33 Manfaat Lidah Buaya (#Teruji Klinis) : Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, lidah buaya bermanfaat untuk rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia.  Perlu diketahui lidah buaya dalam bahasa latin disebut Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer. Lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal dapat dijadikan sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh ataupun untuk bagian dalam tubuh seperti penyubur rambut, penyembuh luka, dan dijadikan untuk perawatan kulit.

lidah buayaManfaat lidah buaya sering kali dimanfaatkan sebagai bahan alternatif terhadap berbagai keluhan tubuh bagian dalam ataupun bagian luar. Semakin terkenalnya lidah buaya ini sampai membuat bangsa Mesir menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian.

Kandungan Zat Gizi Lidah Buaya per 100 gram

  • Energi (Kal) 4,00
  • Protein (g) 0,10
  • Lemak (g) 0,20
  • Serat (g) 0,30
  • Abu (g) 0,10
  • Kalsium (mg) 85,00
  • Fosfor (mg) 186,00
  • Besi (mg) 0,80
  • Vitamin C (mg) 3,476
  • Vitamin A (IU) 4,594
  • Vitamin B 1 (mg) 0,01
  • Kadar Air (g) 99,20

Manfaat Lidah Buaya

1. Meningkatkan Pencernaan

Sifat adaptogenik lidah buaya bermanfaat untuk pencernaan yang tepat. Ini memastikan penyerapan nutrisi lebih baik dan juga menghilangkan unsur-unsur berbahaya melalui ekskresi halus. Proses pencernaan yang sehat secara positif mempengaruhi pikiran dan tindakan Anda, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini menyembuhkan sindrom iritasi usus besar dan membuat sembelit, tumpukan, dan kondisi gastrointestinal lainnya merusak sistem Anda.

2. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Penggunaan gel lidah buaya juga menghancurkan tumor kanker secara efektif. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Immunopharmacology (1995), polisakarida lidah buaya mengandung beberapa makrofag efektif yang menghasilkan oksida nitrat dalam jumlah besar, yang memiliki potensi antitumor. Dalam naturopati, ada metode pencegahan kanker yang tak terhitung banyaknya dan berbasis lidah buaya telah terbukti menjadi salah satu yang paling berhasil. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa, bila digunakan sendiri, mungkin tidak terlalu efektif dalam kasus lanjut, jadi kombinasi ramuan seperti spirulina, cakar kucing, dan terapi seperti vitamin C intravena juga harus disertakan. Selalu disarankan untuk memulai pengobatan kanker setelah berkonsultasi dengan dokter.
Menyembuhkan Efek Samping dari Radioterapi.

3, Mengurangi Nyeri Radang Sendi

Lidah buaya terkenal karena sifat anti-inflamasinya yang menakjubkan yang bekerja langsung pada rasa sakit dan pembengkakan akibat arthritis. Jusnya juga sangat efektif dalam menenangkan pembengkakan dan pembengkakan yang berhubungan erat dengan arthritis. Sebenarnya, aplikasi topikal pada pembengkakan atau minum jus lidah buaya, keduanya menunjukkan hasil positif dalam menyembuhkan sakit artritis.

4. Meredakan Sakit Otot

Sifat anti-inflamasi lidah buaya membantu bekerja secara efisien pada sendi dan nyeri otot. Menerapkan gel lidah buaya secara topikal memudahkan peradangan pada persendian. Jus lidah buaya juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, sehingga merevitalisasinya. Dalam beberapa penelitian, telah dilaporkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi jus lidah buaya setidaknya selama dua minggu mengalami peningkatan signifikan dalam masalah peradangan. Namun, ini bekerja dengan efisien saat diet Anda mengandung lebih sedikit asupan daging merah, gula, susu, makanan gorengan, dan tepung putih.

5. Menyembuhkan Luka

Lidah buaya telah dianggap sebagai penyembuh alami sejak ditemukan ribuan tahun yang lalu. Jika digunakan secara eksternal, itu adalah pilihan terbaik untuk mengganti luka. Sebenarnya, dalam banyak kasus, terlihat bahwa lidah buaya bekerja seperti sihir, bahkan di ruang luka gawat yang paling serius sekalipun. Jus langsung menutup luka saat menarik aliran darah ke luka, sehingga meningkatkan proses penyembuhan luka. Dalam banyak penelitian, telah terbukti bahwa lidah buaya secara efektif mengobati korban luka bakar tingkat tiga dan mengembalikan kulit yang terbakar lebih cepat. Juga diketahui bahwa sejumlah besar gel lidah buaya dapat menyembuhkan luka tembak dan cedera jaringan.

6. Menyembuhkan Masalah Menstruasi

Ekstrak lidah buaya telah terbukti sebagai stimulan yang sangat baik dari rahim dan asupan jusnya sangat bermanfaat selama haid yang menyakitkan.

7. Mengurangi Mual

Mual dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, terkena virus atau flu, atau bahkan karena perawatan kemoterapi. Ada banyak obat-obatan buatan manusia untuk mual, namun saat ini para dokter juga meresepkan pilihan alami untuk perawatan. Seringkali, perasaan mual berasal dari gangguan di perut atau di saluran pencernaan. Jus lidah buaya sangat baik untuk perut yang sakit dan membuat Anda merasa lebih baik dengan membawa perasaan tenang ke seluruh tubuh. Ini secara tidak langsung membantu meringankan perasaan mual.

8. Mengurangi Kadar Gula Darah

Lidah buaya juga digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsinya memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi kadar gula darah. Hasil penelitian tentang efek lidah buaya pada model tikus diabetes menunjukkan bahwa ini berguna untuk pengobatan diabetes juga.

9. Mencegah Setres Oksidati

Gel lidah buaya kaya akan vitamin seperti vitamin B12, B1, B2, B6, dan vitamin A, E, dan C, dan niasin, dan asam folat. Vitamin ini dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh manusia dengan baik. Sistem pertahanan tubuh dijaga tetap utuh dengan asupan jusnya secara teratur dan dengan demikian mencegah Anda terkena dampak oksidatif yang berbahaya.

10. Menurunkan Kolestrol

Gel lidah buaya, bila digunakan secara internal, secara otomatis meningkatkan kualitas darah dan dengan demikian membantu menyeimbang ulang komponen lain di dalamnya seperti kolesterol dan glukosa. Ini secara efektif menurunkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida total. Blueberry juga kuat, agen penurun kolesterol dan Anda bisa membayangkan betapa hebatnya obat alami ini jika Anda menggabungkan blueberry dan lidah buaya.

11. Menyembuhkan Penyakit Gigi dan Gusi

Penyakit gigi dan gusi juga bisa disembuhkan dengan lidah buaya. Anda bisa mencoba obat alami ini di rumah; Letakkan beberapa bubuk lidah buaya di sikat gigi Anda, lalu sikat dengan normal. Bubuk lidah buaya akan menenangkan gusi Anda dan menyembuhkan segala jenis infeksi atau memar. Jus lidah buaya juga bisa membantu menjaga kesehatan gusi. Cukup kumur cairan di sekitar mulut Anda sebelum tertelan. Juga, cobalah untuk meningkatkan asupan vitamin D. Kedua ukuran ini akan cukup untuk membuat gusi Anda kembali dalam bentuk dalam beberapa bulan.

12. Meningkatkan Oksigenasi Darah

Oksigenasi darah bermanfaat untuk memasok CO2 (karbon dioksida) ke organ vital. Dalam beberapa penelitian, telah dilaporkan bahwa lidah buaya membantu oksigenasi darah. Namun, lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung potensi keuntungan ini.

13. Penunda Penuaan

Lidah buaya telah menjadi komponen utama dari banyak produk kulit yang membantu mempertahankan kemudaan melalui kulit yang lebih sehat. Dukungan tambahan dari lidah buaya dalam krim kulit meningkatkan fungsinya sebagai pewarna keriput dan peremajaan kulit. Sifat anti penuaan bekerja pada kulit dan membuatnya tetap segar, lentur, bebas kerut, dan cerah. Sifat lidah buaya membuatnya cepat menembus berbagai lapisan kulit, bahkan sampai ke otot-otot tubuh.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah buaya yang pertama dapat kita kategorikan untuk kesehatan tubuh manusia. Ia dapat digunakan untuk berbagai keluhan, baik dalam bagian luar atau bagian dalam tubuh manusia. Mengingat manfaat kesehatan memang sangat luar biasa maka masyarakat semakin beralih ke pengobatan alami dan alternatif. Jika kita rangkum dan dalami sebenarnya manfaat tanaman lidah buaya ini antara lain adalah sebagai berikut.


1. Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung asam ini 20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk  makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.

Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.


2. Sistem Imun Tubuh

Seperti halnya manfaat buah mahoni, jus lidah buaya juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dan berkontribusi dalam proses penuaan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Ketika kita meminum jus lidah buaya secara teratur, tubuh akan memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan kita agar lebih tahan terhadap penyakit.

3. Mengeluarkan Racun Tubuh/ detoksifikasi

Jus lidah buaya dapat menjadi pilihan yang alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia. Meningkatnya cara hidup tidak sehat seperti merokok, junk food, stress, dan polusi membuat kita membutuhkan ‘pembersihan’ berbagai racun yang terdapat dalam tubuh. Jus lidah buaya adalah cara yang ideal untuk melakukan hal ini karena mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh.

4. Menggurangi Berat Badan

Apa hubungannya lidah buaya dengan berat badan ? konsumsi jus lidah buaya akan membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisir oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.

5. Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan Kardiovaskular tidak terlepas dari masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak lidah buaya ke dalam darah, secara drastis ia meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Lidah buaya memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.

6. Sumber Asam Amino

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus lidah buaya mengandung 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.

7. Melawan Peradangan

Jus lidah buaya memiliki 12 zat yang berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan, dan keseluruhan dari zat tersebut tanpa risiko atau efek samping. Lidah buaya bahkan dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri sendi.

8. Membantu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi alami, jus lidah buaya dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Lidah buaya juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas.

9. Sumber Vitamin dan Mineral

Setiap hari tubuh kita membutuhkan beberapa vitamin dan mineral. Jus lidah buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah daftarnya :

  • Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E
  • Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

10. Membantu Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat ini marak terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Manfaat lidah buaya diantaranya dapat membantu penderita diabetes. Jus lidah buaya ini dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh. Ada studi yang telah dilakukan dan menunjukkan perbaikan kadar glukosa ketika pasien diabetes meminum jus lidah buaya.

Mengapa demikian ? setidaknya dalam lidah buaya terdapat 3 senyawa ini :

  • Lektin
  • Mannans
  • Anthraquinones


Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat lidah buaya yang paling populer di Indonesia adalah membantu kesehatan rambut dan kulit yang mungkin sering kita temukan dalam manfaat vitamin e.


1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk rambut rontok telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.

Peran lidah buaya di sini adalah untuk menghilangkan/memecah sebum dan sel mati yang terdapat pada kulit kepala, dan memungkinkan untuk pertumbuhan rambut lebih lanjut. Sifat alkalizing lidah buaya dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu ia juga dapat membantu rambut menjaga air dan kelembaban.


2. Anti-pruritus

Anti-pruritus adalah suatu sifat yagn dapat meringankan gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi dalam kulit kepala. Penyakit Pruritus dapat terjadi pada kulit termasuk kulit kepala tentunya. Psoriasis adalah penyakit auto-imun ditandai dengan produksi yang berlebihan dari sel-sel kulit. Sifat enzimatik lidah buaya memungkinkan untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan yang signifikan.


3. Anti Inflamasi/peradangan

Lidah buaya merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga kulit kepala dari inflamasi atau peradangan terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif dan rentan terhadap iritasi. Ada berbagai zat yang dapat melakukan hal ini seperti Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri.

4. Mengurangi Ketombe

Manfaat lidah buaya juga telah lama digunakan secara herbal oleh penduduk Indonesia untuk pengobatan ketombe. Ketombe mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit mati yang telah kita informasikan pada poin kedua. Namun ada beberapa penyebab lain dari ketombe seperti terdapatnya Malassezia danjamur lemak makan yang dapat hidup pada kulit kepala. Lidah buaya selain menghilangkan sel-sel kulit mati, ia juga memiliki sifat anti-jamur. Hal ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan asam, dan sifat alkalizing dari Aloe Vera akan menyebabkan jamur tidak dapat bertumbuh dengan baik

5. Conditioning

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk conditioning, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah sebagai gel pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel yang ada pada lidah buaya terdapat komposisi kimia yang mirip dari keratin, protein yang terjadi secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.

6. Mencegah rambut rontok

Menggunakan lidah buaya untuk shampo dan conditioner akan membantu menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok tentunya.

Rangkuman Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

  • Meredakan Kulit Kepala Gatal
  • Mengurangi Scalp Kemerahan & Peradangan
  • Menambahkan Kekuatan & Luster Rambut
  • Menyeimbangkan pH
  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
  • Menyembuhkan Kulit Kepala yang Terkena Psoriasis & Seborrhea
  • Mudah meresap pada rambut & Kulit Kepala sebagai nutrisi
  • Anti jamur properites meredakan Ketombe
  • Membantu Rambut Mempertahankan kelembaban & Mositure

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Selain untuk kesehatan dan untuk rambut, manfaat lidah buaya juga banyak digunakan utnuk kulit. Berikut adalah informasi yang dapat anda jadikan pedoman dalam memanfaatkan lidah buaya untuk kulit.


1. Melindungi dari sengatan sinar matahari

Gel lidah buaya mudah diserap oleh tubuh, bahkan sampai pada lapisan epitel kulit, yang membuatnya dapat dengan mudah melindungi dan memberi kelembaban pada kulit.

2. Sebagai pelembab

Gel lidah buaya sangat mudah diserap oleh kulit, bagi anda yang sering make up mungkin gel ini adalah aplikasi yang tepat sebelum melakukan make up.

3. Penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang mulai khawatir tentang penampilan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit. Lidah buaya mengandung antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

4. Mengurangi stretch mark

Stretchmark sering terjadi pada wanita yang melahirkan, dan membuatnya sangat menjengkelkan ketika memilikistretch mark. Gel lidah buaya dapat membantu menyembunyikan ini stretch mark dengan menyembuhkan luka-luka.

Pastinya anda sudah tidak ragu lagi dengan manfaat lidah buaya untuk rambut, kulit, dan kesehatan tubuh tentunya. Jadi mungkin anda sudah dapat berpikir untuk mulai memanfaatkannya.

,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan