Manfaat Hipnoterapi Bagi Kesehatan dan Psikologis

Hipnoterapi atau yang lebih sering disebut “hipnotis” adalah kombinasi dengan ilmu-ilmu lain seperti Neuro Linguistics Programming (NLP), Inner Power, Mind Power, termasuk yang disebut sebagai Eastern Hypnosis. Mungkin sebagian Anda belum terlalu familiar ketika mendengarnya, dan seringkali orang-orang memiliki persepsi yang salah mengenai hipnotis ini.

Kalau Anda membaca berbagai kesaksian atau testimoni tentang hipnoterapi, Anda bisa menjumpai banyak kejadian menghebohkan di mana ada orang yang selama puluhan tahun tidak bisa konsumsi makanan tertentu, setelah terapi dia bisa memakannya; ada orang yang tidak percaya diri untuk bergaul dalam lingkungan sosial tiba-tiba berubah menjadi percaya diri; ada orang lumpuh tiba-tiba bisa sembuh dengan hipnoterapi, serta banyak kisah lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena semua masalah tersebut letaknya ada pada emosi dan pikiran. Tubuh, jiwa, dan pikiran itu satu. Jika pikiran kita terlalu berat, maka tubuh akan meresponnya dengan menimbulkan efek-efek tertentu di tubuh. Hipnoterapi adalah terapi yang menjangkau pikiran bawah sadar, di mana terletak keyakinan kita tentang suatu masalah, terletak juga memori jangka panjang, emosi juga ada di pikiran bawah sadar.

Karena letak masalah adalah di pikiran bawah sadar serta hipnoterapi adalah metode yang bisa menjangkau bawah sadar dengan mudah, maka hipnoterapi menjadi alternatif untuk menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan emosi atau pikiran.

Orang-orang menganggap hipnotis membuat kita tidak bisa mengontrol diri sendiri pada perintah orang yang menghipnotisnya. Namun pendapat ini SALAH BESAR! Berikut ada beberapa fakta penting mengenai hipnotis:

  • Dalam kondisi hipnotis, orang bisa mengelak atau berbohong, yang artinya dalam kondisi hipnotis orang bisa tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi, jika orang tersebut tidak menginginkannya. Bedanya dengan pembicaraan biasa adalah, orang yang dihipnotis akan merasa lebih relaks. Pada saat keadaan relaks, klien akan dengan mudah menceritakan masalahnya tanpa ada kekhawatiran berlebih mengenai masalah yang diceritakannya.
  • Adegan hipnotis yang seringkali Anda lihat di TV adalah adegan berlebihan yang akan membuat penonton tertarik, dengan tujuan mendapatkan rating yang bagus, sehingga nantinya banyak iklan yang masuk, lalu pada akhirnya hanya berbicara soal uang.
  • Hipnotis juga bukanlah tindakan mistis yang memakai kekuatan tertentu. Hipnoterapi adalah bagian dari psikologi. Jika di luar negeri hipnoterapi sudah dianggap sebagai bagian dari psikologi, di Indonesia masih sering ada penolakan.

Hipnoterapi bisa menyembuhkan penyakit emosi dan pikiran. Jika pikiran terlalu berat, maka tubuh akan merespon dengan menimbulkan efek-efek tertentu seperti sakit leher, pundak, maag, bahkan hingga lumpuh. Berikut adalah manfaat dari hipnoterapi yang mungkin akan Anda pertimbangkan sebagai alternatif pengobatan.

  • Bidang pendidikan dan pengembangan diri. Kondisi emosi atau mental yang kurang srabil, masalah persepsi terhadap belajar, mental blocking, trauma masa lalu, pengalaman kurang mengenakkan, perasaan tercemoohkan, merasa direndahkan, dsb akan mengganggu pembelajaran berupa kemalasan tanpa diketahui penyebabnya. Hipnoterapi berperan melepas emosi-emosi negatif tersebut, sehingga kita bisa beranjak ke proses belajar yang lebih tinggi secara standard maupun super learning.
  • Meningkatkan motivasi dan percaya diri. Hipnoterapi mampu menumbuh dan mengembangkan motivasi diri, percaya diri, mengatasi hambatan mental, fobia, trauma, dan membuang perasaan tidak enak. Asalkan dilakukan dengan cara dan prosedur Hipnoterapiyang tepat.
  • Banyak hal lain yang merusak mental. Banyak hal sebenarnya yang bisa dibantu dengan hipnoterapi, misalnya paranoid, cemas berlebihan, depresi, stress, insomnia, patah hati, luka batin, malu berlebihan, sering menunda pekerjaan, dll. Yang menahun dan terasa sulit disembuhkan. Namun para terapis akan berusaha menyentuh emosi dan batin para kliennya untuk menemukan sumber masalah.
  • Mengeluarkan rahasia terpendam yang membuat tekanan. Beberapa orang memiliki masalah memendam rahasia yang tidak sanggup untuk dibendungnya sendiri, mungkin masalah keluarga atau masalah pribadi. Dalam terapi hipnotis ini, para klien dibuat santai untuk menceritakan rahasia tanpa takut terbongkar. Para terapis yang profesional akan menyimpan rahasia kliennya.
  • Menyembuhkan penyakit dalam, karena sebagian besar penyakit disebabkan oleh stres dan tekanan berlebih. Para terapis akan menyembuhkan pikiran Anda yang berat itu agar penyakit fisik bisa disembuhkan.

Namun, jika kita ingin melakukan hipnoterapi, sebaiknya dilakukan oleh para ahli dan harus dilakukan dengan teknik yang sesuai untuk menghindari teknik mubazir atau justru tidak boleh dilakukan. Terapis yang kurang hati-hati malah juga melakukan teknik dengan mewawancarai klien dengan pertanyaan yang tidak relevan. Para terapis juga harus menjaga keamanan rahasia pribadi kliennya.

Baca juga : Manfaat teriakmanfaat tertawa – Manfaat hobi memancing

Melakukan hipnoterapi tidak benar juga menimbulkan efek samping berupa munculnya memori palsu (false memory) yang memengaruhi struktur pikiran klien secara negatif. Melakukan hipnoterapi artinya sedang “bermain-main” dengan pikiran bawah sadar 88 % memegang kendali pikiran sadar dan tubuh. Membiarkan hasil hipnoterapi disaksikan oleh orang lain akan menyebabkan permusuhan baru karena subjek berbicara dengan alam bawah sadarnya yaitu jujur menyebutkan masalahnya yang menjadi bagian dari rahasianya.