19 Manfaat Sagu untuk Kesehatan

Sagu terkenal sebagai bahan makanan khas orang orang Maluku dan Papua. Tapi jangan anggap remeh karena sagu ini sangatlah banyak dan berguna bagi kesehatan tubuh. Sagu dapat dimasukkan dalam golongan makanaan pokok yang mengandung unsur  karbohidrat tetapi tidak memiliki kadar gula yang berbahaya bagi tubuh. karbohidratnya sama amannya dengan bahan makanan yang terbuat dari beras merah, jagung, ubi jalar, gandum dan lain lain

Kandungan Gizi pada Sagu

Kandungan nutrisi pada jagung dapat menjadi alternatif sebagai makanan pokok:

  • Karbohidrat 94 gr Memiliki sekitar 355 kalori/100 gr
  • Protein 0,2 gr
  • Serat 0,5 gr
  • Kalsium 10 mg
  • Zat Besi 1,2 mg

Kandungan lemak, karoten dan asam kasbornatnya ada tetapi dalam jumlah kecil tetapi  jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi sagu jika dikonsumsi sebagai makanan  pengganti nasi putih. Dan kemudian dimakan bersama beberapa jenis ikan yang berprotein tinggi.

Inilah manfaat sagu bagi kesehatan tubuh yang belum anda ketahui sebelumnya.

1. Pencegahan Penggumpalan darah – Penggumpalan darah pada pembuluh darah yang biasanya mengakibatkan tersumbatnya aliran darah menuju jantung. Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja organ tubuh lain.

2. Baik untuk gula darah – Dapat menghambat laju peningkatan kadar glukosa dalam darah karena serat dan mineral fosfor yang terdapat pada sagu. Mampu menekan dan mengikat gula dalam tubuh agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh dan mampu menghambat penumpukan gula dalam darah agar tidak membentuk kristal yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik.

3. Mencegah masuk angin – Dapat menyembuhkan nyeri pada ulu hati dan mencegah perut kembung serta serangan masuk angin. Masuk angin yang dimaksud yang disebabkan oleh kelelahan, perjalanan jauh, pergantian iklim atau karena kurang tidur.

4. Sebagai prebiotik – Serat yang ada pada sagu mampu bertindak sebagai prebiotik yaitu kemampuan melindungi kondisi mikro flora usus. Kemudian usus akan senantiasa  terhindar dari serangan bakteri merugikan dan menstabilkan enzim  pencernaan agar selalu sehat. Serat pada sagu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan terhadap luka, peradangan pada pencernaan dan infeksi kulit.

5. Pencegahan Kanker – Serat  pada sagu dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada usus, dan pada paru paru karena zat prebiotik pada sagu mampu menyehatkan sel pada usus dan paru serta melancarkan peredaran darah dan pembuluh darah disekitar area usus dan paru paru. Sagu yang bersifat prebiotik mampu menghambat bahkan menghancurkan pertumbuhan sel kanker dan mengikatnya agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh lain.

6. Sumber kalsium – Manfaat kalsium yang ada pada sagu dapat mempertahankan kekuatan dan kepadatan kalsium dalam tulang, persendian dan gigi pada orang dewasa dan lansia. Selain kalsium ada zat mineral fosfor sekitar 13 mg yang ada pada sagu mampu mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang. Sedangkan pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sagu dapat mempercepat pembentukan, pertumbuhan dan memadatkan kalsium dalam tulang sehingga anak anak cepat tumbuh menjadi tinggi dan sehat.

7. Kaya akan fosfor – Dapat memperbaiki dan mempertahankan struktur tulang aagar terhindar dari pegal pegal, serangan rasa nyeri atau keretakan tulang yang diakibatkan cedera pada orang orang usia lanjut. Mineral fosfor yang ada padaa sagu mampu mengontrol dan mengikat serta sebagai penyusun aktif dalam menyehatkan struktur tulang dan gigi seiring bertambahnya usia seseorang.

8. Alternatif diabetes – Dapat dijadikan alternatif sebagai makan orang orang yang memiliki riwayat keluarga mengidap penyakit diabetes. bagi yang memiliki orangtua atau kerabat yang menderita gula maka 6 kali lipat seseorang tersebut akan memiliki warisan didalam darahnya untuk beresiko terserang gula jika tidak berhati hati dalam mengkonsumsi jumlah gula. Selain beras merah yang terbebas dari gula, makanan yang terbuat dari sagu pun dapat mempertahankan kestabilan kadar glukosa dalam darah.

9. Menurunkan berat badan – Sagu memiliki manfaat karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi putih, gandum, jagung dan gandum. Walaupun karbohidratnya tinggi tetapi memiliki kadar gula yang sangat sedikit dibandingkan nasi putih. Pada orang yang mengalami obesitas dapat memanfaatkan sagu sebagai makanan sehari hari karena zat mineral fosfor dan serat yang aada didalamnya dapat menekan ras lapar seseorang lebih lama.

Manfaat Sagu untuk Obat Herbal

Inilah manfaat lain dari sagu untuk pengobatan tradisional sekaligus sebagai perawatan wajah pria dan wanita yang dapat dilakukan sendiri dirumah

1. Sagu untuk menyembuhkan sakit maag dan nyeri pada perut

Bagi anda yang mengalami serangan maag atau sakit perut jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, yang memiliki kandungan zat kimia di dalamnya. Lakukan cara yang lebih sehat dan mampu menyembuhkan sakit mag dan nyeri perut anda dengan media sagu.

Bahan bahannya :

  • Tepung sagu
  • Garam secukupnya
  • Air hangat
  • Gula aren

Caranya:

Ambillah sagu setidaknya 5 sendok makan lalu tuangkan pada gelas berukuran sedang lalu berilah air hangat  lalu aduklah hingga merata dan jangan sampaai terlalu kental, buatlah menjadi tidak encer dan tidak kental  (sedang sedang saja). lalu tambahkan gula aren yang sebelumnya telaah dihaluskan. kemudian berilah garam sedikit dan aduklah hingga merata. ramuan ini dapat diminum 2 kali sehari selama satu bulan atau sampai mag anda sembuh.

2. Menyembuhkan biang keringat

Suhu udara yang tinggi dan lembab seringkali membuat seseorang terkena biang keringat, yaitu dimana pori-pori kulit tidak mampu mengikat dan menyerap keringat yang dihasilkan dari udara panas yang menyerang suhu tubuh selama lebih dari 8 jam. Biang keringat seringkali menimbulkan gatal-gatal dan kulit menjadi iritasi.

Bahan-bahannya :

  • Sagu
  • Air dingin

Caranya:

Ambil sagu secukupnya lalu campurlah dengan air mataang yang dingin dan aduklah dengaan tangan sampai merata daan sedikit encer, kemudian oleskan pada kulit yaang terkena biang keringat (biasanya leher). Oleskan pula setiap ingin berngkat tidur dimalam hari agar mempercepat penyembuhan gatal gatalnya.

3. Menyembuhkan sembelit pada anak anak

Jika anda memiliki anak yang masih menyusu pada boto atau susu formula, maka dapat mencampurkan susunya dengan 2 sendok teh sagu kedalam botol lalu aduk atau kocoklah sampai benar benar merata. Sagu tidak mempengaruhi kualitas rasa pada susu, anak anda tidak akan menyadarinya. ramuan sederhana ini dapat diberika pada anak yang menderita sembelit dan perut kembung. setelah bisa buang air besar dsenagn laancar kembali maka hentikan pemberian sagu pada susunya.

4. Dapat memutihkan kulit wajah pria dan wanita secara aman dan alamiah

Wajah yang bersih dan bercahaya tanpa flek flek cokelat yang diakibatkan  paparan sinar maatahari atau pemakaian kosmetik yang tidak cocok adalah idaman banyak orang. anda dapat memanfaatkan kebaikan dari sagu untuk meningkatkan kesehatan wajah anda tanpa ada masalah dengan cara membuatnya menjadi masker wajah sehari hari.

