Sponsors Link
     Sponsors Link

59 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Manfaat olahraga selama ini sudah diketahui oleh masyarakat umum, namun hanya sedikit sekali manfaat yang diketahui oleh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Masyarakat yang gemar olahraga adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya olehraga di dalam kehidupan, sayangnya masyarakat yang sibuk bekerja sering mengabaikan pentingnya olahraga. Setiap hari, kita dianjurkan untuk bisa melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit. Kesadaran masyarakat untuk melakukan olahraga masih sangat minim sehingga hanya sedikit saja masyarakat yang gemar melakukan olahraga.

Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit. Yang harus dilakukan saat ini adalah masyarakat mulai sadar pentingnya melakukan olahraga dan mulai melakukan olahraga saat ini juga.

Masyarakat hanya mengetahui satu atau dua manfaat saja dari melakukan olahraga. Masyarakat juga sering mengait-ngaitkan olahraga dengan diet atau menurunkan berat badan, sehingga orang yang memiliki berat badan ideal sangsi jika harus melakukan olahraga. Padahal manfaat olahraga tidak hanya sebatas itu saja. Olahraga sangat penting buat kesehaatan asalkan cara melakukannya tepat dan tidak salah. Jika salah dalam melakukan teknik olahraga akibatnya adalah tubuh akan terasa pegal dan tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga. Diperlukan tekat yang kuat agar bisa melakukan olahraga secara berkesinambungan. Berikut ini berbagai macam manfaat olahraga yang harus diketahui oleh masyarakat agar meningkatkan kesadaran untuk melakukan olahraga :


1. Membuat Suasana Hati Menjadi Senang

Salah satu manfaat olahraga yang harus diketahui adalah olahraga yang dilakukan bisa membuat suasana hati seseorang menjadi senang, alasannya adalah dengan olahraga segala macam beban pikiran yang membebani pikiran anda hilang. Anda akan disibukkan dengan kegiatan olahraga anda sehingga beban pikiran itu hilang dan membuat suasana hati anda menjadi senang.

Baik untuk hati senang :


2. Menyehatkan Jantung

Olahraga yang dilakukan bisa membuat jantung anda sehat, catatannya adalah ketika anda melakukan olahraga yang berat-berat anda harus memastikan bahwa kondisi jantung anda sehat. Jangan sampai ketika anda terlalu bersemangat dalam melakukan olahraga, anda pingsan dan kemudian dibawa ke rumah sakit. Kasus ini banyak terjadi pada artis dan juga masyarakat umum. Mereka tidak sadar bahwa kondisi jantungnya sakit sehingga saat digunakan untuk berolahraga jantung merasa tidak siap dan kemudian terjadilah serangan jantung yang membahayakan keselamatan. Jika jantung anda normal, olahraga berat maupun ringan akan menyehatkan jantung karena aliran darah ke jantung menjadi lancar.

Baik Untuk Kesehatan Jantung:


3. Membuat Metabolisme Tubuh Meningkat

Olahraga bisa digunakan untuk metabolisme tubuh meningkat. Metabolisme sangat penting di dalam tubuh. Jika metabolisme tubuh terganggu, orang tersebut akan mudah terkena berbagai macam penyakit kognitif berupa penurunan sistem otak dan kepikunan.


4. Merampingkan Tubuh

Bonus untuk orang yang suka melakukan olahraga adalah akan mendapatkan tubuh yang ramping. Tubuh yang ramping bisa didapatkan dengan menjalani olahraga seperti jogging dan juga treat mil. Olahraga tersebut juga bisa digunakan untuk membentuk tubuh, hal itu dikarenakan saat jogging dan melakukan treat mil lemak yang ada di daerah panggul akan terbakar sehingga tubuh yang ramping dan panggul ramping pun bisa didapatkan.


5. Menormalkan Tekanan Darah

Jika anda menderita tekanan darah tinggi, anda bisa menormalkan tekanan darah hanya dengan melakukan olahraga secara teratur. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Jika anda berolahraga, pembuluh darah akan menjadi lebar sehingga aliran darah menjadi lancar. Pembuluh darah akan tehindar dari asteoklorosis jika anda melakukan olahraga secara teratur. Asteoklorosis itu adalah salah satu penyebab seseorang menderita stroke.

