19 Manfaat Daun Daruju Herbal

Daun daruju merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam tanaman semak. Meskipun hanya tumbuh liar yang banyak hidup dipinggir sungai, atau pada tempat yang lembab, daun daruju memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, oleh karena itu daun daruju juga dikenal sebagai salah satu daun yang dapat dijadikan obat herbal. Meskipun belum banyak diketahui, tumbuhan liar yang memiliki bentuk daun bergerigi dan warna yang kekungingan dan agak mengkilat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait:

Kandungan Senyawa Dalam Daun Daruju

Daun yang berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Acanthus montanus T. Anders ini memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Beberapa senyawa dalam daun daruju diantaranya, saponin, polifenol, flavonoid, alkaloid, dan juga mengandung asam amino. Masing-masing senyawa yang terkandung di dalam daun daruju dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit sesuai dengan masing-masng fungsi senyawa tersebut.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk lambung

Manfaat Daun Daruju

Daun daruju memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan dalam daun daruju dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, diantaranya:

  1. Mencegah Sel Kanker Masuk Ke dalam Tubuh

Daun daruju memiliki sifat anti kanker. Sifat daun daruju yang anti kanker ini dapat mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh, serta menghambat perkembangan sel kanker yang berada di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Peradangan

Selain anti kanker, daun daruju juga memiliki sifat yang antiinflamasi. Karena sifatnya yang antiinflamasi, daun daruju dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan yang terjadi.

artikel terkait: manfaat daun sambloto untuk kolesterol

  1. Mengatasi Flu

Flu sangat mengganggu aktivitas karena efek yang ditimbulkan dari flu dapat menyebabkan penderitanya pusing dan lemas. Mengatasi flu dapat diatasi dengan memanfaatkan daun daruju, karena daun daruju dapat memudahkan mengeluarkan dahak pada tenggorokan.

  1. Mengobati Cacingan

Orang yang memiliki badan yang kurus meskipun sudah makan banyak, dapat terjadi karena dua hal, yakni karena metabolisme tubuh yang tinggi dan yang kedua dapat disebabkan karena cacingan. Adanya cacing dalam tubuh dapat menyebabkan makanan untuk tubuh dimakan oleh cacing. Mencegah dan mengatasi cacingan dapat diatasi dengan memanfaatkan daun daruju.

artikel terkait: manfaat daun pare

  1. Mencegah Penyakit Kulit

Kulit sebagai bagian tubuh paling luar tentunya sering melakukan kontak dengan lingkungan sehingga mudah terkena penyakit. Kesehatan kulit perlu dijaga, dengan menggunakan lotion kulit maupun dengan menggunakan bahan alami seperti daun daruju dan membalurkannya pada kulit. Tidak hanya merawat kulit, akan tetapi juga menyembuhkan kulit apabila terkena penyakit.


  1. Mengatasi Penyakit Gondok

Penyakit gondok dikenal sebagai penyakit yang disebabkan karena kurangnya zat yodium yang biasanya terkandung di dalam garam. Selain dengan garam yang mengandung yodium, gondok dapat diatasi dengan menggunakan daun daruju. Daun daruju dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi gondok.

artikel terkait: manfaat kitolod

  1. Sebagai Obat Hepatitis

Setelah dilakukan penelitian tentang kandungan senyawa di dalam daun daruju, diketahui bahwa senyawa ddalam daun daruju dapat mengatasi penyakit hepatitis.

  1. Mengobati Bisul

Bagian tubuh yang terkena bisul biasanya akan terasa menyakitkan meskipun hanya terkena sedikit sentuhan. Membalurkan daun daruju pada bagian tubuh yang terkena bisul dapat membantu mempercepat proses pengeringan bisul.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk asam urat

  1. Menawarkan Racun Gigitan Ular

Ular memiliki bisa yang sangat berbahaya untuk tubuh. Orang yang terkena gigitan ular harus segera ditangani agar bisa tidak menyebar ke seluruh tubuh dan mengancam nyawa. Salah satu cara alami menawarkan racun gigitan ular yakni dengan menggunakan daun daruju. Senyawa dalam daun daruju dipercaya dapat menawarkan bsa gigitan ular.

  1. Menyehatkan Ginjal

Tubuh dapat mudah terkena racun karena racun terdapat dimana saja. Apabila kadar racun dalam tubub terlalu tinggi, maka ginjal akan bekerja keras untuk menyaring darah yang terkandung racun di dalamnya. Meminum air rebusan daun daruju dapat membantu kerja ginjal dalam proses penyaringan darah.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rambut

  1. Menyehatkan Organ Hati

Terlalu banyak racun dalam tubuh tidak hanya membahayakan organ ginjal, namun juga menambah kerja organ hati. Karena hatilah  yang memiliki peran untuk menetralkan racun dalam tubuh. Ketika sangat banyak racun yang masuk ke dalam tubuh, kerja hati harus dibantu, salah satunya dengan meminum air rebusan daun daruju.

  1. Mengatasi Diare

Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dapat menyebabkan saluran pencernaan terserang diare. Mengatasi diare secara alami dapat menggunakan daun jambu biji muda. Selain itu, juga dapat diatasi dengan daun daruju.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rahim

  1. Mempercepat Penyembuhan Gigitan Serangga

Beberapa jenis serangga memiliki racun dalam gigitannya yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi kulit. Untuk mencegah hal tersebut, balurkan daun daruju yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. Cara tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang disebabkan oleh gigitan serangga.

  1. Membantu Meredakan Stress

Adanya tekanan pikiran membuat sesorang menjadi stress. Mengatasi stress bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan meminum minuman yang memiliki senyawa yang dapat mengurangi stress, salah satunya dengan minuman dari daun daruju.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ibu hamil

  1. Mengatasi Sariawan

Selain menggunakan obat sariawan , menyembuhkan sariawan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yakni daun daruju. Menempelkan daun daruju yang sudah di haluskan pada mulut yang terkena sariawan dapat membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat.

  1. Mengatasi Rematik

Daun daruju memiliki manfaat untuk mengatasi rematik. Dengan meminum jus daun daruju secara rutin, rematik akan semakin berkurang.

artikel terkait: manfaat daun suruhan


  1. Mengatasi Maag

Kelebihan asam lambung dapat menyebabkan penyakit maag. Mengatasi maag dapat dilakuakn dengan meminum rebusan daun daruju secara rutin.

  1. Meningkatkan Imunitas

Daya tahan tubuh yang kuat akan membuat tubuh menjadi sehat karena tubuh dapat dengan mudah terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang. Salah satucara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yakni dengan menjaga pola hidup sehat serta meminum rebusan daun daruju.

artikel terkait: manfaat daun keji beling

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Selain meminum air jeruk, memberishkan saluran pencernaan juga dapat dilakukan dengan meminum rebusan daun daruju.

Daun daruju sebagai salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat sangatlah penting diketahui kandungan dan manfaatnya. Meskipun tidak dapat ditanam disekitar rumah, daun daruju mudah didapatkan pada daerah yang lembab dan memiliki kadar air yang tinggi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 15:31 Oleh :
Kategori : Herbal