33 Manfaat Daun Gerseng Untuk Kesehatan dan Kulit Yang Luar Biasa

Manfaat Daun GersengDaun gerseng atau daun talok merupakan salah satu jenis daun yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam daun gerseng ini mengandung banyak bahan alami untuk mencegah penyakit yang tumbuh dengan liar di wilayah Indonesia. Bentuk daun gerseng ini lonjong dan panjang serta memiliki gerigi di bagian tepi dan permukaannya kasar serta berwarna hijau di kedua sisi. Beberapa kandungan dalam daun gerseng ini diantaranya adalah alkaloid, flavonoid seperti flavan, biflavan, flavanone serta falavone, vitamin C, kalsium, lemak tak jenuh ganda, tanin, karbohidrat, sumber antioksidan, protein, zat besi dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam daun ini, maka manfaat daun gerseng untuk tubuh tentunya juga berlimpah seperti berikut ini.

  1. Membunuh Bakteri

Khasiat pertama dari daun gerseng adalah bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Bakteri seperti mikroorganisme bisa menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Kandungan tannin, flavonoid dan saponin dalam daun ini berfungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh bakteri sehingga baik dikonsumsi.

  1. Mengobati Diabetes

Daun gerseng juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes karena kandungan flavonoid dan saponin dengan cara merangsang tubuh untuk sekresi hormon insulin sehingga bisa mengontrol gula darah dalam mencegah diabetes yang kambuh.

  1. Membantu Program Diet

Sebenarnya, arti diet sebenarnya bukanlah mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi namun lebih kepada mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat seperti salah satunya daun gerseng ini. Mengkonsumsi daun gerseng baik untuk menjaga kestabilan berat badan sehingga tetap ideal karena juga mengandung serat yang tinggi.

  1. Mencegah Tumor dan Kanker

Daun gerseng juga bisa digunakan untuk mencegah pertumbuhan tumor dan juga solusi kanker karena di dalam daun ini mengandung tannin, saponin dan juga flavonoid. Untuk mendapatkan manfaat dari daun gerseng ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan daun gerseng secara teratur.

  1. Anti Kolesterol

Daun gerseng juga sangat baik untuk mencegah kolesterol tinggi dengan cara merebus satu genggam daun gerseng segar bersama 3 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya saja dan minum teratur sebanyak 3 kali sehari.

  1. Mengandung Antiseptik

Efek antiseptik juga terkandung dalam daun gerseng yang didapat dari kandungan flavonoid, tannin dan saponin yang bisa membunuh bakteri seperti S.Aureus, K.Rhizophil, C.Diptheriae, S.Epidemidis dan juga P.Vulgaris. Dengan ini, maka air rebusan daun gerseng bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka terbuka sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari luka tersebut.

  1. Menyembuhkan Peradangan

Mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun gerseng sangat ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada luar maupun dalam tubuh karena daun ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat vitamin C ini akan melindungi tubuh dari peradangan seperti panas dalam atau sariawan sekaligus menyembuhkan luka basah atau kering.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Air rebusan daun gerseng juga bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit stroke karena mengandung zat yang bisa merangsang hormon peroksisom proliferator atau PPAR dalam jaringan tubuh. PPAR ini berguna untuk mengatur gen pada proses metabolisme glukosa dan lemak sehingga risiko penyakit stroke bisa diminimalisir.

  1. Menghilangkan Letih Sesudah Olahraga

Untuk anda yang gemar berolahraga, daun gerseng juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi lelah dan mengurangi nyeri otot pada pria dan wanita sesudah beraktivitas berat seperti berolahraga. Manfaat antioksidan dan anti inflamasi dalam daun ini akan mengurangi kerusakan pada otot sehingga rasa letih tersebut bisa cepat dihilangkan dalam waktu cepat.

  1. Mengatasi Rematik

Kegunaan terakhir dari daun gerseng adalah untuk mengatasi penyakit peradangan atau inflamasi seperti osteoarthritis atau rematik yang membuat penderita merasa kaku di bagian persendian. Untuk mendapatkan khasiat dari daun gerseng, anda bisa minum air rebusan herbal ini sebanyak 2 kali sehari dalam 3 minggu secara teratur.

  1. Mengecilkan Lingkar Perut

Selain berolahraga untuk menghilangkan akumulasi lemak pada bagian perut, daun gerseng juga bisa dikonsumsi dengan teratur karena sudah terbukti bisa membakar lemak lebih cepat terutama yang berada di sekitar perut.


  1. Membantu Tidur Lelap

Untuk anda yang memiliki gangguan tidur atau insomnia juga bisa mengkonsumsi daun ini karena bisa memberikan ketenangan dan rileksasi sehingga tidur bisa lebih nyenyak sekaligus menurunkan kadar stres yang menyebabkan insomnia.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun gerseng juga ampuh mencegah berbagai penyakit jantung. Kandungan nutrisi yang ada dalam daun ini berguna untuk mencegah penyumbatan dalam pembuluh darah jantung sehingga serangan jantung dan penyakit jantung koroner bisa dihindari.

  1. Menyembuhkan Flu Batuk

Solusi batuk dan flu juga terdapat dalam daun ini sehingga bisa dikonsumsi secara teratur khususnya dalam proses penyembuhan. Dalam daun ini bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh sehingga virus enyebab batuk dan flu bisa disingkirkan.

  1. Mengatasi Hipertensi

Beberapa penyebab dari hipertensi diantaranya adalah stres terlalu berlebihan dan juga pola makan yang buruk. Mengkonsumsi air rebusan daun gerseng bisa melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah tinggi atau hipertensi akhirnya juga bisa dicegah.

