20 Manfaat Kentang Goreng Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Selain menjadi bahan makanan pokok kentang juga kerap diolah menjadi berbagai camilan seperti kentang goreng, keripik kentang, dan lain sebagainya. Salah satu olahan kentang yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang adalah kentang goreng. Kentang dikupas dan dipotong sesuai selera kemudian digoreng hingga matang. Kemudian dapat langsung dimakan bersama sambal atau saos. Kentang goreng dapat dikonsumsi sebagai camilan atau lauk saat menikmati hidangan utama.

Kentang goreng tidak hanya lezat namun juga kaya akan manfaat kesehatan asalkan diolah dengan cara yang benar serta tentunya dikonsumsi dalam porsi cukup dan tidak berlebihan. Seperti diketahui kentang merupakan sumber energi karena kaya akan karbohidrat dan berbagai nutrisi lainnya seperti manfaat protein, manfaat serat, manfaat asam folat, manfaat vitamin C, manfaat vitamin A, manfaat vitamin K, vitamin B6, manfaat kalium, niacin, manfaat magnesium, manfaat mangan, manfaat fosfor, dan manfaat zat besi. Dengan beragam nutrisi yang dikandungnya konsumsi kentang goreng akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:

1. Sumber energi

Seperti yang sudah umum diketahui kentang merupakan salah satu alternatif makanan pokok selain nasi karena kaya akan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Dengan mengonsumsi kentang goreng akan membuat perut terasa kenyang dan tentunya menambah pasokan energi tubuh. Selain kentang ada pula bahan makanan pokok alternatif lainnya seperti manfaat jagung dan manfaat sagu.

2. Melancarkan pencernaan

Kentang goreng juga mengandung serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Proses pengolahan dan penyerapan makanan akan berjalan lancar sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi secara maksimal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Beberapa makanan lain yang juga baik untuk kelancaran pencernaan diantaranya manfaat buah kupa, manfaat buah kiwano, dan manfaat ubi ungu.

3. Mencegah sembelit

Kandungan serat pada kentang goreng juga dapat menghindarkan anda dari sembelit atau susah buang air besar. Sisa pencernaan berupa feses dapat segera dikeluarkan dengan lancar dan perut pun terasa nyaman. Cara lain mencegah sembelit juga dapat dilakukan dengan menggunakan manfaat buah plum hitam dan manfaat daun dill.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi kentang goreng juga baik untuk pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit sehingga anda tidak mudah jatuh sakit. Hal ini didukung oleh kandungan vitamn C yang terdapat pada kentang goreng sehingga kekebalan tubuh terpelihara dan semakin baik. Selain itu manfaat ikan juaro dan manfaat buah cupuacu juga dapat menjadi alternatif lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Menghaluskan kulit wajah

Tidak hanya untuk kesehatan, konsumsi kentang goreng juga berpengaruh positif pada kecantikan dimana dapat membantu memperhalus kulit wajah anda. Selain dikonsumsi kentang juga dapat dijadikan masker untuk merawat kehalusan kulit wajah dari luar. Cara lain untuk mendapatkan kulit wajah yang halus juga bisa dilakukan dengan manfaat nanas untuk wajah dan manfaat pace untuk kulit wajah.


6. Mencerahkan kulit

Manfaat kentang goreng untuk kecantikan juga dapat menjadikan kulit tampak lebih cerah. Hal ini penting sekali mengingat polusi, sinar matahari, dan berbagai faktor lainnya dapat menyebabkan kulit terlihat lebih kusam dan gelap. Untuk mengembalikan kecerahannya konsumsi kentang goreng dapat menjadi pilihan yang tepat. Kulit yang lebih cerah juga bisa didapatkan dengan menggunakan beberapa bahan alami lain seperti manfaat green tea dan manfaat buah naga bagi kulit.

7. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C pada kentang goreng dapat membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada wajah sehingga anda tampak awet muda. Selain itu ada banyak bahan alami lainnya yang dapat menjadi alternatif untuk mencegah penuaan dini diantaranya manfaat teh daun gaharu dan manfaat daun markisa.

8. Mengatasi kerontokan rambut

Manfaat kentang goreng juga dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. Hal ini didukung oleh kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A, C, dan B6, serta mineral berupa potassium. Selain itu anda dapat pula menggunakan beberapa bahan alami lain seperti manfaat minyak urang aring dan manfaat madu untuk rambut rontok.

9. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan karbohidrat dan serat pada kentang goreng akan membuat perut terasa kenyang sehingga mencegah anda makan secara berlebihan. Ini akan sangat membantu terutama bagi anda yang sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan. Disamping itu ada banyak pilihan bahan alami lain yang juga dapat membantu keberhasilan program diet diantaranya manfaat daun sirsak untuk diet dan manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan.

10. Mengatasi stres

Manfaat kentang goreng yang tidak kalah penting adalah dapat membantu mengatasi stres yang mendera. Ini penting sekali mengingat pada zaman sekarang orang-orang begitu mudah terkena stres. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin B6 pada kentang goreng yang bermanfaat untuk membantu meredakan stres yang diderita. Cara lain untuk mengatasi stres juga dapat dilakukan dengan manfaat rekreasi dan manfaat body massage.

11. Memelihara kesehatan saraf

Saraf sebagai penghantar pesan antara otak dan seluruh bagian tubuh memiliki perang penting dalam tubuh manusia. Kerusakan pada saraf dapat mempengaruhi banyak hal hingga menurunkan kualitas hidup. Untuk memelihara kesehatan saraf salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti kentang goreng, manfaat sup lobseter, dan manfaat buah kiwano.

12. Baik untuk kesehatan gigi

Selain pemeliharaan dari luar konsumsi makanan bergizi juga penting untuk memelihara kesehatan gigi sehingga gigi menjadi sehat dan kuat. Diantaranya dengan mengonsumsi kentang goreng, manfaat anggur untuk gigi, serta manfaat bengkoang untuk gigi.

13. Baik untuk kesehatan tulang

Selain kesehatan gigi konsumsi kentang goreng juga baik untuk memelihara kesehatan tulang. Ini dapat menjadi alternatif makanan yang baik untuk tulang selain beberapa bahan alami lainnya seperti manfaat jahe untuk tulang dan manfaat pete untuk tulang.


14. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan kalium pada kentang goreng dapat membantu memelihara kesehatan jantung sekaligus mencegah timbulnya berbagai penyakit yang biasa menyerang jantng. Selain itu ada banyak pilihan makanan sehat lainnya seperti manfaat alpukat untuk jantung dan manfaat manggis untuk jantung.

Selain beragam manfaat di atas masih ada banyak manfaat lain kentang goreng untuk kesehatan diantaranya:


Manfaat Lain Kentang Goreng

1. Mencegah penyakit kanker

2. Mencegah sindrom pramenstruasi

3. Mengurangi penyakit batu ginjal

4. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

5. Mengurangi rasa nyeri

6. Mengatasi pembengkakan pada mata


Sangat beragam bukan manfaat kentang goreng bagi kesehatan dan kecantikan? Untuk itu anda tidak perlu ragu lagi mengonsumsi makanan ini namun tentu saja tidak boleh berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal dan mengurangi efek buruk minyak goreng sebaiknya pilih minyak berkualitas seperti minyak zaitun untuk menggoreng kentang dan usahakan menggunakan minyak dalam jumlah sedikit. Selain itu jangan gunakan terlalu banyak garam. Anda dapat menggantinya dengan memanfaatkan bumbu atau rempah lain seperti bawang putih.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan