20 Manfaat Madu untuk Rambut Bebas Masalah Setiap Hari

Rambut rontok bisa dikatakan masalah semua orang. Baik pria maupun wanita tidak terhindar dari masalah ini. Lihat saja betapa banyak pria yang mengalami kebotakan pada masa dewasa atau paruh baya. Rontoknya rambut bisa disebabkan oleh banyak hal diantaranya kulit kepala kering, kulit kepala berketombe, kondisi kesehatan, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, efek samping konsumsi obat-obatan tertentu, stres, efek samping kemoterapi, dan lain sebagainya.

Dibanding pasrah atau menggunakan obat-obatan berbahan kimia untuk mengatasi hal ini ada baiknya anda menggunakan manfaat madu untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami. Lebih murah dan sehat serta tanpa efek samping. Madu dikenal kaya akan antioksidan, bersifat anti kuman, antibakteri, dan antiseptik, mengandung lilin alami, serta tentunya mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Berikut manfaat madu untuk rambut rontok yang sangat baik bagi kesehatan rambut:

1. Meminimalisir kerontokan rambut secara efektif

Penggunaan madu yang kaya akan bebagai nutrisi pada kulit kepala dipercaya dapat meminimalisir kerontokan rambut sehingga anda terhindar dari penipisan rambut bahkan kebotakan. Dengan pemakaian teratur dan mencampurkannya dengan berbagai bahan bermanfaat lainnya sangat efektif untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara lain untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menggunakan manfaat nanas untuk rambut dan manfaat daun jambu biji untuk rambut rontok.

2. Mengatasi ketombe

Ketombe yang menyerang kulit kepala merupakan salah satu penyebab kerontokan pada rambut. Dengan mengaplikasikan madu pada rambut secara teratur dapat membantu mengatasi ketombe sehingga rambut rontok pun berkurang. Ketombe yang sangat mengganggu juga dapat diatasi dengan manfaat minyak urang aring dan manfaat hair tonic.

3. Membasmi aktivitas mikroba di kulit kepala

Salah satu penyebab rambut rontok adalah aktivitas mikroba pada kulit kepala sehingga untuk mengatasinya kita harus membasmi mikroba tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan madu yang dicampur dengan minyak esensial seperti rosemary, tea tree, nilam, jojoba, cypress, cedar wood, lavender, dan lain sebagainya.

4. Melembabkan rambut

Kandungan lilin alami pada madu bermanfaat untuk melembabkan rambut sehingga rambut terhindar dari kekeringan yang berujung pada kerontokan rambut. Dengan pemakaian madu secara teratur dapat membantu melembabkan dan mencegah kerontokan rambut. Rambut lembab dan sehat juga bisa didapatkan dengan manfaat kondisioner rambut dan manfaat shampo metal fortis.

5. Sebagai sumber energi yang mudah diserap

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang sedang lemah seperti sedang sakit atau masa pemulihan. Untuk itu disarankan mengonsumsi madu sebagai cara yang efektif untuk menambah dan memulihkan energi sehingga energi kembali pulih dan rambut rontok akibat kelemahan tubuh dapat dikurangi atau diatasi.

6. Menghambat perkembangan radikal bebas

Madu dikenal kaya akan kandungan antioksidan sehingga bermanfaat untuk menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan sel-sel menjadi abnormal sehingga menimbulkan masalah atau gangguan kesehatan seperti kerontokan rambut. Cara lain untuk menghambat perkembangan radikal bebas adalah dengan manfaat teh hijau dan manfaat beras coklat.


7. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada madu juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini yang dapat dilihat dari gejala-gejalanya seperti rambut rontok, timbul keriput pada wajah, berkurangnya kemampuan penglihatan, dan lain sebagainya. Penuaan dini secara umum juga dapat dicegah dengan manfaat teh barley dan manfaat masker bengkoang.

8. Sumber antioksidan alami

Dibanding mengonsumsi suplemen antioksidan yang sifatnya buatan lebih baik mengonsumsi madu yang secara alami mengandung antioksidan sehingga bisa mencukupkan kebutuhan antioksidan tubuh. Terpenuhinya asupan antioksidan sangat berpengaruh positif pada kesehatan termasuk kesehatan rambut sehingga menghindarkan rambut dari kerontokan.

9. Membantu pertumbuhan rambut

Selain mengandung antioksidan madu juga memiliki kandungan emolien yang sangat baik untuk kesehatan folikel rambut. Dengan pemakaian madu secara teratur dapat membantu pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih cepat tumbuh lebat dan panjang serta terhindar dari kerontokan. Cara alami lainnya untuk mendukung pertumbuhan rambut adalah dengan menggunakan manfaat bunga sepatu untuk rambut dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut.

10. Antibakteri

Salah satu kelebihan madu adalah sifat antibakteri yang dimilikinya sehingga bakteri-bakteri jahat tidak dapat bertahan terhadap madu. Dengan mengaplikasikan madu pada rambut dapat membuat rambut lebih sehat dan terbebas dari bakteri sehingga rambut terhindar dari ketombe, gatal, kerontokan, serta berbagai gangguan rambut lainnya.

11. Mencegah timbulnya psoriasis pada kulit kepala

Penggunaan madu yang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik pada kulit kepala dapat mencegah timbulnya psoriasis atau peradangan menahun pada kulit kepala sehingga timbul ruam, pengelupasan, penebalan, serta terasa kering dan bersisik. Adanya psoriasis ini membuat penderitanya sering menggaruk kulit kepala sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut. Psoriasis biasanya juga dapat diatasi dengan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan manfaat dermovate cream.

12. Melembabkan kulit kepala

Madu juga dikenal sebagai humectant yang menjadikan madu sebagai penjaga kelembaban alami. Dengan rajin mengaplikasikan madu pada kulit kepala dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala sehingga folikel rambut lebih kuat dan rambut terhindar dari kerontokan.

13. Menguatkan rambut dari akarnya

Tidak hanya diaplikasikan secara langsung, madu juga baik dikonsumsi untuk kesehatan rambut. Dengan berbagai nutrisi yang dimilikinya konsumsi madu secara teratur dapat membuat rambut lebih kuat mulai dari akarnya sehingga tidak ada lagi yang namanya kerontokan rambut. Rambut yang kuat dari akarnya juga bisa diperoleh dengan manfaat hair spa dan manfaat neril.

14. Membantu regenerasi sel

Manfaat madu untuk rambut rontok juga dapat membantu regenerasi sel sehingga sel-sel pada rambut dan kulit kepala yang telah mati dapat segera digantikan oleh yang baru. Dengan lancarnya regenerasi sel dapat membuat rambut dan dan kulit kepala lebih sehat dan terhindar dari kerontokan rambut. Regenerasi sel yang baik juga bisa diperoleh dengan manfaat aggarilus dan manfaat komatsuna merah.

15. Membersihkan folikel rambut

Penggunaan madu pada rambut secara langsung dapat membantu membersihkan folikel rambut dari berbagai kotoran yang dapat menyumbatnya sehingga meminimalisir kerontokan rambut.

16. Menstimulasi folikel yang tidak aktif

Tidak semua folikel rambut bekerja secara aktif sebagai tempat tumbuhnya rambut. Ada juga folikel-folikel yang sudah terhenti atau tidak aktif lagi sehingga rambut tidak dapat tumbuh dan timbul kebotakan. Dengan penggunaan madu secara rutin dapat membantu menstimulasi folikel rambut sehingga aktif kembali dan rambut pun tumbuh dengan lebat.

17. Sebagai obat herbal alternatif pengganti obat-obatan berbahan kimia

Ada banyak manfaat madu dalam menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi madu sebagai obat alami alternatif dapat menghindarkan anda dari penggunaan obat-obatan berbahan kimia sehingga terhindar dari efek samping yang ditimbulkan. Seperti yang diketahui salah satu efek samping yang cukup merugikan dari sebagian obat-obatan adalah kerontokan rambut.


18. Antiseptik

Selain memiliki sifat antibakteri madu juga bersifat antiseptik sehingga dapat dimanfaatkan untuk membasmi berbagai mikroorganisme yang menyerang rambut dan kulit kepala yang menjadi penyebab timbulnya kerontokan. Bahan-bahan alami lain yang juga memiliki sifat antiseptik diantaranya manfaat bunga bawang dan manfaat lemon.

19. Mengatasi stres

Rasa madu yang manis alami dan aromanya yang khas menjadikan madu sangat baik sebagai penghilang stres sehingga perasaan lebih tenang dan bahagia. Seperti yang diketahui stres merupakan salah satu penyebab timbulnya kerontokan rambut sehingga dengan konsumsi madu perasaan menjadi tenang dan rambut pun terhindar dari kerontokan. Stres juga dapat diatasi dengan manfaat rekreasi dan manfaat afirmasi positif.

20. Tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya

Penggunaan madu sebagai bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut merupakan cara yang aman dan tanpa perlu khawatir akan efek samping yang berbahaya. Penggunaan bahan alami ini tentu lebih baik dibandingkan menggunakan produk perawatan siap pakai apalagi yang tidak jelas produsennya.

Itulah diantara manfaat madu untuk rambut rontok secara alami, mudah, murah, dan tentunya tanpa efek samping. Penggunaan madu untuk rambut rontok biasanya juga dikombinasikan dengan bahan alami lain seperti minyak esensial, lidah buaya, lemon, dan lain sebagainya. Selain itu tentu diperlukan pula perawatan rambut yang tepat yang dilakukan secara teratur sehingga anda terbebas dari kerontokan rambut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal