22 Manfaat Olahraga Sepak Bola Bagi Kesehatan dan Sosial Masyarakat

Manfaat olahraga sepak bola tidak hanya baik bagi kesehatan melainkan juga memiliki makna sosial yang sangat tinggi. Olah raga sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Hampir semua kalangan menyukai sepak bola. Sepak bola sendiri merupakan permainan olahraga dengan dua tim yang masing-masing tim-nya beranggotakan 11 orang. Para pemain menggunakan kaki untuk menendang sebuah bola sampai ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan di lapangan terbuka di atas rumput. Tim yang mencetak gol paling banyak maka merekalah pemenangnya.

Sepak bola sendiri awalnya dikenal sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di China. Pada waktu itu permainannya berupa menggiring bola kulit dan menendangnya ke sebuah jaring kecil. Selain itu di Jepang dikenal juga permainan yang serupa yaitu bernama Kemari. Sedangkan di Italia dikenal juga permainan menendang bola pada abad ke-16.

Sepak bola modern kemudian mulai berkembang di Inggris. Mereka menetapkan peraturan dasar dalam permainan sepak bola. Namun dalam pelaksanaannya sering terjadi kekerasaan saat bertanding sehingga sempat dihentikan. Pada tahun 1800-an, olahraga sepak bola disebarkan oleh berbagai kalangan seperti pelaut, pedagang, tentara Inggris ke berbagai negara. Organisasi sepak bola dunia kemudian didirikan pada tahun 1904 dengan nama FIFA. Setelah itu berbagai kompetisi sepak bola dipertandingkan di berbagai negara.

Manfaat Sepak Bola bagi Kesehatan

Sepak bola merupakan olahraga yang memberikan dampak besar bagi masyarakat karena kepopulerannya. Jadi manfaat yang diberikan juga cukup banyak tidak hanya pada pemain dalam pertandingan sepak bola namun juga pada masyarakat dan industri sepak bola. Bagi yang senang bermain sepak bola pasti sudah tahu bahwa sepak bola layaknya olahraga lainnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat sepak bola bagi kesehatan yaitu:

  • Cardiovascular dan Kesehatan jantung

Pemain sepak bola, kecuali kiper, akan bergerak ke depan dan ke belakang lapangan selama pertandingan. Mereka seperti berlari dan berjalan sejauh 5 sampai dengan 7 mil selama pertandingan penuh. Berjalan, jogging dan berlari akan membantu pemain bola menjaga detak jantung, menjadikan latihan cardiovascular. Latihan cardio membantu pemain untuk memperkuat jantungnya, menghindari plak yang ada di arteri, mengurangi tekanan darah dan membakar kalori. Kiper juga melakukan latihan cardio dengan bergerak di area gawang. Tambahannya kiper juga berlatih sekeras pemain lainnya selama latihan. Pada penelitian tahun 2010 di Denmark, wanita yang bermain sepak bola selama 14 minggu meningkat kesehatan cardio-nya 15%.

  • Kekuatan

Otot dan tulang akan semakin kuat dengan gerakan-gerakan yang dilakukan dalam permainan sepak bola, misalnya berlari, melompat, dan menendang bola. Menggerakkan kaki selama 90 menit akan melatih otot kaki kita. Tak hanya itu, tubuh bagian atas dan otot lengan juga ikut bekerja dan membantu pergerakan tubuh seperti menendang, melompat, tackling dan blocking. Tambahannya, tubuh bagian dada juga ikut bergerak mengolah bola.

  • Keuntungan kognitif

Dalam pertandingan sepak bola, pemain tidak hanya menggerakkan fisik mereka namun juga menggunakan otak mereka. Sepak bola dapat menjadi permainan cepat yang akan melatih pikiran kita untuk membuat keputusan cepat di lapangan. Bahkan saat tempo permainan lambat, para pemain masih berpikir untuk mencari peluang-peluang dalam menempatkan dan menendang bola atau menentukan posisi dirinya sendiri. Bermain sepak bola sama seperti bermain catur namun lebih aktif.

  • Pertimbangan

Saat bermain sepak bola, cidera sangat sering terjadi. Kita tentu sering melihat para pemain yang harus berguling-guling di lapangan dan ditandu keluar lapangan. Jadi pemain sepak bola perlu meminimalkan risiko mereka sehingga tidak mudah cidera. Para pemain sepak bola sebaiknya menggunakan alat pelindung seperti sepatu khusus, shin pads, dan sarung tangan untuk kiper. Pemain sepak bola pria juga perlu untuk memakai alat pelindung atau protective cups. Selain itu pemain sepak bola perlu mempersiapkan diri sebelum bertanding yaitu dengan melakukan pemanasan dan meminum air non-sugar.

Manfaat Sepak Bola dalam Masyarakat


Manfaat sepak bola bagi kesehatan mungkin sudah cukup terkenal, bagaimana dengan manfaatnya secara sosial ? Permainan sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer. Kita bisa melihat berbagai liga sepak bola yang ditayangkan di televisi. Kita juga bisa melihat para suporter sepak bola yang menggebu-gebu membela tim kesayangannya. Kita bisa melihat besarnya gaji para pemain sepak bola populer seperti Christiano Ronaldo. Jadi sepak bola bukanlah olahraga yang biasanya. Karena kepopulerannya olahraga sepak bola menjadi olahraga yang dapat berpengaruh ke berbagai bidang kehidupan masyarakat. Beberapa manfaat sepak bola dalam masyarakat antara lain:

  • Menjadi sumber lapangan kerja

Dalam pertandingan sepak bola terutama kompetisi yang besar maka banyak orang yang terlibat di dalamnya, dan itu bisa menjadi sumber lapangan kerja. Sebuah tim sepak bola juga terdiri dari sekelompok orang, tak hanya pemain saja tapi juga pelatih, manajer, asisten, dan lain-lain. Di samping itu saat pertandingan sepak bola dimulai maka ada para pedagang yang juga mendapatkan lapangan pekerjaan. Mereka menjual berbagai pernak-pernik yang berkaitan dengan sepak bola, misalnya kaos, topi, sticker, dan lain-lain. Tak hanya pedagang aksesoris sepak bola, pedagang makanan dan minuman juga akan mendapatkan pekerjaan tambahan saat ada pertandingan sepak bola dengan banyak penonton.

  • Hiburan rakyat

Sepak bola merupakan salah satu hiburan bagi masyarakat. Pertandingan sepak bola bisa disaksikan langsung di stadion atau melalui siaran televisi. Masyarakat mendapatkan hiburan dari pertandingan sepak bola tersebut terutama di negara-negara yang sepak bola memang sangat populer seperti halnya di Indonesia. Selain dapat menonton gratis di televisi atau layanan online, harga karcis atau tiket untuk melihat pertandingan sepak bola juga tidak mahal. Jadi masyarakat bisa menonton sepak bola sebagai hiburan, terlepas mereka adalah suporter salah satu tim atau hanya ingin menonton saja.

  • Ladang bisnis

Sepak bola saat ini memang tidak murni menjadi olahraga saja tapi sudah menjadi ladang bisnis. Kepopuleran sepak bola membuat banyak orang ingin berinvestasi di dalamnya. Klub-klub sepak bola ternama berharga sangat mahal dan dimiliki oleh orang-orang yang kaya. Di baju pemain sepak bola sendiri kita sering melihat berbagai sponsor, begitu juga di sekeliling lapangan. Ada banyak pihak yang ingin menjadi sponsor dalam pertandingan sepak bola. Bagi pihak televisi, siaran sepak bola juga dapat mendatangkan trafik penonton sehingga akan mendapatkan keuntungan dari iklan yang juga ingin ditampilkan di sela-sela acara pertandingan sepak bola.

  • Menumbuhkan semangat nasionalisme

Sepak bola bisa menjadi pemicu timbulnya nasionalisme dalam diri masyarakat. Misalnya saat ada pertandingan dengan negara lain maka masyarakat secara otomatis akan membela atau menjadi pendukung tim nasional dari negaranya sendiri. Meskipun kadang penonton sering mengkritik jalannya pertandingan namun masih ada rasa untuk membela timnas dari negara sendiri. Saat timnas menang maka masyarakat dari negara tersebut akan ikut senang dan merayakannya. Para penonton yang mungkin berbeda partai politik, agama, dan suku bisa larut dalam pertandingan sepak bola dengan semangat nasionalisme yang mereka miliki.

Sepak bola memang memberikan berbagi manfaat positif baik dari segi kesehatan ataupun dalam berbagai bidang lainnya. Selain memberikan dampak positif, sepak bola juga memiliki sisi negatif yang tak bisa dipungkiri. Misalnya saja suporter sepak bola yang kadang berbuat onar, organisasi sepak bola yang berorientasi pada keuntungan daripada olahraga sepak bolanya sendiri, pemain yang tidak dibayar, stadion yang kotor, dan lain-lain.

Kita sebagai masyarakat perlu memandang sepak bola sebagai olahraga yang mampu menumbuhka semangat kebangsaan. Olahraga sepak bola juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi kita bisa melakukan olahraga sepak bola untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan melatih kerja sama dengan rekan satu tim.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga