9 Manfaat Menabung di Bank Bagi Diri Sendiri

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang menguntungkan. Mulai dari kecil anda mungkin sudah sering diajarkan mengenai cara menabung dengan menabung di sekolahan atau waktu TPA di rumah. kebiasaan menabung memang harus ditanamkan sejak kecil mengingat begitu banyaknya manfaat dari menabung ini. setiap orang idealnya memiliki tabungannya masing-masing sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kebutuhan uang secara mendadak dan dalam jumlah yang cukup besar dapat mengatasinya sendiri tanpa perlu berhutang dengan orang lain.

artikel terkait manfaat menabung:

Ada banyak media untuk menabung saat ini yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan preferensi anda masing-masing. misalnya saja menabung dengan cara arisan, arisan unit link, memberikan uang kondangan dengan harapan dikembalikan, menabung di koperasi, menabung manual di rumah, dan menabung di bank. Dari sekian media menabung yang bisa anda gunakan salah satu yang paling terkenal dan direkomendasikan untuk anda adalah menabung di bank.

Mengapa menabung di bank?

Pertanyaan itu memang harus dijawab dengan benar. Mengapa kita harus menabung di bank dan bukan di tempat lain? Sebenarnya tidaklah wajib bagi kita untuk menabung di bank jika anda merasa memiliki media lainnya yang lebih bagus dari bank maka anda juga bisa menggunakannya. Namun perlu anda ketahui saat ini bahwa jumlah bank semakin hari kian bertambah. Pertambahan jumlah bank ini tentu saja akan lebih menguntungkan konsumen seperti kita ini karena akhirnya mereka para bank memiliki persaingan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya.

Jika ada bank yang tidak memberikan pelayanan yang baik kepada konsumennya maka bisa disimpulkan bahwa bank tersebut akan ditinggalkan oleh para konsumennya. Kemudian saat ini bank juga sudah tergabung dalam LPS atau lembaga penjamin simpanan sehingga jika bank mengalami masalah seperti rugi, pailit dan lainnya, uang yang sudah anda tabungkan dalam bank tersebut akan tetap bisa diambil karena sudah dijamin oleh LPS. Kemudian jumlah bank saat ini banyak dan berada di mana saja bahkan di tempat terpencil bukan seperti dulu yang hanya ada di kota besar saja jadi anda akan lebih mudah menemukannya dan menabung di bank.

artikel terkait :

Cara membuka rekening tabungan di bank

Menabung di bank memang menguntungkan namun sayang sekali karena ada sebagian orang yang beranggapan bahwa menabung di bank itu rumit dan sulit apalagi cara membuka rekening tabungan di bank itu adalah hal yang sulit dimengerti. Hal yang demikian sebenarnya tidak benar, cara membuka rekening tabungan di bank pada umumnya sama dan hanya memerlukan beberapa syarat saja dan itu pun tidak ribet sebenarnya hanya saja anda memiliki syarat tersebut atau tidak. jika anda tidak memiliki salah satu syarat misalnya tidak memiliki KTP maka anda memang harus mengurusnya. Nah berikut ini adalah panduan dalam membuka rekening di bank secara umum:

  • Pertama kali anda harus menyiapkan KTP dan fotokopiannya
  • Siapkan uang yang akan ditabung. Setiap bank mungkin akan memiliki jumlah yang berbeda-beda ada yang jumlah minimal 50 ribu, 100 ribu dan lainnya.
  • Kemudian datang ke bank dan menemui customer service untuk meminta permohonan pembukaan rekening baru
  • Setelah itu anda hanya perlu menunggu beberapa saat kurang dari 30 menit dan rekening sudah bisa anda gunakan
  • Jika anda ingin mendapatkan ATM maka anda hanya perlu menunggu saat itu juga dan ATM akan langsung jadi.

Jadi, mudah bukan membuat rekening di bank dan anda sudah tidak perlu takut lagi akan ribet dan sulitnya karena itu tidaklah benar. Cara di atas merupakan cara secara umum namun mungkin beberapa bank memiliki syarat khusus lainnya jadi anda harus mempersiapkannya.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat menabung di bank? Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari menabung di bank yang akan anda dapatkan.

  1. Aman

Menabung di bank akan relatif lebih aman dari pada anda harus menabung di celengan atau menabung di jasa non perbankan. Mengapa demikian? Karena pertauran terbaru saat ini bank harus mendaftarkan dirinya dan bergabung dengan LPS atau lembaga penjamin simpanan. LPS ini akan menanggung uang tabungan anda di bank sampai nominal 2 miliar rupiah ketika bank mengalami gangguan dan harus menutup usahanya. Jadi sangat disarankan bagi anda untuk menabung di bank dalam jumlah maksimal 2 miliar saja yak arena selebihnya nantik tidak ditanggung oleh LPS. Jika anda memiliki uang lebih dari 2 miliar maka tabunglah di bank lain, ini juga disebut sebagai diversifikasi tabungan sehingga bisa meminimalisir kerugian dari menabung ini.

artikel terkait: manfaat asuransi bagi nasabah

  1. Mudah

Transaksi yang dilakukan saat menabung dan menggunakan jasa pelayanan dari bank ini pun sangat mudah digunakan. jika ingin menabung anda hanya tinggal datang saja ke bank dan kemudian menyetorkan uang anda atau bisa juga menabung lewat ATM khusus yang bisa digunakan untuk menabung sehingga anda bisa menabung kapan saja selama 24 jam penuh. Jasa transaksi lainnya seperti transfer juga bisa dilakukan di ATM atau saat ini sudah ada internet banking, jadi anda bisa melakukan transaksi dengan rekening anda melalui smartphone anda. Jadi mudah bukan?

artikel terkait: manfaat memiliki NPWP

  1. Mendapatkan bunga atau bagi hasil

Bagi anda yang menabung di bank juga akan mendapatkan keuntungan lainnya yaitu mendapatkan bunga atau bagi hasil. Bunga adalah istilah yang diberikan untuk bank kovensional sedangkan bagi hasil adalah istilah yang digunakan oleh bank syariah. Menabung di bank konvensional maupun bank syariah anda akan mendapatkan keuntungan yang dihitung dari persentase jumlah tabungan anda. Jadi semakin besar jumlah tabungan anda, bunga dan bagi hasil yang akan di dapatkan pun akan semakin besar.

artikel terkait: manfaat kesehatan

  1. Kesempatan mendapatkan hadiah

Bukan hanya bunga dan bagi hasil saja yang bisa anda dapatkan namun juga anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah. Ini sudah banyak digunakan oleh para bank sebagai salah satu cara promo bank dan menarik konsumen. Hadiah yang bisa anda dapatkan bisa berupa saat anda melakukan transaksi atau hadiah yang dilakukan secara periodik. Hadiah yang akan diberikan bisa bermacam-macam seperti mobil, motor, uang tunai, sepeda, tabungan masa depan, haji atau umroh, emas, rumah dan masih banyak jenis hadiah lainnya yang bisa anda dapatkan dari menabung di bank ini.

artikel terkait: manfaat uang dalam perekonomian

  1. Mengelola keuangan lebih terencana

Menabung juga bisa membantu anda dalam mengelola keuangan anda supaya lebih terencana di masa yang akan datang. Anda tentunya memiliki keinginan untuk membiayai pendidikan anak, membangun rumah, dana hidup di hari tua, dana tiba-tiba dan lainnya. nah, dengan menabung di bank anda juga bisa mengatur dan menyimpan uang untuk kebutuhan anda yang sangat penting di masa depan sehigga hidup anda akan menjadi lebih tenang.

artikel terkait: manfaat bisnis sendiri untuk keuangan masa depan

  1. Lebih praktis

bank tidak hanya memberikan pelayanan untuk menerima tabungan saja namun juga banyak pelayanan jasa lainnya. misalnya saja anda bisa menggunakan kartu kredit atau debit yang bisa digunakan untuk bertransaksi membayar belanjaan anda sehingga anda tidak harus membawa uang banyak dalam dompet anda karena tidak baik dan bisa menjadi berbahaya. Selain itu pelayanan lainnya adalah seperti membayar aneka tagihan seperti tagihan listrik, tagihan air, asurangsi, kredit tertentu seperti rumah dan lainnya serta berbagai jenis transaksi lainnya.

artikel terkait: manfaat riset pemasaran

  1. Mencegah berhutang

Manfaat dari menabung di bank lainnya adalah dapat mencegah anda berhutang. Berhutang meskipun sedikit namun jika dilakukan secara terus menerus akan menjadi bukit dan anda akan kebingungan sendiri nanti saat sudah jatuh temponya. Hutang juga bukan merupakan kebiasaan yang tidak baik dan tidak boleh menjadi kebiasaan. Dengan memiliki uang tabungan di bank akan membuat anda tidak berhutang lagi ya.

artikel terkait: manfaat pembangunan ekonomi

  1. Sebagai investasi jangka panjang

Menabung di bank juga bisa digunakan sebagai salah satu cara investasi jangka panjang anda. Ada yang bilang bahwa jika menabung di bank justru akan membuat anda rugi karena pajaknya tinggi dan kemungkinan jika terjadi inflasi akan membuat jumlah tabungan anda menurun. Jika anda masih kurang yakin dengan menabung di bank maka anda bisa menabungnya dengan cara deposito. Deposito memang tidak bisa diambil sewaktu-waktu melainkan ada jangka waktu tertentu namun keuntungan yang akan anda dapatkan lebih besar dan bisa membuat anda lebih untung.

artikel terkait: manfaat uang giral

  1. Cadangan saat kebutuhan mendesak

Bagaimana jika anda atau kerabat anda mengalami musibah seperti misalnya sakit mendadak. Ini memang tidak diharapkan namun tentunya akan selalu ada kemungkinan itu akan terjadi. nah, untuk mengantisipasi hal tersebut anda sudah memiliki cadangan saat terjadi kebutuhan mendesak sehingga anda tidak perlu bingung dan tidak perlu berhutang.

artikel terkait: manfaat baku mutu lingkungan

Demikianlah informasi mengenai manfaat menabung di bank. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ya. semoga bermanfaat.