5 Manfaat Vaksin Bagi Tubuh

manfaat vaksinMungkin sebagian orang mengira bahwa vaksin, vaksinasi, maupun imunisasi tidak ada bedanya. Sebenarnya ketiga hal tersebut adalah berbeda, namun ketiganya memiliki keterkaitan yang erat. Vaksin merupakan suatu jenis produk yang digunakan untuk dapat menghasilkan suatu sistem kekebalan, terutama bagi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Dimana hal tersebut dapat diberikan melalui suntikan, oral, atau dengan aerosol. Tentunya ada manfaat vaksin di balik pemberiannya ini terhadap tubuh.

Vaksinasi merupakan suntikan yang diberikan untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, yaitu dengan jalan melemahkan atau membunuh organisme penyebab penyakit. Sedangkan imunisasi merupakan suatu proses dimana orang ataupun binatang dapat terlindung dari penyakit, yaitu dengan cara pemberian vaksin dalam proses vaksinasi.

Jadi dengan memberikan vaksin merupakan perlindungan terbaik terhadap berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang kita kapan saja dan di mana saja, yaitu dengan jalan mencegah maupun mematikan sumber penyebabnya.

Sebelum vaksin ditemukan, satu-satunya cara untuk menjadi kebal terhadap penyakit adalah dengan mendapatkan sistem imunitas atau kekebalan alami. Namun tak jarang hal ini dapat membuat seseorang mengalami berbagai macam gejala-gejala penyakit dan juga meningkatkan risiko komplikasi yang bisa sangat serius atau bahkan mematikan. Selain itu, selama tahap tertentu kemungkinan penyakit juga dapat ditularkan pada orang lain disekitar kita, baik itu keluarga, teman, maupun orang-orang yang melakukan kontak dengan kita.

Alasan Apa Saja untuk Pemberian Vaksin?

1. Aman

Vaksin merupakan pertahanan terbaik terhadap serangan penyakit serius, yaitu dengan mencehag dan mematikan sumber pembawa penyakit tersebut.  Vaksin adalah produk medis paling aman, namun juga memiliki beberapa resiko.  Namun, dengan adanya informasi yang akurat tentang nilai vaksin serta kemungkinan efek samping, dapat membantu seseorang untuk mau mendapatkan vaksinasi daripada harus menanggung resiko penyakit dikemudian hari.

2. Efektive

Vaksin bekerja dengan sangat baik dalam tubuh. Meskipun tidak sempurna, namun vaksin yang diberikan pada anak-anak dapat menghasilkan kekebalan tubuh hingga sekitar 90 – 100%. Semua jenis vaksin harus memiliki lisensi (disetujui) oleh Food and Drug Administration (FDA) sebelum digunakan. Sebelum vaksin digunakan harus melalui pengujian ekstensif untuk menunjukkan bahwa ia dapat bekerja dengan aman pada tubuh. Tes yang dilakukan diantaranya adalah dengan membandingkan kelompok orang yang mendapatkan vaksin dengan kelompok orang yang hanya mendapatkan kontrol kesehatan.

3. Tindakan Pencegahan

Infeksi merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit dlam tubuh manusia secara umum. Beberapa penyebab infeksi diantaranya adalah mikroba (patogen) yang berusaha untuk masuk ke dalam melewati kulit atau sel-sel tubuh  yang melapisi bagian internal tubuh, serta sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh akan bekerja untuk mengetahui apakah penyerbu (virus, bakteri, parasit) telah memasuki itu, meskipun kita tak pernah menyadarinya. Lalu tubuh akan melakukan respon terhadap sumber-suber penyakit tersebut yaitu dengan menghancurkannya. Dalam hal ini peran serta vaksin adalah untuk membantu sistem kekebalan tubuh mempersiapkan serangan-serangan terhadap sumber infeksi tersebut, yaitu dengan menghancurkan bagian atau DNA dari mikroba penyebab infeksi.

4. Tindakan Perlindungan

Ketika sebagian masyarakat sangat kritis untuk mendapatkan imunisasi vaksin terhadap penyakit menular, sebagian besar anggota masyarakat telah mendapatkan perlindungan dari penyakit, sehingga kesempatan untuk mendapatkan wabah penyakit semakin mengecil. Kekebalan tubuh dapat mengendalikan berbagai penyakit menular, termasuk influenza, campak, gondok, rotavirus, dan penyakit pneumokokus.

Manfaat Vaksin Bagi Tubuh

Tentu saja setiap orang menginginkan terhindar dari berbagai macam penyakit, baik itu untuk dirinya sendiri, keluarga, maupun orang-orang disekitarnya. Salah satu jalan yang terbaik untuk memberikan perlindungan terhadapa serangan berbagai macam penyakit adalah dengan memberikan vaksin yang bisa dimulai sejak seorang bayi dilahirkan ke dunia ini.

Berikut ini beberapa manfaat vaksin bagi tubuh, diantaranya adalah:

1. Dapat Menyelamatkan Hidup Anak-anak

Dengan adanya kemajuan di bidang ilmu kedokteran, dapat memberikan dampak yang positif bagi anak-anak kita, dimana mereka dapat terlindung dari berbagai jenis penyakityang bisa menyerang mereka kapan saja. Kita tahu bahwa usia kana-kanak merupakan usia yang rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit, karena diusia tersebut mereka belum memiliki sistem kekebalan tubuh sekuat orang-orang dewasa.

Namun dengan kemajuan ilmu di bidang kedokteran tersebut, beberapa penyakit yang dapat membuat mereka cidera atau bahkan dapat mengakibatkan kematian pada usia anak-anak dapat dikurangi prosentasenya, yaitu dengan jalan memberikan mereka vaksin yang bekerja dengan aman dan efektif di dalam tubuh.  Salah satu contoh kasus yang pernah terjadi adalah wabah polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian ya bagi penderita di tiap harinya. Kasus tersebut terjadi hampir diseluruh negara-negara di dunia ini. Dengan pemberian vaksin polio, laporan tentang akibat penyakit tersebut menurun dengan drastis.

2. Vaksin Sangat Aman dan Juga Efektif

Pemberian vaksin pada anak-anak akan dapat menimbulkan ketidaknyaman bagi mereka, seperti dengan timbulnya rasa nyeri baik itu di bagian yang terkena suntikan vaksin maupun anggota tubuh yang lain, serta juga dapat menimbulkan ruam pada kulit yang terkena suntikan. Namun tentu saja hal itu hanya berlangsung untuk sementara waktu saja.

Kasus timbulnya alergi pasca pemberian vaksin sangat jarang terjadi.  Hal tersebut tentu saja tak sebanding dengan apabila mereka merasakan sakit akibat serangan suatu penyakit berbahaya dan mematikan.  Manfaat pencegahan dengan mendapatkan vaksin jauh lebih besar daripada efek samping yang mungkin dirasakan oleh anak-anak tersebut.

3. Vaksin Dapat Membantu Mencegah Penularan Suatu Penyakit pada Orang Lain.

Beberapa tahun yang lalu banyak sekali kita dengar mengenai kasus kematian pada bayi dan anak-anak yang diakibatkan  oleh serangan penyakit campak maupun pertusis (batuk rejan). Hal tersebut kebanyakan terjadi pada bayi maupun anak-anak yang belum sempat mendapatkan vaksin. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan oleh beberapa kondisi seperti terjadinya alergi yang cukup parah, sistem kekebalan tubuh yang lemah, karena kondisi kesehatan seperti leukemia, maupun karena adanya alasan lain.

Untuk itu, bagi bayi maupun anak-anak yang berpotensi untuk mendapatkan vaksin, sebaiknya mereka mendapatkan vaksinasi, yaitu melalui  prosedur imunisasi lengkap. Hal ini tidak hanya melindungi mereka, tetapi juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit pada mereka sendiri maupun pada orang lain.

4. Dapat Menghemat Waktu dan Biaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan pemberian vaksin dapat membantu anak-anak terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan cacat yang berkepanjangan, dimana hal tersebut tentu saja akan merugikan baik dari segi waktu maupun dari segi materi hanya untuk melakukan tindakan perawatan dan pengobatan yang bisa terjadi dalam kurun waktu yang panjang.

Dengan memberikan vaksin pencehan penyakit sejak dini pada anak-anak, merupakan suatu investasi yang menguntungkan bagi kita, dimana  pemborosan terhadap waktu dan materi dapat lebih diminimalkan. Pemberian vaksin merupakan suatu program pemerintah, dimana hal tersebut bisa didapatkan dengan gratis tanpa biaya apapun. Selain itu dampak yang bisa dirasakan adalah anak-anak dapat terhindar dari seangan berbagai penyakit berbahaya nantinya.

5. Dapat Melindungi Generasi Berikutnya.

Denag pemberian vaksin telah terbukti dapat menurunkan resiko terhadap berbagai jenis penyakit yang dapat berdampak pada kematian maupun cacat yang berkepanjangan bagi anak-anak generasi masa depan. Beberapa contoh diantaranya adalah pemberian vaksinasi cacar pada usia anak-anak dapat membantu menyelamatkan mereka dari serangan cacar di masa depan.

Contoh lainnya adalah pemberian vaksin campak, dapat membantu menurunkan resiko penularan virus tersebut dari seorang wanita hamil kepada janin yang dikandungnya maupun bagi bayi yang baru lahir  secara drastis. Untuk itu sangat penting bagi bayi atau anak-anak untuk dapat segera mendapatkan vaksinasi  secara lengkap dan benar guna pencegahan terserangnya berbagai jenis penyakit berbahaya di masa depan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 20th, June 2015 / 06:26 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan