15 Manfaat Olahraga Plank Untuk Kesehatan

Olahraga merupakan cara yang mudah dan murah untuk sehat karena ada banyak manfaat olahraga yang bisa dirasakan. Tidak hanya untuk kesehatan fisik namun juga banyak manfaat olahraga untuk psikis sehingga dengan berolahraga tubuh dan pikiran menjadi sehat. Namun kebanyakan orang tidak sempat berolahraga karena aktivitas sehari-hari yang terlalu padat. Jangankan untuk olahraga untuk istirahat saja sulit mencari waktu. Namun anda tidak perlu khawatir karena banyak juga pilihan olahraga yang sangat fleksibel yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bahkan di sela-sela waktu bekerja anda.

Salah satunya olahraga plank. Sebagian dari anda mungkin masih asing mendengar nama olahraga ini. Bagi yang belum terlalu familiar, olahraga plank merupakan suatu gerakan olahraga statis yang menahan suatu posisi  beberapa waktu. Mirip seperti posisi push up dimana tubuh bertumpu pada telapak tangan dan ujung kaki. Anda tidak perlu naik turun seperti melakukan push up. Cukup menahan posisi tersebut selama beberapa waktu. Jangan terlalu lama, cukup sebentar namun dilakukan berulang-ulang dengan jeda istirahat. Melakukan olahraga plank sekitar 10 detik namun diulang-ulang dikatakan cukup untuk mendapatkan berbagai manfaat plank. Jangan terlalu lama karena justru berpotensi untuk cedera terutama bagi yang sudah lanjut usia.

Yang namanya olahraga sudah pasti bermanfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat olahraga plank bagi kesehatan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Meratakan perut

Memiliki perut rata merupakan impian kebanyakan orang. Selain terasa nyaman perut yang rata juta menimbulkan kepercayaan diri sehingga begitu banyak orang yang rela diet dan olahraga keras untuk mendapatkan bentuk perut yang indah dan rata. Salah satu cara mudah dan murah untuk meratakan perut terutama bagi anda yang sudah mulai ‘berperut’ adalah dengan melakukan olahraga plank. Perut yang indah dan rata juga bisa didapatkan dengan manfaat balet dan manfaat menggunakan korset saat tidur.

2. Melatih kekuatan otot perut

Melatih otot perut seperti yang dilakukan pada olahraga plank tidak hanya membuat perut terlihat indah namun juga menguatkan otot perut sehingga otot-otot perut lebih sehat dan kuat. Otot perut yang sehat dan kuat juga bisa didapatkan dengan manfaat squat jump yang dilakukan secara rutin.

3. Menjaga bentuk tubuh proporsional

Bentuk tubuh proporsional merupakan dambaan semua orang. Hal ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga. Salah satunya yang dianjurkan dan mudah dilakukan adalah olahraga plank yang fokus pada latihan otot lengan, betis, kaki, perut, dan lain-lain. Dengan rajin melakukan olahraga ini dapat menyokong bentuk tubuh yang proporsional sesuai dengan yang diharapkan. Bentuk tubuh yang indah dan proporsional juga dapat diraih dengan manfaat tari perut dan manfaat senam aerobik untuk orang kurus.

4. Memperbaiki postur tubuh

Rajin melakukan olahraga plank juga berdampak positif pada postur tubuh yang baik. Kebiasaan dan postur tubuh yang salah sehari-hari seperti duduk terlalu membungkuk dapat merusak postur tubuh sehingga harus diperbaiki salah satunya dengan rutin melakukan olahraga plank. Seperti yang diketahui pada olahraga plank kita akan menahan posisi tubuh lurus selama beberapa waktu sehingga dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

5. Baik untuk kesehatan pencernaan

Selama ini kita mengetahui bahwa pencernaan yang sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti manfaat apel, manfaat makan pepaya, dan manfaat bayam bagi kesehatan. Namun mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup, harus dibarengi dengan berolahraga secara teratur salah satunya melakukan olahraga plank secara rutin.


6. Memperbaiki mood atau suasana hati

Melakukan olahraga plank ternyata juga berpengaruh pada mood atau suasana hati dimana dapat membuat mood menjadi lebih baik. Memulai hari dengan melakukan plank beberapa kali merupakan cara yang baik untuk meningkatkan mood. Atau bisa juga dilakukan di saat istirahat bekerja agar suasana hati kembali baik dan anda pun bersemangat lagi untuk bekerja. Mood atau suasana hati juga dapat diperbaiki dengan manfaat tidur siang

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang baik penting artinya agar seluruh proses dan fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik. Selain mengonsumsi makanan yang sehat seperti manfaat teh bangle, manfaat teh daduzi, dan manfaat teh daun kelor metabolisme tubuh juga bisa ditingkatkan dengan rajin melakukan olahraga plank. Tidak perlu lama namun dilakukan berulang-ulang dan rutin setiap hari maka metabolisme tubuh akan meningkat.

8. Mengurangi nyeri punggung

Manfaat olahraga plank yang tidak kalah penting adalah dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada punggug. Seperti yang diketahui nyeri punggung merupakan keluhan yang dialami oleh banyak orang. Penyebabnya beragam salah satunya karena postur tubuh yang salah. Untuk itu latihan plank dapat anda coba terapkan untuk mengurangi rasa nyeri ini. Selain itu nyeri punggung juga bisa diatasi dengan menggunakan manfaat minyak tawon dan manfaat joint herbal.

9. Melatih dan meningkatkan keseimbangan tubuh

Rajin berlatih plank dengan baik dan benar juga dapat membantu melatih keseimbangan tubuh sehingga tubuh terasa lebih bugar dan fit. Dengan keseimbangan tubuh yang baik membuat anda lebih mudah bergerak dan beraktivitas sehari-hari dengan berbagai posisi. Keseimbangan tubuh yang baik juga bisa didapatkan dengan manfaat pull up bagi tubuh.

10. Meningkatkan fleksibilitas

Selain menjadikan tubuh lebih seimbang rutin melakukan olahraga plank juga dapat meningkatkan fleksibilitas sehingga tubuh dapat bergerak secara maksimal, lentur dan fleksibel. Hal ini juga dapat menjadi indikator apakah ada bagian tubuh yang mengalami cedera atau tidak dengan melihat kemampuan tubuh untuk bergerak secara fleksibel. Tubuh yang fleksibel juga bisa didapatkan dari manfaat olahraga guling lenting dan manfaat berenang.

11. Mengencangkan otot lengan, betis, dan kaki

Berbagai jenis olahraga biasanya melatih dan mengencangkan otot pada bagian tubuh tertentu. Demikian pula olahraga plank yang fokus pada beberapa bagian otot tertentu yaitu lengan, betis, dan kaki. Dengan rajin melakukan plank otot lengan, betis, dan kaki anda akan terlihat lebih kencang dan berisi.

12. Meminimalisir risiko cedera punggung dan tulang belakang

Gerakan olahraga plank terbilang cukup sederhana dibandingkan olahraga jenis lain namun efektif untuk menguatkan otot dan tulang punggung sehingga meminimalisir terjadinya cedera pada punggung dan tulang belakang.

13. Meningkatkan vitalitas tubuh

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Salah satunya olahraga plank yang terbilang mudah, murah, dan fleksibel. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dengan rajin melakukan plank vitalitas tubuh akan meningkat sehingga anda lebih bersemangat dan berenergi dalam beraktivitas. Vitalitas tubuh juga bisa didapatkan dari manfaat ginseng merah dan manfaat akar pasak bumi yang dikonsumsi secara teratur.


14. Membakar kalori dalam jumah cukup besar

Meskipun terlihat statis namun olahraga plank dapat membakar kalori dalam jumlah cukup besar. Menurut informasi bahkan olahraga plank dinilai lebih efektif membakar kalori dibandingkan melakukan sit-up. Pembakaran kalori di dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan manfaat lari ditempat dan manfaat olahraga skipping.

15. Mencegah osteoarthritis, nyeri otot, dan nyeri sendi

Faktor usia, cedera, kelebihan berat badan, atau aktivitas fisik pada bagian tubuh tertentu secara terus-menerus dapat menyebabkan timbulnya osteoarthritis, nyeri otot, atau nyeri sendi. Untuk itu sangat disarankan berolahraga salah satunya olahraga plank yang bermanfaat untuk mencegah atau meminimalisir timbulnya penyakit-penyakit ini. Meskipun tersedia banyak jenis obat yang dapat menangani atau meringankan osteoarthritis seperti manfaat obat mefinal, manfaat joint herbal, dan manfaat viostin ds namun tentu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Itulah diantara manfaat olahraga plank bagi kesehatan fisik dan mental jika dilakukan setiap hari secara rutin. Sangat mudah, murah, dan fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga. Mari jaga kesehatan diri dan keluarga kita.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga