8 Manfaat Hidup Tertib di Masyarakat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tertib berarti teratur, menurut aturan, rapi. Untuk mengatur agar segala sesuatu berjalan dengan tertib, maka diciptakanlah tata tertib. Tata tertib merupakan aturan yang harus di patuhi dan dilaksanakan oleh seseorang dan apabila tata tertib dilanggar maka seseorang tersebut akan mendapatkan sanks atau hukuman.

artikel terkait:

tata tertib ini banyak diciptakan dilingkungan masyarakat untuk menjaga keteratur sesuai hukum atau peraturan yang berlaku. Diantara lingkungan yang memiliki tata tertib antara lain sekolah, lembaga pemerintahan, kepolisian, rumah sakit, lingkungan masyrakat dsb. Mayoritas setiap lembaga memiliki tata tertib tersendiri untuk mengatur segala sesuatu. Untuk memperkuat tata tertib, biasanya tata tertib tersebut ditulis dalam peraturan tertentu.

Untuk lingkup yang lebih kecil seperti individu maupun keluarga, tata tertib biasanya tidak perlu dilakukan secara tertulis. Bahkan tidak semua orang peduli akan hidup tertib di kehidupan sehari-harinya. Namun sebenarnya pentingkah hidup dalam ketertiban? Berikut merupakan manfaat dari hidup tertib.

1. Membangun kedisiplinan

Hidup tertib dapat membantu individu untuk membangun kedispilinan dalam diri yang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja hal ini tidak dapat diciptakan secara instan, namun perlu dibangun sejak dini.

artikel terkait: manfaat jihad

2. Melatih tanggung jawab

Hidup tertib dapat membantu melatih tanggung jawab pada diri sendiri. Orang yang hidupnya tertib akan menjalankan tugas-tugasnya secara teratur dan rapi sehingga meningkatkan rasa tanggung jawab pribadi.

artikel terkait: 10 manfaat musyawarah untnuk kehidupan sehari-hari

3. Menciptakan keteraturan

Manfaat selanjutnya dari hidup tertib yaitu menciptakan keteraturan dalam hidup. Keteraturan dalam hidup ini nantinya dapat membantu menciptakan harmonisasi dalam hidup agar segala sesuatu dapat berjalan dengan lancar.

artikel terkait: 16 manfat musik klasik dalam kehidupan

4. Menjaga kenyamanan lingkungan

Orang yang hidup tertib sesuai dengan aturan akan membuat lingkungan sekitarnya merasa nyaman karena ia rapi dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, orang yang hidup tertib akan meletakkan barang-barang sesuai tempatnya secara rapi sehingga lingkungan menjadi nyaman. Orang yang hidupnya kurang tertib dapat meletakkan barang-barang tidak pada tempatnya sehingga membuat kondisi yang berantakan.

artikel terkait: manfaat keanekaragaman hayati

5. Membuat hati lebih tenang

Salah satu manfaat lain dari hidup tertib adalah membuat hati menjadi lebih tenang dikarenakan ia melakukan segala sesuatu dengan tertib. Sebagai contoh, orang yang hidup tertib tidak akan merasa risau mencari barang-barang diruangannya dikarenakan ia meletakkan barang-barang tersebut sesuai dengan tempatnya.

artikel terkait: manfaat tidak putus asa

6. Menciptakan keteraturan dalam bermasyarakat

Bagaimana bisa dengan hidup tertib kita dapat menciptakan keteraturan dalam masyarakat? Tentu saja bisa. Orang yang hidup tertib tentu akan menjalankan hidupnya sesuai dengan aturan yang berlaku dan terhindar dari sanksi dari pelanggaran sesuatu. Contohnya, orang yang hidup tertib akan menaati tata tertib lalu lintas sehingga tidak terjadi pelanggaran lalu lintas.

artikel terkait: manfaat hidup sederhana

7. Melatih kemandirian

Hidup tertib dapat melatih kemandirian bagi individu. Orang yang terbiasa dengan hidup tertib tidak perlu bergantung dengan orang lain dikarenakan ia terbiasa melakukan segala sesuatu dengan tertib secara mandiri.

artikel terkait: manfaat hidup bersatu

8. Melatih kejujuran

Siapa bilang hidup tertib tidak berpengaruh terhadap kejujuran? Hidup tertib tentu saja dapat membantu melatih kejujuran pada masing-masing individu. Bagaimana bisa? Soalnya orang yang hidup tertib patuh terhadap tata tertib tahu sanksi yang seharusnya ia terima apabila ia melanggarnya meskipun tidak ada yang melihatnya. Misalnya apabila berada dalam lampu merah, orang yang hidup tertib akan berhenti ketika lampu merah meskipun tidak ada polisi yang sedang bertugas.

artikel terkait: manfaat tidak putus asa

Demikian merupakan sedikit ulasan mengenai manfaat hidup tertib. Setelah membaca artikel ini, yuk kita sama-sama berusaha untuk hidup tertib agar mendapatkan beberapa manfaat seperti di atas. Terimaksih telah membaca dan semoga bermanfaat.