8 Manfaat Olahraga Angkat Besi Bagi Tubuh

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh sehat. Olahraga dapat dilakukan dengan berbagai macam bentuk dan cara. Salah satu olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubu yaitu olahraga angkat besi. Olahraga angkat besi tidak hanya bermanfaat jika dilakukan oleh kaum pria, tetapi bagi kaum wanita juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika mendengar olahraga angkat besi jangan langsug berpikiran bahwa olahraga tersebut hanya diperuntukkan bagi kaum pria yang ingin menjadikan bentuk tubuhnya berotot. Memang salah satu manfaat olahraga angkat besi yaitu membentuk tubuh tetapi tidak harus yang berotot, tergantung teknik melakukannya.

Olahraga angkat besi dilakukan untuk membentuk tubuh yang dimaksud yaitu ketika kaum pria menghendaki berotot maka bisa dilakukan dengan teknik tertentu. Begitu juga dengan kaum wanita yang ngin membentuk tubuh yang ideal tanpa berotot, maka bisa juga dilakukan dengan teknik tertentu yang berbeda teknik dengan yang dilakukan oleh kaum pria. Datang saja ketempat fitnes maka akan ada pemandu yang memberikan arahan dan teknik melakukannya. Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut :

1. Membakar lemak tubuh 40% lebih banyak

Olahraga angkat besi mempunyai keunggulan yaitu bisa membakar lemak tubuh 40% lebih banyak dari olahraga lainnya. Bagi yang ingin melakukan diet, olahraga angkat besi merupakan alternatif yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan yang akan dilakukan dengan proses pembakaran lemak yang terjadi akibat olahraga angkat besi yang dilakukan. Pada sebuah penelitian telah dibuktikan kepada ketiga responden yaitu penelitian pada orang yang akan melakukan diet.

Orang pertama melakukan diet tanpa olahraga, orang kedua dengan melakukan senam aerobik sebanyak 3 hari dalam seminggu, sementara orang ketiga melakukan diet dan melakukan olahraga angkat besi. Hasilnya semuanya mengalami penurunan berat badan dengan rata-rata 9,5 kg. orang ketiga berhasil menurunkan 3 kg lebih banyak dari orang pertama dan orang kedua, sehingga olahraga angkat besi bisa membakar lemak tubuh 40% lebih banyak.

2. Membakar kalori lebih banyak

Kalori yang ada didalam tubuh kita yang dihasilkan dari makanan serta ketika kita tidak melakukan aktifitas apapun akan menumpuk. Ketika kita melakukan olahraga agkat besi maka kalori tersebut akan digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki serat-serat otot yang tengah dibentuk akibat melakukan olahraga. Kalori dalam tubuh akan terbakar dengan baik sehingga tubuh akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Memperindah bentuk tubuh

Menurut sebuah penelitian tubuh manusia akan kehilangan otot sebanyak 10% pada usia 30-50 tahun, dan akan diisi dengan dan diganti dengan tumpukan lemak. Pada saat usia manusia mencapai 60 tahun maka otot akan hilang 2 kali lipat yaitu mencapai 20%, sehingga tubuh akan ditambah lemak sebanyak 20%. Lemak akan mengakibatkan tubuh menjadi gemuk, tidak hanya itu ini juga akan mengakibatkan pinggul membesar sehingga tubuh tidak lagi ideal.

Untuk mencegah terjadinya tersebut maka olahraga angkat besi akan sangat membantu menghilangkan lemak-lemak yang ada didalam tubuh, serta menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal serta semakin terbentuk indah.

4. Memperkuat tulang

Sering dengan bertambahnya umur, tulang manusia juga semakin menyusut dan keropos. Hal ini terjadi maka akan mengakibatkan cidera tubuh. Olahraga angkat besi akan menjadikan tulang lebih kuat dan membantu memadatkan tulang kembali sehingga tulang anda akan tetap kuat dan tidak keropos sehingga tidak mengalami cidera tubuh yang bisa berakibat pada kematian.

5. Menjaga kadar gula agar tetap normal

Latihan angkat hanya menghilangkan kadar lemak di dalam tubuh, tetapi juga bisa menjaga agar kadar gula di dalam tubuh tetap normal. Latihan angkat besi akan menjadikan tubuh lebih sensitif terhadap hormon insulin sehingga kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

6. Memudahkan program diet

Olahraga angkat besi merupakan olahraga yang dapat mempermudah program diet, karena olahraga angkat besi dapat 2 kali lebih efektif membakar lemak serta menggunakan kalori didalam tubuh sehingga lemak yang ada didalam tubuh akan terbakar lebih banyak dengan melakukan olahraga angkat besi.

7. Meningkatkan stamina

Melakukan olahraga angkat besi akan membuat jantung anda lebih terlatih sehingga jika anda bisa melakukan olahraga angkat besi secara teratur maka stamina tubuh anda akan semakin meningkat. Stamina tubuh lebih meningkat karena jantung telah terlatih bekerja lebih kuat sehingga anda tidak akan merasa cepat lelah.

8. Membuat otot semakin kuat

Olahraga angkat besi akan melatih otot bekerja lebih kuat dengan beban yang dibawanya. Otot yang bekerja dengan beban lebih maka akan terbiasa mengangkat beban sehingga otot akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah cidera.

Demikian beberapa manfaat olahraga angkat besi. Ternyata olahraga angkat besi bukan hanya diperuntukkan bagi kaum pria yang ingin menjadikan tubuhnya berotot tetapi bagi kaum wanita juga mempunyai banyak manfaat. Jadi hilangkan pikiran kita tentang olahraga angkat besi yang hanya bisa menjadikan tubuh berotot, karena manfaatnya jauh lebih banyak yang lainnya.

Sejumlah olahraga lainnya yang baik untuk dilakukan :