Bahan bahannya :

  • Sagu
  • air jeruk nipis
  • yogurt

Caranya:

Ambilah sagu secukupnya lalu aduk  sampai merata bersama air jeruk yang jumlahnya sedikit banyak agaar tidak terjadi penggumpalan. setelah menjadi seperti krim yang agak kental taburkan sedikit yogurt lalu aduklah kembali. Gunakan tips unik ini untuk masker wajah anda agar terlihat semakin putih, segar dan memudarkan flek cokelat pada wajah akibat paparan sinar matahari atau karena pemakaian kosmetik yang salah. gunakan setiap hari selama 20 menit kemudian dapat dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

5. Dapat Mencegah kerutan dini

Kerutan dini pada wajah bukan saja sebagai momok yang menakutkan bagi kaum wanita tetapi juga tidak dinginkan para kaum adam. Wajah yang memiliki kerutan dan garis halus pada usia muda sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kualitas sebagai wajah yang sehat dan muda. Resep tradisional yang aman dan dapat dijadikan masker sehari hari dirumah ini dapat menjadi alternatif anda daripada harus pergi kesalon yang membuang banyak waktu, tenaga dan biaya tentunya. uniknya resep ini saangat aman bagi yang memiliki kulit sensitif.

Bahan-bahannya :

  • Sagu
  • Oatmeal
  • Madu asli
  • Air hangat secukupnya

Caranya :

Ambilah sagu, tuangkan air hangat sedikit demi sedikit lalu aduklah hingga merata dan sedikit mengental . lalu masukkan oatmeal dan madu sesuai dengan keinginan. Jika resep yang dibuat sudah tercampur rata dan terlihat mengental maka gunakan sebagai masker wajah ini setiap hari atau dua kali seminggu agar garis garis halus diseputar wajah yang terlanjur telah ada dapat hilang secara bertahap dan pada seseorang yang belum memiliki kerutan halus pada wajahnya tetap dapat menggunakan  resep ini agar wajah terhindar dari kerutan dini.

6. Dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat

Manfaat Sagu memiliki kandungan serat, kalsium dan mineral fosfor yang mampu membuat wajah anda bercahaya bebas dari bakteri penyebab timbulnya jerawat dan bintik bintuil kecil berisi air yang jika dipecahkan akan menimbulkan peradangan atau menimbulkan rasa pedih dan gatal. Sagu dapat mewujudkan wajah anda terbebas dari jerawat karena sari patinya mampu membuka dan mengangkat kotoraan yang menyumbat pori pori dan bersifat mendinginkan kulit sehingga pembuluh darah disekitar wajah anda menjadi lebih rileks.

Bahan bahannya :

  • Sagu
  • Putih telur

Caranya :

Ambilah sagu secukupnya lalu aduklah bersama putih telur, buatlah menjadi kental seperti krim malam. Lalu gunakan sebagai masker wajah yang bukan hanya dapat menyembuhkan jerawat tetapi mampu mencegah serta menganggkat kotoran yang mengandung bakteri dipermukaan kulit dan mampu mencegah masuk dalam pori-pori kulit wajah lebih dalam. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Resep istimewa ini dapat pula mengencangkan otot wajah yang mulai mengendur karena mampu menjaga kadar air alami didalam kolagen yang terdapat dibawah kulit tetap stabil.

7. Dapat mengobati segala iritasi dan luka ringan pada permuklaan kulit

Jika kulit tangan atau dibagian tubuh lain terjadi luka ringan akibaat terkena goresan, akibat terjatuh atau terpeleset dan terbentur kemudian mendapati kulit anda iritasi maka sagu dapat meredakan nyerinya daan mempercepat luka menjadi kering. jika ada pendaraahan ringan pada luka maka sagu dapat menghentikan pendarahan dengan cepat. oleskan sagu yaang sudah dicampur denga air hangat matang dan diamkan sampai luka menjadi sembuh dan tidak mengalami pendarahan lagi jika memang luka anda berdarah.

8.Dapat mengurangi minyak berlebih pada rambut

Rambut yang berminyak seringkali membuat penampilan seseorang menjadi tidak menarik karena rambutnya terlihat lepek dan basah. rambut yang berminyak cenderung mempermudah debu dan kotoran yang terbawa lewat angin melekat pada rambut dan menyebabkan rambut menjadi kotor dan memicu munculnya gatal gatal dan ketombe.

Bahan bahannya:

  • Sagu
  • baking soda

Caranya :
Ambilah sagu dan campurkan baking soda secukupnya lalu berilah air secukupnya dan jangan sampaai resep yang dibuat menjadi kentl. biarkan sedikit encer lalu balurkan pada setiap helaian rambut anda lalu diamkan selama 30 menit kemudian keramaslah dengan menggunakan air hangat kemudian bilaslah dengan air dingin. jiak rajin menggunakan cara ini 2 kali dalam seminggu maka rambut yang berminyak akan senantiasa terlihat mengembang , tidak lepek lagi dan lebih lembut sehingga mudah ditata.

9. Dapat menormalkan kondisi rambut yang rusak karena Hair spray

Pada wanita masih ada yang menggunakan hair sparay untyk menata gaaya rambut mereka agar tidak mudah berubah karena angin, udara atau akibat pergerakan tubuh. terapi didaalam cairan hair spray terdapat zat keras yang dapat merusak kutikula rambut dan mengeringkan rambut, hair spray yang terlalu lama tidak dibersihkan dapat membuat rambut kering, mudah patah, bercabang dan mampu menyerap minyak alami pada setiap helaian rambut. agar rambut kembali pada kondisi sehatnya setealaah pemakaian hair spray maka sagulah yang dapat menetralkannya dengan cepat.

Caranya :

Taburkan sagu disemua area rambut yang terkena hair spray sedikit demi sedkit dan merata. lalu ratakan perlaahn dengan tangan kemudian diamkan selama 20 menit. cara ini dapat mengembalikan kelembaban rambut anda dan mengikis zat zat kimia yang menempel pada kutikula rambut. setelah  20 menit keramaslah seperti biasanya tertapi menggunakan air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan air jeruk nipis. air jeruk nipis mampu menghalau dan mengangkat zat kimia hasil dari hair spray yang kemungkinan melekat pada kulit kepala anda. kemudian bilaslah dengan menggunakan air dingin.

10. Dapat menjadi pendingin bagi kulit yang sedang meradang

Kulit wajah dapat meradang jika terus menerus terpapar sinaar matahari yang telah bercampur dengan radikal bebas. kulit akan memerah dan pada sebian orang mengalami pembengkkan karena pembuluh darah sekitar waajha tidak lancar dan kurang asupan air. Kondisi ini dapat memperburuk peradangan jika didiamkan saaja, ambilah sagu yang telah dicampur dengan susu lalu oleskan pada wajah.

Wajah yang memerah daan meradang akan sembuh dan aliran darah disekitar wajah menjadi normal kembali, Sagu bersifat mendinginkan, memberi efek menenangkan dan dan mampu meredakaan rasa nyeri akibat peradangan yaang disebabkan sengatan sinar matahari siang.

Olahan Makanan dengan Sagu

Tahukah anda bahwa tepung sagu dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang menggugah selera, diantaranya :

  • Dapat dijadikan bubur sagu, bahan campuran untuk pembuatan berbagi macam kue tradisional daan kue kering, aneka puding dn agar agar,  pembuatan kue ongol ongol. bubur kacang hijau sagu serta sebagai bahan dasar pembuatan makanan khas dari Maluku yang terkenal nikmat yang biasanya disantap bersama ikan Cakalang yaitu bernama Papeda.
  • Sagu dapat diolah menjadi bahan campuran masakan dari berbagai macam darerah seperti mpek mpek dari Palembang, campuran bakso dari Jawa tengah dan pembuatan berbagai macam kerupuk (kerupuk ikan, kerupuk udang dan lain lain).
  • Manfaat sagu dapat dijadikan bahan campuran pembuatan biskuit walaupun bahan utamanya adalah tepung terigu. pemakaian sagu didalmnya sampai pada kadar 30 persen yang ternyat memberi cita rasa biskuit menjadi lebih renyah dan gurih.
  • Sagu sering digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue kue kering untuk merayakan hari raya dan tahun baru. Cita rasa  pada sagu dapat beradaptasi dengan baik jika digabungkan dengan madu, susu atau keju yang dapat menghasilkan kue yang rasanya lezat dan tahan lama.

Catatan penting :

penggunaan sagu sebagai pengganti nasi dapat dijadikan alternatif yang sehat jika sagu disandingkan dengan ikan. Ikan mengandung protein tinggi sedangkan sagu relatif sedikit kadar proteinnya. jika anda makan makanan yang terbuat dari sagu dan dimakan bersamaan dengan ikan maka anda akan merasa kenyang lebih lama (karena kadar karbohidratnya yang sangat tinggi) tanpa harus khawatir akan kekurangan zat protein. Sagu juga dapat disandingkan dengan penggunakan daging ayam, kambing, sapi atau berbagai macam makanan laut agar nutrisi protein didalam tubuh tetap terjaga.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan