11 Manfaat Memiliki Harga Diri yang Baik

Sudah tidak heran lagi ketika kita mendengar kata “HARGA DIRI”, harga diri adalah suatu kehormatan yang ada pada dalam diri kita. Harga diri merupakan hal yg terpenting di dalam diri, harga diri ibarat kan sebuah mahkota, semakin kita jaga mahkota itu dengan baik, maka mahkota itupun tidak akan terjatuh dan diambil orang lain. semakin tinggi harga diri yang kita punya, semakin banyak orang yang akan menghormati dan menyegani diri kita .

Untuk pembahasan ini kita akan membahas tentang manfaat memiliki harga diri , karena harga diri sudah tidak asing lagi dipendengaran kita , mungkin sangat mudah untuk kita mengetahui apa saja manfaatnya. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Dihormati orang lain karena mempunyai etika yang baik

Dengan kita memiliki harga diri yang tingg, orang pun akan selalu menghormati kita baik antar sesama. Orang yang lebih tua bahkan orang yang baru kenal sekalipun, karena mempunyai etika yang baik adalah kewajiban semua umat manusia, agar tidak ada perseteruan dan pertikaian antar satu sama lain.

Bagi beberapa kalangan perlakuan hormat ini sering dicari dengan menggunakan :

2. Disegani orang lain karena mempunyai sifat tenggang rasa

Ketika kita mempunyai teman yang baru kenal, sudah pasti orang itu akan mengenali kita jauh lebih dalam. Caranya adalah dengan mempunyai sifat tenggang rasa. tidak memilih-milih teman, mudah beradaptasi, mudah memahami karakter orang lain sehingga orang lain atau orang yang baru kita kenal pun akan mensegani kita sebagai orang yang baik dan mempunyai harga diri yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan agar disegani orang lain yaitu terdapat pada :

 3. Dihargai pendapatnya oleh orang lain

Disaat ada diskusi sekolah, rapat dikantor, diskusi di kampus atau diskusi antar kelomopok, kita akan mnemukan yang namanya perbedaan pendapat antara satu sama lain. Dari perselisihan antara satu sama lain kita bisa menyimpulkan dengan kitA yang memiliki percaya diri yang tinggi pendapat kita pasti akan dihargai oleh teman-teman diskusi kita, karena kita memiliki tanggung jawab penuh dengan apa yg sudah kita ucapkan.

Dalam kehidupan sehari-hari pendapat kita perlu dihargai, hal ini juga terdapat pada :

 4. Dijadikan sumber bertanya

Pada suatu ketika ada permasalahan di suatu perusahaan, terdapat orang-orang yang sedang membingungkan mencari solusi atau jalan keluarnya dalam permasalahan tersebut. Hingga suatu ketika ada pegawai yang menjadi contoh teladan di perusahaan tersebut, dia dijadikan sumber bertanya oleh direktur di perusahaan tersebut untuk dimintai  solusi atau jalan keluarnya dan terselesaikan lah masalah tersebut oleh pegawai teladan tersebut, itu dikarenakan orang tersebut mempunyai pendirian dan komitmen untuk memberikan yang terbaik pada perusahaan tersebut oleh sebab itu dijadikan orang itu sebagai sumber bertanya.

Berikut adalah beberapa perilaku yang membuat seseorang menjadi sumber bertanya :

5. Tidak dikucilkan orang lain

Jika kita mempunyai etika yang baik, menghargai orang lain, tidak meremehkan orang lain, saling tolong menolong antar sesama, orang pun akan menyegani diri kita sehingga akan mendapat banyak teman, kerabat dan keluarga yang menghormati serta tidak akan dikucilkan oleh orang lain.

Selain perbuatan, manfaat bunga mawar  yang anda berikan pada orang lain juga bisa anda berikan, agar anda tidak dikucilkan orang lain.

 6. Mempunyai teman-teman pergaulan yang baik

Di dalam pergaulan yang baik kita tentu mempunyai banyak teman dengan berbagai macam karakter, yang bisa menilai baik buruknya diri kita. Karena teman yang baik tidak akan menilai buruk tentang kita, oleh karena itu bersifatlah yang baik,  ramah, percaya diri, sehingga menjadi contoh yang baik dan mempunyai teman-teman yang baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi pergaulan yang baik :

Sehingga dapat kita simpulkan betapa pentingnya dalam menjaga harga diri , harga diri sebagai pedoman hidup, penuntut ke jalan yang lebih baik lagi, karena harga diri mempunyai banyak manfaat dan kebaikannya pada diri sendiri. Hanya diri kita sendiri yang bisa mengatur hidup , mengandalkan diri , menentukan mana yang baik untuk diri kita atau hanya bisa merendahkan diri di hadapan orang lain .

Manfaat memiliki Harga Diri untuk Menghindari Perilaku Tidak Baik

Harga diri bagi setiap orang mempunyai kegunaan untuk menghindari sisi negatif kehidupan. Berikut ini adalah beberapa perilaku negatif tersebut :

 1. Dikucilkan orang lain karena mempunyai etika yang tidak baik

Disuatu ketika disebuah pelosok kampung terdapat segerombolan anak-anak muda yg melakukan pergaulan bebas, seperti minum-minuman keras, mabuk-mabukan dan bermain kesana kesini tanpa tujuan yang jelas. Setelah ditanyakan kepada penduduk sekitar ternyata anak-anak muda tersebut kurang mempunyai etika yang baik sehingga menjadi dikucilkan oleh warga sekitar.

Berikut adalah cara agar bisa menghindari pergaulan bebas :

 2. Tidak disegani orang lain karena mempunyai perilaku yang merugikan orang lain

Jangankan untuk dijadikan tempat bertanya atau berbagi pendapat, untuk diberikan waktu berbicara pun belum tentu orang bisa mempercayainya.  Hal ini dikarenakan orang tidak ada yang mau menyegani sebelum melihat diri sendiri apakah masih ada kekurangan atau tidak yang bisa merugikan orang lain.

Berikut adalah perilaku yang bisa dilakukan, agar terhindar dari perbuatan yang bisa merugikan orang lain :

3. Tidak dihormati orang lain

Sudah tidak heran lagi jika tidak ada orang yang mau menghormati kita , karena sifat kita yang membuat orang tersebut tidak nyaman dan merasa risih dengan keadaan kita yang selalu merendahkan diri dihadapan orang lain. Bagi sebagian orang, sering pula mempercayai beberapa mitos agar bisa dihormati orang lain, seperti pada :

4. Tidak mempunyai pedoman hidup 

Dengan kita menjalani hidup sudah pasti mempunyai pedoman hidup yang jelas bukan hanya bermain kesan kesini, menghabiskan waktu yang tidak bermanfaat, sehingga sulit untuk mempunyai pedoman hidup sebagi tuntunan untuk diri kita sendiri. Berikut adalah cara tuntunan agar semua bisa terarahkan manfaat agama dalam kehidupan manusia 

5. Tidak mempunyai pendirian

Sangat tidak diharapkan ketika kita sudah tumbuh menjadi dewasa justru pikiran kita belum matang dan tidak mempunyai pendirian pada suatu komitmen yang ingin di jalani. Berikut adalah beberapa manfaat untuk menjaga diri dari lemahnya semangat untuk maju :

Seperti inilah kesimpulan dari manfaat memiliki harga diri beserta penjelasan dan bagian dari sisi negatif dari rendahnya harga diri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan disukai oleh para pembaca.