22 Manfaat Parkour bagi Kesehatan

Anda tentunya sudah mengerti apa itu parkour bukan? Parkour atau yang terkadang disebut  l’art du déplacement (seni gerak) merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim yang perlu memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Parkour adalah kegiatan berpindah tempat dengan seni gerak tubuh yang dilakukan seefektif dan seefisien mungkin. Traceur adalah sebutan orang yang melakukan parkour. Di dalam parkour terdapat beberapa teknik gerakan yaitu Presision Jump, Wall Climb, Vault, Back Flip, Front Flip, Wall Flip, Wall Splin, Roll, dan Cat Leap. Selain itu parkour juga memiliki manfaat bagi pelakunya lho. Apa saja manfaatnya, mari simak penjelasan di bawah ini. (baca juga: manfaat olahraga , Manfaat Olahraga Paintball)

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang pertama yaitu kesehatan jantung. Olahraga yang memerlukan banyak tenaga ini dapat melatih fungsi kerja jantung. Detak jantung akan lebih normal dan aliran darah semakin lancar. Jantung yang terbiasa dengan aktivitas aktif akan lebih stabil kinerjanya. (Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Jantung)

  1. Menyehatkan badan

Parkour adalah salah satu jenis olahraga. Sudah barang tentu bahwa olahraga akan memberikan dampak yang positif pada tubuh terutama untuk menjaga kesehatan. Tak hanya park our, tetapi manfaat fitnes juga dapat menyehatkan badan. (Baca Juga:  Manfaat Badan di Kop , Manfaat Badan Diurut)

  1. Mengeluarkan za-zat racun

Zat-zat racun dapat kita keluarkan melalui keringat. Olahraga yang sangat banyak membutuhkan tenaga ini akan mudah membuat tubuh menjadi berkeringat. Sehingga tubuh dapat tehindar dari pengaruh negatif racun yang ada di dalam tubuh. Selain olahraga manfaat air putih juga dapat menghilangkan racun. (Baca Juga: Mengeluarkan Racun dalam Tubuh)

  1. Melenturkan otot tubuh

Banyaknya gerakan yang tidak biasa, melatih tubuh kita agar mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi yang ada. Otot menjadi terbiasa untuk melakukan berbagai aktivitas gerakan dan menjadikan badan terasa lebih rileks. (Baca Juga: Manfaat Whey Protein )

  1. Melatih daya fokus otak

Parkour menuntut para traceur untuk dapat melakukan setiap gerakan secara tepat dan akurat. Sedikit fokus yang kita lakukan dapat mejadikan gerakan menajdi tidak sempurna bahkan mengalami cidera. Melalui gerakan dalam olahraga ini, otak dilatih agar dapat terfokus pada masalah yang sedang dihadapi. Hal ini melatih kita untuk fokus pada tujuan yang ingin kita capai. Parkour termasuk olahraga yang dapat dimanfaatkan sebagai manfaat olahraga untuk otak, karena olahraga ini dapat mengatur daya fokus otak. (Baca Juga: Manfaat Bermain Piano Baik Bagi Otak)

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Pecaya diri artinya yakin bahwa kita mampu. Parkour mengajarkan bahwa untuk mencoba sebuah tantangan yang besar harus disertai keyakinan bahwa diri mampu untuk melakukannya. (Baca Juga: Manfaat Memiliki Harga Diri)

  1. Memperkuat tulang dan otot

Gerakan parkour seperti melompati gedung-gedung, berlari dan sebagainya memerlukan kekuatan otot yang baik. Olahraga parkour bukanlah olahraga ringan yang sepele. Semakin sering melakukan olahraga ini maka otot dan tulang akan terbiasa untuk melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga besar. (baca juga: manfaat jogging bagi kesehatan)

  1. Membentuk tubuh

Besarnya kalori yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas ini mampu membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Sehingga yang tersisa yaitu badan tampak atletis dan berotot. Badan akan lebih ideal dengan melakukan olahraga secara teratur. (Baca Juga: Manfaat Skot Jump untuk Pembentukan Tubuh dan Kesehatan)

  1. Meningkatkan adrenalin

Parkour memiliki banyak resiko ketika kita mencoba untuk melakukannya. Keberanian besar sangat diperlukan untuk melakukan olahraga ini. Melompati antar gedung dan melakukan gerakan-gerakan lain yang dapat menimbulkan cidera memerlukan keberanian besar untuk melakukannya. (Baca Juga: Manfaat Offroad , Manfaat Hormon Adrenalin)

  1. Menurunkan resiko cidera

Semakin tubuh terolah dengan baik, maka dampak positif pun dapat kita rasakan. Tubuh yang sering beraktivitas dengan yang sering bermalas-malasan tentu memiliki daya kelenturan dan kelincahan berbeda. Hal ini akan berdampak pada kemampuan tubuh kita dalam melakukan suatu pekerjaan yang berat. Apabila tubuh terolah dengan baik maka banyak resiko akibat suatu kegiatan atau pekerjaan yang dapat kita hindari. (Baca juga: Manfaat Acroyoga)

  1. Pengembangan diri

Memiliki keahlian khusus dalam salah satu jenis olahraga juga memberikan manfaat pada kesehatan tubuh, jantung, dan emosional. Melalui gerakan-gerakan yang dilakukan dapat mengasah kemampuan kita baik dari segi fisik, kognitif dan psikomotor. (Baca Juga: Manfaat Hipnoterapi  , Manfaat Bermain Catur Bagi Fungsi Otak)

  1. Belajar untuk mengontrol diri

Kita memiliki kesempatan untuk mengatur diri sendiri. Pengaturan tersebut dilakukan agar apa yang kita lakukan adalah tepat sesuai sasaran. (Baca Juga: Manfaat Memiliki Perilaku Kejujuran)

  1. Melawan rasa takut

Dengan berbekal keyakinan diri dan percaya bahwa saya pasti bisa, rasa takut yang selama ini membelenggu akan tersisih dengan menguji keberanian kita. Rasa takut hanya akan membuat kita terhenti atau tidak melakukan hal yang lebih luar biasa dari sebelumnya. Janganlah merasa tidak mampu untuk melakukan hal sulit sebelum kita mencobanya. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Terjun Bebas)

  1. Melatih daya kreativitas

Kreativitas akan terlatih melalui gerakan. Gerakan yang kita lakukan merupakan pilihan kita dalam berekspresi dan menyelesaikan maslah. Parkour dapat memunculkan gerakan-gerakan yang dianggap tepat dan sesuai dengan rintangan yang kita hadapi. Ia akan mampu melihat sesuatu dari sudut pandanganya sendiri yang unik. (Baca Juga: Manfaat Membuat Kerajinan Tangan)

  1. Melatih rasa tanggung jawab

Adanya masalah, resiko dan menuntut untuk dapat membuat solusi yang tepat akan melatih diri kita untuk bertanggung jawab atas keselamatan diri. Selain itu juga melatih bertanggung jawab agar apa yang kita lakukan tidak mengundang masalah bagi lingkungan maupun orang lain. (Baca Juga: Manfaat Young Living Oil )

  1. Berpikir cepat

Tantangan yang sudah berada di depan mata dan memiliki resiko tinggi, menjadikan kita untuk fokus dan memutuskan secara cepat untuk menyelesaikannya. Apabila merasa ragu atau tidak yakin saat tengah melakukan olahraga ini dapat membuat tubuh menjadi cidera. (baca Juga: Manfaat Membaca Buku)

  1. Tubuh fit

Seperti olahraga lain, parkour juga memiliki manfaat yang sama untuk menjaga tubuh tetap fit. Selain olahraga minum madu pun dapat membantu tubuh agar tetap fit. itulah manfaat madu salah satunya. (Baca Juga: Manfaat Sirsak Belanda)

  1. Mengenal resiko

Olahraga ekstrim yang memiliki banyak tantangan akan membuat kita mamapu mengenal resiko yang dihadapi. Besar kecilnya resiko dapat kita atasi dengan memilih strategi dan gerakan yang tepat dan akurat. (Baca Juga: Manfaat Ayam Betutu)

  1. Memperkuat mental

Untuk memulai ikut dalam aktivitas olahraga ini, sebelumnya kita tentu mampu menganalisa seberapa berat tantangan yang akan kita hadapi. Lebih lagi karena aktivitasnya yang ekstrim tentu dapat mengundang banyak resiko yang bisa terjadi. Ketika kita melakukan gerakan-gerakan dalam parkour maka secara langsung mental kita dapat terasah. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental)

  1. Masalah bukanlah rintangan, tapi tantangan

Parkour mengajari kita bahwa masalah bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Semakin kita mencoba sebuah ritangan maka kita dapat mengetahui kemampuan maksimal yang kita miliki. Dengan mencoba parkour maka kita akan menjadikannya sebagai sebuah tantangan yang harus dicoba. (Baca Juga: Manfaat Mempelajari Psikologi)

  1. Memunculkan rasa bahagia

Rasa bahagia akan muncul ketika kita mampu untuk mengekspresikan diri. Dalam parkour kita dilatih untuk mengekpresikan diri kita melalui gerakan. Disitulah kepuasan akan muncul ketika kita berhasil menaklukan tantangan yang dihadapai dengan cara kita sendiri. Rasa bahagia dapat membuat kita mudah tertawa, dan ini memang harus dilakukan karena sangat banyak manfaat tertawa bagi kesehatan. (Baca Juga: Manfaat Mempelajari Pancasila)

  1. Menyeimbangkan otak kiri dan kanan

Otak kiri memiliki karakteristik logis, sekuensial, linear dan rasional.  Sedangkan otak kanan karakteristiknya acak/tidak teratur dan intuitif. Dalam parkour kita dapat melatih kedua hemisfer otak dengan berpikir apakah yang kita lakukan tersebut dapat berhasil atau tidak. Selain itu dalam mengahadapi rintangan olahraga ini besifat acak, artinya apa saja yang ada di depan adalah bisa saja rintangan yang dalam bentuk apapun sementara kita dituntut untuk berpikir secara cepat. (Baca Juga: Manfaat AA DHA EPA)

itulah 22 manfaat parkour yang dapat kamu rasakan ketika kamu melakukan olahraga ini, sangat banyak manfaat olahraga yang dapat kamu rasakan bila kamu rajin olahraga, salah satu manfaat olahraga secara umum adalah dapat menjaga stamina tubuh. Tak terkecuali dengan manfaat parkour ini. Dari 22 manfaat itu tidak hanya  untuk tubuh saja tetapi juga dapat memberikan kesehatan pada fisik maupun mental.

, , ,
Post Date: Wednesday 26th, April 2017 / 00:25 Oleh :
Kategori : Olahraga