10 Manfaat Neuralgin untuk Meredakan Berbagai Nyeri dan Peradangan

Neuralgin merupakan salah satu merek obat yang cukup populer di Indonesia. Demam, nyeri sendi, nyeri otot, hingga sakit gigi merupakan contoh-contoh penyakit yang dapat diredakan dengan mengonsumsi obat ini. Berbagai penyakit tersebut merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat sehingga neuralgin amat populer di masyarakat.

Baca juga: Manfaat obat neuralgin

Obat yang dikemas dalam bentuk kaplet ini mengandung bahan-bahan seperti metamphiron, vitamin B6 (piridoksin), vitamin B1 (tiamin), kafein (trimethylxanthine), serta vitamin B12 ( sianokobalamin). Dengan berbagai kandungan obat ini menjadikan neuralgin memiliki manfaat analgesik, antipiretik, serta antiinflamasi atau anti peradangan. Untuk lebih lengkapnya berikut 20 manfaat neuralgin untuk meredakan nyeri dan peradangan:

1. Mengatasi pegal

Pegal-pegal merupakan gejala yang dirasakan oleh banyak orang dan disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari posisi tidur yang salah, duduk terlalu lama, begadang, membawa beban yang terlalu berat, hingga olahraga yang dilakukan berlebihan. Untuk mengatasi hal ini kita dapat memanfaatkan neuralgin. Kandungan metamphiron pada neuralgin menjadikan obat ini bersifat analgesik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi atau menghilangkan pegal-pegal.

Baca juga: manfaat badan diurut – manfaat refleksi kaki

2. Mengatasi demam ringan

Metamphiron yang terkandung pada neuralgin juga menjadikan obat ini bersifat antipiretik sehingga dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi demam ringan.

Baca juga: manfaat alang alang – 20 manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan

3. Mengatasi nyeri sendi

Manfaat neuralgin lainnya adalah untuk mengatasi nyeri sendi. Rasa nyeri yang menyerang bagian tubuh yang menghubungkan antar tulang ini cukup mengganggu kenyamanan bahkan mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Neuralgin mengandung metamphiron yang bersifat analgesik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi atau menghilangkan nyeri sendi.

Baca juga: manfaat viostin ds – manfaat joint herbal

4. Mengatasi sakit pinggang

Keluhan sakit pinggang banyak dialami oleh orang dewasa di atas usia 30 tahun. Penyebabnya bermacam-macam seperti keseleo, duduk terlalu lama, kurang berolahraga, mengangkat beban yang terlalu berat, jatuh, cedera pinggang akibat kecelakaan, dan lain sebagainya. Untuk meringankan rasa nyeri yang menyerang bagian pinggang ini kita dapat mengonsumsi neuralgin sesuai dosis yang dianjurkan.

Baca juga: manfaat daun binahong – 15 manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

5. Mengatasi rematik

Penyakit lain yang juga bisa diatasi atau diringankan dengan mengonsumsi neuralgin adalah rematik. Ini didukung dengan kandungan metamphiron pada neuralgin yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan salah satunya peradangan pada sendi atau otot yang menimbulkan rematik.

Baca juga: manfaat sirsak untuk asam urat – manfaat daun pandan untuk asam urat

6. Mengatasi sakit kepala atau migrain

Sakit kepala atau sakit kepala sebelah (migrain) dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Levelnya sakitnya bermacam-macam dan lamanya pun tak tentu. Bisa dalam hitungan jam bahkan hari. Namun sebagian besar sakit kepala tidak berbahaya dan dapat diredakan dengan meminum obat sakit kepala. Salah satunya neuralgin. Selain minum obat dianjurkan juga banyak mengonsumsi air putih dan beristirahat.

Baca juga: manfaat parasetamol – manfaat amoxicillin bagi tubuh

7. Mengatasi sakit gigi

Manfaat neuralgin lainnya adalah untuk mengatasi sakit gigi. Sakit yang menyebabkan gigi dan rahang terasa sakit ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya yang paling umum disebabkan adanya pembusukan gigi karena gigi berlubang.

Baca juga: manfaat getah jarak – manfaat kumur air garam saat sakit gigi

8. Mengatasi nyeri haid

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan setiap wanita berupa keluarnya darah dari vagina dan diiringi dengan rasa nyeri. Rasa nyeri ini bermacam-macam, ada yang ringan, sedang, hingga berat. Untuk mengurangi nyeri haid yang sangat mengganggu anda dapat mengonsumsi neuralgin. Kandungan metamphironnya bertindak sebagai analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

Baca juga: manfaat temu putih untuk wanita – manfaat kiranti

9. Mengatasi berbagai nyeri

Neuralgin memang layak disebut sebagai obat segala macam nyeri karena selain gangguan kesehatan di atas neuralgin juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis nyeri lainnya seperti nyeri yang dirasakan setelah melahirkan, nyeri paska operasi, dan nyeri akibat kanker.

Baca juga: manfaat sari kurma – manfaat rumput fatimah

10. Baik untuk kesehatan saraf

Neuralgin juga dilengkapi dengan vitamin B kompleks yaitu B1, B6, dan B12 sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf. Nyeri yang ditimbulkan akibat gangguan atau kerusakan pada saraf seperti penyakit neuralgia dapat diatasi dengan mengonsumsi neuralgin. Pada neuralgia bagian saraf yang sering mengalami kerusakan adalah bagian leher dan wajah sehingga penderita merasa keram, kejang, terbakar, atau tersetrum pada bagian leher dan wajah.

Baca juga: manfaat remayung – manfaat sup lobseter

Kontraindikasi

Meskipun sangat bermanfaat namun neuralgin tidak dapat dikonsumsi semua orang. Ada kondisi-kondis medis tertentu yang menyebabkan seseorang tidak boleh mengonsumsi obat ini diantaranya:

  1. Alergi dengan metamizole/antalgin
  2. Wanita yang sedang hamil atau menyusui
  3. Anak-anak di bawah usia 14 tahun
  4. Orang yang memiliki gangguan perdarahan
  5. Penderita tukak lambung
  6. Alergi dengan vitamin B
  7. Orang dengan riwayat gangguan hati berat
  8. Orang dengan riwayat gangguan ginjal berat.

Efek Samping dan Aturan minum

Seperti obat-obatan lain pada umumnya mengonsumsi neuralgin juga dapat menimbulkan efek samping seperti:

  1. Alergi
  2. Timbulnya pembengkakan
  3. Rasa mual atau muntah
  4. Jantung berdebar-debar
  5. Tekanan darah meningkat
  6. Kulit menjadi kemerahan dan gatal
  7. Timbul sakit kepala
  8. Nyeri pada ulu hati
  9. Berkeringat secara berlebihan
  10. Warna urin berubah menjadi oranye.

Sebagai obat penghilang rasa nyeri atau sakit neuralgin sebaiknya jangan digunakan dalam jangka panjang karena beragam efek samping yang ditimbulkannya. Jika sakit berlanjut sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Neuralgin sangat mudah ditemukan di apotek atau toko obat dan umumnya dikonsumsi sesuai instruksi yang tertulis pada kemasan yaitu untuk dewasa 1 hingga 2 kaplet diminum 3 sampai 4 kali sehari. Sementara untuk anak-anak di atas 14 tahun yaitu 0,5 hingga 1 kaplet dan diminum 3 sampai 4 kali sehari. Bisa juga menggunakan resep dari dokter dan dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini setelah makan.

Dengan berbagai manfaat neuralgin serta efek samping yang telah disebutkan di atas sebagai konsumen tentunya anda dapat memilah kapan sebaiknya mengonsumsi obat ini. Jika terasa nyeri-nyeri sedikit sebaiknya jangan langsung mengonsumsi neuralgin mengingat efek samping yang ditimbulkan. Namun jika rasa nyeri sudah tidak tertahankan bahkan sudah diresepkan oleh dokter maka mengonsumsi neuralgin tentu menjadi pilihan yang benar.