5 Manfaat Distribusi Bagi Perusahaan

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Distribusi atau yang lebih dikenal dengan penyaluran barang yang terjadi diantara produsen ke konsumen. Untuk kelancaran distribusi biasanya perusahaan benar – benar akan menyeleksi karyawan yang memiliki tingkat kemandirian dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Ini penting karena penyaluran yang tidak baik justru akan membuat banyak konsumen yang merasakan kecewa, jika sudah kecewa konsumen bisa saja beralih untuk mencari produsen lain yang  memiliki tingkat pelayanan yang memuaskan dan tidak membuat mereka merasa kecewa.

Dalam masalah penyaluran ini diperlukan kesiapan untuk tampil beda di banding produsen lain terutama barang yang disalurkan merupakan barang yang juga sudah memiliki banyak konsumen. Manfaat menggunakan barang buatan dalam negeri dapat terasa sangat menyenangkan karena biaya yang murah meriah sehingga bebas dari pajak untuk manfaat ekspor dan impor. Manfaat pajak dan fungsinya bagi negara akan didapatkan dalam penjualan skala besar kepada konsumen atau menggunakan perantara agen. Manfaat distribusi antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Menjaga kegiatan produksi

Kegiatan produksi dalam bentuk penyaluran dari produsen ke konsumen dapat terjaga secara berkesinambungan untuk menjaga agar pasokan barang ke konsumen tidak terlanjur habis karena untuk berjaga – jaga agar konsumen dapat tetap mendapatkan barang yang dibutuhkannya. Manfaat distribusi ini perlu tetap dipertahankan untuk tetap mendapatkan simpati dari konsumen yang telah lama berlangganan.

Artikel terkait :

2. Kelansungan perusahaan

Perusahaan dapat berjalan dengan baik dan terjaga kelansungannya dengan tetap menjaga penyaluran lebih merata dan lebih meluas lagi agar semua lapisan masyarakat dapat mengetahui barang yang di salurkan. Kelansungan perusahaan hampir seratus persen menggunakan jasa distribusi untuk penyaluran barang yang bisa di butuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga banyak para distributor yaitu orang yang bertugas melakukan kegiatan distribusi di wajibkan memiliki keahlian yang benar – benar di butuhkan oleh perusahaan karena tugas dari distributor tidak lah sedikit dan penuh dengan tantangan untuk menghadapi produk pesaing yang telah lebih dahulu di kenal masyarakat luas.

Artikel terkait :

3. Ketetapan harga

Manfaat distribusi lainnya adalah adanya ketetapan harga yang merupakan salah satu alternatif bagi para konsumen untuk memilih kira – kira harga mana yang terjangkau oleh masyarakat untuk tetap dapat mengelola kebutuhan rumah tangga. Biasanya konsumen lebih cenderung memilih harga yang murah namun kualitasnya mencukupi sehingga konsumen tidak merasa mengalami kerugian. Ketetapan harga yang diberlakukan untuk produk yang dijual haruslah lebih rendah dari produk serupa namun berasal dari distributor lain. Ini bertujuan untuk menarik konsumen pertama kali agar bersedia untuk mencoba menggunakan produk anda.

Artikel terkait :

4. Barang cepat sampai ke konsumen

Jasa distribusi yang paling terasa adalah barang yang cepat sampai ke konsumen. Barang yang cepat sampai membuat konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Barang kadang dapat saja terlambat sampai karena menemui kendala dalam penyalurannya. Kendala yang di hadapi bisa saja faktor dari dalam karena mesin produksi yang rusak, ditributor yang tidak dapat hadir karena keluarganya ada yang sakit sehingga meminta izin untuk tidak masuk kerja hari ini ataupun faktor dari luar seperti jalanan yang macet sehingga harus menunggu antrian yang lama.

Artikel terkait :

5. Pemerataan distribusi

Distribusi suatu barang ataupun jasa harus di lakukan secara merata. Tujuan di lakukannya pemerataan distribusi ini agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati hasil penyaluran yang di lakukan suatu perusahaan terlebih perusahaan yang telah memiliki nama besar. Perusahaan yang memiliki nama besar biasanya produknya paling di cari oleh konsumen untuk di gunakan. Jika tidak ada pemerataan distribusi akan menyulitkan konsumen untuk mencari produk yang mereka butuhkan.

Jadi manfaat distribusi sangatlah banyak dalam kehidupan sehari – hari sehingga semua kegiatan yang berkaitan dengan distribusi suatu perusahaan harus mendapat perhatian lebih untuk kepuasan konsumen.

Tugas distribusi

Selain memiliki manfaat distribusi juga memiliki beberapa tugas – tugas antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Pembelian untuk barang – barang dan jasa yang di jual kepada para pedagang yang lebih besar.
  • Adanya gudang untuk meletakkan barang sebelum di jual sebelum di distribusikan kepada konsumen. Jadi dengan adanya barang maka barang tersebut aman dari kehilangan ataupun kerusakan yang bisa saja terjadi tanpa di sadari. Tempat penyimpanan barang juga harus tempat yang memiliki udara dan cahaya yang baik agar tidak menganggun kualitas dan kuantitas dari barang yang akan di salurkan ke konsumen yang telah menjadi pelanggan tetap.
  • Mengelompokkan barang – barang sesuai dengan ukuran dan jenisnya agar memberikan kemudahan saat melakukan pelayanan kepada konsumen.
  • Adanya iklan yang di buat untuk memperkenalkan barang yang baru di distribusikan
  • Pendistribusian di lakukan kepada para penjual beskala kecil dan menengah untuk menjual barang dan jasa kepada masyarakat.

Tugas dari distribusi ini untuk memberikan pelayanan kepada para pedagang kecil dan menengah untuk melakukan transaksi penjualan kepada para masyarakat.

Tujuan Distribusi

Tujuan dari distribusi antara lain adalah :

1. Meningkatkan kualitas hasil produksi

Kualitas untuk konsumen sangat penting karena konsumen cenderung melihat kualitas dari suatu barang yang di distribusikan sebelum membeli barang tersebut. Jika kualitas dari barang tergolong bagus dan baik maka konsumen tidak akan menolak untuk menerima barang tersebut dan mejualnya kepada masyarakat.

2. Menjual ke konsumen

Barang yang telah diproduksi baru menghasilkan keuntungan setelah di lakukan penjualan kepada konsumen. karena itu tujuan distribusi untuk menjual ke konsumen agar barang memperoleh keuntungan dari hasil penjualan.

3. Mudah mendapatkan barang dan jasa

Pada waktu tertentu terkadang para konsumen mengalami kesulitan untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Terkadang untuk mendapatkan barang dan jasa tersebut mereka harus melakukan perjalan yang jauh karena barang yang di butuhkan hanya berada di sana. Jadi tugas dari distribusi ini adalah untuk mudah mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan.

Jadi tujuan dari distribusi banyak mendapatkan keuntungan yang positif bagi pihak produsen maupun pihak konsumen.

Jenis-Jenis Distribusi

Berdasarkan jenisnya distribusi terbagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Distribusi Langsung
Untuk distribusi langsung maka caranya adalah produsen melakukan penyaluran langsung kepada konsumen tanpa adanya perantara yang turut ikut serta membantu.
2. Distribusi Tak Langsung
Distribusi tidak langsung biasanya di lakukan produsen dengan mengikutsertakan orang ketiga seperti agen untuk melakukan penyaluran kepada para konsumen. Distribusi tidak langsung ini banyak dilakukan oleh para produsen dengan skala besar untuk memudahkan kinerja mereka jadi stok barang yang mereka berikan ke agen di lakukan secara besar – besaran kemudian agen bertugas untuk melakukan penyebaran secara merata ke tempat – tempat yang jauh dan kecil untuk melakukan penyaluran kepada konsumen yang membutuhkan disana.
Untuk jenis distribusi ini bisa di pilih sesuai dengan keinginan perusahaan mana yang cocok untuk mereka praktekan dalam melakukan penyaluran bagi usahanya.
fbWhatsappTwitterLinkedIn