11 Manfaat Bulu Babi Untuk Kesehatan

Apa sih bulu babi itu ? Apakah bulu babi sama dengan babi ? tentu berbeda. Bulu babi merupakan Landak laut, dan tentu ia berada di dekat laut. Bulu babi ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dan berada di antara laut-lautan, selain itu bulu babi atau landak laut pula memiliki duri-duri disekeliling tubuhnya, yang tentu duri-duri ini dimanfaatkan oleh bulu babi atau landak laut sebagai sarana untuk melindungi dirinya dari musuh yang ada di depan mata. Dalam spesiesnya, ternyata bulu babi atau landak laut ini memiliki jumlah spesies yang cukup banyak, yaitu kurang lebih terdapat 950 spesies di lautan sana. Uniknya landak laut atau bulu babi ini akan lebih aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari mereka dapat dibilang cukup tidak aktif atau pasif. Hampir sama halnya dengan kelelawar yang mencari makan di malam hari, dan di siang harinya di gunakan untuk istirahat dan tidur.

Itulah beberapa hal yang dapat digunakan untuk menjelaskan sedikit banyak mengenai bulu babi atau landak laut, selain itu di sini akan lebih dibahas lagi mengenai apa saja manfaat yang dapat di peroleh dari bulu babi ini, karena kita ketahui sebenarnya banyak sekali bulu babi yang hanya didiamkan sia-sia dan belum begitu dimanfaatkan keberadaannya, untuk itu alangkah baiknya ketika kita dapat mengetahui dan memanfaatkan bulu babi dalam keberlangsungan kehidupan di dunia ini. Ada beberapa manfaat landak laut atau bulu babi yang akan di ulas pada penjelasan berikut ini

Manfaat Bulu Babi

  1. Untuk Menentukan Status Kontaminasi
    Bulu babi ternyata memiliki kepekaan yang cukup baik terhadap polutan-polutan logam yang berada di lautan, atau pun di sekitaran daerah lautan. Dan apabila dilihat dari jenisnya, jenis bulu babi atau landak laut ini ternyata memiliki kemampuan untuk menentukan status kontaminasi logam pada ekostem koral yang ada di sekitar lautan ini.
  2. Menurunkan Berat Badan
    Selain bermanfaat untuk menentukan status kontaminasi bulu babi atau landak laut pun memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, tak hanya itu, bulu babi pun dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Meskipun pada dasarnya bulu babi atau landak laut ini memiliki racun, tetapi jangan salah, racun ini memiliki manfaat dan khasiat yang baik pula untuk kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga berat badan dan dapat pula digunakan untuk menurunkan berat badan.
  3. Menambah Kekebalan Tubuh
    Yang perlu diketahui adalah bahwa pada landak laut atau bulu babi ini memiliki kandungan zinc yang bermanfaat untuk menambah serta menjaga kekebalan tubuh pada manusia. Sehingga dengan memanfaatkan zinc yang ada pada bulu babi atau landak laut ini tentu akan dapat menjaga kekebalan tubuh kita sehingga kita akan tetap sehat dan kuat.
  4. Menyembuhkan Luka
    Selain dapat digunakan untuk menambaha kekebalan tubuh, hal lain yang dapat dilakukan oleh adanya zinc pada landak laut adalah ia dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Terutama luka yang ada di kulit.
  5. Mempertajam Indra penciuman
    Lagi-lagi karena fungsi zinc pula, fungsi zinc ini dapat digunakan untuk menambah dan mempertajam fungsi penciuman (indra penciuman) sehingga indra penciuman pada diri akan tetap terjaga dan tetap peka. Bahkan penyakit yang berkaitan dengan indra penciuman dapat disembuhkan dengan menggunakan landak laut. Tentu dengan menggunakan landak laut sebagai obatnya, meskipun tidak semua penyakit indra penciuman dapat disembuhkan menggunakan landak laut. Paling tidak penyakit-penyakit ringan dapat disembuhkan dengan memanfaatkannya.
  6. Mempertajam Indra Pengelihatan
    Selain dapat mempertajam indra penciuman, indra pengelihatan juga dapat dipertajam juga dengan menggunakan landak laut ini.
  7. Mengoptimalkan fungsi tubuh
    Dengan adanya protein dalam landak laut ini, maka dapat dikatakan bahwa landak laut atau bulu babi ini dapat mengoptimalkan fungsi tubuh. Harus kita ketahui bahwa kandungan protein dalam tubuh landak laut ini sangat banyak nutrisinya dan sangat bayak khasiatnya untuk tubuh. Tidak hanya untuk mengoptimalkan fungsi tubuh saja, tetapi juga dapat mengoptimalkan yang lainnya seperti mempertajam indra pengelihatan, dan indra penciuman.
  8. Membantu Diet Tubuh
    Seperti yang telah dijelaskan di point awal-awal tadi bahwa dengan menggunakan landak laut atau bulu babi ini dapat membuat berat badan menjadi menurun, sehingga dengan ini tentu dapat kita ketahui bahwa landak laut pun memiliki fungsi yaitu membantu diet tubuh. Dengan demikian bagi anda yang tinggal di sekitar laut, maka manfaatkan lah, landak laut ini untuk melakukan program diet pada tubuh anda. Beberapa buah yang dapat dimanfaatkan untuk diet pula diantaranya Manfaat Apel, Manfaat Beras Merah,
  9. Menghilangkan kolesterol
    Selain untuk diet, ternyata dengan adanya landak laut sebagai makanan atau untuk dikonsumsi ini dapat membuat landak laut bermafnaat untuk menghilangkan atau menurunkan kadar kolesterol, karena lemak yang ada di dalam landak laut ini bukanlah lemak yang berbahaya, melainkan yang ada adalah lemak tak jenuh. Jadi dapat membantu menurunkan kolesterol serta tidak akan banyak berpengharuh untuk menambah penyakit kolesterol yang dimiliki manusia. Beberapa makanan pula yang baik untuk kolesterol diantaranya Manfaat buah mengkudu, Manfaat bawang putih, Manfaat susu kedelai, Manfaat mahkota dewa, Manfaat daun sirsak, dan Manfaat kentang
  10. Mengurangi resiko detak jantung
    Tak hanya kolesterol yang dapat tertolong akibat adanya landak laut ini, melainkan dengan adanya landak laut atau bulu babi ini ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko detak jantung pada manusia. Bahkan landak laut sangat efektif digunakan untuk mengurangi resiko detak jantung, karena tidak banyak mengandung lemak yang jenuh.
  11. Menurunkan tekanan darah
    selain sepuluh manfaat yang sudah disebutkan di atas tadi, ada satu khasiat lainnya yang juga peru anda ketahui yaitu bahwa landak laut atau bulu babi ini dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada manusia sehingga ia akan mampu memperbaiki tekanan darah yang sudah tidak normal lagi. Dengan adanya tekanan darah yang normal berarti tubuh manusia pun akan normal.

Banyak sekali manfaat landak laut yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, terutama dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga tubuh menjadi sehat dan tetap kuat. Dengan tubuh yang kuat setiap aktivitas yang akan dilakukan pun dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu sudah dijelaskan bahwa landak laut dapat digunakan untuk memperkuat daya tahan tubuh, sehingga dengan menkonsumsi landak laut secara cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat daya tahan tubuhnya.