Macam-Macam Alat Komunikasi dan Manfaatnya

Alat komunikasi saat ini cukup beragam,karena teknologi dan alat komunikasi terus mengalami perkembangan dari dulu sampai sekarang. Secara umum alat komunikasi pun bisa dibedakan menjadi alat komunikasi tradisional dan modern. Alat komunikasi tradisional lebih mengacu pada alat komunikasi yang dalam proses pembuatan atau jangkauan manfaatnya masih terbilang cukup sederhana.

Sementara alat komunikasi modern sudah lebih canggih dalam pemanfaatan teknologi dan manfaatnya bisa terasa lebih luas. Berikut ini ulasan mengenai beberapa macam alat komunikasi dan manfaatnya bagi manusia :

1. Kentongan

Kentongan bisa dibilang menjadi salah satu alat komunikasi tradisional yang cukup populer. Walau termasuk alat komunikasi tradisional buktinya alat komunikasi berbahan dasar bambu ini masih digunakan sampai sekarang. Sejarah mengenai kapan dan siapa penemu kentongan tidak diketahui secara pasti. Namun, yang jelas kentongan menjadi alat komunikasi yang sangat bermanfaat.

Kentongan digunakan untuk menyampaikan berita atau peristiwa yang sedang terjadi. Misalnya digunakan untuk menginformasikan pada warga bahwa tengah ada aksi pencurian oleh maling, terjadi kebarakan, atau peristiwa lain. Dilihat dari manfaat dan fungsinya tersebut tidak heran bila kentongan lebih sering digunakan oleh penjaga malam yang bertugas beronda keliling kampung.

2. Telegraf

Jenis alat komunikasi selanjutnya yaitu telegraf. Alat komunikasi ini tentunya lebih canggih dibanding kentongan. Telegraf sendiri merupakan alat yang menerapkan teknologi telegrafi dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan jarak jauh. Pada penggunaannya biasanya memakai sandi morse sebagai kode komunikasi. Meski sudah tergolong canggih, tentunya masih ada perkembangan lebih lanjut alat komunikasi dari masa ke masa.

3. Telepon

Perkembangan teknologi memang akan terus berlangsung dan kini pun perkembangannya terasa semakin cepat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, mulailah dikenal alat komunikasi telepon. Telepon menjadi salah satu alat komunikasi modern karena sudah dikembangkan dengan teknologi canggih. Alat komunikasi bisa digunakan untuk bertukar pesan suara jarak jauh antara dua pihak secara langsung diantara tempat yang dekat dan jauh.

4 Faks

Belum puas dengan alat komunikasi pengirim suara tercepat berupa telepon, hadir pula inovasi alat komunikasi berupa faks. Mesin faks adalah alat komunikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berkirim pesan dalam bentuk kertas. Alat ini pun banyak digunakan di sejumlah perkantoran, instansi, dan juga sekolah karena memudahkan pengiriman pesan tertulis secara cepat.

5. Telepon Genggam

Telepon Genggam (Handphone)

Telepon Genggam (Handphone)

Telepon genggam hadir sebagai inovasi baru alat komunikasi modern. Dalam perkembangannya telepon genggam pun sudah mengalami banyak metamorfosis. Mulai dari telepon genggam berukuran besar dan tebal sampai kini di pasaran semakin marak dengan adanya telepon genggam super tipis dan canggih.

Bahkan telepon genggam kini hadir semakin pintar yang lebih dikenal sebagai smartphone. Gadget canggih dan pintar ini tidak hanya bisa dipakai untuk berkirim pesan suara saja, tetapi selebihnya bisa dimanfaatkan untuk bertukar pesan tertulis, bermain game, memutar musik, memutar video, mengambil gambar foto, dan juga menikmati akses info mudah via internet. Sangat lengkap pastinya.

Itulah sekilas ulasanmanfaat alat komunikasi berdasarkan jenisnya. Tentu sebenarnya masih ada banyak jenis alat komunikasi yang belum sempat diulas. Sebut saja misal PDA, radar, dan masih banyak lagi jenis alat komunikasi yang lain.Seiring dengan perkembangan zaman, alat komunikasi ini pun akan semakin canggih saja.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 13th, December 2014 / 06:24 Oleh :
Kategori : Sosial