Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Berbagai Aspek

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih biasa kita kenal singkatannya yaitu IPTEK. Hal ini merupakan yang paling pesat perkembangannya yang kita rasakan selama ini. Setiap detiknya ilmu ini terus mengalami perkembangan-perkembangan yang signifikan. IPTEK memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia pada saat sekarang ini.

Mempelajari ilmu teknologi saat ini telah menjadi sesuatu yang wajib bagi beberapa orang. Sebab kemajuan teknologi saat ini menjadi salah satu syarat menggunakan alat-alat dalam membantu menyelesaikan pekerjaan, tugas-tugas sekolah maupun kuliah. Hal ini memang didasari oleh manfaat menuntut ilmu bagi kehidupan yang sangat berguna, bukan hanya di waktu sekarang tetapi hingga waktu yang akan datang.

Munculnya teknologi-teknologi terkini merupakan peran penting dari ilmuwan-ilmuwan yang terus menerus melakukan penelitian dan percobaan serta pengembangan terhadap suatu produk teknologi yang bermanfaat bagi semua orang. Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan IPTEK? Mungkin masih banyak yang masih belum mengetahui apa yang itu ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita sebagai orang awam mungkin hanya menggunakan teknologi-teknologi tersebut tanpa tahu dulu apa pengertiannya.

Pengertian IPTEK

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengarah terhadap pemenuhan kebutuhan manusia. Tidak hanya itu IPTEK juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik terhadap penemuan teknologi terbaru ataupun perkembangan terhadap teknologi itu sendiri.

Dalam kurun waktu 1 abad terakhir telah banyak perkembangan teknologi yang sangat pesat yang kita rasakan dan bahkan kita nikmati saat ini. Begitu banyak sekali produk teknologi yang kita rasakan saat ini seperti Handphone, Televisi, Mobil, Motor, Komputer, dan lain-lainnya yang kita nikmati saat ini. Pesawat terbang juga merupakan salah satu produk teknologi juga, dari zaman ke zaman perubahan pesawat terbang semakin jelas dapat kita rasakan.

Jarak yang jauh sekalipun saat ini dapat kita datangi dalam kurun waktu yang sebentar. Pada era teknologi ini segala transportasi baik darat, laut ataupun udara merupakan hasil dari perkembangan IPTEK yang sangat luar biasa. Manfaat yang didapatkan dari mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi sangat banyak sekali. Berikut manfaat yang kita peroleh dari mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi :

Manfaat Secara Umum

  • Mempermudah komunikasi.
  • Mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh manusia.
  • Waktu yang digunakan lebih efisien dalam mendapat informasi, informasi yang diperoleh juga akurat.
  • Dapat membantu manusia dalam meningkatkan dan memanfaatkan sumber energi baru yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.
  • Sumber daya alam yang ada di bumi ini lebih mudah dikelola dengan optimal dan berkualitas.
  • Banyaknya industri baru dan perusahaan baru yang dapat memberikan lapangan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi penggangguran.
  • Mengurangi pemakaian bahan alami yang semakin langka.
  • Dapt membawa kita manusia ke zaman yang lebih maju dan modern.

Seperti contoh kecil, dengan adanya kemajuan teknologi ini kini mulai banyak bermunculan kegiatan yang dilakukan secara nyata bisa dilakukan hanya lewat teknologi yang kita genggam. Hal ini akan sangat memudahkan siapapun dalam melakukan berbagai hal menjadi lebih efisien. Ini membuktikan bahwa manfaat IT sangat bekerja bagi kehidupan manusia, contohnya pada:

Manfaat IPTEK dalam Berbagai Aspek Kehidupan


Dalam Bidang Informasi dan Komunikasi

  1. Dalam mendapatkan informasi akan jauh lebih cepat, akurat, dan tepat. Dapat dengan mudah menemukan informasi-informasi terbaru meskipun berada di belahan bumi manapun asalkan tersambung ke internet.
  2. Mempermudah komunikasi manusia dengan kerabat meskipun berada pada jarak yang jauh.
  3. Mendapatkan layanan perbankan dengan sangat mudah.


Dalam Bidang Ekonomi dan Industri

  1. Ekonomi mengalami pertumbuhan yang tinggi.
  2. Meningkatkan produktivitas dalam dunia industri.
  3. Terjadi daya saing yang tinggi dalam dunia pekerjaan, yang akan memicu para pekerja untuk memperluas wawasan dan keahlian mereka.


Dalam Bidang Sosial dan Budaya

  1. Menimbulkan perbedaan kepribadian pria dan wanita. Sebagai salah satu contoh terjadinya perbedaan kepribadian yaitu telah banyak wanita saat ini melakukan pekerjaan yang dahulunya dikerjakan oleh laki-laki.
  2. Dapat meningkat rasa percaya diri. Sebuah negara akan memiliki rasa percaya diri dan ketahanan yang tinggi terhadap negara-negara lainnya.


Dalam Bidang Pendidikan

  1. Munculnya media masa elektroni yang dapat menjadi sumber ilmu dan informasi pendidikan.
  2. Munculnya berbagai macam metode pembelajaran yang baru, sehingga memudahkan pelajar memahami materi-materi pelajaran.
  3. Mempermudah sistem pembelajaran. Karena kemajuan IPTEK saat ini belajar tidak lagi harus bertatapan muka, belajar sudah bisa dilkukan dengan jarak yang jauh sekalipun.
  4. Mempermudah dalam mengolah data nilai dengan menggunakan IPTEK. Sebelumnya semua tugas dilakukan dengan cara yang manual termasuk menyimpan nilai-nilai siswa oleh guru. Saat ini semua sudah bisa dilakukan dengan mudah, sudah ada komputer dan berbagai tenologi canggih lainnya yang akan mempermudah pekerjaan.


Dalam Bidang Politik

  1. Munculnya kelas menengah baru. Gaya hidup dan keterampilan kelas menengah baru ini dapat menjadi pelopor dalam menuntut kebebasan politik.
  2. Terjadinya proses regenerasi pemimpin.
  3. Timbulnya kesadaran regionalisme, yang dapat melahirkan kekuatan ekonomi.


Dalam Bidang Kebutuhan Pokok Manusia

  1. Menemukan bibit unggul dalam kurun waktu yang singkat, sehingga dapat meningkatkan produksi pangan yang berlimpah.
  2. Dapat menemukan suatu alat yang akan membantu dalam mengumpulkan hasil produksi pangan, sehingga hasil yang dikumpulkan akan jauh lebih optimal jika dibandingkan dengan cara manual.
  3. Dapat mempercepat dalam membuat pakaian dengan jumlah yang banyak.
  4. Membantu pembangunan rumah dan gedung-gedung yang berteknologi tinggi.



Kehidupan yang kita rasakan saat ini tidak lain juga merupakan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat dari masa ke masa. Saat ini kita telah hidup pada zaman yang serba teknologi, segala pekerjaan yang kita lakukan sudah sangat mudah sekali. Permasalahan-permasalahan yang dulu dirasakan, saat ini telah kita temukan solusinya sehingga kita tidak lagi merasakan kendala tersebut.

Akan tetapi dari begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, juga banyak dampak negatif yang terjadi karena kemajuan IPTEK. Salah satu dampak negatifnya ialah merosotnya moral manusia terlebih pada usia remaja. Hal tersebut dapat kita lihat dan kita dengarkan sendiri saat ini, berbagai macam kenakalan dan tindak kriminal yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang pelakunya adalah remaja penerus bangsa.

Oleh karena itu perlu bagi kita semua untuk menghindari dampak-dampak negatif IPTEK tersebut, karena semakin canggihnya sebuah teknologi pasti memiliki dampak yang negatif juga terhadap kehidupan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 26th, October 2015 / 09:31 Oleh :
Kategori : Pendidikan