11 Manfaat Oatmeal (No.3 Dijamin Ampuh)

oatmealManfaat oatmeal menjadi tren mengingat banyaknya penyakit jantung yang mematikan di berbagai kalangan masyarakat. Oatmeal merupakan jenis makanan sehat yang menjadi sangat populer dikalangan sebagian orang yang sedang melakukan program diet. Sebenarnya oatmeal ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat terhadap orang-orang yang sedang berdiet namun, secara luas merupakan jenis karbohidrat kompleks yang sehat. karbohidrat sangat erat kaitannya dengan energi dalam tubuh.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Oatmeal kerap kali dijadikan salah satu menu untuk sarapan pagi karena saat ini oatmeal dalam bentuk instan sudah banyak ditemui sehingga menu oatmeal ini lebih praktis dibuat. Di Indonesia sendiri hanya segelintir orang yang memanfaatkan oatmeal ini sebagai menu sarapan. Sebagian orang Indonesia hanya mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat makanan, padahal oatmeal yang dikonsumsi saat sarapan memberikan efek yang lebih baik, seperti berikut ini :

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Oatmeal merupakan  biji-bijian gandum utuh yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Oatmeal juga mengandung lignan, yaitu senyawa kimia yang telah ditemukan dapat mencegah penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan makan biji-bijian untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, biji-bijian seperti gandum merupakan sumber zat besi, magnesium dan vitamin.

2. Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi oatmeal dapat menurunkan kolesterol, terutama kadar LDL atau kolesterol “buruk” dalam darah. Seseorang yang telah didiagnosa mengalami kolesterol tinggi, mulailah mempertimbangkan untuk menambahkan oatmeal pada menu harian misalnya, sebagai pilihan menu sarapan. Tidak heran ia memiliki kemampuan super untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

3. DIET (sangat ampuh menurunkan berat badan)

Oatmeal merupakan sumber serat yang rendah kalori yang sangat populer untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Ketika mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lama. Sarapan dengan jenis makanan yang tinggi gula dan lemak akan membuat perasaan kenyang dengan  jangka waktu yang lebih singkat, lalu akan lapar lagi. Sarapan pagi, yang terdiri dari oatmela dicampur dengan potongan buah pisang misalnya, dapat mengenyangkan  tanpa khawatir akan lapar sampai waktu makan siang. SUPER efektif untuk anda yang sedang menjalankan program diet

4. Sangat baik untuk diabetes

Oatmeal merupakan jenis makanan olahan gandum yang sangat baik untuk penderita diabetes, malahan makanan ini sangat disarankan untuk penderita diabetes. Terlebih ia juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memberikan tubuh metabolisme dan keseimbangan gula darah.

5. Penuh Dengan Antioksidan

Oatmeal sangat tinggi kandungan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga tubuh dari tebaran radikal bebas hingga memberikan dampak pada kecantikan, kesehatan, dan menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

6. Mencegah pengerasan Arteri

Ketika kita bicara kardiovaskular, yang terbaik teringat di kepala pastinya adalah jantung, dan saluran saraf. Kandungan avenanthramides merupakan salah satu pencegah penyakit jantung, tidak hanya itu mereka memiliki fungsi utama yaitu mencegah arteri dari pengerasan. Zat ini adalah antioksidan yang dapat mencegah/mengurangi produksi molekul yang dapat menyebabkan monosit untuk mematuhi dinding arteri sehingga terjadi pengerasan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi biji-bijian seminggu mengurangi risiko terserang atherosclerosis, yang merupakan salah satu penyakit penumpukan plak di sepanjang dinding dari arteri, dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit hingga menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

7. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Lagi-lagi kandungan serat dalam oatmeal yang sangat tinggi berperan besar dalam memaksimalkannya untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah medis hipertensi.

8. Mencegah Kanker

Fungsi dari serat dalam makanan kaya gizi ini tidak hanya berhenti pada sistem pencernaan. Apa yang akan anda dapatkan jika memiliki pencernaan yang sehat serta metabolisme yang lancar ? tentu jawabannya adalah mencegah penyakit kanker. Selain itu kandungan antioksidan dalam oatmeal sangat ampuh unutk mencegah kanker.

9. Menstabilkan tekanan gula darah

Serat memang tidak ada batasnya untuk memberikan tubuh nilai kesehatan, selain untuk pencernaan dan metabolisme tubuh, serat juga memiliki peran tuntuk menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. Jadi jika anda mengkonsumsi banyak manisan, ada baiknya mencoba konsumsi makanan tinggi serat ini untuk membantu menstabilkan gula darah yang anda asup.

10. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Terlepas berbagai kandungan yang sangat menyehatkan, oatmeal mengandung nutrisi berbagai antioksidan yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga mampu menyehatkan tubuh secara fisik seperti kulit sampai dengan mencegah dari berbagai penyakit.

11. Dapatkan kulit yang sehat

Dengan konsumsi oatmeal secara rutin anda secara tidak langsung telah melakukan treatment terhadap kulit anda. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu berbagai lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas akibat paparan sinar matahari ataupun polusi.

Mencoba oatmeal sebagai menu sarapan anda dapat dibuat dengan menggabungkan buah atau kacang dengan oats akan menambah lebih banyak nutrisi. Rempah-rempah seperti kayu manis dan pala bisa memberikan rasa yang lebih lezat untuk oatmeal. Batasipemakaian gula dan biarkan rasa alami dari buah-buahan dan juga rempah-rempah yang mengambil alih. Cobalah berbagai resep berbeda untuk menghidangkan oatmeal disetiap menu makanan anda. Selamat mencoba..

, , ,
Post Date: Saturday 02nd, August 2014 / 16:33 Oleh :
Kategori : Makanan