6 Manfaat Senam Ritmik Bagi Kesehatan Tubuh

Senam ritmik atau yang juga dikenal dengan nama senam irama merupakan salah satu jenis olahraga senam yang menggunakan irama atau musik dalam setiap gerakannya. Setiap gerakan dalam senam ritmik sudah didesain sedemikian rupa hingga menghasilkan gerakan yang indah dan tertata rapi sesuai dengan irama atau musik sebagai pengiringnya. Senam ritmik ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa menggunakan alat sesuai dengan kebutuhan masing-masing. biasanya penggunaan alat atau tidak sudah ditentukan pada perlombaan senam ritmik. Alat yang biasanya digunakan dalam senam ritmik adalah pita, gada, bola, topi dan tongkat.

Penciptaan senam ritmik ini sebenarnya untuk lebih mengekplore hasrat dalam gerakan sehingga tidak monoton seperti senam sebelumnya. dalam pelaksanaannya, gerakan dalam senam ritmik ini tidak boleh terputus melainkan harus tetap berkesinambungan dari gerakan satu dengan gerakan lainnya namun harus tetap sesuai dengan iramanya. Sumber dari gerakan dalam senam ritmik ini bisa dari mana saja misalnya seni teater, seni musik, seni pertunjukan, seni sulap bahkan gerakan dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan utama dari senam ritmik ini adalah ayunan dari kaki dan tangan yang sangat lembut dan lihai.

artikel terkait manfaat senam:

Prinsip utama dalam setiap gerakan di senam ritmik adalah menuntut adanya keluwesan, kelenturan, fleksibilitas dan keseimbangan. Hal tersebut haruslah dimiliki oleh para atlet senam ritmik karena dalam senam ritmik terkadang terdapat gerakan yang sangat luwes seperti melipat badan dan meliuk-liukan tubuh. namun dalam hal ini harus teteap dipehatikan ketepatan dan keseimbangan sehingga antara gerakan dan irama yang mengirinya bisa serasi dan tepat.

Manfaat senam ritmik

Salah satu cabang olahraga senam yaitu senam ritmik ini merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diperlombakan. Bukan hanya menekankan pada gerakannya yang indah dan luwes saja namun senam ritmik juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. apa saja itu? Berikut ini adalah manfaat dari senam ritmik untuk kesehatan.

  1. Membakar lemak dan kalori

Seperti senam lainnya, dalam senam ritmik pun memiliki gerakan pemanasan dan pendinginan yang sangat penting. Dalam setiap gerakannya ini harus menggunakan keluwesan serta keseimbangan tubuh supaya gerakannya bisa indah dan lentur. Namun tidak jarang dalam gerakannya juga membutuhkan kelincahan dari para atlet senam ritmik sesuai dengan irama musik yang mengirinya. Dengan melakukan senam ritmik ini bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebihan dalam tubuh karena tubuh selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari gerakan satu ke gerakan lainnya.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk psikismanfaat olahraga untuk andak SD

  1. Membantu menurunkan berat badan

Sebenarnya semua jenis senam sangat baik dalam proses menurunkan berat badan termasuk senam ritmik. Terlebih lagi senam ritmik harus membutuhkan gerakan yang lincah, lentur namun tetap lembut sehingga berat badan para atlet memang harus dijaga supaya tetap seimbang. Gerakannya ini akan memicu penurunan berat badan namun akan membuat tubuh anda menjadi ideal alias tidak kurus dan tidak gemuk.

artikel terkait: manfaat olahraga unuk anak usia dini manfaat warming up sebelum olahraga

  1. Memperbaiki bentuk tubuh

Karena gerakannya yang sangat luwes dan lincah, maka orang yang melakukan senam ritmik ini biasanya akan memiliki bentuk tubuh yang langsing yang banyak menjadi idaman banyak orang. hal ini dikarenakan otot-otot tubuh menjadi lebih kencang terutama pada bagian perut, paha, lengan dan pinggul. Bentuk badan yang proporsional ini akan menunjang penampilan senam ritmik.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi wanitamanfaat olahraga untuk awet muda

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Senam ritmik merupakan jenis senam dimana dalam setiap gerakannya akan mengikuti irama musik yang mengirinya. Ini berarti jika musik pelan maka gerakan akan menjadi pelan yang diikuti denga gerakan yang mengandalkan keluwesan tubuh serta keseimbangan yang cukup. namun jika irama musik cukup cepat maka akan membuat gerakan juga menjadi lincah. Hal ini ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakannya seimbang antara pelan dan cepat. Jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan lincah dan sebaliknya. oleh karena itu biasanya orang yang melakukan senam ritmik akan memiliki kesehatan jantung yang baik.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diabetesmanfaat olahraga bersepeda bagi wanita

  1. Menyeimbangkan tubuh

Beberapa bagian organ tubuh yang kurang seimbang juga bisa diperbaiki dengan melakukan senam ritmik ini. senam ritmik dengan irama musik sebagai pengiringnya akan membuat gerakan yang terstruktur sehingga tubuh menjadi lebih seimbang.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk dietmanfaat olahraga angkat barbel

  1. Menyehatkan mental

Senam ritmik bukanlah senam pada umumnya namun anda harus menghayati irama musik yang mengiringi senam supaya gerakan bisa luwes dan seimbang. Oleh karena itu musik juga akan membuat mental menjadi lebih sehat dan siap karena memiliki efek relaksasi.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk kulitmanfaat olahraga bagi tulang

Itulah enam manfaat dari senam ritmik. Tentu saja masih ada manfaat lainnya yang tidak dipaparkan dalam artikel ini. pada intinya senam ritmik itu baik untuk kesehatan tubuh selama dilakukan dengan cara yang benar.

Tahapan Gerakan Senam Ritmik

  • Pemanasan

Gerakan pemanasan wajib dilakukan karena manfaatnya adalah dapat mempersiapkan tubuh baik secara fisik maupun mental untuk melakukan tahapan gerakan selanjutnya. gerakan pemanasan ini biasanya meliputi gerakan geleng kepala, merentangkan tangan, jalan di tempat dan gerakan pemanasan pada umumnya. Dengan pemanasan ini juga bisa meminimalisir terjadinya kejang otot dan sendi.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk jantungmanfaat olahraga ice skating

  • Inti

Gerakan inti pada senam ritmik ini sesuai dengan irama musik yang mengiringinya bisa lembut atau lincah. Namun gerakannya biasanya seperti melipat badan, melompat, memutar badan dll sehingga sangat diperlukan keluwesan serta keseimbangan tubuh. manfaat dari gerakan inti ini adalah untuk melatih kelenturan otot tubuh, mengkoordinaskan otot-otot tubuh menjadi lebih baik, serta melatih kelincahan tubuh.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk otakmanfaat olahraga untuk lansia

  • Pendinginan

Setelah adanya pemanasan dan inti seperti pada jenis senam lainnya di dalam senam ritmik juga diakhiri dengan gerakan pendinginan. Gerakan pendinginan ini juga penting karena setelah tubuh melakukan gerakan yang lincah dan mungkin membuat otot menjadi tegang harus dilenturkan kembali dengan gerakan pendinginan. Gerakan ini biasanya meliputi menurunkan tangan secara perlahan dan menghembuskan nafas panjang. manfaat dari gerakan pendinginan ini adalah untuk membuat nafas menjadi lancar kembali, melenturkan otot dan mendinginkan suhu tubuh supaya menjadi lebih rileks.

artikel terkait: manfaat olahraga guling lentingmanfaat olahraga teratur

Demikian ulasan mengenai manfaat senam ritmik yang perlu anda ketahui.  Ternyata manfaatnya ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mental.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga