi Sel Kanker

Konsumsi buah Lo Han Kuo  juga sangat bermanfaat untuk mereduksi pertumbuhan sel-sel kanker pada penderita. Hal ini berdasarkan studi kultur in-vitro mencoba menghubungkan khasiat buah Lo Han Kuo  dengan penyakit Kanker.

  • Mengobati Kelainan pada Uterus

Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwasanya buah Lo Han Kuo dapat mengatasi  kelainan pada uterus. Selain itu buah ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit menjelang menopause.

artikel terkait: manfaat buah nanas untuk dietmanfaat biji salakmanfaat buah cepokak

Cara Penyajian

Setelah kita mengetahui manfaat mengenai buah Lo Han Kuo, mari kita juga pelajari cara menyajikanya.

Langkah-langkah:

  • Siapkan satu buah Lo Han Kuo  dan pecah menjadi beberapa bagian
  • Cuci bersih buah Lo Han Kuo
  • Rebus buah hingga mendidih
  • Angkat air apabila telah berubah menjadi kecoklatan seperti warna air teh
  • Air rebusan siap diminum

Catatan:

Ampas sisa rebusan masih dapat digunakan sebanyak 1-3 kali tergantung dari hasil warna dan kadar kekentalan air rebusan. Silahkan tambahkan gula atau bahan pemanis lainnya dikarenakan air memang sudah tidak terasa manis lagi meskipun kadar kalori masih tetap rendah.

artikel terkait: manfaat buah jeruk purutmanfaat buah asam

Selain itu untuk mencegah suara serak dan radang tenggorokan, air rebusan buah Lo Han Kuo juga dapat diminum bersamaan dengan telur ayam setiap pagi. Untuk mengobati radang tenggorokan pun buah Lo Han Kuo cukup dihisap layaknya permen.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan