9 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

Apakah anda pernah mendengar dan tahu tentang bunga wijaya kususma ? Pasti dalam fikiran anda mana mungkin ada bunga yang memiliki nama seperti nama orang atau perusahaan itu. Namun anggapan anda kurang tepat, bunga wijaya kusuma memang ada namun karena keberadaannya yang sulit dan hanya populer di kalangan tertentu saja. Bunga wiajaya kusuma memiliki nama latin Epipyllum oxypetalum.

Bunga ini asalnya dari hujan tropis yang ada di Amerika Serikat, tepatnya di Meksiko. Dan akhirnya menyebar ke daratan Asia, termasuk Indonesia, tepatnya di Bali, Kepulauan Seribu, dan Ambon. Bunga ini memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu termasuk ke dalam jenis kaktus berbunga, memiliki batang yang kecil dan berkelompok. Biasanya dalam satu tanaman terdiri dari beberapa batang pohon kecil. Selain itu bunga ini memiliki daun yang panjang, dan bunganya yang cantik tumbuh di sela-sela daunnya, dan memiliki warna dominan putih dan terkadang ada perpaduan merah sedikit. Bunga wijaya kusuma memiliki keunikan karena bunganya hanya mekar di malam hari saja, sedangkan pagi harinya kuncup.

Bunga ini syarat akan mitos, mulai dari namanya yang dikaitkan dengan seorang raja, karena wijaya kusuma berasal dari dua suku kata yaitu, wijaya berarti kemenangan dan kusuma artinya tegak sehingga diartikan sebagai suatu kemenangan yang mutlak yang dimiliki oleh seorang raja. Selain itu waktu mekar bunga yang tak tentu hanya malam hari itupun tidak pasti, inilah yang membuat orang bertanya-tanya. Yang paling populer kebanyakan orang menganggap bahwa bunga ini pembawa rezeki, ketika ada orang yang melihat bunga wijaya kusuma mekar maka dia akan mendapatkan rezeki yang tak terduga.

Terlepas dari kaitan mitosnya, kita akan memfokuskan pada manfaat bunga wijaya kusuma bagi kesehatan kita. Sebelum mengulas tentang manfaat bagi kehidupan kita, langkah baiknya kita mengetahui apa saja kandungan yang ada dalam bunga wijaya kusuma, kandungannya antara lain :

  • Glukosa, yang memberikan rasa manis pada bunga wijaya kusuma
  • Asam sitrat, yang memberikan rasa asam pada bunga wijaya kusuma
  • Memiliki PH- netral
  • Mengandung mint, sehingga memiliki efek sejuk

Itulah beberapa kandungan yang ada di dalam bunga wijaya kusuma. Bagian bunga wijaya yang bisa digunakan hanya bagian bunga dan daunnya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Ada beberapa manfaat bunga wijaya kususma, diantaranya :

  1. Mengatasi batuk berdahak (TBC)

Tuberkolosis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, ciri-cirinya adalah batuk berdahak yanag tidak berhenti-henti, bisanya disebabkan oleh bakteri dan virus yang menempel di tenggorokan, jika dibiarkan akan menjadi masalah besar bahkan hingga menimbulkan kematian. Jika anda atau saudara dan kerabat anda mengalami penyakit ini, disarankan untuk mengkonsumsi bunga wijaya kususma, kandungan nutrisi di dalamnya sangat efektif untuk menghilangkan virus penyebab TBC. Caranya dengan merebus bunga wijaya kusuma 3-5 kuntum bunga, lalu tambahkan air serta campu dengan manfaat gula aren sebanyak 15 gram. Tunggu hingga dingin, kemudian minumlah air rebusan tadi. Lakukanlah hal ini dua kali sehari setiap hari sampai sembuh.

  1. Mengobati sesak nafas (asma)

Ketika terjadi asma, kebanyakan orang masih menggunakan obat-obatan yang dijual di toko untuk mengobatinya, padahal obat-obatan itu ada efek sampingnya. Ada alternatif pengobatan herbal tanpa efek samping dan terbukti ampuh yaitu dengan mengkonsumsi bunga wijaya kusuma. Dengan mengkonsumsinya ada akan merasakan kesegaran, sehingga pernafasan anda akan terbantu dan menjadi normal kembali. Caranya ,mudah hanya ambil dan cuci 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, lalu potong-potong kecil, masukkan ke dalam air dan dicampur dengan manfaat gula batu sampai tertutup semua permukaan bunga wijaya kusuma, setelah itu tim. Tunggu hingga dingin lalu minumlah sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel terkait asma :

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Bagi anda yang memiliki gangguan pada tenggorokan, seperti serak ataupun radang. Tak usah kawatir anda bisa mengatasinya dengan cara yang mudah dan praktis. Anda bisa mengkonsumsi bunga wijaya kusuma, karena bunga ini memiliki rasa mint yang membuat tenggorokan anda menjadi segar dan lembab kembali. Caranya cukup dengan merebus 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, tunggu hingga dingin dan minumlah. Tunggu beberapa saat kandungan bunga wijaya kususma akan bekerja untuk mengatasi radang tenggorokan anda. (Baca juga : manfaat daun mint dan manfaat daun mangga)

  1. Mengobati nyeri lambung (gastritis)

Lambung kita sangat peka terhadap asam, jika lambung anda bermasalah jangan konsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam. Untuk anda yang terlanjur sakit pada lambungnya, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi bunga wijaya kusuma, bunga ini sangat efektif dan aman untuk meredakan nyeri pada lambung anda, karena bunga ini memiliki PH netral sehingga tidak akan mengganggu lambung anda. Cukup dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak 3-5 kuntum, setelah itu diminum 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

  1. Mengatasi muntah darah

Mengkonsumsi bunga wijaya kusuma ternyata sangat efektif dalam mengobati muntah darah. kandungan baik yang ada di dalamnya mampu meredakan pendarahan yang terjadi. Dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak kurang lebih 3-5 kuntum, kemudian minumlah secara teratur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa merebus bunga sekaligus daun wijaya kusuma tersebut.

  1. Mengobati pendarahan rahim

Untuk masalah pendarahan bunga wijaya kusuma memang pilihan yang tepat, bagi anda ibu hamil ketika mengalami pendarahan rahim, anda bisa menggunakan bunga wijaya kususma sebagai obatnya. Cukup dengan merebus bunga wijaya kusuma sebanyak 2-3 kuntum, kemudian minum secara teratur isi dari rebusan tadi dimakan agar proses penyembuhan dan penutupan luka semakin cepat.

  1. Mencegah stroke

Kandungan yang baik pada bunga wijaya kusuma sanagat efektif dalam pencegahan penggumpalan darah dalam tubuh, perlu anda ketahui apabila terjadi penyembatan darah maka resiko terkena stroke sangatlah tinggi. Untuk itulah konsumsi bunga wijaya kusuma dengan cara membuat ramuan dari rebusan bunga wijaya kusuma setiap hari.

Baik untuk stroke :

  1. Mengobati bisul

Ternyata bunga wijaya kusuma tidak hanya efektif untuk mengobati penyakit atau luka organ dalam. Penyakit luar seperti bisulpun bisa diatasi oleh bunga wijaya kusuma. Carnya dengan menggiling atau menghaluskan bunga wijaya kusuma sekitar 10-20 g setelah halus tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti bubur, kemudian oleskan pada bisul tersebut.

  1. Mengobati luka

Tidak hanya untuk bisul, manfaat bunga wijaya kusuma juga sangat ampuh dalam mengobati luka akibat jatuh, terkena pisau. Kandungan yang ada di dalam bunga wijaya kusuma bisa membuat luka kering dan membersihkannya dari bakteri sangat cepat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bunga wijaya kusuma. Selain memiliki keindahan yang eksotis dan menyimpan banyak tanya akan kemekarannya, bunga ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kita. tidak heran banyak orang yang ingin menanam dan membudidayakannya. Bagi anda yang ingin menanamnya, ada beberapa saran yang baik untuk anda jadikan referensi, antara lain :

  1. Tempatkan bunga wijaya kusuma pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari yang intens.
  2. Tanamlah seperti menanam manfaat anggrek, yaitu dengan memberi media tanaman lumut, pasir sedikit dan batang paku dalm potnya.
  3. Anda bisa mengembangbiakkannya dengan cara memotong cabang dengan cara distek, usahakan pilih cabang yang bagus, berdaging tebal. Lalu potong 15 cm kemudian simpan ditempat yang teduh dan kering.
  4. Gunakan pot yang kecil saja, karena biasanya bunga ini tumbuh dengan akar yang berdesak desakan.
  5. Lakukan perawatan dan pemeliharaan yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang baik, karena bunga ini mekar tergantung perawatannya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi ketika ingin mengembangbiakkan bunga wijaya kusuma. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Tuesday 21st, June 2016 / 02:45 Oleh :
Kategori : Herbal