Baik untuk tekanan darah:


6. Membakar Kalori Di Dalam Tubuh

Terlalu banyak kalori di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan di dalam tubuh. Oleh sebab itulah kelebihan kalori di dalam tubuh harus dibakar dan dihilangkan. Cara menghilangkannya adalah dengan berolahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari bisa membakar kalori secara maksimal.

Baik untuk membakar kalori lainnya :


7. Menormalkan Kadar Kolesterol Di Dalam Tubuh

Kolesterol jahat di dalam tubuh dan melebihi batas normal sangat berbahaya bagi tubuh, sebab kolesterol jahat itu bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang paling berbahaya dan diakibatkan oleh kolesterol adalah stroke dan penyakit jantung. Kolesterol di dalam tubuh bisa membuat penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung dan ke otak menjadi tidak lancar. Kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh bisa dinormalkan dengan cara berolahraga.

Baik untuk kolesterol


8. Memperbaiki Kualitas Insulin Di Dalam Tubuh

Diabetes bisa disebabkan oleh rendahnya kadar insulin di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, insulin yang tidak berkualitas juga bisa menyebabkan penyakit diabetes menjadi muncul. Oleh sebab itulah tubuh selalu membutuhkan insulin yang berkualitas untuk menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas insulin di dalam tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga secara teratur bisa memperbaiki kualitas insulin di dalam tubuh dan menghindarkan dari penyakit diabetes.


9. Membuat Panjang Umur

Karena kesehatan terjaga dengan olahraga, orang yang suka berolahraga akan memiliki umur yang panjang karena kegemarannya dalam berolahraga.


10. Membakar Lemak

Lemak bisa menyebabkan obesitas, lemak pula yang membuat gula di dalam tubuh tidak bisa terserap dengan sempurna. Untuk mengurangi lemak yang menempel di pembuluh darah bisa dengan cara berolahraga. Berolahraga secara teratur bisa membuat lemak di dalam tubuh terbakar sedikit demi sedikit dan menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit.


Selain 10 manfaat di atas, olahraga juga memiliki berbagai khasiat seperti di bawah ini, berikut manfaat olahraga yang tidak bisa di abaikan untuk kesehatan.

  1. Meringankan Kerja Jantung

Olahraga teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan karena dengan olahraga bisa membantu jantung dalam mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Olahraga bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Alasannya adalah dengan olahraga, otot menjadi lentur terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga seperti berenang dan berbagai macam olahraga lainnya bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Apalagi jika pertumbuhan tersebut ditunjang dengan berbagai macam makanan yang bergizi serta susu berkalsium tinggi. Anak remaja tersebut bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak heran jika anak remaja yang suka berolahraga akan mendapatkan gigi yang sehat dan juga tubuh yang tinggi karena pertumbuhan tulangnya maksimal. Tidak seperti remaja yang malas berolahraga, tulang tidak bisa tumbuh secara maksimal sehingga tubuh akan semakin kesamping sedangkan tulang tidak semakin tumbuh ke atas.

  1. Menjaga Kepadatan Tulang

Olahraga yang teratur didukung dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium bisa menjaga kepadatan tulang, terutama tulang belakang. Olahraga ringan seperti jogging setiap pagi bisa membuat tulang semakin padat dan kokoh. Itu artinya, jika tulang sehat, padat dan juga kokoh orang yang hobi melakukan olahraga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Penyakit tulang yang berbahaya adalah penyakit osteoporosis.

  1. Mencegah Terjadinya Obesitas

Obesitas bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur. Penyebabnya adalah ketika anda berolahraga, lemak dan kadar kolesterol di dalam tubuh anda akan dibakar saat berolahraga sehingga tubuh anda akan tetap ramping dan terhindar dari kegemukan atau obesitas.

  1. Meningkatkan Gairah Seks

Olahraga juga bisa meningkatkan gairah seks, tidak perlu alat perangsang seksual atau ramuan khusus. Cukup dengan berolahraga, gairah seks yang tadinya menurun atau tidak ada kini muncul kembali. Penyebabnya adalah dengan berolahraga anda bisa meningkatkan hormon totesteron di dalam tubuh, hormon itu merupakan hormon yang berpengaruh kepada gairah seksual dan libido seseorang.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh bisa dijaga degan cara berolahraga secara teratur. Tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan gangguan metabolisme, metabolisme yang tidak seimbang akan membuat seseorang mudah terkena berbagai macam penyakit kronis.

  1. Membuat Tidur Berkualitas

Jika anda sering terjaga di setiap malam atau terjaga di sela-sela tidur malam anda, bisa jadi anda sedang mengalami tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja tekanan darah tinggi dan juga jantung. Orang yang mengalami tidur tidak berkualitas bisa dicari penyebabnya. Salah satu penyebab orang mengalami tidur yang tidak berkualitas adalah stress yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon. Dengan berolahraga, stress bisa teratasi dan bisa menyeimbangkan tubuh terutama hormon-hormon yang ada di dalam tubuh manusia. Jika stress bisa teratasi dan keseimbanagan hormon terjaga maka tidur yang berkualitas pun bisa didapatkan. Memiliki tidur yang berkualitas sama saja anda sedang mendapatkan kesehatan anda.

  1. Mencegah Insomnia

Ketika anda sulit tidur, cobalah untuk berolahraga ringan. Insomnia bisa diatasi dengan cara olahraga secara teratur.

  1. Menjaga Fleksibilitas Otot

Otot tubuh yang tidak digunakan untuk berolahraga bisa kaku dan sering terkena penyakit otot. Dengan berolahraga otot akan menjadi lentur. Ketika otot menjadi lentur atau fleksibel berbagai macam penyakit otot misalnya saja nyeri otot, kram dan masih banyak lagi lainnya bisa diatasi.

  1. Meningkatkan Kinerja Otot Dan Daya Tahan Otot

Tidak hanya kelenturan otot saja yang bisa didapatkan dengan cara olahraga, kinerja otot dan daya tahan otot pun bisa didapatkan. Jika otot kuat dan daya tahan otot bagus, otot akan mudah diajak bekerja sama ketika digunakan untuk bekerja berat terutama kerja yang mengandalkan kinerja dari otot. Pekerjaan itu misalnya kuli panggul, kuli batu dan juga petani.

  1. Membantu Keseimbangan Hormon

Gangguan hormon bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Anda tidak boleh menyepelekan masalah hormon tersebut, hal itu dikarenakan hormon yang tidak seimbang pada wanita bisa menyebabkan wanita mengalami pendarahan di sela-sela masa menstruasinya. Bahkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh manusia terutama wanita bisa menyebabkan wanita tersebut terkena kanker.

  1. Menghindari Penyakit Jantung

Olahraga bisa digunakan untuk meringan kinerja jantung, jika kinerja jantung semakin ringan berbagai macam penyakit jantung dan gangguan jantung pun bisa teratasi atau dhindari.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Olahraga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia. Saat anda berolahraga, zat antibodi di dalam tubuh anda akan meningkat. Zat antibodi inilah yang membentuk sistem imun pada tubuh manusia. Jika zat antibodinya meningkat tetu saja sistem imun di dalam tubuh akan menjadi meningkat. Sistem imun inilah yang bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Ketika manusia terkena flu dan juga batuk, dengan sendirinya sistem imun itu bisa menyembuhkan penyakit di dalam tubuh manusia tanpa obat. Manusia dengan sistem imun yang jelek, flu dan batuk yang menyerangnya tidak bisa diobati begitu saja atau tidak bisa sembuh begitu saja, sehingga orang tersebut akan terserang flu dan batuk dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Membuat Kepercayaan Diri Meningkat

Olahraga juga berpengaruh tehadap mental seseorang, olahraga bisa meningkatkan kesehatan mental manusia. Ketika mental manusia bagus, kepercayaan diri manusia tersebut akan meningkat.

  1. Membuat Awet Muda

Orang yang hobi olahraga akan terlihat awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak suka olahraga. Alasannya adalah dengan olahraga membuat otot tubuh menjadi lentur dan tidak kaku terutama otot yang ada di wajah. Otot yang lentur dan juga tidak kaku bisa menghindarkan dari kekeriputan wajah. Tidak hanya tiu saja, orang yang sering mengeluarkan keringat saat olahraga juga bisa membuatnya awet muda. Olahraga bisa melancarkan aliran darah sehingga aliran darah yang lancar di dalam tubuh seseorang bisa membuat regenerasi sel menjadi lebih baik.

  1. Meninggikan Tubuh

Khusus anak remaja, olahraga secara teratur bisa memperbaiki postur tubuh dan membuat tubuh menjadi tinggi.

  1. Postur Tubuh Dapat Diperbaiki

Anak muda yang memiliki tubuh bungkuk, posturnya bisa diperbaiki dengan cara olahraga. Kebanyakan anak muda saat ini menderita kebungkukan dikarenakan posisi tidurnya yang salah dan juga posisi duduknya yang salah. Postur tubuh yang bungkuk tentu membuat rasa tidak percaya diri muncul. Tidak perlu khawatir, olahraga di gym bisa digunakan untuk memperbaiki postur tubuh.

  1. Mencegah Diabetes

Olahraga bisa digunakan untuk menjaga kualitas insulin tetap baik, jika kualitas insulinnya tidak baik olahraga bisa menciptakan kadar insulin di dalam tubuh menjadi baik dan berkualitas. Dengan kualitas insulin yang berkualitas di dalam tubuh bisa membuat anda terhindar dari penyakit diabetes. Tidak hanya itu saja, olahraga yang rutin dilakukan bisa mencegah seseorang terkena obesitas. Orang yang tidak memiliki obesitas akan terhindar dari penyakit diabetes sebab gula di dalam darah bisa tersera secara maksimal tanpa terhalang oleh lemak yang mengikat gula darah tersebut.

  1. Menghilangkan Cidera

Jika anda mengalami cidera, anda bisa melakukan olahraga untuk menghilangkan cidera yang ada pada diri anda.

  1. Membantu Pertumbuhan Sel Baik Di Dalam Tubuh

Sel-sel baik di dalam tubuh akan mati jika tidak dijaga pertumbuhannya. Hal yang bisa menghalangi pertumbuhan sel baik di dalam tubuh adalah faktor makanan dan juga radikal bebas. Untuk menjaga pertumbuhan sel-sel baik di dalam tubuh, anda harus melakukan olahraga secara teratur sehingga efek radikal bebas bisa teratasi.

  1. Meningkatkan Kekuatan Sendi

Olahraga juga bisa digunakan untuk menguatkan sendi. Contohnya saja ketika anda jogging, anda akan banyak menggunakan kekuatan otot sendi kaki dan juga di mata kaki. Sendi yang sering digunakan untuk berlatih bisa terjaga kekuatannya.

  1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Aliran darah yang lancar ke otak akibat olahraga bisa digunakaan untuk meningkatkan daya ingat otak. Meskipun sudah tua namun gemar melakukan olahraga, orang tersebut akan terhindar dari kepikunan karena daya ingat otaknya tetap terjaga dengan baik melalui olahraga.

  1. Menyehatkan Paru-Paru

Selain menyehatkan jantung, olahraga bisa digunakan untuk menyehatkan paru-paru. Alasannya adalah ketika anda berolahraga anda akan berlatih untuk melatih pernafasan. Pernafasan yang anda lakukan akan melibatkan paru-paru sebagai organ utama pernafasan. Semakin anda gemar berolahraga, semakin anda berlatih untuk melatih pernafasan. Oleh sebab itulah paru-paru anda akan menjadi sehat.

  1. Menangkal Efek Buruk Radikal Bebas

Radikal bebas ada di sekitar kita. Radikal bebas dampaknya sangat merugikan untuk tubuh. Radikal bebas yang adadi sekitar kita bisa dicegah dan ditangkal dengan cara olahraga. Olahraga bisa meningkatkan sel-sel baik di dalam tubuh, ketika radikal bebas akan menyerang tubuh. Sel baik tersebut dengan sendirinya akan menangkis radikal bebas tersebut.

  1. Meningkatkan Aliran Oksigen Ke Seluruh Tubuh

Tidak hanya aliran darah saja yang bisa dilancarkan dengan cara olahraga. Namun aliran oksigen pun bisa dialirkan dengan lancar ke seluruh tubuh. Oksigen tersebut akan dialirkan melalui pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar dan otot pembuluh darah yang lentur bisa meringankan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Sama pentingnya dengan darah di dalam tubuh, oksigen juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Meringankan Rasa Sakit Ketika Radang Sendi

Jika anda terkena radang sendi, anda bisa melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan bisa digunakan untuk meringankan radang sendi yang sedang anda derita.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Aliran darah dan aliran oksigen yang lancar ke otak bisa membuat konsentrasi anda meningkat. Orang yang tidak mudah konsentrasi adalah orang yang kekurangan oksigen dan kekurangan darah di dalam tubuhnya terutama di bagian otak.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Olahraga juga bisa digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Saat sedang melakukan olahraga, banyak gerakan olahraga yang melibatkan otot perut. Otot perut tersebut akan berhubungan dengan sistem pencernaan di dalam tubuh manusia sehingga orang yang hobi melakukan olahraga akan memiliki pencernaan yang sehat dan juga lancar.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar

Karena olahraga bisa digunakan untuk melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan, keuntungan yang anda dapatkan adalah anda akan terhindar dari penyakit kanker usus besar. Kebanyakan kanker usus besar yang diderita oleh survivor kanker adalah tidak lancarnya dan tidak sehatnya sistem pencernaan terutama di usus besar. Sehingga usus besar mengandung banyak toksin atau racun yang bisa menyebabkan seseorang terkena kanker usus besar.

  1. Meringankan Kadar Asam Urat Di Dalam Tubuh

Asam urat sama berbahayanya dengan kolesterol. Dengan olahraga secara teratur, kadar asam urat di dalm tubuh pun bisa dinormalkan.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Olahraga yang teratur bisa digunakan untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh, terutama tubuh wanita. Gangguan hormon jika tidak segera diobati bisa menyebabkan seseorang terkena kanker payudara. Untuk mencegah kanker payudara, anda bisa melakukan olahraga. Alasannya adalah dengan olahraga hormon akan seimbang, jika hormon seimbang resiko terkena kanker payudara bisa dikurangi.

  1. Tidak Mudah Lelah

Olahraga juga bisa membuat anda tidak akan mudah lelah, sebab aliran oksigen ke seluruh tubuh bisa terjaga.

  1. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Olahraga yang dilakukan bisa membuat seseorang lebih berstamina dan juga membuat tubuh akan semakin bernergi. Alasannya adalah otot-otot tubuh telah dilatih dan juga dikembangkan sehingga otot bisa digunakan untuk bekerja secara efisien.

  1. Meringankan Gejala Mual Saat Hamil Muda
sponsored links

Olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi sambil menghirup udara pagi dipercaya bisa digunakan untuk meringankan morning sickness berupa mual dan muntah di pagi hari.

  1. Membuat Mood Lebih Stabil

Melakukan olahraga secara teratur bisa membuat mood seseorang lebih stabil dibandingkan dengan sebelumnya.

  1. Alternatif Untuk Berhenti Merokok

Olahraga juga bisa digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Saat anda ingin merokok, lakukanlah olahraga sehingga dalam diri tubuh anda akan mengirimkan sugesti untuk tidak menyentuh rokok.

  1. Menghindari Serangan Kanker Rahim

Kanker rahim juga bisa disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon. Untuk menyeimbangkan hormon tersebut bisa dengan cara olahraga. Olahraga yang dilakukan bisa bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon, jika hormon sudah seimbang resiko terkena kanker rahim bisa diminimalisir. Penelitian membuktikan olahraga secara teratur bisa digunakan untuk menghindari kanker rahim sebanyak 18 persen.

  1. Meredakan Stress

Olahraga bisa digunakan untuk meredakan stress yang dialami oleh seseorang. Ketika orang mengalami stress, otot di kepalanya akan menegang. Olahraga bisa digunakan untuk melenturkan otot. Otot kepala yang lentur bisa digunakan untuk meredakan stress yang dialami oleh orang tersebut.

  1. Mencegah Kekambuhan Asma

Fakta menunjukkan bahwa menghirup udara pagi sambil bejalan santai selama 30 menit bisa mencegah kekambuhan asma. Jika asma anda sering kambuh, anda bisa melatih pernafasan anda dengan menghirup udara pagi sambil berjalan santai selama 30 menit. Asma pun tidak akan sering kambuh menimpa anda. Alasannya adalah udara bersih yang belum tercemar dengan polusi udara akan membersihkan saluran pernafasan anda. Tidak hanya itu saja, dengan berlatih pernafasan setiap pagi bisa membuat saluran pernafasan anda melebar. Asma banyak disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan.

  1. Menghindarkan Dari Penyakit Batu Empedu

Penelitian menunjukkan fakta bahwa olahraga secara teratur bisa digunakan untuk mencegah seseorang terkena batu empedu.

  1. Meredakan Sakit Punggung

Punggung yang pegal atau sakit punggung bisa disebabkan oleh kakunya otot di bagian punggung. Dengan melakukan olahraga, otot di punggung pun menjadi lentur dan sakit punggung bisa teratasi atau diredakan.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Orang yang gemar berolahraga, dia akan memiliki tubuh yang sehat, jiwa yang sehat dan juga otak yang sehat. Berbekal itu semua, banyak orang bisa meningkatkan produktivitasnya terutama ketika dia bekerja. Jika produktivitasnya meningkat bisa dipastikan dia akan memiliki banyak peluang bagus di dalam hidupnya dan bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi kerja yang selama ini diimpikan oleh banyak orang.

  1. Menguatkan Ligamen

Olahraga bisa digunakan untuk menguatkan ligament terutama ligamen yang berhubungan dengan otot, tulang dan sendi.

  1. Membuat Mental Lebih Kuat

Olahraga bisa menyehatkan mental, mental yang sehat bisa digunakan untuk membentuk mental yang kuat.

  1. Mengurangi Kadar Trigliserida Dalam Darah

Trigliserida di dalam darah bisa dinormalkan dan kadarnya bisa dikurangi dengan berolahraga secara teratur.

  1. Memperbaiki Diet Yang Dilakukan

Diet tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan saja, untuk memperbaiki diet yang anda lakukan anda bisa melakukan olahraga. Jika selama ini anda diet dengan cara mengatur pola makan, olahraga akan menyempurnakan diet yang sedang anda jalani.

  1. Menjaga Hubungan Dan Relasi

Olahraga secara bersama-sama dengan teman dan keluarga bisa menjaga hubungan dan relasi diantara kalian. Saat bersama-sama melakukan olahraga akan terjalin kedekatan dan hubungan emosional diantara kalian. Tidak heran jika hanya dengan melakukan olahraga saja, hubungan dan relasi bisa ditingkatkan dan juga diperbaiki.

  1. Menghindari Penyakit Penurunan Kognitif

Penyakit penurunan kognitif bisa disebabkan oleh adanya kepikunan. Penyebab kepikunan itu kurangnya asupan oksigen di dalam otak. Aliran oksigen ke otak yang lancar bisa menghindarkan seseorang dari penyakit kepikunan. Penyakit kepikunan yang sering terjadi adalah parkinson, alzheimer, demensia dan masih banyak lagi lainnya.

Nah masih tidak rajin olahraga ? waspadalah …. waspadalah.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 13th, August 2015 / 14:04 Oleh :
Kategori : Olahraga