Manfaat Menggunakan Telepon Pada Kehidupan Sehari-hari

Perkembangan teknologi membawa manusia pada sebuah kemudahan dalm berbagai hal. Salah satunya dalam bidang komunikasi, teknologi menyuguhkan alat komunikasi berupa telepon. Telepon mengandung kata ‘tele’ yang berarti jarak jauh, jadi telepon ini dapat digunakan secara jarak jauh. Jika dulunya berkomunikasi antar daerah menggunakan surat, kini berkomunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan telepon.

artikel terkait:

Tidak hanya tulisan, namun dengan menggunakan telepon komunikasi dapat dilakukan dengan suara. Munculnya telepon sebagai salah satu produk perkembangan teknologi tentunya memiliki manfaat, diantaranya:

  1. Mempermudah Komunikasi

Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan telepon akan lebih mudah, karena tidak perlu repot menulis surat dan juga mengirimkannya via pos. Dengan suara langsung, komunikasi dapat disampaikan dengan baik karena mengandung intonasi dan juga nada bicara yang sesuai dengan maksud disampaikannya suatu hal. Jika menggunakan media tulisan, bisa jadi akan terjadi kesalahpahaman penulis dan juga pembaca surat tersebut.

artikel terkait: manfaat avene spring water

  1. Mempercepat Laju Informasi

Menyampaikan informasi menggunakan surat memerlukan waktu yang cukup lama. Semakin jauh tempat yang dituju akan semakin lama juga informasi tersebut disampaikan. Dengan surat misalnya, perlu waktu beberapa hari agar surat tersebut dibaca kemudian dibalas kembali. Sedangkan dengan telepon, dalam hitugan nol koma sekian detik saja, informasi yang hendak disampaikan dapat tersampaikan langsung dan mendapatkan jawaban atau timbal balik secara langsung.

artikel terkait: 29 manfaat timah hitam dabn outih bagi industri

  1. Lebih Efektif dan Efisien

Menggunakan telepon juga akan lebih efektif karena pesan yang disampaikan lebih jelas dibandingkan dengan media tulis. Selain itu, pesan yang disampaikan juga lebih efisien dalam hal waktu dan juga biaya yang digunakan.

artikel terkait: manfaat alumunium

  1. Cepat Menyelesaikan Suatu Masalah

Dengan telepon, ketika terjadi sesuatu yang dipertanyakan dalam jarak yang jauh, masalah tersebut akan mudah diselesaikan. Dengan menekan tombol saja, pendapat dapat langsung disampaikan dan dapat langsung terjawab tanpa menunggu waktu berhari hari.

artikel terkait: manfaat udara

Perkembangan Telepon

Karena teknologi yang terus mengalami perkembangan, maka telepon yang awalnya hanya dapat digunakan untuk bebicara secara jarak jauh, akhirnya dapat digunakan untuk saling bertukar pesan singkat secara cepat atau biasa juga disebut dengan SMS (Short Message Service). Tidak cukup sampai dapat mengirimkan pesan juga, telepon berkembang menjadi handphone, dimana tidak memerlukan kabel seperti telepon kabel pada awal munculnya telepon.

artikel terkait: macam-macam ala komunikasi dan manfaatnya10 manfaat psikologi bagi remaja

Handphone dapat dibawa kemana saja tanpa kabel, akan tetapi menggunakan baterai yang hanya perlu di charge selama beberapa jam untuk beberapa hari. Handphone kemudian berkembang tidak hanya untuk mengirimkan pesan dan telepon saja, namun juga dapat digunakan untuk mengabadikan momen. Muncullah handphone dengan kamera dan memory agar dapat menyimpan file gambar hasil dari jepretan handphone tersebut.

Kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya membuat telepon berkembang sangat pesat dan kemudian berubah menjadi smartphone. Smartphone ini memiliki banyak kelebihan diantaranya:

  1. Dapat menyimpan banyak file dan pesan, baik pesan suara maupun pesan tulisan. Selain itu dapat menyimpan banyak file seperti file gambar dan file dokumen.
  2. Dapat digunakan sebagia bahan hiburan, karena di dalamnya dapat digunakan untuk memuat sarana hiburan seperti game.
  3. Sebagai media diskusi karena banyak media chat atau pesan yang menyediakan diskusi grup.

artikel terkait: manfaat mad al-shifamanfaat perencanaan pembelajaran

Banyak lagi keunggulan smartphone yang ditawarkan oleh masing-masing produk smartphone dari berbagai pabrik pembuatnya. Secara umum dan secara dasar, munculnya telepon sangat berguna untuk mempercepat laju komunikasi dan informasi. Dengan begitu, berbagai pekerjaan dan juga permasalah dapat diselesaikan dengan baik.