5 Manfaat Pemasaran Global Bagi Ekonomi

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Dalam melakukan bisnis sebagai wirausaha salah satu keahlian yang harus di miliki adalah kemampuan dalam pemasaran global. Manfaat dari pemasaran global sangatlah besar dalam menghadapi persaingan bisnis antara pengusaha. Pemasaran ini tidak hanya terjadi di bidang ekspor tetapi juga di bidang impor. Pemasaran global merupakan salah satu aktifitas meliputi seluruh negara, semua pengusaha memiliki kesempatan yang sama untuk mempromosikan usahanya dalan bentuk yang unik dan kreatif. Ini bertujuan untuk menarik daya beli masyarakat terhadap penjualan bisnis mereka.

Manfaat bisnis sendiri untuk keuangan masa depan  terkadang juga menimbulkan suatu tantangan baru bagi para pengusaha untuk terpacu dan bersaing di tingginya tingkat persaingan yang harus di hadapi dalam manfaat globalisasi. Semangat para pengusaha di sini di uji untuk tidak terlalu lunak dan tidak patah semangat kedepannya. Anak muda biasanya mempunyai daya saing yang tinggi, terutama bisnis ini merupakan warisan dari keluarga yang telah dirintis sejak lama. Meskipun telah lama untuk dapat tetap tidak terkalahkan dengan produk lain yang memiliki fungsi sama di sini diperlukan manfaat it untuk terus mendapat informasi terbaru tentang perkembangan pemasaran global di seluruh belahan dunia. Terkadang tidak sedikit dari para pengusaha muda untuk mau menuntut ilmu kejenjang yang lebih tinggi tidak hanya di dalam negeri tapi ada juga yang menjadikan sekolah luar negeri sebagai pilihan dalam pemasaran global yang telah mendunia ini. Manfaat dari pemasaran global juga telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara dari tahun ke tahun.

Adapun manfaat pemasaran global adalah sebagai berikut ini :

1. Pertumbuhan

Pertumbuhan dalam pemasaran global adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar untuk membeli produk yang di jual baik secara manfaat ekspor dan impor. Pertumbuhan suatu masyarakat bergantung dengan jual beli daerah setempat dan pemasukan yang terjadi disana. Jika banyak pemasukan maka pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan lancar dan menunjukkan grafik yang naik dari tahun ke tahun. Pertumbuhan karena pemasaran global ini akan menguntungkan pengusaha untuk memajukan usahanya.

2. Bertahan hidup

Manfaat pemasaran global salah satunya juga adalah untuk bertahan hidup. Bertahan hidup untuk memenuhi kebutuhan primer masyarakat. Disini pengusaha di minta untuk dapat memunculkan ide – ide baru saat kebertahanan hidup tidak memadai untuk masyarakat. Banyak masyarakat yang sangat memerlukan pemasaran global untuk dapat hidup lebih baik.

3. Meningkatkan kompetensi

Pemasaran global juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pengusaha untuk terus mencari ilmu – ilmu baru dalam menjual produk mereka ke masyarakat pada umumnya. Disini kompetensi akan terlihat dengan jelas para pengusaha yang memang memiliki kompetensi yang memadai sehingga dapat menarik keinginan para pembeli. Baca juga : (Manfaat perencanaan sdm)

4. Kualitas produk yang lebih baik

Meningkatkan kualitas produk untuk menjadi lebih baik juga merupakan manfaat dari pemasaran global. Para pengusaha akan mencari ide untuk menunjukkan bahwa kualitas produknya meskipun sama tapi memiliki keunggulan dari yag lain. Kualitas produk yang baik tentu akan menjadi incara bagi para peminat dengan harga yang juga terjangkau oleh mereka. Disini pembeli pasti mengincar kualitas produk yang lebih baik dengan harga yang juga bisa mereka beli. Karena ini para pengusaha di minta untuk dapat menjawab dan menemukan solusi dari pernyataan ini.

5. Selera masyarakat

Agar suatu produk laku di masyarakat dalam bidang penjualan maka salah satu langkah yang harus di lakukan adalah memastikan bahwa produk tersebut merupakan selera masyarakat. Disini masyarakan kadang dapat merubah selera sesuai dengan kebutuhan mereka. Selera masyarakat kadang juga cenderung naik dan menurun sesuai dengan pertumbuhan ekonomi. Karena saling berkaitan di sinilah di perlukannya keahlian yang tidak semua pengusaha miliki.

Baca juga :

Konsep Pemasaran Global

Dalam mejalankan pemasaran global terdapat juga konsep yang harus dilakukan dan diterapkan oleh para pengusaha diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Permintaan

Konsep pemasaran global yang pertama adalah permintaan dari para konsumen atas produk yang di jual. Jika permintaan cenderung banyak maka akan sangat menguntungkan bagu pengusaha. Cara yang di lakukan agar permintaan banyak adalah melakukan survei lapangan di tempat penjualan kira – kira produk apa yang paling mereka butuhkan sehari – hari.

2. Produk

Produk disini adalah barang yang akan anda jual ke masyarakat sekitar. Produk anda yang anda jual harus memiliki sisi yang berbeda dari produk yang lain meskipun fungsinya sama. Anda di tuntut disini untuk mengeluarkan semua ilmu – ilmu yang anda miliki untuk menjadikan produk anda lebih baik lagi kedepannya.

3. Nilai

Adapun nilai yang di miliki oleh produk anda akan menjadi penilaian masyarakat kepada anda. Nilai produk menunjukkan kualitas dan kuantitas yang tidak akan mengecewakan para pembeli. Terlebih pembeli tersebut baru pertama kali membeli produk anda. Tentu nilai yang harus anda tampilkan harus lebih baik agar tidak menimbulkan rasa kecewa pada pembeli. Dengan nilai dari produk anda yang lebih baik pembeli bisa menjadi banyak karena cerita yang mereka dapat dari pembeli sebelumnya.

4. Transaksi

Transaksi merupak konsep dasar pemasaran global, saat anda ingin membeli suatu produk yang harus anda lakukan sebelumnya adalah transaksi yang lancar dan tidak merugikan baik dari pihak penjual maupun pihak pembeli. Lakukan transaksi dengan jelas dan bersihh agar suatu hari tidak terdapat klaim yang justru akan memperburuk citra dari produk anda. Transaksi yang bersih juga menjadikan para pembeli nyaman menggunakan produk anda.

5. Pasar

Pasar merupakan salah satu tempat yang mendukung pemasaran global. Pasar hampir setiap hari selalu rami dan tidak lepas dari kegiatan jual beli. Konsep pemasaran global juga terkadang di mulai dari pasar. Pasar merupakan tempat yang harus anda jadikan tujuan agar produk anda laku terjual disini dan sesuai dengan keinginan konsumen.

6. Pemasaran

Yang terakhir adalah pemasaran. Suatu produk pasti memiliki yang namanya tim marketing. Tim marketing ini bisa terdiri dari satu orang maupun dua orang tergantung dari besarnya perusahaan yang menaungi. Pemasaran bertujuan untuk mengenalkan produk tersebut kepada para pembeli apalagi produk tersebut tergolong produk yang baru jadi memerlukan pemasaran agar di kenal oleh pembeli secara ramai.

Konsep pemasaran ini merupakan langkah – langkah yang harus di ikuti dalam menghadapi pemasaran global agar terwujud dengan lebih baik lagi kedepannya. Pengusaha biasanya di harapkan untuk peka terhadap konsep pemasaran dan merupakan keahlian yang harus di pelajari dalam konsep pamasaran. Konsep pemasaran yang baik tentu akan membawa manfaat yang terasa bagi para pengusaha. Pemasaran menjadi lancar dan sesuai dengan keinginan bagi para pembeli untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

fbWhatsappTwitterLinkedIn