Sponsors Link
     Sponsors Link

14 Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Murbei dengan nama latin Morus merupakan tanaman yang berbuah sepanjang tahun namun kurang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat khususnya di Indonesia masih belum mengetahui bahwa buah murbei memiliki manfaat. Tanaman murbei umumnya hanya dimanfaatkan pada daunnya yang dipergunakan untuk usaha ulat sutra, sedangkan buahnya kurang diminati karena mudah hancur.

Buah murbei memiliki rasa asam manis dan akan menjadi lebih manis lagi ketika telah berwarna kehitaman. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini layak untuk dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Buah Murbei 

manfaat buah murbeiBuah murbei dapat diproduksi dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah menjadi jus. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa di dala buah murbei segar terdapat komposisi sebagai berikut:

  • 85-88% air
  • 7,8-9,2% karbohidrat
  • 0,4-1,5% protein
  • 0,4-0,5% lemak terdiri dari asam lemak linoleat, stearik, dan asam oleat
  • 1,1-1,9% asam lemak bebas
  • 0,9-1,4% serat, dan
  • 0,7-0,9% mineral
  • 43 kalori setiap 100 gram
  • 36,4 mg vitamin C setiap 100 gram
  • 1,85 mg zat besi setiap 100 gram
  • sejumlah vitamin A, E, dan K, B1, B2

Buah murbei yang berukuran kecil yaitu hanya sekitar 2-5 cm dan mudah hancur sehingga jarang ada yang menjualnya. Meskipun ukurannya kecil, tahukah Anda kalau buah murbei memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan ukurannya, berikut ulasan lengkapnya.

1. Kaya Zat Antosianin

Warna merah keunguan yang teraapat pada buah murbei dihasilkan oleh pigmen warna yang disebut sebagai antosianin. Antosianin tergolong sebagai senyawa flavanoid yang mampu melindungi sel dari ultraviolet dan memiliki banyak manfaat. Setiap 100 gram buah murbei terdapat antosianin dengan kadar yang mencapai 1993 mg.

Antosianin bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit seperti :

  • diabetes
  • serangan jantung
  • mencegah ateroskelorosis (penyempitan pembuluh darah)
  • mencegah kanker

Selain itu, antosianin juga mengandung manfaat antioksidan yang mampu melindungi kita dari radikal penyebab kanker. Selain itu, antosianin pada buah murbei dapat dijadikan sebagai pewarna pangan alami yang aman untuk dikonsumsi.

2. Menurunkan Kolesterol Tubuh 

Buah murbei terbukti mampu menurunkan kolesterol. Hal ini telah diteliti dan dibuktikan di Departemen Gizi Masyarakat IPB dengan pengujian yang dilakukan terhadap tiga kelompok tikus yang diberikan kolesterol dan sari buah murbei.

Manfaat buah murbei untuk menurunkan kolesterol dihasilkan dari kandungan zat seperti kuersentin yang kadarnya mencapai 1,12% dari 100 gram buah murbei segar, manfaat vitamin C dengan kadar yang mencapai 37,06 mg, dan antosianin.

sponsored links

Kolesterol terjadi karena adanya proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Namun, dengan adanya kandungan kuersentin dan vitamin C yang mengikat oksigen, maka proses oksidasi tersebut dapat dicegah. Kuersentin dan vitamin C pada buah murbei juga telah terbukti meningkatkan high density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik yang tidak akan menyebakan penyakit jantung.

3. Awet Muda

Kaya dengan antioksidan menjadikan buah murbei layak dikonsumsi jika ingin tetap awet muda. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang mampu merusak kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan pada buah murbei mampu mencegah terjadinya penuaan dini karena dapat berfungsi sebagai agen anti penuaan.

4. Mengatur kadar gula 

Penderita diabetes pada umumnya mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak teratur setiap saat. Hal inilah yang menyebabkan kenapa penderita diabetes cenderung mengalami komplikasi. Murbei telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Cina untuk mengatasi diabetes.

Murbei mengandung senyawa yang bersifat seperti insulin, sehingga membantu untuk menjaga kadar gula. Namun bagian yang  dimanfaatkan untuk memperoleh manfaat ini bukanbuahnya, melainkan daun dari tanaman murbei. Hal ini telah diteliti di Jepang dan telah dibuktikan bahwa daun murbei mampu menghambat penyebab diabetes.

5. Meningkatkan imunitas

Musim pancaroba tentunya akan membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga kita akan mudah terserang penyakit seperti flu. Buah murbei yang kaya akan vitamin C mampu menjadi asupan yang meningkatkan imunitas sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit seperti flu.

6. Mengatasi Anemia 

Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan jumlah hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Anemia terjadi karena kurangnya zat besi. Buah murbei mengandung manfaat zat besi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan yang membantu untuk mengatasi anemia.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Buah murbei juga mengandung manfaat vitamin A dan karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berfungsi untuk memperkuat dan mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan mata serta melindungi mata dari radikal bebas dan degenerasi retina.

Manfaat Buah Murbei untuk Kecantikan


Masyarakat Cina telah lama memanfaatkan murbei sebagai bahan alam untuk mempercantik kulit mereka. Pemanfaatan murbei untuk kesehatan kulit didasarkan pada kandungan vitaminnya yang cukup banyak, antioksidan dalam jumlah besar.

Beberapa manfaat yang dapat dinikmati dari buah murbei untuk kulit antara lain:

  1. Bintik hitam pada wajah dan kulit dapat berkurang
  2. Buah murbei baik untuk kulit kering karena dapat meningkatkan kelembaban kulit
  3. Aman bagi kulit sensitif karena tidak menimulkan efek samping jika dioleskan ke kulit
  4. Kulit dapat lebih bersinar cerah dan lebih sehat karena vitamin dan zat artibun pada buah murbei


Rambut yang indah, panjang, dan lebat merupakan idaman hampir semua wanita. Manfaat buah murbei juga baik untuk rambut. Berikut beberapa yang bisa diperoleh:

  1. Jus buah murbei yang diberikan ke rambut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut
  2. Warna alami rambut akan lebih terjaga
  3. Uban yang tumbuh lebih awal dapat dihindari karena buah murbei membantu meremajakan rambut

Banyak bahan alam lainnya yang juga baik untuk rambut seperti :


Efek Samping dibalik Manfaat Buah Murbei

Selain manfaat yang diberikan, sebenarnya buah murbei juga memiliki efek samping jika di konsumsi disaat yang tidak tepat. Jangan mengkonsumsi buah murbei jika sedang mengkonsumsi asupan berkarbohidrat, karena buah murbei menghambat penyerapan karbohidrat.

Selain itu, buah murbei memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebutlah yang dijadikan alasan mengapa banyak produk perawatan kulit yang mulai dicampurkan dengan ekstrak murbei, namun terdapat penelitian yang melihat bahaya di dalam buah murbei.

Penelitian

Hasil penelitian di Prancis menemukan bahwa arbutin dapat menjadi pemicu kanker kulit karena memiliki sifat karsinogenik. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi pemakaian pencerah kulit yang mengandung ekstrak murbei karena kadar arbutin pada kosmetik tentu lebih tinggi dibandingkan pada buang segar murbei itu sendiri.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 13th, March 2015 / 04:56 Oleh :
Kategori : Buah Buahan