25 Manfaat Daun Cherry Yang Penting Untuk Diketahui

Daun Cherry

Sebagian besar anda pasti tahu dengan buah cherry yang ukurannya kecil dan rasanya sangat manis. Buah yang juga dikenal dengan nama kersen atau talok ini dapat tumbuh di mana saja termasuk di tepi jalan sehingga sangat mudah ditemukan. Selain buahnya yang manis pohonnya juga kerap dijadikan peneduh dari terpaan sinar matahari. Buahnya yang manis juga kaya akan manfaat kesehatan sehingga sangat baik dikonsumsi. Tidak hanya itu bagian daunnya juga baik dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk mendukung kesehatan. Daun cherry dapat dikenali dari bentuknya yang bundar telur dengan tepian daun yang bergerigi serta berbentuk meruncing ke ujung.

Sebelum itu mari kita lihat dulu spesifikasi tanaman cherry atau kersen ini. Untuk diketahui cherry yang dimaksud di sini adalah tanaman dengan nama latin muntingia calabura. Karena seperti diketahui ada pula tanaman lain yang juga bernama ceri yaitu tanaman dalam kelompok genus prunus. Asal mula pemberian nama kersen atau cherry ini berasal dari zaman dahulu dimana orang Belanda menyebutnya japanse kers atau ceri jepang. Dari sinilah diambil nama kersen, cherry, atau ceri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya buah yang tergolong murah dan mudah didapatkan ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Untuk diketahui berikut manfaat daun cherry untuk mendukung kesehatan tubuh:

1. Mengatasi diabetes

Karena diabetes belum dapat disembuhkan 100% maka penyandang diabetes harus menjaga kadar gula darahnya agar selalu stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun cherry. Kandungan senyawa flavonoid dan saponin pada daun cherry dapat membantu produksi atau sekresi hormon insulin yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Selain itu ada beberapa pilihan ramuan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi diabetes diantaranya manfaat daun kelor untuk diabetes, manfaat kacang panjang untuk diabetes, dan manfaat daun mangga untuk diabetes.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Konsumsi daun cherry juga baik untuk mendukung kesehatan jantung serta menghindarkannya dari penyakit berbahaya. Dengan rajin mengonsumsi ramuan alami ini akan membantu memelihara fungsi otot jantung sehingga jantung dapat bekerja dengan optimal. Selain konsumsi makanan sehat diperlukan juga manfaat olahraga untuk jantung yang sehat seperti manfaat berenang, manfaat olahraga kardio, serta senam aerobik.

3. Mencegah perkembangan tumor dan kanker

Kandungan senyawa saponin, flavonoid, dan tannin pada daun cherry juga sangat baik untuk mencegah perkembangan sel-sel tumor sehingga tidak terlanjur berkembang menjadi sel-sel tumor yang ganas bahkan menjadi sel kanker. Untuk itu konsumsi ramuan daun cherry sangat dianjurkan agar anda terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat menyerang berbagai sel-sel tubuh ini. Bahan alami lainnya yang memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat daun gerseng dan manfaat rebusan kulit manggis juga dapat menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi dalam rangka memelihara kesehatan.


4. Mencegah hipertensi

Manfaat daun cherry juga baik dikonsumsi untuk mencegah hipertensi atau naiknya tekanan darah di atas batas normal. Karena jika dibiarkan hipertensi dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit salah satunya penyakit jantung. Dengan rajin mengonsumsi daun cherry akan membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Selain daun cherry anda juga dapat menggunakan beberapa bahan alami lainnya seperti manfaat mentimun untuk hipertensi dan manfaat daun beluntas untuk hipertensi.

5. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Bakteri dan berbagai mikroorganisme lainnya yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Untuk mencegah perkembangannya bakteri jahat ini harus dibasmi. Meskipun tubuh sudah memiliki sistem pertahanannya sendiri namun tidak ada salahnya kita mengonsumsi ramuan alami seperti daun cherry yang dapat membantu membasmi bakteri-bakteri jahat tersebut sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6. Antiinflamasi

Ramuan daun cherry juga sangat bermanfaat untuk mengatasi inflamasi atau peradangan. Dengan meminum ramuan ini akan membantu mengatasi gejala-gejala radang yang dirasakan sehingga kondisi tubuh cepat membaik. Selain itu ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang memiliki manfaat antiinflamasi diantaranya manfaat teh daun jati belanda, manfaat daun salam koja, dan manfaat daun daruju.

7. Mendukung keberhasilan program diet

Selain mengatur pola makan, konsumsi makanana kaya serat, serta manfaat olahraga ada baiknya anda juga mengonsumsi ramuan daun cherry selama melakukan program diet. Hal ini disebabkan ramuan daun cherry dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal sehingga tidak melebihi bobot normal yang diinginkan.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun cherry atau manfaat daun kersen untuk kolesterol telah lama dikenal masyarakat sehingga ramuan dari daun ini kerap dikonsumsi untuk memelihara kesehatan. Karena seperti diketahui kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, jantung koroner, serangan jantung, dan lain sebagainya. Untuk itu rajin-rajinlah mengonsumsi ramuan daun cherry tentunya sesuai takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

9. Mengatasi nyeri

Konsumsi ramuan daun cherry juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri yang umum dirasakan. Seperti diketahui hampir semua orang pernah merasakan nyeri pada tubuhnya. Rasa nyeri ini dapat dipicu oleh berbagai faktor. Ramuan daun cherry merupakan pilihan yang tepat karena bersifat alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Namun jika anda ingin lebih praktis maka tersedia berbagai merek obat-obatan siap minum seperti manfaat neuralgin dan manfaat obat mefinal untuk mengatasi rasa nyeri yang dirasakan.

10. Melancarkan peredaran darah

Aliran darah yang tidak lancar ke seluruh tubuh dapat menimbulkan gangguan kesehatan sehingga harus segera diatasi. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun cherry yang dikenal ampuh untuk melancarkan kembali aliran darah. Disamping itu ada banyak pilihan alami lainnya yang juga memiliki manfaat serupa diantaranya manfaat remayung, manfaat buah cepokak, dan manfaat romanesco.

11. Sumber antioksidan

Daun cherry juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Selain itu anda juga bisa mendapatkan tambahan asupan antioksidan dari konsumsi bahan alami lainnya seperti manfaat tanaman rumex, manfaat seledri, manfaat buah naga, serta manfaat buah cupuacu.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun cherry yang juga penting untuk diketahui adalah kemampuannya untuk meningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dari serangan bakteri atau virus penyebab penyakit. Selain daun cherry anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami di sekitar anda seperti manfaat tauge, manfaat bunga kol, serta manfaat jambu klutuk.

13. Mengatasi asam urat

Penyakit lain yang juga bisa diatasi dengan konsumsi ramuan daun cherry adalah asam urat yang menyerang berbagai persendian tubuh. Caranya sangat mudah anda tinggal mengambil sekitar 10 lembar daun cherry segar. Kemudian cuci bersih dan rebus dengan sekitar 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah hangat ramuan ini dapat langsung diminum untuk mengatasi asam urat yang diderita. Selain itu ada pula manfaat daun krokot untuk asam urat, manfaat daun kenikir untuk asam urat, serta beberapa ramuan alami lainnya yang memiliki manfaat serupa.

14. Mengatasi luka pada kulit

Daun cherry juga dapat diolah sebagai obat luar untuk mengatasi luka pada kulit seperti luka berdarah, borok, atau eksim. Caranya sangat mudah yaitu anda tinggal meremas atau memblender daun cherry hingga lumat kemudian ramuan ini ditempelkan pada bagian kulit yang mengalami luka atau peradangan. Selain itu borok atau luka pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan dari bahan alami lainnya seperti manfaat daun babadotan dan manfaat kamboja merah.

15. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang umum dirasakan dan ada banyak faktor penyebabnya. Umumnya rasa sakit ini diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang banyak beredar di pasaran seperti manfaat parasetamol dan manfaat obat demacolin. Namun jika anda lebih suka cara yang alami maka konsumsi ramuan daun cherry bisa menjadi pilihan yang tepat disamping beberapa bahan alami lain yang juga memiliki manfaat serupa seperti manfaat daun benalu dan manfaat daun alpukat.

Sangat bermanfaat bukan? Selain beragam manfaat di atas masih ada banyak lagi manfaat daun cherry yang penting dan perlu untuk anda ketahui. Berikut beberapa diantaranya:


Manfaat Daun Cherry Lainnya

16. Antiseptik

17. Mencegah kanker

18. Mengatasi masalah prostat

19. Menetralisir racun di dalam tubuh

20. Mengurangi tukak gastrik

21. Mencegah penyakit jantung

22. Menurunkan kadar gula darah

23. Mengatasi stroke

24. Mengatasi rematik

25. Mengatasi batuk dan influenza



Cara Pengolahan Daun Cherry dan Efek Samping

Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas anda dapat mengolah daun cherry baik dengan cara direbus atau dijus kemudian diambil sarinya untuk diminum. Biasanya daun cherry yang telah dicuci bersih direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Rebus hingga tinggal 1 gelas dan setelah hangat bisa langsung diminum. Sebaiknya air saripati daun cherry tidak ditambahi dengan pemanis atau bahan lain seperti gula sehingga anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Selain itu ramuan daun cherry juga jangan dicampurkan bersama bahan herbal lainnya kecuali disarankan. Karena kita tidak mengetahui kandungan dalam bahan lain tersebut sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan campuran yang kurang baik untuk dikonsumsi. Cara lain untuk mengonsumsi daun cherry adalah dengan menggunakan daun cherry yang sudah dikeringkan. Daun cherry yang telah dikeringkan tinggal diseduh dengan air panas seperti anda menyeduh teh. Bisa langsung diminum dan tentunya lebih praktis.

Selain itu daun cherry juga dapat digunakan sebagai obat luar dengan cara dilumatkan baik dengan cara diremas dengan tangan, diblender, atau ditumbuk. Daun cherry yang telah lumat kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang bermasalah. Sebelum diolah pastikan daun cherry telah dicuci bersih terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan kontaminasi kuman.

Meskipun kaya manfaat namun konsumsi ramuan daun cherry secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Maksimal diperbolehkan mengonsumsi 5 gelas dan untuk keamanan sebaiknya kurang dari itu. Jika anda tetap nekat mengonsumsinya secara berlebihan maka akan menimbulkan efek samping diantaranya rasa mual dan muntah, sakit perut yang terasa seperti diare, alergi kulit seperti gatal-gatal, bahkan hingga menyebabkan gangguan liver dan ginjal. Untuk itu konsumsi daun cherry secukupnya saja.

Selai itu ramuan daun cherry juga sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak dan ibu hamil karena dikhawatirkan tidak cocok dengan kondisi kesehatannya. Anak-anak memiliki lambung yang masih sensitif sehingga harus berhati-hati dengan apa yang dikonsumsinya. Sementara ibu hamil tidak dianjurkan karena dikhawatirkan berdampak buruk pada kesehatan janin. Kalaupun memang penting untuk mengonsumsinya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau kalau bisa cari alternatif pengobatan alami lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan