24 Manfaat Buah Ceplukan Bagi Tubuh

buah ciplukanCiplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan.

Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini dan hanya dipandang sebelah mata. Bahkan tak ayalnya seperti tanaman liar yang lain. Namun seiring perubahan jaman, buah ceplukan sering dikonsumsi terutama oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Baru kemudian dilakukan penelitian terhadap tanaman ceplukan. Bahkan dibeberapa daerah tanaman ini telah dibudidayakan dan menjadi tanaman yang memiliki harga jual yang tinggi.

Tanaman dengan nama latin Physalis angulata linn ini mengandung senyawa yang memiliki khasiat terhadap kesehatan. Senyawa tersebut yaitu flavonoid, saponin, withangulatin A, polifenol, fisalin, tanin, alkaloid, asam palmitat dan stereat, kriptoxantin serta vitamin C. Buah ciplukan memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi, antioksidan, analgesik, sitotoksik, antivirus, imunosupresan, serta  anti hiperglikemi. (baca juga: manfaat antioksidan)

Berikut penjelasan tentang manfaat buah ceplukan :

1. Terapi kanker payudara

Bagian yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker payudara yaitu bagian ekstrak ciplukan. Hal ini dikarenakan dalam ekstrak buah ciplukan terdapat senyawa flavonoid, saponin dan fisalin. Terapi dilakukan oleh dokter dan menggunakan dosis sesuai dengan tingkat stadium kanker. Disarankan menggunakan terapi ini apabila telah memasuki stadium tiga ke atas. Berdasarkan penelitian, buah dan daun ciplukan terbukti dapat mengecilkan ukuran tumor atau kanker.

2. Mengobati hipertensi

Penggunaanya dapat dilakukan dengan cara merebus buah ciplukan sebanyak 5 biji selama 12 menit. Dinginkan dan minum dengan dosis dua gelas setiap hari. Senyawa yang berperan dalam menurunkan tekanan darah yaitu flavonoid dan vitamin C. (baca juga: manfaat daun alpukat untuk hipertensi, manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi, manfaat mengkudu untuk hipertensi )

3. Mengobati ayan / epilepsi

Ciplukan dapat digunakan sebagai penolong pertama pada penderita epilepsi. Cara penggunaannya yaitu dengan menggunakan air rebusan ciplukan. Anda juga dapat menkonsumsi buahnya secara langsung sebanyak 10 butir per hari.

4. Penawar racun

Konsumsi buah ciplukan dalam jumlah yang agak banyak kemudian minum air putih. Anda dilarang minum kopi setelah mengkonsumsi buah ceplukan karena dapat menyebabkan keracunan. Selain itu, meminum kopi setelah makan dapat mengganggu fungsi penyerapan zat makanan yang diperlukan tubuh.


5. Mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning biasanya ditandai dengan perubahan warna kulit yang agak kekuningan. Penyakit ini disebabkan karena meningkatnya bilirubin dalam tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak ciplukan dengan dosis 28,5 Ml/kgBB dapat mempengaruhi sel ß insulin pankreas yang artinya bahwa terdapat aktivitas antihiperglikemi dari tanaman ciplukan. Hal ini berarti bahwa ciplukan dapat mengobati penyakit kuning. Selain itu juga dapat mengobati penyakit hepatitis.

6. Mengobati diabetes melitus

Ekstrak etanol yang terkandung dalam buah ciplukan terbukti melalui sebuah penelitian dapat menurunkan konsentrasi glukosa. Apabila dikonsumsi secara teratur dan rutin, ciplukan dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Cara mengkonsumsinya pun bisa dilakukan secara tradisional yaitu dengan merebus buah ciplukan. Namun ramuan ini hendaknya segera diminum karena khasiatnya tidak akan bertahan lama apbila dibiarkan selama sehari lebih. (baca juga: manfaat bengkoang untuk diabetes )

7. Mengobati stroke

Buah ciplukan memiliki khasiat untuk membantu memperbaiki kinerja otak. Sehingga dapat membantu meringankan gejala stroke agar gejala yang dialami lebih ringan dikarenakan kondisi otak yang sehat.

8. Mengobati penyakit saluran pernafasan

Penyakit yang dapat disembuhkan denganciplukan yaitu influenza, batuk, radang dan penyakit yang menyerang paru-paru. Untuk mengobati influenza dan sakit tenggorokan yaitu dengan menggunakan air rebusan ciplukan yang diperoleh dari 9-15 gram ciplukan yang sudah dipotong-potong. Anda dapat meminumnya dengan dosis 3 kali sehari. Selain itu, cara tersebut juga dapat digunakan untuk resep seperti batuk rejan, bronchitis, gondongan dan pembengkakan buah pelir. (baca juga: Manfaat daun binahong, Manfaat lada putih, Manfaat daun bunga sepatu, Manfaat daun belimbing, Manfaat daun afrika )

9. Obat sariawan

Kandunga vitamin C nya dapat mencukupi kebutuhan mineral harian anda. Kekurangan suplai vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah ciplukan dapat menghindarkan anda dari sariawan atau menyembuhkannya. Selain itu juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan ciplukan.

