17 Manfaat Senam Aerobik Untuk Orang Kurus dan Stamina Tubuh

Walau memiliki badan yang tergolong kurus, bukan berarti orang tersebut tidak membutuhkan olahraga, sebab latihan tetap dibutuhkan supaya orang kurus bisa menambah berat badannya menjadi lebih proporsional. Dibandingkan minum obat atau cara menambah berat badan yang berbahaya, olahraga menjadi pilihan paling benar untuk menambah berat badan tersebut dan salah satunya adalah senam aerobik. Senam aerobik merupakan rangkaian dari gerakan yang dikombinasikan dengan lagu atau musik dengan durasi tertentu. Senam aerobik berguna untuk meningkatkan detak jantung dan juga mengaktifkan banyak otot dalam tubuh. Senam aerobik sendiri sudah terkenal sejak lama di Amerika Serikat, akan tetapi baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1980 yang dikenal masyarakat tanah air sebagai aktivitas kebugaran dan kini kian populer di berbagai kalangan mulai dari yang muda sampai tua. Tujuan utama dari senam aerobik adalah untuk meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh jaringan tubuh dengan cara kombinasi gerakan serta irama musik dalam durasi tertentu. Tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, ternyata ada banyak manfaat senam aerobik untuk orang kurus yang bisa didapatkan jika dilakukan dengan teratur, berikut ulasan selengkapnya.

Artikel terkait:

  1. Membentuk Tubuh

Dalam senam aerobik membutuhkan kelincahan dan juga stamina sehingga akan banyak energi yang keluar. Senam aerobik ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga membentuk tubuh supaya terlihat lebih ideal. Bentuk tubuh yang ideal sangat dibutuhkan orang yang terlalu kurus khususnya para wanita.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otot

Senam aerobik juga berguna untuk meningkatkan perkembangan pembuluh darah mikroskopik sehingga jumlah oksigen dalam otot akan terpenuhi dan akhirnya akan menurunkan resiko limbah metabolisme otot seperti asam laktat. Meningkatnya kesehatan dan masa otot secara otomatis juga menambah berat badan anda dan tubuh terlihat lebih berisi serta ideal.

  1. Meningkatkan Aliran Darah ke Jantung

Senam aerobik juga berguna untuk meningkatkan aliran darah menuju jantung sehingga bisa membantu kerja jantung sekaligus merileksasi tubuh. Meningkatnya aliran darah ke jantung juga akan melancarkan kinerja berbagai organ di dalam tubuh seperti pencernaan, yang akhirnya membuat nafsu makan stabil dan anda bisa mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Melakukan senam aerobik akan mengeluarkan keringat yang lumayan banyak dari tubuh sehingga sangat baik untuk kesehatan seperti memperlambat proses penuaan dini. Melakukan senam aerobik secara rutin akan mengurangi berbagai tanda penuaan dan menunda proses penuaan tersebut.


  1. Meningkatkan Stamina

Meskipun bertubuh kurus dan tidak ada tumpukan lemak di dalam tubuh, namun orang kurus juga seringkali merasa letih dan lelah sesudah beraktivitas sehari hari. Senam aerobik sangat baik dilakukan untuk lebih meningkatkan stamina tubuh sehingga bisa lebih berenergi dan tidak mudah letih untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai keperluan anda.

  1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Terlalu lelah beraktivtas terkadang membuat orang sering mengabaikan daya tahan tubuh yang semakin berkurang termasuk pada orang kurus. Untuk menjaga kestabilan daya tahan tubuh, salah satu yang bisa anda lakukan adalah senam aerobik dengan teratur. Senam ini menjadi pilihan terbaik karena tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Daya tahan tubuh yang bertambah, tentunya juga berpengaruh terhadap kesehatan menyeluruh tubuh dan terhindar dari badan yang terlalu kurus.

Artikel terkait:

  1. Membersihkan Ateri

Pembuluh darah arteri sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Gerakan yang ada dalam senam aerobik sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Apabila kadar kolesterol jahat terlalu banyak, maka berbagai penyakit kronis bisa timbul dan untuk menghindari hal ini, maka senam aerobik perlu dilakukan secara teratur.

  1. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Senam aerobik juga menjadi kegiatan yang cocok dilakukan untuk meningkatkan sistem pernafasan khususnya bagi anda yang bertubuh kurus dan mudah merasa lelah. Melakukan senam aerobik secara teratur akan meningkatkan aliran oksigen dan mengembalikan fungsi pernafasan dalam tubuh anda.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Apabila senam aerobik dilakukan dengan latihan ringan khususnya pada orang berbadan kurus, maka ini akan meningkatkan nafsu makan karena aliran darah akan berjalan dengan lancar di sekitar area perut. Dengan meningkatnya nafsu makan, maka secara otomatis berat badan akan bertambah secara bertahap.

  1. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Melakukan senam aerobik dengan teratur juga berdampak positif pada kesehatan kulit. Tampilan kulit akan terlihat semakin kencang sebab keringat yang keluar juga sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Berbagai kotoran yang keluar dari dalam tubuh akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.

  1. Mengatasi Susah Tidur

Senam aerobik juga bisa menjadi solusi untuk anda yang kesulitan tidur atau insomnia. Mengalami kesulitan tidur akan membuat banyak energi terbuang sehingga orang yang berbadan kurus juga akan semakin kehilangan berat badan. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan aerobik secara teratur supaya bisa tidur lebih nyenyak.

  1. Menjaga Kesehatan Paru Paru

Aliran oksigen lancar diperlukan juga untuk menjaga kesehatan paru paru. Senam aerobik yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan kinerja pernafasan sekaligus menjaga kesehatan organ paru paru anda.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Depresi

Gerakan yang dilakukan bersama musik akan membuat tubuh semakin bersemangat sekaligus memacu hormon endorfin sehingga perasaan senang bisa ditingkatkan. Suasana hati yang baik akan mencegah depresi penyebab badan bertambah kurus.

  1. Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit

Memiliki sistem kekebalan tubuh baik, peredaran darah yang lancar dan juga kesehatan tubuh membuat seseorang jauh dari berbagai macam penyakit berbahaya akibat radikal bebas. Keringat yang banyak keluar dari tubuh sekaligus juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga menurunkan resiko kolesterol tinggi, kanker, stroke dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Organ otak juga memerlukan asupan oksigen cukup supaya otak bisa bekerja dengan baik. Apabila suplai oksigen ke otak menurun, maka fungsi kognitif juga ikut menurun. Melakukan senam aerobik dengan rutin akan meningkatkan memori dan juga kapasitas dengan baik.

  1. Meningkat Kualitas Hidup

Beberapa manfaat baik dari senam aerobik untuk tubuh tentunya akan meningkatkan kualitas hidup sehingga lebih umur panjang. Berlatih senam aerobik dengan teratur membantu seseorang untuk hidup lebih lama karena jauh dari berbagai penyakit berbahaya, paru paru yang sehat, stress berkurang dan juga lebih merasa nyaman.


  1. Mencegah Osteoporosis

Salah satu penyakit yang menyerang tulang yakni osteoporosis juga bisa dihindari dengan melakukan senam aerobik secara teratur. Tidak hanya orang yang berbadan gemuk atau obesitas saja yang rentan terhadap penyakit tulang, akan tetapi orang yang berbadan kurus juga dapat terkena osteoporosis tersebut.

Artikel terkait:

Manfaat senam aerobik untuk orang kurus bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan stamina tubuh sekaligus menambah berat badan karena bertambahnya nafsu makan serta masa otot pada pelaku senam aerobik tersebut. Pastikan anda melakukan senam aerobik dalam porsi yang tepat sehingga hasil yang dicapai bisa memuaskan.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga