16 Manfaat Daun Markisa Untuk Kesehatan Manusia

Daun markisa

Sungguh luar biasa kasih sayang Tuhan kepada manusia. Salah satunya melalui tumbuhan. Mulai dari buah, batang, hingga daunnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Contohnya saja buah markisa. Buah yang memiliki nama latin passiflora edulils ini tentu sudah tidak diragukan lagi kelezatannya sehingga kerap dicari baik untuk dikonsumsi ataupun menjadi buah tangan saat mengunjungi daerah seperti Berastagi yang terkenal akan produksi markisanya. Selain manfaat markisa ternyata bagian daunnya juga memilki manfaat yang tidak kalah banyak. Daun markisa sudah digunakan sejak dulu sebagai obat-obatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Seperti dedaunan lain daun markisa berwarna hijau terang dengan ciri khas bagian pinggiran daun bergerigi atau bertoreh. Jika disentuh permukaan daun akan terasa halus dan tampak mengkilat. Daun markisa diketahui mengandung nutrisi dan beberapa senyawa penting untuk memelihata kesehatan diantaranya senyawa alkaloid, polifenol, karotenoid, dan lain sebagainya. Oleh karena itu tidak heran jika konsumsi ramuan dari daun markisa akan membawa dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Adapun manfaat daun markisa untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan sehingga harus segera diturunkan. Dibanding mengonsumsi obat-obatan ada baiknya anda mencoba konsumsi ramuan daun markisa yang mengandung senyawa alkaloid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah kembali normal. Disamping itu anda dapat pula menggunakan manfaat bahan alami lain seperti manfaat pare bagi hipertensi agar tekanan darah kembali normal.

2. Mengandung antioksidan

Kandungan senyawa polifenol pada daun markisa dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu ada banyak pilihan sumber antioksidan alami lainnya seperti manfaat mangga cengkir dan manfaat kacang merah.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada daun markisa juga berpengaruh positif pada kecantikan karena dapat melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas sehingga menghindarkan anda dari penuaan dini. Manfaat sayur arugula dan manfaat teh barley juga dapat menjadi pilihan yang tepat dalam mencegah penuaan dini.

4. Mengatasi masalah sulit tidur

Bagi anda yang sulit tidur sehingga tidak bisa beristirahat dengan maksimal maka konsumsi ramuan daun markisa patut anda coba. Disamping itu anda dapat pula mencoba konsumsi manfaat kurma merah yang juga dikenal bermanfaat untuk mengatasi masalah sulit tidur.

5. Obat mencret

Ramuan daun markisa juga dapat menjadi obat mencret yang alami disamping berbagai obat-obatan siap pakai yang tersedia di pasaran. Cara alami lainnya yang bisa dicoba adalah menggunakan manfaat daun jambu biji untuk mengatasi mencret yang diderita.

6. Mengatasi asma

Jika anda memiliki riwayat penyakit asma maka anda patut menyimpan stok daun markisa di rumah karena ramuan dari daun ini diketahui dapat membantu mengatasi penyakit asma. Selain itu terdapat pula beberapa bahan alami lain yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi asma seperti manfaat jintan hitam atau manfaat buah jamblang.

7. Obat disentri

Selain mencret penyakit disentri yang menyerang organ usus sehingga menyebabkan seseorang mengalami diare dan beberapa gejala lainnya juga dapat diatasi dengan konsumsi daun markisa. Anda juga dapat mengonsumsi beberapa obat alami lainnya seperti manfaat daun suji dan manfaat mahkota dewa.

8. Mengatasi gangguan menopause

Bagi anda kaum wanita yang telah mengalami menopause biasanya akan merasakan beberapa gangguan seperti cepat lelah, insomnia, hingga penyakit autoimun. Untuk mengatasi berbagai gangguan ini anda dapat mencoba konsumsi ramuan daun markisa. Selain itu manfaat sayur asin juga dikenal bermanfaat untuk mengatasi masalah gangguan menopause.


9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun markisa juga dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dari serangan virus atau bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Disamping itu ada banyak pilihan bahan alami lain yang baik dikonsumsi untuk memelihara kekebalan tubuh dianataranya manfaat sayur bendi dan manfaat tauge.

10. Melancarkan dan menyehatkan pencernaan

Ramuan daun markisa juga sering dikonsumsi untuk tujuan kelancaran dan kesehatan pencernaan sehingga makanan dapat dicerna dan diserap oleh tubuh dengan baik. Pencernaan juga lebih sehat karena bakteri-bakteri jahat dibuang dari dalam tubuh.

11. Relaksasi tubuh

Seduhan daun markisa juga dapat digunakan sebagai aroma terapi untuk merelaksasi tubuh sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu ada pula beberapa alternatif lain seperti manfaat merendam kaki dengan air hangat campur garam yang juga bisa membantu merelaksasi tubuh.

12. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada daun markisa dapat melindungi sel-sel tubuh dari perkembangan abnormal yang merupakan cikal bakal sel kanker. Ini akan menghindarkan anda dari penyakit tumor dan kanker yang dikenal sebagai penyakit mematikan. Lebih baik mencegah daripada nanti harus bersusah-susah karena sudah terlanjur terkena kanker.

13. Meredakan rasa sakit

Selain obat-obatan pereda rasa sakit seperti manfaat obat mefinal ada pilihan obat alami yang dapat digunakan yaitu ramuan daun markisa yang memiliki manfaat serupa. Konsumsi ramuan daun markisa tentu lebih murah dan minim efek samping sehingga anda tidak perlu waswas mengonsumsinya.

14. Mengatasi peradangan

Radang dapat menyerang berbagai bagian tubuh. Untuk mengatasinya telah tersedia beragam obat-obatan siap minum seperti manfaat neuralgin. Namun jika anda menginginkan pengobatan alami maka konsumsi ramuan daun markisa merupakan pilihan yang tepat karena dikenal baik untuk mengatasi peradangan.

15. Melancarkan peredaran darah

Manfaat daun markisa yang tidak kalah penting adalah untuk melancarkan peredaran darah yang merupakan proses vital dalam tubuh. Jika aliran darah tersumbat akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bahkan bisa fatal.

16. Baik untuk kesehatan mata

Tidak hanya manfaat tomat dan manfaat wortel yang bisa anda pilih untuk memelihara kesehatan terutama kesehatan mata. Konsumsi daun markisa juga dapat dilakukan karena memiliki manfaat yang tidak kalah baik dalam memelihara kesehatan mata.

Itulah diantara manfaat daun markisa yang luar biasa dan penting untuk diketahui. Setelah mengetahui berbagai manfaat di atas anda tentu tidak ragu lagi mengonsumsi bahkan membudidayakan tanaman markisa karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan