15 Manfaat Olahraga Terjun Bebas untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Olahraga merupakan kegiatan positif yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Betapa banyak penyakit atau gangguan kesehatan yang ditimbulkan karena kurang berolahraga. Contohnya kelebihan berat badan, diabetes, jantung, saraf tegang, hipertensi, sakit pinggang, dan masih banyak yang lainnya. Masih banyak orang yang enggan menyisihkan sedikit waktunya untuk berolahraga. Padahal olahraga merupakan kegiatan yang sangat mudah, fleksibel sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, menggunakan peralatan yang sederhana, murah, dan yang paling penting menyenangkan. Mengapa disebut menyenangkan? Karena memang kegiatan ini membuat tubuh kita menghasilkan hormon endorfin yang membuat kita merasa senang dan bahagia.

Baca juga: manfaat olahraga setiap hari – manfaat olahraga

Ada banyak pilihan jenis olahraga yang dapat kita lakukan mulai dari yang paling sederhana seperti lari dan sit-up hingga yang memerlukan banyak perlengkapan seperti kriket dan polo. Mulai dari yang biasa-biasa saja seperti push-up dan berenang hingga yang ekstrem seperti surfing dan terjun bebas atau bungee jumping.

Baca juga: 20 manfaat lari pagi bagi kesehatan – manfaat lari ditempat

Terjun bebas merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan cara melompat dari ketinggian sekitar beberapa ratus meter dengan menggunakan tali. Satu ujung tali diikatkan pada titik lompatan dan satunya lagi diikatkan pada bagian tubuh pelompat seperti kaki atau badan. Dan ketika persiapan sudah oke si pelompat dapat langsung melompat ke bawah dan merasakan sensasi yang luar biasa. Ia akan terjun ke bawah hingga batas akhir tali. Selain itu pelompat juga akan merasakan lontaran balik saat tali habis atau mencapai akhirnya. Pelompat akan terus merasakan osilasi naik turun hingga beberapa waktu.

Baca juga: 9 manfaat lompat tali bagi kesehatan

Olahraga yang sangat menguji nyali ini biasanya dilakukan di tempat-tempat yang indah sehingga sangat menyenangkan untuk dilakukan seperti di dinding bendungan, jembatan, menara gedung, dan lain sebagainya.

Seperti jenis olahraga lainnya terjun bebas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental diantaranya:

  1. Menghilangkan stres

    Kehidupan tidak lepas dari berbagai masalah baik mengenai pekerjaan, hubungan pribadi, atau masalah lainnya. Hal ini menyebabkan banyak orang yang menderita stres hingga depresi yang tentu tidak baik bagi kesehatan. Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan stres mulai dari melakukan hobi, berolahraga, berlibur, berkumpul dengan teman, hingga berkonsultasi ke psikolog. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga terjun bebas. Melompat dari ketinggian diakui banyak orang dapat membantu melepaskan berbagai beban pikiran sehingga dapat mengurangi stres.

    Baca juga: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan

  2. Menimbulkan kegembiraan

    Olahraga terjun bebas juga dapat menimbulkan perasaan gembira dan senang di dalam hati. Melompat dari ketinggian dan jatuh bebas ke bawah membuat kita melepaskan segala beban sehingga yang tersisa adalah perasaan gembira.

    Baca juga: 30 manfaat istighfar 1000x bagi dunia dan akhirat

  3. Meningkatkan kelenturan tubuh

    Kegiatan melompat dari ketinggian juga membuat tubuh kita bergerak bebas secara spontan sehingga dapat meningkatkan kelenturan tubuh.

    Baca juga: manfaat latihan kelenturan tubuh

  4. Melancarkan peredaran darah ke otak

    Olahraga terjun bebas membuat tubuh bergerak bebas dengan posisi tubuh terbalik dimana kepala berada di bawah. Hal ini menyebabkan peredaran darah ke otak menjadi lancar sehingga kebutuhan darah untuk otak terpenuhi dengan baik. Namun hal ini juga tidak baik dilakukan terlalu lama karena dapat menyebabkan pusing. Sebaiknya olahraga terjun bebas dilakukan secukupnya dan tidak berlebihan.

    Baca juga: manfaat buah cepokak

  5. Meningkatkan produksi hormon serotonin

    Peredaran darah yang lancar ke otak menyebabkan otak memproduksi hormon serotonin dalam jumlah besar. Menurut ilmu kesehatan hormon ini sangat baik untuk mencegah depresi dan meningkatkan mood positif. Selain itu hormon ini juga berdampak baik pada kepadatan tulang, pembekuan darah, fungsi seksual, dan saluran pencernaan.

    Baca juga: manfaat bawang merah

  6. Memiliki emosi yang lebih terkendali

    Kadar hormon serotonim yang cukup dalam tubuh sangat baik untuk membantu kita mengendalikan emosi sehingga lebih terkontrol. Untuk itu bagi anda yang memilik masalah dengan emosi yang sulit dikendalikan patut mencoba olahraga ini.

    Baca juga: manfaat olahraga berkuda

  7. Meningkatkan kebugaran fisik

    Dengan tubuh yang lentur dan peredaran darah ke otak yang lancar menjadikan tubuh kita lebih sehat dan bugar.

    Baca juga: manfaat berenang

  8. Menguatkan mental

    Tidak semua orang berani melakukan lompatan dari ketinggian, dibutuhkan mental yang kuat untuk melakukannya. Dengan berani mencoba jenis olahraga ini sangat membantu untuk melatih kekuatan mental.

    Baca juga: manfaat olahraga untuk kesehatan mental

  9. Mengatasi phobia akan ketinggian

    Olahraga ini juga sangat baik bagi orang yang phobia atau takut dengan ketinggian sebagai terapi untuk menghilangkan rasa takut sedikit demi sedikit. Dengan berani melakukan olahraga ini berarti pengidap phobia ketinggian sudah mampu mengalahkan rasa takutnya sehingga lama kelamaan phobianya akan berkurang dan hilang.

    Baca juga: 18 manfaat teriak untuk kesehatan

  10. Meningkatkan rasa percaya diri

    Olahraga terjun bebas juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jika selama ini anda termasuk orang yang merasa minder dan tidak percaya diri olahraga ini dapat dilakukan untuk melatih diri agar lebih berani dan percaya diri.

    Baca juga: manfaat membaca buku

  11. Membuang racun dalam tubuh

    Berbagai makanan yang kita konsumsi dan udara yang kita hirup tentu tidak seratus persen bebas dari racun dan kuman penyakit. Sedikit banyak ada racun yang masuk dan lama kelamaan menumpuk di dalam tubuh. Salah satu manfaat olahraga terjun bebas adalah membantu mengeluarkan racun-racun ini dari dalam tubuh.

    Baca juga: manfaat detoksifikasi

  12. Membuat tubuh awet muda

    Kegiatan melompat dari ketinggian pada olahraga terjun bebas sangat baik untuk kelancaran peredaran darah dan membantu membuang berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit sehingga menjadikan anda awet muda.

    Baca juga: manfaat senam wajah

  13. Menguatkan tulang

    Terjun bebas dari ketinggian juga sangat baik untuk membantu tubuh menyerap kalsium secara maksimal sehingga menjadikan tulang lebih kuat.

    Baca juga: manfaat cdr

  14. Meningkatkan adrenalin

    Kegiatan menegangkan seperti terjun bebas membuat tubuh kita menghasilkan hormon adrenalin yang sangat bermanfaat seperti untuk meningkatkan metabolisme, kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, dan membantu melepaskan berbagai hormon penting yang diperlukan tubuh.

    Baca juga: manfaat adrenalin

  15. Kesempatan untuk memeriksa kondisi kesehatan

    Olahraga ini juga dapat menjadi sarana untuk memeriksa kondisi kesehatan apakah sudah baik atau ada cedera tersembunyi yang dimiliki namun tidak disadari selama ini.

    Baca juga: manfaat echo jantung

Jadi tunggu apa lagi? Bagi anda terutama yang masih berusia muda perlu mencoba olahraga ekstrem ini. Daripada melakukan hal-hal ekstrem yang sifatnya negatif lebih baik melakukan olahraga ini untuk menyalurkan energi yang dimiliki kepada hal-hal yang bermanfaat.