3 Manfaat Lari Multistage untuk Kesehatan

Lari adalah suatu cabang olahragayang merupakan cabang olahraga yang paling tua dan paling mudah untuk dilakukan. Saat ini lari sudah menjadi suatu olahraga cabang atletik yang lebih mengutamakan tumpuan berupa daya tahan tubuh juga kecepatan.  Dalam pengertiannya lari multistage ini merupakan jenis lari yang digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang yang biasanya dilakukan oleh beberapa pemain olahraga jenis lain seperti pemain baket, sepak bola dan voli.

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa lari multistage adalah suatu  jenis lari yang digunakan untuk mengetes tingkat kebugagaran seseorang, lari ini dilakukan dilapangan secara langsung dan dilakukan secra bolak-balik pada jalur lintasan yang telah disiapkan. Biasanya dalam lari jenis ini akan dilakukan dengan berlari sejauh 20 M secara bolak balik dalam hal ini jika peserta tidak kuat maka akan diberhentikan sehingga akan diketahui tingkatanya. Adapapun manfaat dari lari multistage adalah

1. Mengukur daya tahan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas bahwa jenis lari multistage ini dilakukan untuk mengukur daya tahan tubuh seseorang, dalam hal ini seseorang akan berlari secara bolak-balik hingga akn dikukur seberapa kekuatan sesorang untuk melakukan lari. Seseorang yang sudah tidak kuat untuk berlari makan akan dapat diambil kesimpulan bahwa daya tahan tubuhnya sudah melemah.

Melatih daya tahan tubuh sangat penting untuk itu melakukan olahraga lari multisatage ini sangat penting agar daya tahan tubuh terlatih hal ini pun akan berkaitan langsung denegan sistem kekebalan tubuh yang akan terjaga dengan lebih baik.

2. Untuk megetahui konsumsi oksigen

Selain untuk mengkur seberapa kuat daya tubuh seseorang lari multistage juga dapat digunakan untuk mengukur konsumsi oksigen maksimal pada sesorang. Cara megetahui tentang konsumsi oksigen ini ialah melihat dengan ketidakmampuan seseorang untuk mempertahankan langkahnya atua mempertahankan saat ia berlari , ketika ia sudah tidak bisa mempertahankan langkahnya maka dapat terindikasi bahwa tingkat konsumsi oksigen secara maksimal

Biasanya cara mengukur oksigen ini dilakukan kepada para atet-altet seperti atlet sepak bola, bola baket, bola voli dll. Para atlet-atlet ini akan diukur tentang kemampuan penyerapan oksigen pada tubuhnya sehingga para atlet dapat terlatih dalam mengelola oksigen dalam tubuh dengan baik.

3. Mengukur kebugaran jasmani

Lari multistage jugabbisa digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran tubuh seseorang dengan melihat jumplah oksigen yang dimiliki. Kemampuan tubuh seseorang dalam mengelola oksigen yang dibutuhkan dimana oksigen akan diantarkan pada jaringan-jaringan tubuh jika berjalan dengan baik maka dapat dikatakan orang tersebut memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik.

Namun seperti yang kita tahu bahwa semakin tuaumur sesorang maka jumplah oksigen atau kemampuan tubuh dalam memperoleh oksigen juga akan semakin menurun maka dalam lari multistage ini bisa digunakan untuk beberapaorang yang penasaran dengan keadaan tubuhnya. Apakah dimasa umurnya sekarang ia tetap bisa mengelola oksigen yang ada ditubuh atau tidak. Sehingga ia dapat mengetahui tingkat kebugaran dari tubuhnya.


Kebugaran jasmanni perlu dijaga dengan benar manfaat kebugaran jasmani adalah dapat membantu menjaga daya sistem tubuh agar lebih tahan terhadap penyakit ataupun virus yang akan menyerang tubuh. Sistem kekebalan tubuh dapat diasah dengan melatih kebugaran tubuh.

Itulah beberapa manfaat dari lari multistage semoga dapat bermanfaat. Sekian. Terima Kasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga