6 Manfaat Mempelajari Bisnis Internasional

Bisnis internasional adalah istilah yang digunakan untuk bisnis yang melibatkan minimal dua negara. Bisnis ini dapat dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. Bisnis internasional semakin banyak dipelajari mengingat manfaat mempelajari bisnis internasional dalam kemajuan suatu bisnis dan usaha. Berikut ini adalah manfaat mempelajari bisnis internasional:

Baca juga:

  1. Mengetahui perkembangan bisnis negara lain

Bisnis internasional melibatkan beberapa negara. Perkembangan bisnis internasional bahkan bisa melibatkan keseluruhan bisnis di dunia. Hampir setiap bisnis, baik perusahaan besar ataupun pengusaha kecil dapat dipengaruhi dengan mudah karena adanya peristiwa global. Produk dari negara lain juga bisa menjadi pesaing dalam perdagangan, sehingga sangat penting manfaat mempelajari bisnis internasional. Jika perusahaan tidak mengetahui perkembangan bisnis maka perusahaan akan kesulitan dalam mengembangkan bisnis. Perusahaan yang tidak mengenal pesaingnya dengan baik juga bisa melakukan kesalahan dalam mengambil strategi yang dapat berakibat pada penurunan profit dan jumlah konsumen. (baca juga : manfaat bisnis untuk keuangan masa depanmanfaat teknologi informasi)

  1. Mengetahui cara memperluas jaringan

Jaringan dan interaksi sangat penting dalam pertumbuhan internasional. Manfaat mempelajari bisnis internasional juga bisa mengetahui cara dan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis untuk memperluas jaringan. Perusahaan dan organisasi saling berinteraksi satu sama lain. Dalam lingkup yang lebih luas interaksi tersebut akan menghasilkan jaringan. Jaringan dapat menghasilkan keuntungan komersial dalam bisnis. Jaringan dan interaksi antar bisnis sangat diperlukan untuk memahami jaringan global yang bekerja. Jaringan ini dapat menjadi hubungan kerjasama yang menguntungkan antar perusahaan dan antar negaera. Interaksi akan menghasilkan pertukaran informasi hingga pengetahuan yang berguna bagi masing-masing pihak. (Baca juga: Manfaat Mempelajari Kewirausahaan , Manfaat Belajar Bahasa Jepang)

  1. Mengenal kebijakan perdagangan

Setiap negara memiliki kebijakan perdagangan yang berbeda-beda. Ketika perusahaan mulai memperluas penjualan produknya hingga ke negara lain, perusahaan harus mengikuti kebijakan yang berada di negara tersebut. Ada banyak pengusaha yang masuk ke pasar internasional namun gagal karena tidak bekerja sesuai dengan perjanjian dagang atau kebijakan perdagangan negara lain. Pengusaha sangat penting untuk manfaat mempelajari bisnis internasional sehingga mengetahui berbagai kebijakan yang berbeda dari negaranya sehingga bisa mengurangi resiko kerugian yang bisa timbul. Pengusaha juga harus memahami bahwa terkadang ada pembatasan impor dan ekspor di negara lain, sehingga pengusaha harus mengikuti aturan tersebut. Jika pengusaha tidak mengetahuinya maka pengiriman yang mereka lakukan dapat di blokir oleh negara yang bersangkutan. Manfaat mempelajari bisnis internasional juga memberi informasi mengenai produk yang sesuai bagi negara tertentu. (baca juga : manfaat perdagangan internasionalmanfaat ekspor impor)

  1. Mengetahui produk yang sesuai

Setiap negara hidup dengan kebudayaannya dan dapat berbeda dengan kebudayaan dari negara lain. Pengusaha harus memahami hal ini sehingga dapat menyediakan produk yang sesuai bagi negara lain. Produk yang digemari di negaranya belum tentu digemari di negara lain. Mengetahui hal ini maka pengusaha dapat secara maksimal melakukan bisnis karena telah mengetahui yang diinginkan oleh pasar. (Baca Juga: Manfaat Ilmu Sosial , Manfaat Membuat Kerajinan Tangan)

  1. Mengenal aktivitas bisnis internasional

Ada beberapa aktivitas utama yang menjadi karakteristik bisnis internasional yaitu invisible trade, visible trade dan investasi internasional. Invisible trade adalah perdagangan dalam bidang jasa. Usaha ini dapat meliputi travel, bank dan sebagainya. Visible trade adalah perdangangan berupa barang yang berwujud, bisa meliputi makanan, minuman atau kerajinana. Investasi internasional atau international investment meliputi portofolio investment, Foreign Direct Investment, Warabala, lisensi dan management contract. Setiap kegiatan memiliki ciri yang berbeda. Portofolio investment merupakan kegiatan yang dilakukan pengusaha dengan membeli aset keuangan dari luar negeri. Aset keuangan tersebut dapat berupa obligasi, saham atau sertifikat deposito. Pembelian tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan kecuali pengawasan. Foreign Direct Investment merupakan investasi untuk mengawasi kepemilikan secara aktif. FDI juga mengawasi host country secara aktif. Waralaba adalah kegiatan dimana pihak lain diberi hak untuk menggunakan teknik operasi hingga merk perusahaan. Management contract adalah kegiatan dimana perusahaan lain dapat mengoperasikan fasilitas atau menyediakan jasa yang sesuai dengan kesepakatan pada perusahaan yang berdiri di negara lain. Lisensi adalah ijin penggunaan kepemilikan intelektual. (Baca Juga: Manfaat Proposal , Manfaat Email)

  1. Mengembangkan perusahaan

Manfaat mempelajari bisnis internasional selanjutnya tentu adalah untuk mengembangkan perusahaan. Banyak usaha yang bermunculan yang dapat menjadi pesaing bagi pengusaha. Disamping itu ada pengaruh globalisasi dalam jalannya sebuah usaha. Setiap negara juga memprioritaskan ekonomi nasional namun tetap memperhatikan investasi dan perdagangann luar negeri sebab hal tersebut dapat mempengaruhi ekonomi dalam negaranya. Manfaat mempelajari bisnis internasional, pengusaha dapat mengenal berbagai alat dan teknik bisnis terbaru yang dapat meningkatkan usahanya dengan efektif. Itulah manfaat mempelajari bisnis internasional. (Baca Juga: Manfaat Menggunakan Kartu Kredit , Manfaat Lingkungan Kerja)