9 Manfaat Kulit Tangkil untuk Kesehatan

Kulit tangkil disebut juga dengan mlinjo dalam bahasa indonesia. Tangkil biasanya di gunakan orang sunda untuk mengatakan mlinjo. Jadi manfaat kulit tangkil dan kulit mlinjo adalah sama. Kulit tangkil biasanya banyak dibuang, dan bahkan tak banyak orang memanfaatkan kulit tangkil ini. Padahal kulit tangkil ini memiliki banyak manfaat apalagi untuk kesehatan. Beirkut uraian manfaat kulit tanggil untuk kesehatan

1. Menambah asupan energi

Kulit tangkil sama dengan kulit mlinjo, kulit ini biasa digunakan untuk sayuran. Ternyata kulit ini dapat memberikan asupan energi yang cukup untuk tubuh. Dalam kulit tangkil memiliki kandungan Karbohidrat yang dapat menambah energi pada tubuh.

Manfaat Karbohidrat merupakan asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah energi dalam tubuh. Dengan karbohidrat dalam mlinjo selain memberikan efek kenyang ketika mengonsumsinya juga dapat memberikan efek yang baik karena memperolah tambahan asupan energi.

2. Membantu mencegah asam urat

Kulit tangkil dapat memberikan efek baik untuk mencegah asam urat. Karena dalam kandungan kulit tangkil memiliki Senyawa xantin oksidase enzim yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya asam urat.

3. Menjaga tulang dan gigi

Tulang dan gigi dapat dijaga dengan banyak mengonsumsi kalsium. Manfaat Kalsium dapat kamu peroleh dari mengonsumsi kulit tangkil. Kulit tangkil atau kulit mlinjo yang berwarna hijau dan merah ini selain rasanya enak ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

4. Menjaga Otot

Otot diperlukan untuk membantu dalam beraktivitas, dengan adanya otot – otot pada tubuh akan membantu membeirkan kekuatan. Namun apa yang terjadi jika otot – otot ini tidak memiliki nutrisi yang cukup ? tentu otot – otot akan lemas dan dalam beraktivitas akan mudah merasakan lelah.

Menjaga kesehatan otot dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk otot salah satu diantranya adalah mengonsumsi kulit tangkil. Selain itu berolahraga dengan rutin pun dapat memberikan manfaat untuk menjaga otot agar otot – otot menjadi kuat.

5. Membantu pengelihatan

Manfaat kulit tangkil adalah untuk pengelihatan, kulit tangkil memiliki kandugan manfaat vitamin A, sehingga sangat baik untuk diberikan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki manfaat untuk pengelihatan. Tanpa adanya mata yang sehat tentu mengganggu dalam pengelihatan dan segala aktivitas. Misalkan saja ketika mata minus, maka dalam membaca pun akan sulit.

6. Merupakan sumber Antioksidan yang tinggi

Antioksidan yang tinggi tidak hanya baik untuk kesehatan. Anti oksidan yang tinggi dapat memberikan efek yang baik pula untuk kesehatan tubuh.


7. Mencegah diabetes

Rasa enak dari kulit tangkil tidak disertai dengan rasa manis. Meskipun terdapat kandungan gula tetapi tidak terlalu banyak. Itu sebabnya kulit mlinjo atau tangkil baik untuk diabetes.

8. Anti Inflamasi

Fungsi kandungan anti inflamasi adalah menjaga agar tidak mudah meradang. Anti inflamasi atau anti peradangan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

9. Mengatasi kurang darah atau anemia

Kekurangan darah sangat berbahaya, kurang darah atau penyakit anemia dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Bahkan sering terjadi seorang yang mengalami kurang darah atau anemia ini berakhir meninggalkan dunia ini. Untuk itu deteksi dini kekurangan darah agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Itulah 9 manfaat kulit tangkil atau kulit mlinjo untuk kesehatan tubuh. Jika memiliki pohon mlinjo atau tangkil jangan hanya dikonsumsi isinya ya. Karena pada dasarnya kulit dari tanggil pun banyak mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan