25 Manfaat Sayur Lalapan untuk Kesehatan

Masyarakat Sunda terkenal akan kebiasaan dan kegemarannya mengonsumsi sayur lalapan. Apa itu lalapan? Pada dasarnya lalapan merupakan berbagai macam sayuran yang dikonsumsi dalam kondisi mentah dan dilengkapi sambal sebagai bumbu atau perasanya. Meskipun ada beberapa yang harus dikukus atau direbus sebentar terlebih dahulu. Sayuran yang sebelumnya sudah dicuci bersih dicocolkan pada sambal kemudian langsung dimakan. Biasanya ditemani nasi hangat, sungguh segar dan nikmat sekali.

Baca juga: manfaat sayur sayuran

Semua jenis sayuran dapat dijadikan lalapan. Komposisi dan jenisnya dapat disesuaikan tergantung selera. Contoh sayuran yang dijadikan lalapan diantaranya labu siam, mentimun, kubis, selada, buncis, daun kemangi, leunca, pegagan, semanggi, daun beluntas, kangkung, takokak, daun pepaya, seledri, dan masih banyak lagi. Karena terdiri dari berbagai macam sayuran dan tumbuhan maka lalapan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan berupa vitamin, mineral, dan serat. Apalagi karena dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dikukus sebentar menyebabkan kandungan nutrisi dalam sayur-sayuran tersebut masih terjaga dengan baik dan terhindar dari kerusakan akibat proses memasak yang kurang benar.

Baca juga: manfaat buncis – manfaat leunca

Berikut beberapa manfaat yang akan kita peroleh dengan mengonsumsi sayur lalapan:

  1. Mengatasi penyakit diabetes Penderita diabetes atau kencing manis sangat baik mengonsumsi sayur lalapan terutama sayuran seperti daun dan buah mengkudu, petai cina, daun salam, leunca, buncis, dan petai. Semua sayuran tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga cocok dan baik untuk penderita diabetes. (Baca juga: manfaat kacang panjang)
  2. Mengatasi penyakit kanker Kanker merupakan penyakit mematikan yang dapat menyerang berbagai bagian tubuh seperti otak, lambung, payudara, dan rahim. Beberapa jenis sayuran pada lalapan sangat baik untuk mencegah dan mengobati kanker diantaranya leunca, buncis, dan mengkudu. (Baca juga: manfaat buah mengkudu)
  3. Mengatasi penyakit lever atau sakit kuning Dinamai sakit kuning karena penyakit ini menyebabkan kulit penderitanya berwarna kuning akibat penumpukan bilirubin dalam darah dan kemudian mengendap ke kulit. Penderita penyakit ini dianjurkan untuk mengonsumsi lalapan terutama yang berisi sayuran seperti mengkudu, rimpang kunyit, semanggi, dan sawi tanah. (Baca juga: manfaat rebung bambu kuning)
  4. Mengatasi penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) Ada banyak jenis sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah seperti leunca, mengkudu, buncis, katuk, pepaya, kunyit, pegagan, mentimun, seledri, selada air, dan takokak. (Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi)
  5. Mengatasi batuk Meskipun batuk bukan kategori penyakit berbahaya namun penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengonsumsi lalapan yang berisi sayuran seperti sawi tanah, takokak, semanggi gunung, pegagan, jahe, kencur, dan temu kunci. (Baca juga: manfaat nanas untuk batuk)
  6. Mengatasi sariawan Sariawan umumnya diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Namun sebenarnya dibutuhkan pula asupan nutrisi lain untuk mengatasi sariawan seperti vitamin B, asam folat, dan zat besi. Makanan ini bisa diperoleh melalui konsumsi lalapan yang mengandung sayuran seperti bayam, asparagus, dan lobak. (Baca juga: manfaat albothyl)
  7. Mengatasi demam Sayur lalapan juga baik untuk mengatasi demam terutama yang terdiri dari sayuran seperti katuk, kencur, beluntas, kemangi, pegagan, tempuh wiyang, pare, beluntas, leunca, kunyit, dan lain sebagainya. (Baca juga: manfaat parasetamol)
  8. Mengatasi encok atau rematik Jenis penyakit yang menyerang tulang dan sendi ini banyak menyerang terutama orang tua. Untuk mengatasinya dianjurkan mengonsumsi sayur lalapan terutama yang berisi pepaya, jahe, seledri, kunyit, dan kemangi. (Baca juga: manfaat daun handeuleum)
  9. Mengatasi sesak napas atau asma Tidak lancarnya pernapasan karena tersumbat bakteri atau benda lainnya dapat menyebabkan seseorang menderita sesak napas yang juga berakibat asma. Hal ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi sayur lalapan yang berisi sayuran seperti seledri dan pegagan. (Baca juga: manfaat daun sirsak untuk asma)
  10. Mengatasi penyakit maag Sering mengabaikan waktu makan dapat membuat seseorang terkena penyakit maag. Jenis lalapan yang cocok dan baik untuk penderita maag adalah buah pepaya dan daun jombloh. (Baca juga: manfaat daun sirih untuk maag)
  11. Mengatasi anemia Daun jombloh pada lalapan juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam darah. (Baca juga: manfaat telur untuk anemia)
  12. Mengatasi bau badan Bau badan yang tidak sedap sangat mengganggu penampilan dan mempengaruhi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya dianjurkan mengonsumsi lalapan terutama yang mengandung kemangi, jahe, daun beluntas, dan kencur. (Baca juga: manfaat deodorant)
  13. Meningkatkan nafsu makan Bagi anda yang sedang tidak berselera makan dapat mencoba sayur lalapan terutama yang berisi takokak, pegagan, pare, genjer, temu kunci, dan jahe karena bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. (Baca juga: manfaat kunyit)
  14. Melancarkan produksi ASI ASI amat dibutuhkan oleh bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Untuk itu para ibu biasanya sangat cemas jika produksi ASI nya menurun. Namun tidak perlu cemas karena ada banyak jenis sayuran yang dapat dijadikan lalapan untuk melancarkan produksi ASI seperti pepaya, kemangi, daun katuk, kacang panjang, temu kunci, dan pegagan. (Baca juga: manfaat bengkoang untuk asi)
  15. Sebagai penetralisir keracunan makanan Mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang berada dalam kondisi tertentu seperti tempe bongkrek, jamur, singkong, dan jengkol dapat menyebabkan keracunan makanan. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi sayur lalapan yang berisi kangkung, kencur, pepaya, mentimun, dan kacang panjang. (Baca juga: manfaat daun genjer)
  16. Melancarkan metabolisme Konsumsi sayur lalapan juga sangat baik untuk melancarkan metabolisme sehingga berbagai proses dalam tubuh dapat berjalan lancar.
  17. Melancarkan pencernaan Berbagai macam sayuran pada lalapan memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk kelancaran pencernaan sehingga makanan dapat diproses dan diserap dengan baik oleh tubuh. (Baca juga: manfaat serat)
  18. Mencegah dan mengatasi sembelit Kandungan serat yang tinggi pada sayur lalapan juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit atau susah buang air besar. (Baca juga: manfaat pare)
  19. Mencegah kanker usus Konsumsi sayur lalapan juga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi kanker usus. Terutama yang berisi sayuran seperti daun sirsak, temulawak, dan kunyit putih. (Baca juga: manfaat belimbing)
  20. Memperkecil resiko terkena penyakit jantung Manfaat lain yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi lalapan adalah mencegah atau meminimalisir terkena penyakit jantung.
  21. Sumber antioksidan alami Berbagai macam sayuran dan buah pada lalapan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat dijadikan sumber antioksidan alami bagi tubuh. (Baca juga: manfaat jagung)
  22. Menangkal atau menghambat radikal bebas Kandungan antioksidan pada sayur lalapan sangat baik untuk menghambat perkembangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dan penuaan dini. (Baca juga: manfaat astria)
  23. Mengatasi lemah jantung Sayur lalapan yang berisi daun kenikir sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit lemah jantung.
  24. Menurunkan berat badan Dengan rajin mengonsumsi sayur lalapan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga pola makan lebih teratur dan terarah. (Baca juga: manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan)
  25. Menjadikan kulit sehat dan segar Kandungan berbagai vitamin dan mineral pada sayur lalapan sangat baik bagi kesehatan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan segar. (Baca juga: 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan kulit teruji)

Luar biasa bukan? Betapa banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi sayur lalapan. Jadi jangan sepelekan makanan satu ini.

, ,
Post Date: Sunday 23rd, April 2017 / 12:35 Oleh :
Kategori : Sayuran