10. Anti inflamasi

Inflamasi adalah respon protektif normal terhadap luka pada jaringan karena trauma fisik. Zat ini dapat merusak organisme yang menyerang tubuh,, melakukan perbaikn jaringan dan dan menghilangkan zat yang menyebabkan iritasi. Misalnya seperti menyembuhkan suatu peradangan.

11. Mengobati radang pernafasan

Senyawa alkaloid, flavonoid, dan steroid merupakan golongan senyawa yang memiliki manfaat sebagai antiasma dan antitukak. Selain itu senyawa alkaloid dan flavonoid juga mampu menekan sekresi asam lambung. Dalam sebuah penelitian, fisalin B diketahui dapat menghambat pertumbuhan mikroba penyebab radang.

12. Obat pencahar

Ciplukan dapat digunakan untuk mengatasi sembelit dan melancarkan  gerakan usus. Buang air besar yang pernah terganggu dapat menjadi normal kembali.

13. Menurunkan kolesterol

Penggunaannya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah ciplukan secara langsung ataupun dengan cara direbus. Senyawa yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol yaitu saponin dan flavonoid.

14. Sifat anti bakteri

Senyawa tanin, saponin dan flavonoidnya berfungsi sebagai antibakteri yang biasanya muncul pada saluran pernafasan, mulut, gigi, dan pencernaan. Sehingga dapat menjadikan saluran pencernaan anda sehat dan terhindar dari bau mulut yang tidak sedap. Konsentrasi yang sesuai dapat menghambat tumbuhnya jamur atau bakteri. (baca juga:  manfaat berkumur dengan air garam, )

15. Sifat antioksidan

Dengan mengkonsumsi buah ciplukan dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menjadikan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Baik penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, atau jenis virus tertentu. Dengan sifat antioksidan juga menjaga tubuh dari akibat buruk terpapar radikal bebas.

16. Mencegah sakit gigi dan karies gigi

Telah dijelaskan bahwa buah ciplukan memiliki sifat antibakteri pada mulut. Hal ini juga membawa dampak positif dalam menjaga kesehatan gigi anda. Zat saponin, tanin dan flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan gigi anda agar saluran gigi terhindar dari karies. (baca juga: manfaat jahe, manfaat cengkeh, manfaat daun salam)

17. Mengobati hipertiroid

Hipertiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tirod secara berlebihan. Pengolahannya dapat dilakukan secara trasdisional yaitu dengan merebus 3 tanaman ciplukan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Ramuan ini hendaknya diminum dengan dosis satu kali sehari.

18. Menjaga kesehatan paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga. Namun sering kali paru-paru terpapar oleh polusi. Baik polusi dari lingkungan sekitar maupun sebagai perokok aktif maupun pasif. Kondisi demikian apabila dibiarkan secara terus menerus tanpa usaha untuk menjaga kesehatan paru-paru tentu dapat mengganggu kinerjanya dikemudian hari. Oleh karena ciplukan memiliki sifat antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Cara kerjanya yaitu dengan memperbaiki sirkulasi oksigen dan membersihkan darah dari racun.

19. Melindungi dari radikal bebas

Kandungan vitamin A dan C yang terkandung dalam buah ciplukan dapat menjadi sumber mineral tubuh. Sifatnya yang antibakteri, antioksidan, sitotoksik dan imunosupresan dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan polifenol adalah senyawa yang berperan dalam menangani masalah ini.

Baca juga :


20. Mencegah penuaan dini pada kulit.

Manfaat buah ciplukan sebagai antioksidan dapat menjaga kulit dari serangan radikal bebas. Salah satu dampak negatif serangan radikal bebas pada kulit yaitu dapat menyebabkan kulit tampak menua.  Namun dengan sifat anti radikal bebas dapat mencegah kulit agar tidak mengalami penuaan dini dan menjadikan kulit lebih bersih dan sehat.

21. Mengobati penyakit bisul

Bisul disebabkan oleh infeksi jamur ataupun bakteri. Sifat antibakterinya dapat menangkal serangan bakteri dan jamur pada bisul. Penggunaannya yaitu dengan menggiling daun ciplukan dan kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

22. Menjaga kesehatan jantung

Zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung adalah dikarenakan ciplukan mengandung potasium. Potasium ini berperan dalam menjaga pengaturan air dan menjaga kesehatan jantung.  Selain itu, jantung juga akan lebih terjaga dan menghindarkan diri dari penyakit seperti stroke dan hipertensi.

23. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ciplukan memiliki khasiat untuk meningkatkan fungsi imunitas pada tubuh. Tubuh dengan tingkat imunitas yang baik tidak akan mudah terserang penyakit dan menjadikan tubuh senantiasa sehat. Diberbagai negara buah ini telah banyak dikonsumsi pula. Menurut sebuah penelitian, tanaman ciplukan memiliki efek positif terhadap penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

24. Penurun demam

Penggunaannya yaitu dengan meminum air rebusan ciplukan. Dapat dilakukan dengan dosis dua kali sehari hingga suhu tubuh menurun. Setiap pengobatan sebaiknya menggunakan dosis dan cara yang baik. Konsultasikan dengan dokter apabila menderita penyakit yang berat atau serius.

artikel terkait

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Wednesday 13th, September 2017 / 08:23 Oleh :
Kategori : Buah Buahan