6 Manfaat Jahe Untuk Tulang dan Persendian

Jahe yang memiliki aroma dan rasa nikmat tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh namun ada begitu banyak manfaat tanaman herbal ini untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh seperti mengurangi rasa sakit atau nyeri yang biasanya terjadi pada tulang. Dalam jahe mengandung manfaat antioksidan, anti inflamasi, zat penawar kuman yang sangat ampuh untuk melawan infeksi dan berbagai khasiat lain yang terkandung dalam jahe. Bahkan, dalam jahe juga mengandung enzim tanaman berbasis cysteine yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan seperti sifat enzim papain yang terdapat dalam pepaya dan bromelain dari batang daging buah nanas. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat jahe untuk tulang, anda bisa melihat ulasan selengkapnya dari kami dibawah ini.

  1. Memiliki Sifat Terapeutik

Selain banyak manfaat jahe saat flu, dalam sebuah studi mengungkapkan jika jahe bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan dan juga kecacatan pada penderita osteoarthritis. Dalam penelitian dimana individu yang diobati dengan jahe selama 12 minggu menunjukkan perbaikan maksimum dibandingkan dengan individu penderita osteoarthritis yang diobati dengan diklofenak atauu obat penghilang sakit. Hal ini bisa terjadi karena jahe memiliki efek aditif dalam perawat osteoarthritis sekaligus aman untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

  1. Meningkatkan Fungsi Sendi

Mengaplikasikan parutan jahe secara topikal atau obat luar juga terbukti bisa mengurangi rasa sakit sekaligus meningkatkan aktivitas harian serta fungsi sendi yang hanya dilakukan dalam 24 minggu saja berdasarkan penelitian. Bahkan, menggunakan jahe sebagai obat luar ini terbukti bisa mengurangi gejala radang sendi hingga 48%.

  1. Mengurangi Radang dan Degradasi Tulang

Peradangan ditandai dengan terbentuknya agen inflamasi asam arakidonat yang nantinya akan di metabolisme jalur COX dan LOX dimana nantinya akan terbentuk prostaglandin serta leukotrien yang merupakan pengantar inflamasi atau peradangan. Manfaat jahe untuk kesehatan ini nantinya akan berfungsi sebagai penghambat pembentukan prostaglandin dan leukotrien tersebut. Bubuk jahe sudah terbukti bisa mengurangi peradangan dan juga nyeri otot dimana hanya dengan mengkonsumsi jahe selama 3 bulan dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

  1. Menghambat Rasa Sakit

Dari 8 uji klinis memperlihatkan jika efek anti inflamasi yang ditemukan dalam manfaat jahe sangat ampuh untuk menurunkan nyeri lutut hanya dalam waktu 6 minggu saja. Ektrak jahe yang dikonsumsi tersebut nantinya juga akan mengurangi rasa sakit sesudah berolahraga atau beraktivitas berat sebab panas yang dihasilkan dari jahe mentah tersebut bisa mengurangi rasa nyeri secara signifikan sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal dan juga pendarahan berkaitan dengan NSAID.

  1. Menguatkan Tulang dan Persendian

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam manfaat tanaman jahe tidak hanya sekedar bisa menghambat, mencegah dan mengurangi rasa linu, nyeri dan sakit yang terjadi pada persendian, namun saat dikonsumsi, maka kandungan dari jahe akan terserap pada tulang serta persendian sehingga struktur tulang bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos atau terkena osteoporosis.


  1. Menyembuhkan Rematik

Jahe yang sudah digunakan dalam pengobatan medis selama ribuan tahun ini juga dikenal sebagai rempah untuk terapi karena dari hasil penelitian pada Universitas Odense, Denmark membuktikan jika jahe mengandung sifat anti nyeri yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit rematik hanya dalam waktu 3 bulan pemakaian selain manfaatnya sebagai mengeluarkan racun dalam tubuh. Seorang penderita rematik yang secara teratur diberikan jahe memperlihatkan perbaikan yang signifikan terhadap berkurangnya gejala rematik seperti pembengkakan, sakit dan kaku ketika mengkonsumsi jahe setiap hari.

Selain itu, penelitian di India juga membuktikan jika jahe lebih unggul dibandingkan obat anti inflamasi non steroid seperti tylenol atau advil sebab NSAID sendiri hanya bekerja pada satu tingkatan saja yakni menghalangi pembentukan senyawa peradangan, sedangkan jahe bekerja pada seluruh tingkatan mulai dari menghalangi peradangan, mengurangi rasa nyeri sekaligus menyembuhkan.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai cara mengatasi gangguan perut, menstruasi, masalah peredaran darah dan meredakan sakit kepala, namun ternyata ada begitu banyak manfaat jahe untuk tulang yang membuat jenis rempah ini memang layak mendapat julukan rempah untuk pengobatan. Konsumsi jahe setiap hari baik dalam minuman atau makanan untuk menjaga kesehatan tulang anda secara maksimal.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal