6 Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi Kesehatan Wanita

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati. Terlebih jika anda melakukannya dengan rutin, maka bersepeda akan membawa dampak positif bagi tubuh anda. Bagi wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, ini merupakan alternatif untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna. Manfaat bersepeda secara umum yang dapat dirasakan, meliputi :

  • Menghilangkan stres

Saat kita mengayuh sepeda, terjadi gerakan yang stabil dan berirama. Hal ini menjadikan tubuh kita relax dan dapat menstabilkan sistem metabolisme tubuh.

  • Menyehatkan Jantung

Bersepeda secara rutin dapat melatih kekuatan jantung. jantung akan bekerja lebih baik jika terus dilatih seperti saat bersepeda. Jika jantung sehat, maka peradaran darah dalam tubuh akan lancar, dan tubuh anda akan menjadi bugar.

Solusi kesehatan jantung juga diperoleh dari :

  • Mengurangi Polusi Udara

Jika untuk aktivitas sehari-hari kita menggunakan sepeda, polusi udara akan berurang karena pengguna kendaraan bermotor pun berkurang,

  • Sakit Punggung dan Penyakit Tulang Belakang akan Teratasi

Bersepeda dapat membuat kekuatan tulang terjaga. Saat bersepeda, otot-otot tulang belakang akan menjadi kuat dan kita akan terhindar dari penyakit tulang.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan bersepeda secara rutin, imunitas kita akan terjaga sehingga terhindar dari virus dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Manfaat bersepeda bagi wanita

Adapun Manfaat bersepeda bagi kesehatan wanita, diantaranya :

1. Membentuk Otot-otot pada Kaki

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap wanita mengidamkan kaki jenjang dan tubuh yang ideal. Hal ini dapat diperoleh dengan rutin bersepeda. Otot-otot kaki akan terbentuk dan kaki akan menjadi ramping dan jenjang.

2. Membakar Kalori

Kini tidak perlu repot-repot diet yang menyusahkan. Cukup rutin bersepeda, kalori di tubuh anda akan terbakar. namun hal ini dapat terjadi dengan catatan saat bersepeda anda menggunakan kecepatan kira-kira 22 Km/jam selama satu jam. Menurut penelitian para ahli, hal tersebut dapat membakar kalori sebesar 488 kalori. Jika rutin, anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

3. Mengurangi Nyeri pada Saat Haid

Terdapat banyak sekali wanita yang merasakan nyeri pada saat haid. Nyeri pada saat haid dapat diatasi dengan olahraga secara teratur, salah satunya adalah bersepeda. Tidak hanya mengencangkan otot kaki, bersepeda juga dapat mengencangkan otot perut dan punggung. Para remaja yang telah memasuki masa haid dan orang dewasa yang belum monopouse, sebaiknya melakukan aktivitas bersepeda secara rutin untuk mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

4. Mengencangkan Kulit

Bersepeda dapat membuat kulit anda kencang dan terbebas dari keriput. Selain itu anda akan terus terlihat awet muda.

Solusi kecantikan kulit lainnya :

5. Meningkatkan Mood

Telah kita ketahui bersama bahwa wanita adalah makhluk yang sering berubah-ubah moodnya. Untuk meningkatkan mood salah satu caranya anda dapat bersepeda, karena olahraga yang satu ini dapat digunakan untuk mencari kesenangan. Selain itu bersepeda juga baik untuk kesehatan mental, hal ini akan membuat mood anda stabil.

6. Dapat Membentuk Pinggang yang Ideal

Jika rutin bersepeda, pinggang anda akan akan kencang sehingga tubuh anda akan terlihat seksi.

Tips Aman Bersepeda

Banyak sekali bukan manfaat bersepeda bagi kebugaran tubuh anda? Agar manfaat tersebut optimal, jangan lupakan faktor keamanan pada saat bersepeda. Perhatikan tips aman berikut:

  • Pastikan semua komponen sepeda anda berada dalam kondisi baik. Jika salah satu komponen sepeda tidak dalam keadaan baik, hal tersebut tentu akan menimbulkan masalah.
  • Kenakan alat pengaman seperti helm, pelindung siku dan lutut. Ketiga bagian tersebut adalah bagian yang paling rentan terluka ketika kita terjatuh. Dengan menggunakan pengaman, kita dapat meminimalisir resiko terluka tersebut.
  • Perhatikan etika ketika bersepeda. Saat anda berada dalam jalan yang tidak tersedia trek untuk bersepeda, jangan menyerobot hak para pejalan kaki.