  1. Mencegah Asam Urat

Asam urat yang sering terjadi pada orang tua ini ternyata juga bisa terjadi pada remaja yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada sendi. Mengkonsumsi daun gerseng atau rebusan daun gerseng secara teratur bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan dari asam urat tersebut. Namun jika nyeri sudah hilang, maka segera hentikan mengkonsumsi daun herbal ini.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun ini adalah bisa melancarkan aliran darah sehingga bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan karena penyumbatan aliran darah.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi yang ada dalam darah bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan juga jantung. Untuk itu, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh harus dilakukan yang salah satunya bisa didapatkan dalam daun gerseng ini.

  1. Mencegah Kudis

Kudis bisa terjadi saat tubuh kekurangan vitamin C dengan gejala seperti jaringan ikat, tulang kolagen dan pembuluh darah yang melemah. Kandungan vitamin C dalam daun gerseng ini bisa digunakan untuk menyembuhkan kudis secara alami.

  1. Mengatasi Keracunan

Keracunan timah yang merupakan masalah kesehatan kronis ini seringkali terjadi pada anak anak di area perkotaan sehingga menyebabkan pertumbuhan abnormal, IQ rendah, hambatan dalam belajar, masalah perilaku dan merusak kesehatan ginjal. Mengkonsumsi daun ini menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang aman dikonsumsi anak anak.

  1. Mencegah Katarak

Katarak yang merupakan salah satu penyakit mata menjadi masalah visual umum yang terjadi pada manusia khususnya orang tua namun bisa terjadi juga pada anak anak. Salah satu cara mudah untuk mencegah penyakit katarak ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daun gerseng yang tinggi akan antioksidan yakni vitamin C.

  1. Meningkatkan Mood

Salah satu vitamin penting untuk meningkatkan mood adalah vitamin C sehingga neurotransmitter seperti norepinephrine bisa diproduksi lebih banyak yang salah satunya terdapat dalam daun gerseng yang akan mempengaruhi mood dan sangat penting untuk menjaga fungsi otak.

  1. Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah manfaat berikutnya dari daun gerseng yang bisa merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh sehingga berbagai virus dan kuman penyakit bisa dicegah dengan baik.

  1. Melindungi Otot Jantung

Dalam daun gerseng mengandung kalsium yang penting untuk melindungi otot jantung agar bisa berkontraksi dan rileks dengan baik. Selain itu, daun ini juga membantu sistem saraf untuk mempertahankan tekanan pada arteri.

  1. Mengurangi Sindrom Pramenstruasi

Kandungan dalam daun gerseng khususnya kalsium bisa mengurangi gejala sindrom pramenstruasi seperti sakit kepala, perubahan mood, hipertensi dan sebagainya.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan endapan kalsium yang mengkristal pada saluran kemih dan bentuk batu ginjal yang sering terjadi adalah batu oksalat. Mengkonsumsi daun gerseng sebagai minuman diet bisa menurunkan risiko batu ginjal dan mencegah gejala yang ditimbulkan.

  1. Mengatur Tingkat pH Alkalin

Berbagai junk food, gula berlebih dan makanan yang diawetkan akan meningkatkan keasaman dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan beberapa penyakit seperti hipertensi, kanker dan juga batu ginjal. Daun gerseng bisa dikonsumsi karena baik dalam menjaga tingkat pH sehat sehingga kualitas kesehatan secara menyeluruh.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat kalsium yang ada dalam daun gerseng ini sangat baik untuk mempertahankan kekuatan rahang, menjaga kekuatan gigi, memutihkan gigi dan mencegah masalah pada gusi serta gigi sehingga sangat disarankan dikonsumsi sejak usia yang masih muda.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh menjadi tugas dari protein sehingga semakin banyak air yang diikat dalam protein, maka semakin tinggi jumlah protein dalam sel dan akhirnya keseimbangan air bisa dijaga dengan baik. Mengkonsumsi daun gerseng akan mencegah ketidakseimbangan cairan sehingga mencegah edema yakni penggumpalan darah di bawah lapisan kulit sekaligus penting dalam menyehatkan otot dan saraf.

  1. Sumber Energi

Daun gerseng juga bisa dikatakan sebagai daun sumber energi karena mengandung protein. Perlu diketahui jika tubuh manusia tidak menyimpan enzim, protein dan juga ekstra protein otot untuk bisa menghasilkan asam amino sehingga mengkonsumsi daun ini menjadi sangat penting karena juga merupakan sumber mineral penting khususnya protein.


  1. Merawat Kesehatan Rambut

Selain bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, daun gerseng juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan rambut sebagai alat modulasi pertumbuhan pada rambut. Anda bisa menggunakan air rebusan gerseng ini sebagai kondisioner sesudah keramas yang bisa dilakukan 2 kali seminggu.

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Enzim merupakan katalis protein yang penting untuk segala proses biokimia serta reaksi tubuh. Enzim dalam daun gerseng akan mempercepat laju proses kimia sehingga keseimbangan beberapa jenis hormon seperti hormon pertumbuhan, glukagon dan insulin bisa ditingkatkan dan dijaga dengan baik.

  1. Merawat Kulit

Kandungan protein dalam daun gerseng juga berperan penting dalam solusi kecantikan kulit. Daun ini akan meningkatkan kekuatan jaringan dan organ seperti kulit sehingga proses revitalisasi bisa ditingkatkan untuk mencegah bahaya dari sinar UV, mencegah keriput dan membantu kulit terlihat lebih awet muda.

Manfaat daun gerseng yang sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit, namun juga menjaga kesehatan menyeluruh, merawat rambut dan juga meningkatkan kecantikan kulit secara alami yang bisa dikonsumsi baik orang dewasa maupun anak anak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal